Personal

3 Perlengkapan Beauty Vlogger dan Blogger Yang Saya Miliki

Sekitar satu setengah tahun yang lalu saya pernah membuat wishlist tentang peralatan untuk menunjang pekerjaan sebagai beauty blogger dan juga beauty vlogger di tulisan ini. Dan sekarang saya bisa share update terbaru perlengkapan beauty vlogger dan blogger apa saja yang sudah saya upgrade. Selamat menyimak ya!

3 PERLENGKAPAN BEAUTY VLOGGER DAN BLOGGER YANG SUDAH SAYA UPGRADE

Jika membaca tulisan di post sebelumnya memang peralatan yang saya punya sudahlah cukup. Cukup untuk membuat konten beauty baik di blog maupun di YouTube. Namun seiring dengan berjalannya waktu saya juga ingin meng-upgrade perlengkapan yang saya punya sehingga dapat meningkatkan kinerja sekaligus mempermudah pekerjaan sehingga menjadi semakin cepat.

Maka dari itulah saya membuat wishlist perlengkapan beauty vlogger dan blogger yang saya idam-idamkan. Dan sekarang saya merasa bersyukur karena 3 dari 5 wishlist saya sudah berhasil terkabul. Untuk itu saya akan ceritakan ya masing-masing perlengkapan yang sekarang saya punya ini.

CAMERA MIRRORLESS

Perlengkapan Beauty Vlogger Blogger

Menjelang hari-hari terakhir saya kerja kantoran, suami bolak-balik mendorong saya untuk segera beli kamera baru. Alasannya karena kamera Canon EOS 550D yang biasa saya pakai kan sudah tua, dan juga tidak ada flip screen-nya, jadi kalau mau bikin video untuk YouTube itu harus manual bolak-balik atur fokus-nya.

Sangking manualnya, sering kali kualitas video saya gak bagus karena keterbatasan saya untuk mengecek kondisi video saat dibuat. Begitu selesai baru deh ketauan kalau gak fokus, suaranya kecil, warnanya berubah, sampai ada bagian yang suka gak tersimpan karena maklum lah kameranya sudah tua.

Untuk beli kamera sebenarnya saya sudah tau kamera apa yang diinginkan. Pokoknya gak jauh-jauh dari Canon, karena akan lebih mudah adaptasinya. Saya cek pun harganya sekitar 6 sampai 7 jutaan. Jujur saat itu saya kepikiran banget soal uang. Maklum, namanya juga mau berpenghasilan tidak tetap, otomatis harus pikirin baik-baik kalau mau ngeluarin uang.

Tapi lagi-lagi suami mengingatkan kalau saya punya uangnya, ya sebaiknya dibeli.

“Dengan membeli kamera baru tentu tidak akan membuat kamu rugi. Justru kamu bisa menghasilkan uang lagi dengan kamera itu. Kamu bisa membuat blog atau video jadi lebih produktif karena kameranya sudah lebih menunjang.” – Suami

Dari kata-kata suami itulah akhirnya saya mantap untuk beli kamera Canon EOS M3 yang saya beli saat ada pameran Jakarta Fair di JIEXpo Kemayoran. Pertimbangannya beli disitu sih karena mikirnya mungkin dapat diskon yang besar.

Total saya beli kamera Canon EOS M3 (plus filter lensa dan bonus tas) adalah sekitar Rp7.500.000,-. Harga yang cukup besar buat saya, namun sampai sekarang saya malah bisa merasakan hasil dari kamera tersebut. Malah gak sampe 3 bulan saja sudah bisa balik modal. Hehehe.

Lalu cerita sedikit soal EOS M3 ini saya suka banget sama kameranya. Karena biasa bawa kamera DSLR yang berat, jadilah saya ngerasa beruntung punya kamera mirrorless yang ringan buat dibawa kemana-mana. Kamera ini jugalah yang saya pakai untuk shooting vlog untuk di YouTube channel. Benar-benar mudah dan gak bikin saya bolak-balik lagi setting fokusnya.

Peralatan Beauty Vlogger Blogger

Namun karena saya beli kamera ini dengan lensa bawaan, maka hasil gambarnya pun jauh berbeda dengan lensa yang saya punya sebelumnya di Canon EOS 550D. Karena itu baru-baru ini saja saya beli lensa fixed 50mm f/1.8 di Focus Nusantara karena waktu itu lagi ada potongan harga sampai Rp200ribuan. Total belanja lensa fixed dan juga mount adaptor EF – M plus filter lensa bisa sekitar Rp3.500.000,-.

Sampai saat ini saya masih belajar pakai lensa baru dan harapannya bisa semakin menghasilkan konten dengan kualitas gambar yang lebih baik.

LAPTOP

Perlengkapan Beauty Vlogger Blogger

Perlengkapan beauty vlogger dan blogger selanjutnya yang saya beli di awal tahun 2018 adalah Laptop HP Pavilion X360 14inch. Beli laptop ini juga atas saran suami yang ngeliat saya sudah produktif bikin videonya, tapi sebel karena lama mengolah videonya di laptop lama.

Laptop lama saya adalah HP Pavilion juga yang merupakan hadiah waktu ikut mengisi angket dari sebuah majalah di tahun 2012. Spec-nya sendiri memang standar banget, makanya kalau dipakai untuk edit video itu lamanya minta ampun.

Sejak suami saranin untuk beli laptop, saya pun kembali mencari tau kira-kira laptop apa yang cocok dengan kebutuhan. Syarat saya waktu itu adalah sudah minimal core i5 dan RAM-nya lebih dari 4GB. Kenapa begitu? Karena yang saya tahu untuk buat edit video butuh spec minimal seperti itu (mohon koreksi ya kalau salah).

Dan akhirnya pas beli laptop yang sekarang malah sudah 8GB RAM-nya. Dan spec ini berasa banget pas buat render video yang gak pernah lagi sampai beberapa jam untuk video 10 menitan.

Sebenarnya masih banyak fitur dari laptop ini yang belum saya coba, salah satunya adalah menggunakan pen stylus di layar yang bisa disentuh untuk membuat gambar. Jadi dengan laptop ini saya gak perlu beli wacom lagi kalau mau buat gambar. Mungkin nanti pelan-pelan semua kemampuannya akan saya maksimalkan.

Oh iya, pas beli laptop ini lumayan berdarah-darah sih belinya karena terpaksa membobol tabungan untuk membeli laptop seharga Rp10.300.000,- ini. Trus saya belinya lewat Bhinneka.com alias online. Deg-deg ser juga karena belom pernah beli barang mahal secara online. Tapi Alhamdulillah nyampe di keesokan harinya.

GORILLA POD

Perlengkapan Beauty Vlogger Blogger

Produk terakhir yang saya beli untuk perlengkapan beauty vlogger dan blogger adalah Gorilla Pod.

Waktu itu saya cukup impulsif beli karena tiba-tiba terpilih untuk menginap di Hotel Grand Zuri dan wajib membuat vlog. Saya sempat bilang ke suami kalau butuh Gorilla Pod untuk bisa bawa tripod kemana-mana. Tripod besar saya sudah punya dan selalu dipakai untuk buat konten video di dalam kamar, tapi kalau buat dibawa traveling rasanya terlalu ribet.

Sempat ngobrol dan nanya-nanya soal Gorilla Pod sama Mas Bart, dan akhirnya beli juga Gorilla Pod merek Joby di Oktagon. Waktu itu harga Gorilla Pod Joby-nya hampir Rp600.000,-an. Harga yang cukup mahal kalau dibandingkan dengan beli tiruannya. Cuma saya mikir kalau kualitas barang asli dan sudah ada nama pasti lebih terjamin. Jangan sampai saya beli produk yang belum tau kualitasnya, eh malah bikin kamera mirrorless saya jatuh. Duh, gapapa deh invest di Gorilla Pod asli.

Sampai sekarang kalau kemana-mana saya selalu bawa Gorilla Pod Joby ini khususnya untuk traveling. Bener-bener ngebantu banget buat vlogging!


Itu dia 3 perlengkapan beauty vlogger dan blogger yang saya punya saat ini dan sudah di upgrade dari produk sebelumnya. Tentu pas pertama lihat total harganya lumayan bikin pening. Apalagi saya selalu bertekad untuk membeli produk secara cash, tanpa kredit. Jadi bikin bokek banget pas pertama beli.

Tapi setelah dijalanin ternyata rejeki itu ada aja. Dan bersyukurnya semua pekerjaan sekarang menjadi lebih mudah sehingga saya lebih bisa produktif lagi menghasilkan konten. Tentu ujung-ujungnya saya mendapatkan kembali uang yang sudah saya gunakan untuk membeli perlengkapan tersebut.

Tujuan saya share cerita ini bukan untuk pamer, tapi mau dijadikan catatan buat saya sendiri kalau mau kerja jadi content creator atau freelancer memang butuh pengorbanan. Maka dari itu harus lebih semangat lagi mencari rejekinya.

Syukur-syukur kalau informasi di atas bisa juga bermanfaat buat teman-teman yang sedang berpikir untuk menjadi content creator. Memang gak harus beli produk yang mahal dulu, bisa pelan-pelan seperti saya dulu pakai peralatan yang seadanya saja.

Doakan ya semoga wishlist lain yang belum terkabul bisa segera terwujud. Terima kasih 🙂

17 Comments

  1. Mirna Kei Rahardjo 18/12/2018
    • Lia 18/12/2018
      • Mirna Kei Rahardjo 18/12/2018
  2. Mike Kusmitiati 18/12/2018
    • Lia 26/12/2018
  3. Edwina Hidayah 18/12/2018
    • Lia 26/12/2018
  4. Damar Aisyah 19/12/2018
    • Lia 26/12/2018
  5. nyonyasepatu 19/12/2018
    • Lia 26/12/2018
  6. irni 19/12/2018
    • Lia 26/12/2018
  7. Mas Broh 25/12/2018
    • Lia 26/12/2018
  8. ifa musyrifah 27/12/2018
    • Lia 27/12/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: