Beauty Lia Beauty Talks

Pertanyaan Tentang Kulit Kering Yang Sering Ditanyakan

Konten tentang kulit kering (khususnya untuk kulit wajah) termasuk konten yang mendominasi di blog maupun social media saya. Bagaimana tidak, ini adalah tipe kulit saya sendiri dan saya banyak bercerita tentang pengalaman mengalaminya. Yang mengejutkan adalah ternyata ada banyak orang juga yang memiliki tipe kulit yang sama seperti saya, padahal dulu saya selalu berpikir kalau tipe kulit berminyak lah yang dimiliki oleh sebagian besar orang di muka bumi ini.

Bisa jadi karena itu juga konten tentang kulit kering ini sebenarnya banyak yang cari, tapi sumbernya tidak sebanyak konten kulit berminyak. Hingga setiap kali saya membuat konten tentang tipe kulit ini, banyak sekali pertanyaan yang masuk. Maka dari itu saya ingin membahasnya di tulisan kali ini.

Silahkan dibaca sampai habis, siapa tahu ada pertanyaanmu yang dijawab di sini.

PERTANYAAN PALING SERING DITANYAKAN SEPUTAR KULIT KERING

Mukaku kering kemerahan sampai mengelupas, itu karena apa ya?

kulit kering bruntusan iritasi

Inilah pertanyaan paling sulit yang saya jawab. Karena sebagian besar penanyanya tidak saya lihat sendiri kondisinya. Banyak pertanyaan seperti ini muncul khususnya di channel YouTube saya. Dan saya tahu persis rasanya bingung dengan kondisi yang belum pernah dialami. Sehingga ingin sekali tahu apa penyebab terjadinya masalah ini.

Namun karena saya tidak melihat langsung kondisinya dan terlebih lagi saya juga buka dokter kulit, maka saya selalu mengajak orang tersebut untuk kembali mengingat perubahan apa yang terjadi belakangan ini terkait dengan kulit. Apakah mencoba produk baru? Apakah pindah ke lokasi yang baru? Atau hal-hal lain yang berkaitan.

Beberapa hal yang saya ketahui bisa menyebabkan terjadinya kulit kering:

  • perubahan cuaca
  • iritasi kulit akibat kandungan suatu produk
  • pemakaian produk yang tidak sesuai dengan tipe kulit
  • kurang minum air
  • bertambahnya usia
  • pemakaian obat jerawat yang keras
  • dll

Kondisi ini pasti terjadi karena suatu hal, dan hasilnya adalah reaksi perubahan kulit. Saya sendiri terakhir mengalami kondisi kulit kering parah sampai bersisik dan mengelupas terjadi pada saat pergi ke Bandung beberapa bulan yang lalu. Kemungkinan terbesar penyebabnya adalah cuaca dan iklim yang dingin tidak diikuti dengan skincare yang sesuai. Terlebih lagi saya jarang minum air putih. Hingga terjadilah masalah tersebut.

Maka dari itu cobalah untuk mengingat perubahan apa yang terjadi dalam hidupmu untuk mengetahui penyebabnya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Lagi lagi pertanyaan yang cukup sulit untuk seseorang yang tidak punya ilmu yang cukup tentang kulit. Tapi karena saya mengalaminya sendiri maka saya hanya bisa menjawab berdasarkan pengalaman pribadi.

Sebenarnya cukup mudah mengetahui bagaimana mengatasi kulit kering, iritasi, bersisik, gatal, dan sebagainya selama kita sudah tau penyebabnya. Ya, ini balik lagi ke pertanyaan di atas.

Ini beberapa contoh:

  • Kalau kita sudah tahu kulit bereaksi terhadap produk skincare yang baru saja kita coba artinya sebaiknya hentikan dulu pemakaiannya.
  • Misalnya kulit tiba-tiba kering karena cuaca yang dingin, artinya saya harus menggunakan skincare yang bisa memberikan kelembapan yang lebih lama, pakai sabun cuci muka yang tidak mengandung SLS, minum air putih yang cukup, dan lainnya.
  • Apabila karena penggunaan obat jerawat yang terlalu keras, mungkin kalian harus tonton video ini:

Dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. Kuncinya adalah mengenal betul penyebabnya dan tau bagaimana cara mengatasinya. Kalau keduanya diketahui maka penanganannya akan lebih tepat dan lebih cepat juga diatasi.

Apa saja tips perawatan kulit kering?

Ada beberapa tips yang bisa saya share di sini dan mungkin bisa diikuti:

  • Gunakan skincare yang sesuai dengan tipe kulit. Untuk kulit kering saya lebih cocok menggunakan skincare dengan tekstur krim, milk, atau oil.
  • Pastikan kandungan dalam skincare tidak mengandung bahan yang dapat membuat kulit kering. Biasanya saya juga menghindari tipe skincare yang ada fragrance dan alkoholnya.
  • Minimalisir penggunaan air panas dan hangat saat mencuci muka ataupun mandi. Kalau tidak bisa, tetap gunakan air dingin di bagian paling akhir saat membilas.
  • Kurangi gesekan antara kulit dengan tangan saat membersihkan wajah. Jangan terlalu lama membersihkan wajah, maksimal 1 menit saja.
  • Setelah mencuci muka atau mandi langsung pakaikan pelembap saat kondisi kulit sedang lembap. Jangan beri kesempatan kulit menjadi kering.
  • Pakai pelembap yang teksturnya pekat (thick) agar bisa melembapkan lebih lama.
  • Gunakan produk yang memiliki benefit hydrating atau moisturizing. Namun perhatikan juga jangan sampai over moisturized.
  • Dan yang terpenting adalah minum air yang cukup.

***

kulit kering

Itu dia beberapa pertanyaan yang cukup sulit sebenarnya saya jawab karena masalah tiap orang bisa berbeda. Tapi yang terpenting adalah masing-masing dari kita paham kondisi kulit sendiri dan tau bagaimana cara mengatasinya. Tidak perlu terburu-buru, walaupun saya tahu rasanya tidak enak sekali kalau sedang mengalaminya. Tapi percayalah kalau semua akan kembali seperti biasanya jika kita tetap tenang.

Semoga tulisan ini bisa membantu menjawab beberapa pertanyaan teman-teman terkait kulit kering dan semoga yang sedang mengalaminya bisa kembali normal 🙂

One Response

  1. roosvansia 24/05/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: