Personal

YouTube Series Basic Skincare: Behind The Scene

Masih ingat curhatan saya soal otak-atik sosial media? Sampai sekarang saya masih bolak-balik mencoba formula yang tepat untuk dapat memberikan konten yang bermanfaat sekaligus mengembangkan YouTube Channel. Dan di bulan ini tercetus ide baru untuk YouTube Channel saya. Setelah menimbang apa yang mau dikerjakan, akhirnya saya bikin YouTube Series tentang Basic Skincare.

KENAPA YOUTUBE SERIES?

Kenapa tercetus ide untuk membuat YouTube Series? Awalnya karena mendapat insight dari channel YouTube favorit saya, entah itu Think Media, Video Creators, atau Video Influencers (saya lupa dapatnya dari yang mana hahaha).

Di dalam video tersebut disebutkan adalah unsur view dalam YouTube adalah salah satu aspek yang penting. Maka dari itu kita selalu berusaha membuat video yang dapat membuat penontonnya betah berada di dalam channel tersebut.

Baca juga: Serba-serbi YouTube Channel: Lia Harahap

Salah satu caranya adalah membuat series ataupun playlist. Dengan YouTube Series maka penonton akan menonton video-video lain yang masih berhubungan dengan video yang sudah ditonton. Oleh karena itu saya langsung berpikir untuk membuat series yang bisa dibuat dalam beberapa video dan juga saling berkaitan.

YouTube Series

Untuk topiknya saya meminta tolong dari subscribers untuk menentukan tema apa yang menarik bagi mereka. Setelah melakukan polling, banyak sekali yang ingin membahas tentang skincare. Lalu kenapa dipilih Basic Skincare, karena topik ini adalah topik yang paling dasar. Lagipula topik skincare untuk pemula di blog ini juga banyak peminatnya. So, why not?

PROSES PEMBUATAN BASIC SKINCARE SERIES

Sudah tau tema besarnya, saatnya memecah menjadi beberapa tema kecil yang nantinya akan jadi konten per video. Saya menggunakan formula yang hampir sama seperti di dalam blog. Yaitu memulai dari hal yang paling dasar diketahui.

YouTube Series

  1. Cara Mengetahui Jenis Kulit
  2. Cara Merawat Kulit dan Produk Yang Digunakan Sesuai Dengan Tipe-nya
  3. Urutan Menggunakan Skincare
  4. Rekomendasi Produk Skincare dari Beauty Blogger / Vlogger

Menurut saya keempat poin ini cukup penting dan mendasar untuk mengenal dan memulai ritual skincare. Jadi buat yang masih belum kepikiran atau tau tentang skincare paling tidak paham setelah menonton videonya.

Baca juga: Perlengkapan Vlogger yang Saya Miliki

Untuk video 1 sampai 3 saya melakukan pengambilan video sendiri seperti biasa. Sebelum mulai syuting saya mencatat semua poin penting yang ingin disampaikan agar tidak ada yang terlupa. Ternyata bikin video yang full kasih ilmu kayak gini agak bikin deg-degan ya. Belum lagi harus hapal semua materi yang mau dikasih. Salut deh buat beauty guru yang biasa bikin materi seperti ini.

Sedangkan untuk video 4 saya lagi-lagi melakukan formula yang sama seperti penulisan tentang basic skincare di blog. Di video rekomendasi ini saya meminta tolong dari teman Beauty Blogger / Vlogger untuk membagikan info produk skincare mereka sesuai dengan jenis kulitnya.

Terima kasih untuk Jennifer Tanuwijaya dan juga Ariani Rosidi yang bersedia bantu project YouTube Series ini dengan meluangkan waktu membuat video 🙂

Jenntan YouTube

Ariani Rosidi YouTube


Gimana perasaannya setelah membuat YouTube Series Basic Skincare ini?

Yang pasti sih lega karena selesai sesuai dengan jadwal. Karena saya memang maunya dibuat dalam waktu yang berdekatan sehingga penonton yang sudah nonton tidak perlu menunggu lama. Walaupun juga saya berharap penonton baru juga bisa tetap menonton YouTube Series-nya yang sudah lengkap dan mau subscribe channel saya 🙂

Ke depannya mau bikin lagi apa engga?

Saat ini sih belom tau. Mau sih cuma belum digodok lagi ide-nya karena pengen semakin baik lagi dari segi konten dan juga ada unsur entertainment-nya. Semoga aja bisa dibuat lagi.

Teman-teman yang sudah nonton YouTube Series-nya saya terbuka banget lho untuk saran dan kritik membangun. Terima kasih 🙂

8 Comments

  1. nyonyasepatu 31/01/2019
    • Lia 06/02/2019
  2. Mirna Kei Rahardjo 31/01/2019
  3. Ranny 02/02/2019
    • Lia 06/02/2019
  4. wcarmelita 09/02/2019
    • Lia 13/02/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: