Lifestyle Motherhood

Mulai Berclodi? Pertimbangkan Dulu Hal Ini | Clodi Series 1

Ada yang mau mulai berclodi? Cek dulu nih beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mantap untuk beralih pakai clodi. Disimak ya!

CLOTH DIAPERS

Clodi atau Cloth Diapers adalah perpaduan popok yang menggunakan kain untuk menyerap cairan dan kotoran bayi/anak dan cover popok yang waterproof sehingga tidak bocor keluar (selama pemakaiannya benar).

Clodi ini jadi salah satu alternatif yang bisa dipakai oleh orang tua yang tidak mau menggunakan popok sekali pakai (pospak) dengan berbagai alasan tertentu.

mulai berclodi

Karena cara penggunaan dan perawatan yang berbeda dari pospak, maka perlu kesiapan sebelum memutuskan untuk mulai berclodi. Di sini aku akan kasih gambaran supaya teman-teman yang lagi baca tulisan ini mantap untuk mencoba berclodi atau tidak.

Selamat mencoba!

SEBELUM MULAI BERCLODI, INILAH HAL-HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN

Saat aku share niat untuk mencoba berclodi di sosial media, ada beragam respon yang kudapat. Mulai dari yang support sampai yang bilang kalau nanti aku gak bakalan waras karena urusan anak saja udah repot sendiri. Mungkin yang terakhir ini maksudnya baik, hanya saja penyampaiannya saja yang kurang enak.

Apalagi aku pada waktu itu adalah calon ibu baru yang belum terbayang bagaimana situasi saat mengurus anak. Jadi yang sudah berpengalaman mungkin maksudnya mau kasih tau kalau aku harus siap dengan konsekuensi jika sudah memilih untuk berclodi.

Maka dari itulah aku berniat membuat tulisan ini supaya bisa memberikan gambaran bagaimana berclodi itu sebenarnya. Jadi keputusan untuk mantap berclodi itu ada di tangan masing-masing.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan mulai berclodi:

BUDGET

Di awal pertama kali kita perlu menyetok clodi beserta beberapa accessories-nya. Harga clodi ini per satuannya berkisar antara 50ribu – 100ribuan. Maka dari itu ada biaya yang cukup besar untuk dikeluarkan di awal. Jadi perlu menyiapkan budget khusus untuk clodi.

Harga clodi ini memang mahal, tapi jika dibandingkan dengan harga pospak lalu dihitung dengan jangka pemakaiannya, maka biaya pembelian clodi ini jauh lebih murah.

cloth diapers

Ilustrasinya begini ya:

  • Harga 1 Clodi Ningrat Pull Up Pant = Rp68.000,-
  • Harga Merries Pants Good Skin XL 38 = Rp95.200,-

Jika jumlah kebutuhan popok dalam sehari misalnya 6 kali, maka biaya yang dikeluarkan adalah:

  • Clodi = Rp68.000,- x 6 kali x 2 hari (untuk stok, dengan ritme setiap hari cuci-jemur) = Rp 816.000,-
  • Pospak = Rp95.200,- x 5 bag pospak untuk sebulan = Rp 476.000,-

Kelihatannya lebih murah pakai pospak ya? Tapi ntar dulu. Pakai popok kan gak cuma sebulan doang ya. Nah sekarang coba dihitung untuk pengeluaran selama setahun adalah:

  • Clodi = Rp 816.000,-¬†tetap sama atau gak perlu beli lagi terus menerus, karena cuci-jemur-pakai
  • Pospak = Rp476.000,- x 12 bulan = Rp5.712.000,- harus beli setiap bulan/habis

Perbandingannya lumayan ya! Dan ternyata clodi yang di awal terlihat lebih besar biayanya, tapi kalau dihitung dengan masa pemakaian bisa jadi lebih murah. Dan ini baru dihitung 1 tahun lho. Biasanya kan pemakaian popok itu bisa sampai 2-4 tahun. Kebayangkan gimana hematnya pakai clodi?

Tips belanja clodi versi aku:

  • Dicicil, jangan beli sekaligus.
  • Bisa beli sebelum anak lahir. Atau setelah anak lahir dan beli sedikit-sedikit dulu dari berbagai merek untuk dicoba ke anak. Kalau cocok, baru bisa beli merek dan varian yang sama.
  • Bisa mempertimbangkan preloved clodi yang harganya terjangkau.

WAKTU DAN TENAGA

Selain budget, kita juga perlu mempertimbangkan waktu dan tenaga. Kenapa keduanya aku gabung? Karena memang ini berkaitan banget.

Seperti yang aku bilang di atas, kalau siklus penggunaan dan perawatan clodi adalah mencuci – menjemur – pakai – mencuci – dan seterusnya sesuai urutan yang sama.

Perbedaan mendasar dari pakai clodi dan pospak ada di siklus ini. Kalau di pospak kita gak repot mikirin gimana merawatnya, sedangkan kalau pakai clodi harus meluangkan waktu dan tenaga untuk ritual tersebut.

Banyak yang karena hal ini jadi mundur teratur untuk mulai berclodi. Padahal kalau tau tips-nya sama aja kok kayak kegiatan kita saat mencuci baju. Tapi tidak dapat dipungkiri kalau waktu dan tenaga ini memang harus kita luangkan untuk clodi.

cara mencuci cloth diapers

Tips berdasarkan pengalamanku:

  • Bersihkan kotoran pada popok langsung saat mengganti popok yang baru, supaya kotoran tidak menempel lama. Jadi bersihin selanjutnya bisa lebih cepat.
  • Cuci bersih dalam satu waktu dan jumlah besar. Biasanya aku tumpuk sampai sore, lalu baru dicuci.
  • Bisa pakai mesin cuci jadi bisa ditinggal. Gak harus pakai mesin cuci mini, pakai mesin cuci biasa juga bisa kok.

NIAT

Terakhir adalah niat. Karena kalau budget ada, waktu ada, tenaga juga masih sanggup, tapi gak niat ya sama aja boong.

Jujur saja ada masanya aku juga males pakai clodi dan pilih cara praktis dengan pakai pospak. Tapi aku selalu kembali ke clodi karena aku sudah berniat sejak awal. Jangan lupa juga tentukan alasan dan tujuan kamu kenapa mau pakai clodi.

Kalau aku karena utamanya mau berhemat. Dan alasan selanjutnya adalah aku mau proses dari diapers ke celana dalam bisa berlangsung dengan lancar. Kedua hal inilah yang bikin aku selalu balik lagi ke clodi.

Hal ini juga kujelaskan ya di YouTube ya. Silahkan ditonton.


Itu dia hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika mau mulai berclodi. Gak banyak, tapi perlu dimantapkan pilihannya supaya semakin yakin. Saranku banyak baca review pengguna clodi, atau bisa juga ikut gabung supporting group salah satunya MamaBerclodi. Dengan ada dukungan dari teman seperjuangan maka proses berclodi bisa menjadi menyenangkan dan ringan.

Next aku akan bahas tentang clodi yang lain ya. Jadi tunggu terus update-nya di blog ini.

Leave a Reply