Lifestyle Travel

Trafi: Aplikasi Informasi Transportasi Umum Andalan di Jakarta

Sejujurnya sekarang saya agak sedikit gemas kalau ada yang bertanya, “Naik apa ya ke [nyebut lokasi]?”. Saya gemas, soalnya pengen banget kasih tau kalau ada aplikasi yang namanya Trafi.

KENALAN DENGAN TRAFI

Trafi adalah aplikasi di smartphone yang dapat memberitahu transportasi umum apa yang digunakan jika ingin berjalan ke suatu tempat. Fungsinya hampir mirip seperti Google Map yang mencari rute sebuah perjalanan, namun dengan Trafi diikuti dengan informasi transportasi umum yang bisa digunakan.

Sebagai contoh jika saya ingin ke Ratu Plaza dari Stasiun Senen, maka cukup menulis lokasi tujuan dan lokasi sekarang. Maka akan keluar berbagai macam pilihan alternatif jalur dan transportasi umum, tentunya dengan berbagai macam pilihan estimasi waktu perjalanan.

Trafi Aplikasi Transportasi Umum

 

Di aplikasi ini bisa mengetahu rute transportasi umum seperti Bus Trans-Jakarta, Commuter Line, Bus, Medium Bus (seperti kopaja), dan juga Angkot. Namun hanya Bus Trans-Jakarta saja yang memiliki akses live location dari setiap bus-nya. Jadi kita bisa mengetahui posisi Bus Trans-Jakarta sedang berada dimana. Canggih kan?

Tidak hanya itu juga, terkadang aplikasi dapat memberi tahu jalan mana yang sedang macet atau sedang diperbaiki. Sehingga kita bisa dapat informasi lagi rute mana yang bisa kita ambil. Ada juga fungsi Live Updates yang memungkinkan kita share info rute perjalanan atau bertanya kepada pengguna yang lain.

Trafi Aplikasi Transportasi Umum

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play dan juga App Store. Saat ini sudah ada 7 negara yang bisa menggunakan Trafi. Sayangnya di Indonesia hanya bisa dipakai di daerah Jakarta saja. Namun saya sempat cek, di beberapa daerah sekitar Jakarta seperti Tangerang masih bisa dipakai.

PERJALANAN DENGAN TRANSPORTASI UMUM JADI LEBIH MUDAH

Saya kenal Trafi sejak melihat banner-nya di tv monitor yang ada di halte Bus Trans-Jakarta. Awalnya saya pikir Trafi ini official apps-nya dari Bus Trans-Jakarta, namun ternyata tidak. Malah katanya Trans-Jakarta sudah punya aplikasi sendiri. Tapi saya masih enggan mengganti aplikasi Trafi di smartphone.

Biasanya saya pakai Trafi saat pergi ke lokasi yang belum pernah dikunjungi untuk mengetahui rute dan transportasi umum apa yang akan saya pakai. Lalu juga bermanfaat banget saat menunggu Bus Trans-Jakarta. Karena tau sendiri kan kadang posisi kita mengantri di halte itu udah berdesakan banget, kadang kita gak bisa lihat bus-nya udah mau sampai atau belum. Dengan aplikasi ini saya bisa tahu kalau bus sudah dekat atau belum.

Beralih ke Transportasi Umum

Canggih kan? Apalagi kalau yang sehari-hari mengandalkan transportasi umum pasti butuh banget aplikasi Trafi ini.

Sampai saat ini saya masih bergantung banget sama transportasi umum. Soalnya ngeliat kondisi Jakarta yang udah macet di sana-sini pilihan menggunakan transportasi umum adalah yang tepat. Apalagi kondisi transportasi umum di Jakarta juga semakin membaik. Semoga saja nanti Kota Jakarta jadi kota yang ramah untuk pejalan kaki dan nyaman untuk menaiki transportasi umum.

Amin!

10 Comments

  1. febridwicahya 27/01/2019
    • Lia 27/01/2019
  2. Hastira 28/01/2019
  3. fika 28/01/2019
    • Lia 29/01/2019
  4. Edwina Hidayah 29/01/2019
    • Lia 29/01/2019
  5. inez 30/01/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: