Health Lifestyle

Pengalaman Beralih Ke Menstrual Pad

Pada tulisan “Kenapa Mulai Beralih Pakai Barang Reusable” aku sudah sedikit membahas tentang menstrual pad. Kali ini aku mau buat tulisan khusus kenapa aku beralih ke menstrual pad setelah selama ini pakai pembalut sekali pakai. Mudah-mudahan bisa jadi informasi yang bermanfaat buat teman-teman yang lagi mempertimbangkan untuk beralih ke menstrual pad.

BERALIH KE MENSTRUAL PAD

APA ITU MENSTRUAL PAD?

bentuk menstrual pad

Menstrual pad itu adalah kain yang berfungsi sebagai pembalut untuk menahan darah haid. Ibaratnya ini seperti popoknya wanita dewasa.

Bentuknya persis seperti pembalut sekali pakai. Memanjang dan ada sayapnya di kedua sisi. Sayapnya ini direkatkan menggunakan kancing. Walaupun menggunakan kain, tapi di sisi lapisan paling luarnya menggunakan bahan yang tahan terhadap cairan. Jadi gak usah khawatir akan tembus (kecuali bocor dari samping ya karena pemasangan yang kurang tepat).

KENAPA BERALIH KE MENSTRUAL PAD?

Alasan utamanya sih biar hemat! Hahahaha. Jujur awalnya aku gak kepikiran soal biar gak menghasilkan sampahlah, atau menjaga lingkungan. Bener-bener niatku beralih ke menstrual pad karena bisa dipakai berkali-kali jadi aku gak perlu beli pembalut sekali pakai setiap bulan. Tau sendiri kan harga pembalut itu lumayanlah kalau dihitung sampai setahunnya.

Aku sendiri sebenarnya gak ada masalah yang besar saat pakai pembalut sekali pakai. Kudengar ada beberapa yang beralih karena ngerasa pakai pembalut sekali pakai itu tidak nyaman dan membuat iritasi.

Tapi mudah-mudahan alasan ini nantinya juga akan membuahkan hasil yang baik untuk lingkungan. Jadi gapapa kan kalau niatnya dimulai dari hal lain hehehe.

KAPAN MULAI PAKAI?

baby oz menstrual pad

Aku lupa persisnya kapan. Seingatku di bulan Agustus tahun 2019 kemarin. Itu aku pertama kali pakai dan sempat dua kali cycle pakai merek Baby Oz. Trus pas satu bulannya harus pakai pembalut sekali pakai gara-gara sudah terlanjur kontrak dengan sebuah brand (deal-nya udah lama, tapi baru diminta tayang di bulan itu).

clue bebe menstrual pad

Setelahnya aku beli lagi buat nyetok. Selain beli merek Baby Oz aku sekalian cobain merek lain, Cluebebe. Eh bulan depannya aku keburu hamil hehehe.

Jadi total aku udah pernah pakai 3 cycle menstruasi.

BELI DIMANA?

Awalnya aku beli merek Baby Oz di Sustaination. Trus nyobain beli di Clodistore via Shopee pas pembelian kedua.

Aku cek Baby Oz juga punya ol shop sendiri, cuma aku belum pernah coba beli. Pada dasarnya dua merek ini punya reseller dimana-mana. Jadi silahkan cari aja di e-commerce dan ol shop yang terpercaya.

MEREK DAN JENISNYA?

Sejauh ini aku baru coba dua merek tadi, Baby Oz dan Cluebebe saja. Sekarang sudah mulai banyak merek lain yang memproduksi menstrual pad. Mungkin nanti setelah melahirkan aku mau coba yang lain juga.

Jenisnya pada dasarnya mirip seperti pembalut pada umumnya:

  • Panty untuk pemakaian sehari-hari atau jumlah haid yang sudah sedikit
  • Day untuk pemakaian dalam jumlah sedang
  • Night untuk pemakaian dalam jumlah banyak

Ukurannya biasanya tergantung merek. Bisa cek nanti kalau beli berapa ukurannya. Selengkapnya tentang kedua merek menstrual pad yang sudah kucoba, bisa ditonton di YouTube Channel-ku ya:

PENGALAMAN PAKAI

Sharing pengalaman pakainya kubagi menjadi beberapa bagian yaa!

PERSIAPAN PAKAI

Sebelum pakai aku biasanya cuci-keringkan dulu sebanyak 3 cycle. Gunanya untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran saat proses pembuatan menstrual pad.lerak untuk mencuci

 

Cucinya pun menggunakan lerak. Lerak yang kugunakan adalah lerak masih dalam bentuk buah. Kurendam di dalam kantong dan diperes untuk menghasilkan busa. Busanya ini gak banyak ya, tapi sudah cukup buat aku.

SAAT DIPAKAI

Cara pakainya mirip seperti pembalut pada umumnya. Awalnya kupikir akan mudah bergeser, tapi ternyata tidak. Justru karena bahannya kain jadi terasa seperti pakai celana saja.

Lalu aku usahakan setiap 3-4 jam sekali ganti supaya higienis. Oh iya, di menstrual pad merek Baby Oz ada insert-nya (kain tambahan di dalam pembalut). Kalau jumlah haid sedang normal malah gak bocor sama sekali, bahkan gak kena insertnya.

Pas malam pun aku gak pernah bocor selama pemasangan posisinya tepat. Tapi memang jumlah haid-ku terbilang normal sih, jadi soal kebocoran ini sendiri gak terjadi sama aku.

SAAT DIBERSIHKAN

cara mencuci dengan lerak

Saat mengganti aku selalu cuci sampai darah haid yang menempel hilang. Lalu aku simpan di ember tersendiri. Nanti di malam hari baru kucuci berbarengan dengan yang lain. Cucinya menggunakan lerak juga. Kalau ada noda membandel bisa pakai cuka dan baking soda. Sayangnya aku cuma punya cuka aja, jadi sepertinya kurang efektif untuk noda-noda yang membandel.

Tapi tips dari yang kubaca agar noda tidak membandel adalah jangan menggunakan pemutih kimia sama sekali, jangan pakai air panas, dan saat dijemur harus langsung kena matahari. Tips ini lumayan manjur sih di aku.

Lalu soal bau, jangan kaget kalau nanti ada baunya ya. Nah ini biasanya kuakalin dengan pakai lemon atau essential oil.

Oh iya, satu hal yang aku suka saat mencucinya adalah ternyata gak terlalu sulit. Awalnya aku mikir bakalan bikin geli dan susah. Tapi ternyata lebih ribet nyuci pembalut sekali pakai yang ada gel-nya (karena gel-nya malah bikin jadi berantakan).

KALAU LAGI TRAVELING GIMANA? REPOT GAK?

Jujur aku belum pernah pakai kalau lagi traveling dalam waktu lebih dari semalam. Jadi aku belum bisa share pengalaman. Tapi aku pernah pakai saat berpergian keluar rumah. Aku tetap ganti sesuai jadwal.

menstrual bag

Sama sih intinya seperti saat di rumah. Cuma bedanya wadah ember kuganti menjadi menstrual bag yang juga kubeli dari Baby Oz. Menstrual bag ini bahannya dari kain, tapi di dalamnya dilapisi kain yang tahan cairan. Jadi asal sudah diperas, tinggal masukin aja.

Menstrual bag ini bisa muat sampai 4-5 ukuran day. Nanti di rumah baru cuci semuanya dengan lerak. Jadi seharusnya gak repot kok. Sama aja kayak pakai pembalut biasa.

PLUS MINUSNYA APA?

Plusnya:

  • Jadi lebih hemat
  • Gak banyak buat sampah
  • Lebih nyaman buatku

Minusnya:

  • Saat musim hujan cucian akan lebih lama kering
  • Udah itu aja hahaha

Kalau soal mencuci sendiri sih gak ribet ya menurutku. Kadang aku cucinya barengan pas lagi mandi. Cuma nambah waktu ekstra paling 5-7 menit aja kok.


Waaah gak nyangka ternyata tulisan beralih ke menstrual pad ini jadi panjang juga ya! Mudah-mudahan semua sudah mencakup yang selama ini pengen diketahui ya. Kalau belum lengkap, bisa cek nih di web-nya Sustaination.

4 Comments

  1. nyonyasepatu 06/05/2020
    • Lia 08/05/2020
    • Lia 10/05/2020

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

%d bloggers like this: