Lifestyle Money

Caraku Untuk Tetap Mendapatkan Uang Dari Rumah

Tanpa terasa sudah masuk tahun keempat aku berhenti bekerja kantoran. Tapi Alhamdulillah dari mulai resign sampai sekarang di setiap bulannya aku masih berpenghasilan alias mendapatkan uang dari rumah.

Di sini aku mau sharing dari mana saja sumber penghasilanku berasal. Mungkin saja bisa jadi inspirasi untuk teman-teman yang baca. Jangan khawatir beberapa dari pekerjaan ini bisa dilakukan untuk siapa saja kok. Mau ibu rumah tangga ataupun pekerja kantoran yang mau punya penghasilan tambahan.

Makanya baca sampai selesai ya!

SUMBER PENGHASILAN UNTUK MENDAPATKAN UANG DARI RUMAH

Saat memutuskan untuk resign dari pekerja kantoran aku memang sudah merancang beberapa rencana. Tentunya aku gak mau berhenti kerja dan tidak mendapatkan uang sama sekali. Walaupun masih ada suami yang membiayai, tapi aku lebih suka menjadi wanita yang berdaya dan memiliki penghasilan sendiri.

Jadi sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja di kantor aku me-list darimana saja aku bisa mendapatkan uang. Dan inilah sumber penghasilan-ku yang hingga saat ini aku dapatkan.

SPONSORED POST

Sejak tahun 2015 aku mulai aktif ngeblog dan juga posting di social media. Di tahun 2016 aku mulai menerima pekerjaan sponsored post alias konten yang berbayar. Jadi kalau teman-teman lihat kategori tulisan yang menggunakan tag “Advertorial” itu adalah tulisan berbayar.

Tapi jangan buruk sangka dulu ya. Itu bukan artinya tulisan yang berbayar adalah tulisan yang penuh dengan “titipan” dari brand dan tidak bisa dipercaya isinya. Karena bentuk kontennya tidak jauh berbeda dengan konten lain yang biasa kubuat.

Aku mendapatkan penghasilan melalui sponsored post sesuai dengan nominal yang disepakati dengan client. Jumlahnya bisa sesuai dengan rate-ku atau juga bisa dari hasil negosiasi.

Tipe penghasilan dari sponsored post tidak menentu jumlahnya di setiap bulannya. Karena setiap bulan pun bisa berbeda jumlah client-nya. Tapi aku suka dengan tipe penghasilan ini karena biasanya jumlah nominalnya lebih besar dibanding yang lain.

Tips untuk mendapatkan penghasilan dari sponsored post:

  • Mulai membuat konten di platform yang kamu sukai, misalnya blog, YouTube, Instagram, TikTok, dan lainnya.
  • Buat konten sesuai niche dan juga konsisten.
  • Bisa ikut komunitas info job supaya tau list pekerjaan yang available.
  • Taruh informasi kontak seperti email di platform kamu, jadi client bisa langsung approach untuk kerja sama.

GOOGLE ADSENSE

Selain dari sponsored post, untuk blog dan juga YouTube aku juga sudah mendaftar program Google AdSense. Ini adalah program dimana kita bisa menjadikan platform kita menjadi tempat (publisher) untuk menaruh iklan dari advertiser. Dimana Google AdSense di sini adalah penengahnya.

Sejak tahun 2017 aku sudah terdaftar di kedua platform ini dan mendapatkan penghasilan setiap bulannya. Dimana penghasilan di Google AdSense setiap bulan bisa cair dengan minimal nominal Rp1.300.000,-.

Tentu untuk bisa gabung dengan Google AdSense harus punya salah satu platform tersebut. Dan untuk mendapatkannya ada syarat dan kriterianya masing-masing.

Untuk lebih detailnya bisa banyak belajar soal ini via blog dan juga YouTube untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Yang menyenangkannya dari program ini adalah aku gak perlu pusing soal taruh iklannya dimana dan bagaimana iklannya. Jadi aku hanya fokus untuk membuat konten yang bagus.

AFFILIATE 

Terakhir adalah sumber penghasilanku yang membuatku tetap mendapatkan uang dari rumah, yaitu Affiliate.

Aku ingat sebelum affiliate booming di Indonesia, di luar negeri sana sudah biasa pakai sebagai sumber penghasilan. Affiliate ini cara kerjanya adalah memberikan link kepada orang lain, dimana ketika link tersebut diklik dan ada transaksi belanja di dalamnya maka kita bisa mendapatkan komisi dari nominal pembelajaan tersebut.

Saat ini aku mengikuti beberapa program Affiliate. Dan salah satunya yang bisa juga diikuti oleh siapapun tanpa ada syarat jumlah followers, yaitu Shopee Affiliates.

Yang aku suka dari Shopee Affiliates adalah cara daftarnya yang mudah, komisi sampai 10%, pencairan dana setiap 2 minggu sekali, dan pastinya hampir semua orang Indonesia belanjanya di Shopee kan? Jadi kesempatan link belanja kita dipakai sangatlah besar.

Maka itu aku sangat sarankan buat teman-teman yang ingin mendapatkan uang dari rumah dengan cara yang mudah, bisa ikutan program ini.

Caranya adalah dengan mengisi form di https://shp.ee/hvjg4fv dan masukkan kode refferal SW9VWTV.

Nanti tinggal tunggu informasi selanjutnya dari Shopee.

Bisa juga nonton videonya di sini ya:


Kira-kira itu dia sumber penghasilanku saat ini. Masih bersyukur bisa tetap berpenghasilan walaupun di rumah saja. Semoga tulisan ini bisa jadi penyemangat untuk teman-teman lain yang juga sedang berusaha mendapatkan penghasilan utama maupun sampingannya.

Semoga rejeki kita semua bisa berkah ya 🙂

2 Comments

  1. Indah Primadona 08/09/2021

Leave a Reply