Lifestyle Travel

Pengalaman Main Ke Kantor Google Indonesia

Kantor Google sering dibilang sebagai kantor terasyik di dunia. Gak pernah nyangka kalau kali ini giliran aku berkesempatan untuk mampir ke kantor Google Indonesia. Apakah benar seasyik yang sering dibilang? Di sini akan kuceritakan ya.

MENUJU KANTOR GOOGLE INDONESIA, KAWASAN SCBD

Sebelum pergi ke kantor Google Indonesia saya sudah googling terlebih dahulu dan cek akses transportasi umumnya melalui aplikasi Trafi dan Google Maps. Ternyata lokasinya cuma sekitar 500m dari halte bus Transjakarta Gelora Bung Karno. Dari situ kita masuk ke area SCBD, dari luar terlihat gedung tinggi dengan logo FWD.

Siang itu cuacanya sangat terik banget, berbeda saat masuk ke gedung yang bernama Pacific Century Place. Iya, jadi kantor Google Indonesia berada di gedung ini. Awas tertukar ya sama Mall Pacific Place yang juga sama-sama di area SCBD.

Supaya jelas, ini alamat Kantor Google Indonesia ya!

Pacific Century Place Tower Level 45
SCBD Lot 10, Jl. Jend. Sudirman No.53, RT.5/RW.3
Senayan, Jakarta Selatan 12190

Untuk masuk ke dalam kantor harus menukar kartu identitas. Setelahnya bisa langsung menuju lantai 45. Perjalanan dari lantai dasar ke lantai 45 lumayan cepat, bahkan sangking cepatnya kuping terasa tersumbat karena tidak terbiasa.

Begitu sampai di lantai 45 langsung belok ke pintu transparan dan minta resepsionis untuk dibukakan pintunya.

Pas masuk langsung diminta untuk registrasi dengan cara yang tentunya gak biasa dong. Kalau biasanya kita disuruh isi di buku tamu dengan cara menulis, nah Google pakai caranya sendiri. Kita diminta mengisi form dengan cara diketik di sebuah layar komputer. Mirip kayak kita mau daftar email di Google gitu lah! Baru setelahnya akan keluar kertas sebagai tanda pengenal tamu.

TERPESONA DENGAN INTERIOR BAHKAN TOILETNYA!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lia Harahap (@liaharahap_lh) on

Saat masuk yang pertama kali bisa kita lakukan adalah berfoto di pintu masuk iconic ini. Biar bukti dong kalau udah pernah jejak di sini. Kalau aku perhatikan di foto-foto orang lain sepertinya pintu masuk ini diubah beberapa aksen interiornya menyesuaikan dengan event di hari atau bulan itu. Karena ini masih dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, jadi aku lihat ada banyak bendera merah putih di sini.

Dari pintu masuk kita bisa ke kiri dimana ada lorong yang menuju ke ruangan meeting. Di salah satu sudut ada sebuah layar besar yang mengingatkan aku sama layar TV-nya TMC Metro Jaya. Bedanya ini bukan buat pantau jalanan, tapi di setiap layar keluar keyword yang sedang tren. Keyword ini dari Google Trend!

google trend

Aku sempat lihat beberapa keyword yang lagi tren belakangan ini seperti “KKN Desa Penari” sampai “Hari Libur Tahun 2020”. Hayooo, apakah kamu juga yang sempat cari keyword ini di Google Search?

Di lorong selanjutnya aku melihat ruangan musholla yang dibagi berdasarkan jenis kelamin, lalu ada juga ruangan kerja karyawannya.

Nah gongnya adalah pas masuk ke toiletnya nih. Ternyata masuk ke toiletnya itu gak perlu nyentuh pintunya sama sekali, karena di sebelah kiri ada sensor tangan yang bisa membuka pintu secara otomatis. Ide yang bagus banget, karena kan pegangan pintu toilet itu bisa jadi area yang paling tidak higienis.

toilet kantor google indonesia

Masuk kita akan melihat kaca besar dan wastafel di bawahnya. Kata Aprie, sabunnya aja wangi banget sampai mau di bawa pulang! Hehehe. Aku dan Marga juga heboh  lihatin tutup toilet yang terbuka saat aku ngebuka pintu biliknya. Pas buang air kecil ada banyak tombol di sebelah kiriku. Jadi di sebelah kiri itu ada remote seperti remote AC. Fungsinya adalah untuk flush, naik turunin kloset, dan juga ada blower buat ngipasin bagian bawah kita supaya agak kering 😀 Gak lupa, klosetnya juga anget lhooo. (Tonton videonya di IG post-ku di atas ya, slide ke kanan)

Kata adikku yang sempat ke kantor lain yang berada di gedung ini juga memang toiletnya seragam seperti ini juga. Jadi yang mau ngerasain ke toilet ala-ala Jepang bisa ke kantor-kantor yang ada di gedung Pacific Century Place ya! Hahaha.

pantry

pantry google indonesia

Nah aku juga sempat nyobain duduk di kantinnya yang ada di sebelah kanan dari pintu masuk. Kantinnya ini luasnya gak terlalu besar. Tapi jadi kelihatan besar karena ada kaca besar yang bikin kita bisa lihat pemandangan keluar.

Katanya tiap karyawan Google dapat jatah sarapan, makan siang, dan juga snack sore. Di sana juga bisa ambil minuman sepuasnya. Kayaknya kalau aku kerja di sini bisa tambah berat badan sih hehehe.

office tour

kantor google indonesia

Oh iya, kalau mau makan di outdoor juga bisa. Di sini lebih sejuk dengan ac alami alias angin. Trus di sini gak ada yang boleh ngerokok, jadi bener-bener nyaman mau kerja dimana aja.

PERKENALAN QUESTION HUB UNTUK BLOGGER

Aku belum cerita kenapa aku ke sini. Jadi ceritanya aku diajakin sama Blogger Perempuan untuk berkenalan dengan salah satu produk baru dari Google Indonesia yaitu Question Hub.

Question Hub ini adalah sebuah produk yang memudahkan publisher untuk melihat pertanyaan apa saja yang ditanyakan oleh orang-orang pada Google, namun belum bisa mendapatkan jawabannya.

Question Hub terhubung dengan dengan Google Search Console. Dari situ kita bisa mengakses pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan orang-orang dan menjawabnya dengan link blog yang sesuai dengan pertanyaannya.

Keuntungan Question Hub ini bagi blogger ada dua:

  1. Bisa bantu menyediakan jawaban atas pertanyaan yang belum dijawab orang lain dengan memberikan link blog kita sendiri.
  2. Bisa mendapatkan ide tema menulis sesuai dengan pertanyaan orang-orang.

google question hub

Saat ini produknya masih dalam bentuk Beta, tapi sudah bisa kita coba kok. Aku sendiri udah coba otak-atik dan merasa terbantu dengan fiturnya. Apalagi fitur ini benar-benar cocok dengan tipe blogger yang terbiasa menulis sesuatu yang  personal, unik dan spesifik. Question Hub bisa jadi salah satu cara Google untuk melengkapi inventory tulisan-tulisan yang beragam ini.

Teman-teman yang mau coba Question Hub bisa cek di sini ya!

Itu dia pengalamanku main ke kantor Google Indonesia yang bikin nyaman karyawan dan juga tamunya. Semoga suatu saat bisa main juga ke kantor pusat dan cabangnya di negara yang lain yaa 😊

15 Comments

  1. Bondan Family 03/09/2019
  2. mysukmana 04/09/2019
    • Lia 04/09/2019
  3. Farah Salsabila 04/09/2019
    • Lia 04/09/2019
  4. Desty Widyani 04/09/2019
    • Lia 11/09/2019
  5. Zai Z 05/09/2019
    • Lia 11/09/2019
  6. nyonyasepatu 06/09/2019
  7. Melissa Tjia 10/09/2019
    • Lia 11/09/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: