Motherhood Personal

Catatan Kehamilan Selama Trimester 2

Setelah cerita tentang pengalaman kehamilan di trimester pertama, sekarang aku mau cerita pengalaman kehamilan selama trimester ke-2. Trimester ke-2 ini berlangsung dari kehamilan 14 sampai 27 minggu.

KONDISI FISIK

Memang benar seperti yang banyak orang bilang kalau trimester kedua adalah masa-masa yang sudah lebih enak. Umur kehamilan sudah lebih besar, kondisi fisik sudah jauh lebih kuat. Napsu makanku sudah mulai membaik dan tidak picky lagi.

Badan juga sudah jauh kuat dan bisa beraktivitas dengan baik. Di masa-masa ini aku kembali bekerja setelah 4 bulan aku tinggalkan karena memang waktu di awal kehamilan kondisinya gampang capek.

MERASAKAN TENDANGAN

Di minggu ke-17 aku sepertinya merasakan tendangan dari perut untuk pertama kalinya. Masih ingat betul saat lagi mau makan yogurt di depan tv, tiba-tiba kok ada kedutan dari dalam perut. Kedutan yang samar dan juga kecil kekuatannya. Tapi aku merasa yakin kalau itu adalah tanda dari si janin.

Setelahnya di minggu ke-20 tendangan itu semakin membesar yang membuktikan kalau memang si janin sudah kuat menendang. Biasanya tendangan ini muncul saat sesudah makan siang dan malam hari sebelum tidur. Tidak sulit merasakannya, karena biasanya setelah aku ajak ngobrol sambil memegang perut, nanti akan ada balasan tendangan.

Di masa-masa ini tendangan belum terlalu terlihat jelas, bahkan kadang suami juga belum bisa selalu merasakannya. Bentuknya masih tendangan, belum gerakan. Tapi aku udah senang banget karena semuanya jadi terasa lebih real 🙂

BABY BUMP

Selama trimester kedua ini bentuk perutku tidak terlalu memperlihatkan perubahan yang besar. Bahkan sampai di bulan ke-5 aku masih bisa nutupin perut dengan baju yang besar. Kadang akhirnya untuk beberapa orang yang tahu kalau aku sedang hamil jadi bertanya-tanya, “kok perutnya kecil?”.

Cuma aku gak terlalu mempermasalahkan karena kondisi orang kan berbeda-beda. Selama dicek dokter masih dalam keadaan yang normal-normal saja, sudah cukup buatku.

Walaupun secara penampilan tidak terlalu terlihat, sebenarnya di masa ini perutku sudah menunjukkan perubahan. Makanya aku membeli celana legging khusus ibu hamil dan juga beberapa celana dalam baru khusus ibu hamil.

Aku pun mulai pakai daster terus di rumah, karena pakaian inilah yang ternyaman dipakai. Hahaha baru tau enaknya pakai daster nih 🙂

PREGNANCY ANNOUNCEMENT

Di minggu ke-22 akhirnya aku mengumumkan kehamilanku via instagram. Buatku pengumuman ini sebenarnya membawa ke perasaan yang campur aduk. Di satu sisi aku teringat masa-masa belum hamil dan melihat pregnancy annoucement orang lain. Rasanya sedih karena selalu bertanya kapan giliranku.

Tapi di sisi lain aku ingin mengumumkan karena ingin berbagi pengalaman dan memberikan support untuk teman-teman yang sedang menunggu kehamilan. Aku pun sempat membuat video bagaimana aku mengetahui kehamilan. Sekaligus memberikan sharing pengalaman bagaimana sampai bisa hamil dan mindset apa yang kupegang selama menunggu kehamilan.

Videonya bisa ditonton di sini ya:

Alhamdulillah juga videonya lumayan banyak yang nonton dan support. Kudoakan untuk semua yang sedang menantikan kehamilan diberikan kesehatan, kekuatan, dan kebahagiaan 🙂

TIPS KEHAMILAN DI TRIMESTER 2

Beberapa tips yang bisa kuberikan dalam menghadapi trimester ke-2 adalah:

  • Inilah saatnya beraktivitas. Bisa mulai olahraga untuk mempersiapkan persalinan. Beberapa pekerjaan juga bisa dicicil supaya nanti saat melahirkan tidak terlalu repot lagi.
  • Walaupun sudah lebih nyaman beraktivitas tetap harus dijaga ya fisiknya. Jangan sampai terlalu capek juga.
  • Yang sudah beli bantal hamil mungkin sudah merasakan posisi tidur yang lebih nyaman ya. Karena di masa ini perut sudah mulai membesar, dan kita sudah harus tidur dalam posisi miring.
  • Rekam perubahan bentuk perutmu. Aku sendiri agak nyesel karena gak rutin foto bentuk perut hehehe.
  • Rekam juga pergerakan bayimu di dalam perut. Kapan lagi kan bisa lihat perut bergoyang sendiri hehehe.
  • Di masa ini perubahan bentuk tubuh akan benar-benar terasa. Mulai beli celana dalam hamil dan juga celana hamil. Sebagai investasi nanti saat menyusui juga boleh lho nyicil beli nursing bra atau baju busui. Kalau masih bisa pakai bra yang sekarang, tapi lingkar dada sudah sempit bisa beli bra extender.

Itu dia sharing pengalaman selama kehamilan di trimester 2. Semoga bermanfaat dan tunggu cerita pengalaman selama trimester 3 yaa!

Leave a Reply