Motherhood Personal

List Perlengkapan Ibu dan Bayi Baru Lahir 2020

Finally aku nulis list perlengkapan ibu dan bayi baru lahir di minggu ke-37 kehamilanku. Jika orang-orang mulai mempersiapkan sejak masuk umur kehamilan 7 bulan (bahkan ada yang sebelum itu), aku termasuk yang baru mulai cari barang di usia kehamilan 32 mingguan. Alasannya sih emang karena males dan juga emang nunggu ada dananya aja sih. Hihihi nasib freelancer sejak ada pandemi jadi agak seret dananya :'(

Nah di tulisan kali ini aku akan menjabarkan perlengkapan apa saja sih yang aku siapkan untuk kebutuhan ibu dan juga bayi baru lahir (newborn). List ini sebenarnya aku dapat panduannya dari blog-nya Mbak Titiw yang sudah cukup lengkap. Tapi di sini aku akan sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisiku ya.

Aku juga akan tulisan dimana belinya dan berapa harga waktu belinya juga. Dan akan ku-update, karena memang ada beberapa barang yang belum kubeli tapi sudah diincar.

Buat teman-teman yang mau kasih kado (ke-pedean hahaha), baca sampai habis ya jadi gak mubazir kalau mau ngasih hihihi.

LIST PERLENGKAPAN IBU DAN BAYI BARU LAHIR

 

Sedikit penjelasan bahwa kondisiku adalah seorang calon ibu yang nantinya akan di rumah saja untuk mengurus bayi. Jadi artinya aku bukanlah seorang ibu bekerja di kantor. Pekerjaanku adalah content creator yang waktunya fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah.

Jadi mungkin list ini akan sedikit berbeda dengan list perlengkapan yang dibutuhkan oleh ibu bekerja. Tapi perbedaannya menurutku tidak terlalu banyak karena kan sebagian ibu bekerja juga diberikan cuti sampai 3 atau 6 bulan. Nanti di setiap poinnya akan kujelaskan mana yang untuk ibu bekerja di kantor atau ibu yang stay at home.

Oh iya, sama satu lagi. Berhubung kondisi sedang pandemi, jadi ada beberapa hal juga yang tidak perlu dibeli sekarang atau bisa diganti dengan produk lain agar bisa menghemat budget.

Yuk, langsung kujabarkan.

PERLENGKAPAN IBU

perlengkapan ibu dan bayi

1. PAKAIAN

BAJU BUSUI

Kebutuhan: 5 baju rumahan, 2 baju pergi

daster busui

Menurut beberapa teman yang sudah berpengalaman, kita yang sedang ada di masa pandemi ini otomatis akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Apalagi kan masih ada anak bayi baru lahir ya. Jadi sebenarnya gak perlu-perlu banget beli baju busui khusus di rumah. Cukup pakai baju/daster yang udah dipunya, kalau mau nyusu tinggal angkat baju hehehe.

Tapi kalau mau investasi sejak masa kehamilan juga gak papa. Karena sejak hamil aku jadi suka pakai daster di rumah, nah bisa sekalian nyicil beli yang ada kancing depan. Kalau baju perginya aku cuma siapkan dua aja karena kan paling pergi ke rumah sakit doang buat kontrol. Itupun selalu ditutup jaket, jadi gak perlu banyak-banyak lah.

Beli di: Aku gak pernah beli daster selama masa kehamilan (plus persiapan setelah anak lahir). Semuanya dapet lungsuran mama, dikasih mertua, dan juga dapet kado dari Mahcan. Setau aku harganya macem-macem kok. Bisa cek di Shopee.

BRA MENYUSUI

Kebutuhan: 5 bra dengan bukaan depan

bra menyusui

Ini juga poin yang bisa dicicil begitu hamil masuk ke umur 5 bulanan. Biasanya PD juga sudah membesar dan kita butuh beli bra baru. Supaya sekalian kepakai sampai nanti lahiran, ya beli yang bisa juga untuk menyusui alias dengan bukaan depan.

Oh iya, mending juga beli yang tanpa kawat dan bahannya jangan terlalu tebal. Karena pas hamil tuh rasanya gerah banget.

Beli di: Nathalie Official

CELANA DALAM HAMIL

Kebutuhan: 7 celana dalam yang bagian perutnya fleksibel

celana dalam hamil

Sama seperti dua poin di atas, celana dalam bisa dibeli sejak hamil. Apalagi pas hamil bagian perut bakalan membesar kan. Jadi sekalian beli agak banyakan jadi bisa dipakai nanti setelah melahirkan. Pengalamanku selama kehamilan suka keputihan atau lembap. Dalam sehari bisa ganti 3-4 kali. Supaya aman bisa beli agak lebih banyak.

Beli di: Nathalie Official

STAGEN

Kebutuhan: 1 pcs

stagen ibu melahirkan

Stagen digunakan setelah melahirkan. Setau aku untuk membantu memperbaiki bentuk perut ke semula. Aku beli yang model perekatnya velcro untuk alasan kepraktisan.

Beli di: Anindhita Clodi Shop (Merek: Sorex)

NURSING COVER

Kebutuhan: 1 pcs

maison elmesa review

Kalau yang ini nanti dibutuhkan saat sedang menyusui langsung (direct breastfeeding), terutama saat di luar atau sedang ada orang lain. Saranku untuk beli yang bisa multifungsi, misalnya bisa juga jadi selimut, cover stroller, dan lainnya. Aku sendiri akan pakai nursing cover saat keluar rumah saja, misalnya saat kontrol ke dokter.

Beli di: Maison Elmesa. Ini emang nursing cover yang udah aku incer sejak belom hamil hahahaha. Abis multifungsi banget dan warna-warnanya juga bagus.

PEMBALUT NIFAS

Kebutuhan: (akan dijelaskan di bawah)

paket melahirkan unicharm

Setelah melahirkan wanita akan mengeluarkan darah nifas selama beberapa hari. Maka dari itu perlu menggunakan pembalut. Cuma dengar-dengar pembalutnya harus lebih tebal dan daya serapnya lebih banyak dari pembalut biasa.

Berhubung aku sudah terbiasa pakai reusable menstrual pad, aku sempat terpikir untuk membeli reusable menstrual pad khusus nifas. Tapi setelah dipertimbangkan matang-matang lebih baik aku pakai yang sekali pakai saja. Pertimbangannya karena kondisi fisik yang masih dalam masa pemulihan dan aku gak mau merepotkan orang-orang yang nanti membantuku.

Beli di: Paket Melahirkan Unicharm. Ini sudah lengkap banget untuk kebutuhan ibu dan anak. Sama seperti alasan di atas, untuk sementara newborn akan kupakaikan popok sekali pakai dulu. Jadi aku bisa adaptasi dulu.

2. LAINNYA

Kalau di list yang Mbak Titiw tuliskan, pada bagian ini lebih banyak ditujukan untuk ibu bekerja yang akan memberikan ASIP. Perlengkapannya seputar Nipple Cream, Breast Pump, Kulkas ASI, Vitamin Pelancar ASI, dan juga Tas ASI.

Berdasarkan ngobrol sama teman-teman lain yang sudah berpengalaman, untuk kondisi seperti aku pada bagian ini bisa dilewatkan dulu. Lihat nanti bagaimana kondisi ASI-ku. Nanti diperjalanan bisa sewa dulu atau bisa juga request ke teman-teman sebagai kado hehehe.

Tapi lagi-lagi aku dapat rejeki dari adik ipar berupa breast pump manual. Alhamdulillah bisa sebagai jaga-jaga kalau harus langsung dipompa.

PERLENGKAPAN BAYI BARU LAHIR

perlengkapan ibu dan bayi

1. PAKAIAN BAYI

CLOTH DIAPERS

Kebutuhan: 16 – 20 clodi dan 30 – 40 insert/alas ompol

cloth diapers

Sama seperti alasan untuk beralih ke barang yang bisa dipakai kembali, aku pun ingin menggunakan cloth diapers untuk bayiku. Cuma untuk penjelasan tentang cloth diapers ini sebaiknya kutulis dalam satu tulisan terpisah ya.

Untuk sementara bisa cek tulisan tentang cloth diapers di blog-nya Mbak Tya ya!

Beli di: Clodi Store, ImeldaClodiShop

BAJU LENGAN PANJANG (JUMPER)

Kebutuhan: 6 pcs

Baju terusan ini bisa berbentuk jumper panjang atau baju satu set tangan dan kaki panjang. Ini akan kugunakan saat si bayi tidur agar lebih hangat.

Beli di: Fluffy Baby Wear

BAJU LENGAN PENDEK + CELANA POP

Kebutuhan: 6 set

Baju lengan pendek dan celana pop pas digunakan pas siang hari. Jadi bayi tidak terlalu merasa panas. Celana pop-nya kalau takut kurang (karena bayi suka bolak balik pipis), bisa dilebihin ya. Tapi saranku beli kelebihannya dengan ukuran di atas newborn, biar bisa dipakai lebih lama.

Beli di: Fluffy Baby Wear

BAJU LENGAN PENDEK (JUMPER)

Kebutuhan: 6 pcs

Nah kalau ini bisa beli yang ukurannya bisa sampai 6 bulan nih. Karena denger-denger ini pakaian favorit para ibu. Karena mudah pakainya dan nyaman buat bayi.

Beli di: Fluffy Baby Wear

BAJU PERGI

Kebutuhan: 1 set

Lagi-lagi karena gak perlu kemana-mana, aku hanya menyiapkan 1 set baju pergi yang nantinya akan dipakai juga pas saat keluar rumah sakit. Nanti kalau kontrol ke dokter akan dipakai lagi. Kalau mau dilebihkan boleh kok.

BEDONG

Kebutuhan: 2 instan, 5 bedong biasa

bedong bayi

Fungsi bedong ini katanya untuk menghangatkan bayi baru lahir. Jadi bisa tidur dengan nyaman. Pemakaiannya juga gak boleh terlalu sering.

Ada dua pendapat soal bedong instan. Katanya bedong instan bisa bantu pemakaian lebih mudah ke bayi yang sering bergerak (jadi praktis dan cepat), ada juga yang bilang gak perlu yang instan karena cuma kepakai sebentar (berat bayi naiknya cepat).

Aku sendiri beruntung dapat lungsuran bedong instan dari adik. Jadi akan tetap kupakai. Namun aku tetap beli bedong sendiri dengan jumlah yang agak banyak dengan pertimbangan bisa dipakai untuk berbagai fungsi, seperti alas ompol, selimut, dan masih banyak lagi.

Beli di: Miabelle. Bedongnya the best banget. Bahannya halus dan ketebalannya juga pas. Harganya juga terjangkau untuk dibikin satu set. Aku sampai punya dua jenisnya.

KAUS TANGAN, KAUS KAKI, TOPI

Kebutuhan: 3-6 set

Pemakaian kaus tangan pada bayi juga masih jadi hal yang diperdebatkan. Katanya jangan sering-sering dipakai karena akan menghambat motorik bayi. Aku sendiri tetap punya untuk jaga-jaga saja punya 3 set saja. Gunanya sih supaya lebih hangat dan juga mencegah bayi tidak sengaja mencakar wajahnya.

Sedangkan kaus kaki dan topi juga perlu, terutama saat keluar rumah. Bisa beli 3-6 set. Atau cari merek yang jual sepaket agar lebih murah.

Beli di: Miabelle.

CARDIGAN/JAKET

Kebutuhan: 1 pcs

Nah ini sebenarnya aku juga belum beli. Karena belum nemu yang pas. Pertimbangannya juga karena kalau masih bayi pasti masih dibedong kalau keluar rumah. Tapi kalau khawatir mudah kedinginan, bisa beli 1 pcs saja.

2. PERALATAN MANDI

peralatan mandi bayi

BAK MANDI BATHUB DAN BABY BATHER

Kebutuhan: 1 set

bak mandi bayi

Aku perhatiin sekarang bak mandi bayi sudah banyak berubah ya. Bentuknya lebih besar dan berbagai macam fungsi. Aku sendiri beli yang biasa saja dari IKEA. Harganya paling murah dan tinggal tambah beli baby bather-nya untuk membantu saat nanti newborn mau mandi.

Tapi kalau punya budget lebih bisa coba beli yang sudah sepaket sama baby bather atau juga yang bisa di turunkan bak-nya untuk menghemat ruangan saat disimpan nanti.

Beli di: IKEA, DeweiBabyShop

HANDUK

Kebutuhan: 2 pcs

perlengkapan ibu dan bayi

Handuk ini aku cari yang khusus untuk bayi. Biasanya bahannya tidak terlalu tebal, permukaan halus, dan cepat menyerap tapi juga cepat mengering.

Beli di: CherryBabyKidsShop (Handuk Little Terry). Sebenarnya ada banyak tipe handuk yang bagus. Tips dari aku cari yang sudah ada mereknya tapi beli di star seller yang harganya lebih terjangkau.

WASHLAP

Kebutuhan: 2 pcs

Ini kupakai saat bayi tidak mandi di bak langsung. Jadi cuma di elap saja.

Beli di: CherryBabyKidsShop (Libby)

WASH CLOTH

Kebutuhan: 4 pcs (untuk cebok) 4 pcs (untuk lap iler)

Rencananya aku akan mengurangi pemakaian tissue basah, kapas, dan juga tissue kering dalam merawat bayi. Setelah baca-baca, bisa pakai wash cloth dan juga botol spray berisikan air untuk cebok bayi.

Sisanya bisa dipakai untuk mengelap iler.

Beli di: CherryBabyKidsShop (Carter)

TOILETRIES

Kebutuhan: 1 paket

toiletries baby

Ini untuk kebutuhan kulit bayi saat dan sesudah mandi. Biasanya sudah dijual sepaket. Yang penting buat aku sudah ada sabun, shampoo, lotion, diaper cream, dan minyak telon. Kalau ada yang gak lengkap bisa beli terpisah.

Beli di: PZ Cussons

SISIR, SIKAT RAMBUT, GUNTING KUKU

Kebutuhan: 1 set

baby manicure

Ini juga peralatan yang biasanya sudah sepaket. Aku sendiri lebih mendahulukan membeli gunting kuku dan gunting bayi. Karena biasanya untuk kebutuhan gunting kuku dan rambut bayi saat aqiqah. Tapi kalau sudah ada yang jual sepaket boleh kok dibeli.

Beli di: Anindhita Clodishop

3. PERLENGKAPAN TIDUR

perlengkapan tidur bayi

BANTAL, GULING, SELIMUT

Kebutuhan: 1 set

Ini biasanya sudah dijual satu set, jadi tinggal beli kain gantinya aja.

Beli di: dr. Bebe

PERLAK KARET

Kebutuhan: 1 pcs

Perlak ini adalah kain waterproof yang bisa digunakan sebagai alas saat menggantikan popok, alas saat memakaikan pakaian bayi setelah mandi, dan juga bisa sebagai alas ompol saat bayi tidur.

Aku beli yang ukurannya besar sekalian, jadi bisa dipakai sampai dia agak besar.

Beli di: Sugar Baby

4. MENYUSUI

Sejauh ini aku masih berpikiran untuk bisa direct breastfeeding saja. Kondisiku juga masih bekerja di rumah saja. Jadi untuk bagian ini aku belum beli sterilizer, penghangat botol, plastik ASI, atau alat pembersih botolnya.

Aku hanya baru beli Cup Feeder saja untuk jaga-jaga kalau puting lecet.

Beli di: Cherry Baby Kids Shop

5. TRAVELING

traveling baby

Pada bagian ini juga aku menganggap traveling adalah hanya berpergian ke luar rumah untuk ke rumah sakit saja (untuk check up dan vaksin). Jadi aku belum ada rencana untuk ajak bayi ke mall atau pergi liburan. Makanya aku belum beli car seat, kain gendongan, apalagi stroller.

Rencananya beberapa aku beli kalau sudah agak besar (dan melihat sikon) dan car seat mungkin juga bisa mempertimbangkan untuk sewa dulu.

Satu-satunya yang kusiapkan adalah tas bayi atau bisa juga disebut tas popok. Saat ini tas popok aku juga tidak beli, karena dapat lungsuran dari adik. Tapi kalau ada yang mau ngasih juga gapapa, hihihi. Aku lagi ngincer dari Moimoom nih 😛

6. LAINNYA

perlengkapan ibu dan bayi

Perlengkapan lainnya yang dibutuhkan antara lain:

  • Termometer digital
  • Keranjang Baju Kotor
  • Ember Cuci Popok
  • Jemuran Baju
  • Kain Kasa
  • Kapas Bulat
  • Detergen Khusus Bayi

WISHLIST PERLENGKAPAN UNTUK IBU DAN BAYI BARU LAHIR

List di atas adalah list perlengkapan ibu dan bayi baru lahir yang menurutku penting disiapkan sebelum kelahiran. Penting karena itulah hal-hal essential yang harus ada nanti saat bayi sudah lahir.

Yang lainnya bisa disusul beli nanti. Apalagi jaman sekarang semua serba gampang ya. Ada e-commerce, jadi tinggal check out dan tunggu barang datang sampai di rumah. Bahkan selama persiapan perlengkapan ini hampir 90%-nya aku beli via Shopee.

Namun tentu selain perlengkapan penting di atas, aku pun punya beberapa wishlist perlengkapan ibu dan bayi baru lahir. Wishlist ini sifatnya kalau gak kebeli gak apa-apa, tapi kalau ada rejekinya ya mau juga hahaha.

Wishlist produk yang ingin kupunya antara lain:

  • Breast Pump Elektrik, karena kalau nanti bisa nyetok ASI sambil santai kan lumayan enak juga yaa.
  • Sterilizer, karena jaman sekarang lagi banyak virus jadi lebih ngerasa aman kalau ada produk ini.
  • Gendongan Kain Maison Elmesa, khususnya yang model wrap jadi anak bisa ada di dalam dekapan dan ibunya bisa sambil melakukan aktivitas lain dengan menggunakan kedua tangannya.
  • Humidifier dan essential oil nya, supaya bisa ngerasa nyaman menghirup wewangian yang bikin tenang di dalam kamar.
  • UV Light Vacuum Cleaner Kurumi, untuk ngebersihin kasur, bantal, guling, dan bahan lainnya dari debu dan juga tungau.

TENTANG BABY REGISTRY

Buat yang sudah baca tulisanku tentang gaya hidup minimalis, aku kepengen banget konsep ini juga bisa diterapkan saat anakku lahir. Makanya aku beli barang yang dibutuhkan dulu secukupnya. Terutama pakaian bayi yang pada banyak bilang akan cepat sempit duluan. Jadi aku gak beli dalam jumlah banyak.

Pemilihan barang juga aku pilih mana yang bisa multifungsi, seperti kain bedong yang bisa dipakai sebagai selimut, alas ompol, dan fungsi lainnya. Cloth Diapers aku beli tidak hanya untuk newborn saja, tapi juga beli yang satu ukuran sehingga bisa dipakai sampai anak sudah agak besar.

Dari situ aku juga sempat kepikiran apabila nanti dapat kado dari saudara atau teman, kira-kira nanti akan dapat barang yang tidak cocok ya? Bukan soal tidak menghargai pemberian orang sih, tapi aku gak mau barang yang gak kubutuhkan akhirnya tidak terpakai dan menumpuk begitu saja. Sama halnya seperti hadiah pernikahanku yang masih tersimpan rapi di container sejak tahun 2016. Kalau gak berfungsi dan didiamkan kan jadi sayang ya?

Sampai akhirnya aku menemukan konsep Baby Registry yang banyak diterapkan oleh ibu-ibu di luar negeri sana. Jadi Baby Registry ini adalah sebuah wadah untuk siapapun menaruh wishlist mereka (gak harus wishlist kebutuhan bayi aja, bisa juga pernikahan, ulang tahun, dan lainnya).

Pada wishlist ini sudah tertulis produk, jenis, harga, sampai link belanjanya dimana. Di sini kita bisa kasih tau produk yang diinginkan lebih spesifik. Jadi gak akan mubazir kalau sudah dikasih, karena memang yang diinginkan. Nantinya wishlist ini bisa dilihat oleh orang yang diberikan akses.

Di Indonesia belum banyak website atau aplikasi yang menampung hal ini. Sempat ada yang namanya Wishlistku tapi sekarang sepertinya sudah tidak banyak ada update. Sampai akhirnya aku menemukan aplikasi internasional yang bernama My Registry.

Aku gak akan bahas banyak soal My Registry di tulisan ini. Mungkin di post lainnya. Tapi aku mau kasih link Baby Registry ini, kalau kalau ada temen yang mau kasih kado hehehe. Japri yaa supaya kukasih password-nya 😀

Kira-kira itu dia list perlengkapan ibu dan bayi baru lahir versi aku. Semoga teman-teman yang lagi berpikir untuk mengumpulkan jadi dapat gambaran apa yang bisa dibeli dan dicicil.

Ini semua gak baku, fleksibel aja menyesuaikan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Nantinya akan aku update jika ada perubahan.

Terima kasih semuanya!

Leave a Reply