Health Lifestyle

Pengalaman Periksa Kehamilan di RS Antam Medika

Pengen banget segera ceritain pengalaman periksa kehamilan di RS Antam Medika, Jakarta Timur. Aku akan jelasin satu-satu ya alasan kenapa aku (dan suami) puas sekali dengan rumah sakit ini.

PERIKSA KEHAMILAN DENGAN DR. SUSANTI, SPOG

Sedikit flash back, jadi di tahun 2017 (setahun setelah aku menikah), aku dan suami pergi memeriksakan diri berdua di RS Antam Medika. Waktu itu aku pilih periksa ke dr. Susanti Kusumo Budiarti, SpOG karena melihat review yang cukup bagus dan waktu itu dr. Susanti belum terlalu ramai pasiennya.

Detail soal periksa kehamilan sudah pernah aku ceritakan di YouTube. Bisa dilihat di sini ya:

Intinya setelah kami periksa kedua kali dan ternyata hasilnya sehat, kita gak balik lagi. Ternyata hampir 3 tahun setelahnya aku tahu kalau sudah hamil. Walaupun sempat ke dokter lain, akhirnya balik periksa ke dr. Susanti lagi.

Yang kusuka dari dr. Susanti ini orangnya kalem dan tenang. Gak pernah menakut-nakuti atau kasih banyak pantangan pasiennya. Trus juga selalu nanya vitaminnya masih ada apa engga? Jadi gak main bikin resep yang bikin kita jadi mubazir. Bahkan tes lab pun kalau belum perlu, tidak diminta lakukan. (Btw, kalau mau tes lab kehamilan gratis mending ke puskesmas aja. Lengkap!)

Tapi kalau buatku yang baru pertama kali hamil ini, pembawaan dr. Susanti yang seperti ini ada yang membuatku kurang sreg. Ini personal preference ya. Aku lebih suka dokter yang lebih banyak bicara supaya aku merasa lebih tenang dan tahu banyak soal kehamilanku.

Kalau disimpulkan sebenarnya begini. Kayaknya kalau aku hamil anak kedua pas deh dengan dr. Susanti karena pembawaannya yang tenang dan santai. Toh kehamilan kedua, sudah ada pengalaman. Tapi karena ini pengalaman pertamaku, aku lebih butuh informasi yang lebih banyak.

Nangkep ya maksudnya? 🙂

rs antam medika

Walaupun ada rasa kurang sreg, tapi kami tetap periksa dengan dr. Susanti. Karena menurut kami rasa tidak sregnya minor kok. Gak terlalu masalah. Eh tapi emang bukan jodohnya kali ya, pas masuk kehamilan sekitar minggu 20an dr. Susanti gak praktik.

Waktu itu memang lagi masa pandemi dan mulai ada PSBB. Sempat gak ke dokter sampai 7 minggu karena dr. Susanti katanya cuti. Akhirnya kuputuskan untuk cari dokter lain masih di RS Antam Medika. Dan setelah nanya-nanya sama teman yang pernah periksa kehamilan dan melahirkan di tempat yang sama, akhirnya aku pindah ke dr. Rahma Prastasari, SpOG.

PERIKSA KEHAMILAN DENGAN DR. RAHMA, SPOG

Dibanding dr. Susanti, review tentang dr. Rahma ini tergolong sedikit. Agak kesulitan menebak kira-kira bakalan kayak gimana nih orangnya? Tapi aku pikir yang penting dicoba aja dulu. Eh ternyata sekali konsultasi malah ngerasa cocok banget!

Periksa kandungan sama dr. Rahma ini detaiiiilll banget. Entah karena kandunganku sudah besar atau emang sudah prosedurnya begitu, di setiap USG selalu dicek satu-satu dengan detail. Dokter ngejelasin satu-satu gambar yang selama ini gak jelas menurutku (hahaha).

“Air ketubannya cukup ya, Bu”

“Sudah tahu kelaminnya? Saya periksa ya”

“Nah ini mulutnya, eeeh itu lagi kebuka…”

periksa kehamilan

Jadi kangen masa-masa kontrol ke dokter 😀

Setiap kali USG jadi pengalaman yang menyenangkan buat aku dan suami karena ngerasa bener-bener kayak jengukin anak yang cuma bisa dilihat sebulan sekali. Makanya kerjaan kita sebelum ke dokter yaitu minta anaknya bangun dan jangan kasih punggung doang ya kalau lagi di USG.

Pembawaan dr. Rahma juga santai dan gak kasih banyak pantangan. Cuma kalau konsultasi mending siapin list pertanyaan. Karena dr. Rahma cenderung cepat dalam berbicara. Tapi overall aku dan suami senang banget bisa diperiksa sama dr. Rahma.

PENGALAMAN PERIKSA KEHAMILAN DI RS ANTAM MEDIKA

Yang kusuka dari rumah sakit ini adalah tidak terlalu banyak orang. Rumah sakit jadi tidak terlalu ramai dan jumlah antrian masih dalam tahap wajar.

Prosedurnya biasanya aku daftar dulu melalui whatsapp di nomor 08111785775 Lalu pas datang langsung ambil nomor antrian pendaftaran di resepsionis. Di pendaftaran ada beberapa loket untuk mencatat administrasi. Lalu dipersilahkan ke masing-masing dokter. Antrian di administrasi ini biasanya gak pernah lama.

Kalau untuk periksa kehamilan biasanya nanti akan dipanggil lagi untuk cek tensi dan berat badan. Setelah itu kita menunggu lagi sesuai antrian masuk ke ruang praktik dokter.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by RSU Antam Medika (@rsuantammedika)

Ruang praktik dokter kandungan yang aku selalu datangi terdiri dari dua ruangan. Ruang pertama adalah tempat duduk dokter. Di sini kita bisa masuk berdua bahkan mungkin tiga sampai empat orang. Karena ada tambahan kursi di sampingnya. Cuma selama pandemi pendamping dibatasi jumlahnya untuk masuk ke ruangan praktik.

Di ruangan sebelahnya adalah ruangan untuk periksa USG. Jadi ada tempat tidur berbaring dan disebelahnya ada mesin USG. Selain dari monitor USG, kita bisa lihat gambar yang ada di monitor dari layar tv yang ada di atas.

Pas pemeriksaan jahitan setelah melahirkan, aku juga baru tahu di ruangan tersebut ada kursi khusus buat pemeriksaan dalam. Menurutku ruangannya bersih dan tidak sempit.

Lalu untuk ruang tunggu menurutku juga cukup banyak kursinya. Namun karena berdekatan dengan poli anak jadi kalau ada praktik berbarengan dengan dokter anak jadi agak ramai. Dulu sebelum pandemi ada area bermain anak, tapi sekarang sudah tidak ada.

Proses pembayaran juga mudah dan cepat. Lagi-lagi antrian di sini tuh gak sebanyak di rumah sakit lain. Jadi gak makan banyak waktu. Paling hanya nunggu obat saja di apotek, sisanya tergolong cepat.

Dulu sebelum pandemi di area rumah sakit ada beberapa gerai makanan. Namun setelah pandemi jadi tutup semua. Paling kalau mau makan ada kantin di luar gedung (tapi masih dalam komplek rumah sakit).


Kesimpulannya aku puas banget sama pelayanan dari RS Antam Medika. Sangking nyamannya aku malas ke rumah sakit lain. Aku sudah pernah periksa THT, periksa mata, dan juga tes lab di sini.

Oh iya, untuk biaya berobat di sini juga tergolong standar. Jadi gak kemahalan seperti rumah sakit yang biasanya aku datangi. Kalau ada asuransi juga bisa dipakai di sini, sesuai dengan ketentuan dari asuransinya.

Maaf juga aku gak banyak foto selama di rumah sakit, karena gak enak ya tempat umum. Tapi kalau mau tahu dimana lokasinya, bisa cek di sini ya:

Di tulisan selanjutnya aku akan share ya pengalaman melahirkan di RS Antam Medika ya!

Semoga pengalaman periksa kehamilan di RS Antam Medika versi aku ini bermanfaat buat bumil-bumil lainnya 🙂

2 Comments

  1. Caroline Adenan 02/02/2021
    • Lia 26/02/2021

Leave a Reply