Motherhood Personal

5 Alasan Kenapa Pilih Spectra 9 Plus Untuk Pompa Asi

Di blog post sebelumnya aku cerita tentang drama ASI, kali ini aku mau bahas pompa ASI elektrik Spectra 9 Plus yang sangat membantu untuk mengatasi masalah saat menyusui.

Di tulisan ini aku gak akan bahas teknis tentang apa saja yang didapat dalam kemasannya, spesifikasinya, cara pakainya, dan hal-hal terkait lainnya. Karena semua itu sudah kubahas di YouTube. Jadi supaya lebih dapat gambaran, bisa cek aja ya langsung di videonya.

SPECTRA 9 PLUS NEW MOTOR HOSPITAL GRADE

Aku masih ingat ketika anakku masih belum bisa menyusui dengan benar. Sehari-harinya sangat rewel. Sampai aku pergi ke seorang dokter yang juga konselor laktasi. Tujuannya untuk belajar cara menyusui yang benar. Karena pada saat itu pd-ku sudah sangat lecet dan berdarah, tapi anak masih belum kenyang walaupun durasi menyusui sudah sampai berjam-jam.

Hasil dari pertemuan itu adalah aku diharuskan untuk memompa asi. Jadi sistemnya adalah pada saat menyusui anak akan menyusu langsung lalu ditambahkan dengan asi perah yang dihisap bayi melalui selang.

Pada waktu itu aku sudah punya pompa manual Medela Harmony hadiah dari adikku. Akhirnya aku coba pakai sambil sesekali mencoba perah manual pakai tangan. Alhasil dalam 30 menit aku hanya dapat 10ml saja. Sedangkan dalam beberapa menit berikutnya aku harus mulai menyusui kembali. Capek banget kan.

Akhirnya temenku menyarankan untuk beli pompa elektrik saja. Dengan pompa ASI elektrik kita jadi bisa hemat tenaga dan hasilnya juga lebih maksimal.

Atas saran temanku aku pun memilih Spectra 9 Plus yang juga sudah kubaca review-nya dari blog-nya Mbak Titi. Hari itu juga langsung pesen via Shopee, cusss sampe ke tangan dalam beberapa jam.

Yang mau tau dimana aku belanjanya, bisa cek di sini ya!

Nah sekarang aku mau kasih tau nih kenapa Spectra 9 Plus adalah pompa ASI yang sangat recommended!

BOTOL DAN AKSESORI-NYA SUDAH DALAM DUA SET

Kalau nonton videonya di YouTube pasti ngeh deh aku banyak banget ngejelasin item parts yang lumayan banyak dari Spectra 9 Plus. Awalnya agak bingung karena sangking banyaknya, tapi tenang aja karena lama kelamaan pasti hapal di luar kepala.

Yang aku suka adalah beli pompa ASI ini sudah dapat 2 set masing-masing barang. Ini cukup penting lho, karena menurutku dalam 6 bulan sekali sebaiknya part-nya ini wajib diganti untuk menjaga kualitasnya. Ya kan buat anak sendiri, masa nunggu sampai barangnya mau rusak dulu sih?

Dengan harga produk sekitar 2jutaan memang terlihat mahal di depan. Tapi kalau tahu bisa dapat 2 set items, sebenarnya harga ini tidak kalah bersaing dengan pompa ASI elektrik lainnya di pasaran.

Jangan khawatir jika perlu beli part-nya juga dijual terpisah kok.

PROSES POMPA YANG NYAMAN

Kenyamanan adalah hal yang terpenting dalam pemakaian pompa ASI. Dan kenyamanan kudapatkan dari produk ini. Terdiri dari dua mode pompa, yaitu massage yang terdiri dari 5 level (berfungsi untuk mendapatkan LDR) dan juga expression yang terdiri dari 10 level (berfungsi untuk memompa ASI).

Corong ukuran standarnya juga pas. Dan tidak pernah bermasalah selama memompa ASI.

Suaranya sendiri saat proses memompa menurutku masih ada suara yang cukup kedengeran. Tapi yang aku tahu, kata review-review yang bertebaran di luar sana, suara mesin Spectra itu lebih soft dibanding yang lain. Terbukti sih selama aku mompa di malam hari saat anak tidur, anaknya gak pernah kebangun karena suara pompa.

PEMAKAIAN YANG MUDAH

Proses pemasangan part memang awalnya terlihat banyak. Tapi kalau sudah biasa, malah kelihatan sedikit dan simpel. Tombol di mesin pompa juga gampang dimengerti.

Yang aku suka dari produk ini adalah mode timer yang dalam waktu 30 menit akan otomatis mati sendiri. Ini ngebantu banget, jadi aku gak repot-repot cek monitor beberapa kali. Cukup pasang pompa, beraktivitas, dan kalau sudah 30 menit akan mati sendiri.

BISA UNTUK BERBAGAI UKURAN LEHER BOTOL

Ini juga keunggulan dari Spectra 9 yang bisa disambungkan ke berbagai ukuran leher botol. Untuk standarnya adalah wide neck bottle. Tapi dengan adanya connector yang disediakan, jadi kita bisa sambungkan ke botol ukuran normal.

Kalau mau tahu lebih jelas, sudah kukasih lihat ya di video.

BATERE TAHAN LAMA 

Daya tahan batere Spectra 9 Plus juga sangat bagus. Pemakaian mesin waktu masih newborn bisa pakai 3 kali sehari. Dan batere baru minta diisi lagi setelah dua sampai tiga hari pemakaian.

Memang untuk pengisian baterenya sendiri juga butuh waktu yang agak lama. Mungkin bisa dua sampai tiga jam charging untuk bisa full battery. Tapi ini gak masalah kok karena biasanya kutinggal sambil mengerjakan pekerjaan lain atau ditinggal tidur (lha wong jam 12 malem aku bangun lagi buat nyusuin hehehe).


Di antara semua alasan di atas memang ada satu yang kurang sreg buatku yaitu selangnya yang cukup panjang. Jadi sepertinya kalau pompa ini dipakai di luar rumah jadi agak riweh ya (kecuali ada ruangan sendiri atau area yang luas).

Tapi selang ini sebenarnya juga berfungsi untuk mencegah air susu masuk ke dalam mesin. Jadi ada fungsinya juga.

Selain itu sampai saat ini aku sangat merekomendasikan Spectra 9 Plus sebagai pompa ASI yang patut dicoba. Soal murah atau mahal itu tergantung budget. Jadi bisa dicek dan disesuaikan kebutuhan dan kenyamanan.

Ingat, pompa ASI bisa jadi investasi yang baik untuk kebutuhan anak dan juga sarana agar ibu tidak menghabiskan waktu untuk memompa manual. Anak kenyang, ibu senang!

Leave a Reply