Advertorial Lifestyle Money

Mendapatkan Uang Dari Sosial Media (Siapapun Bisa!)

Hari gini siapapun bisa lho mendapatkan uang dari sosial media. Iya, siapapun! Bukan hanya influencer yang followers-nya udah jutaan saja, tapi kita pun bisa. Memang sosial media sekarang sudah bisa menjadi tempat baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Lha orang artis yang udah terkenal aja berbondong-bondong bikin akun Instagram atau YouTube kok. Artinya apa kalau bukan memang sosial media ini ladang yang cukup menarik untuk mendapatkan uang?

Betul?

SOSIAL MEDIA DAN PENGARUHNYA

Jaman sekarang sosial media sudah menjadi media yang terkenal di seluruh kalangan usia. Dari anak kecil sampai orang tua dipastikan minimal punya satu akun sosial media. Sosial media tuh apa aja sih? Contoh yang terkenal adalah Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi. Pasti kalian pun punya kan?

Sangking besarnya pengguna dari sosial media ini, akhirnya muncullah profesi-profesi baru seperti YouTuber, Selebtwit, Instaceleb, content creator, dan influencer. Bahkan kalau kita tanya cita-cita dari adik-adik jaman sekarang yang masih kecil, sebagian besar menjawab profesi-profesi baru tersebut.

Mungkin ada dari kalian yang merasa belum pede karena belum punya sosial media yang bagus ataupun jumlah followers yang masih sedikit. Sehingga berpikiran kalau mendapatkan uang dari sosial media hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah lama terjun di bidang ini. Justru menurut saya di jaman sekarang siapapun bisa menjadi influencer.

informasi job untuk influencer selebram content creator

Gak usah jauh-jauh deh. Kalau kita lihat teman kita yang pada nyobain kopi baru aja kadang langsung pengen ikutan coba juga. Padahal teman kita itu bukan influencer besar. Tapi di sini berkat adanya sosial media kita jadi bisa mengetahui informasi baru yang lagi “hype” dari siapapun.

Dan karena itulah jangan minder kalau sosial medianya belum sebagus influencer besar. Selama kita punya “friends or followers” di sosial media pasti bisa kok jadi target pasar yang mau kita influence.

Ya, dunia sudah berubah dan kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik.

CARA MENDAPATKAN UANG DARI SOSIAL MEDIA

Kalau jaman dulu brand hanya melakukan kerja sama dengan artis-artis yang cukup besar dan punya massa yang besar untuk mempromosikan produknya. Kayaknya gak mungkin deh rakyat jelata kayak gue (guee? elu ajaaa :P) dijadiin bintang iklan, dikasih produk buat coba aja impossible. Tapi sekarang berkat sosial media, terjadi perubahan cara dalam mempromosikan produk.

Jaman now, orang-orang gak suka sama iklan yang hard selling. Orang lebih percaya jika produk tersebut sudah direkomendasikan oleh orang yang telah mencoba produknya. The power of “word of mouth” lebih berperan besar saat ini. Maka dari itu brand tertarik melakukan kerja sama dengan sosok yang bisa merekomendasikan produknya. Dalam hal ini sering disebut sebagai influencer.

Sama seperti yang sudah saya bilang sebelumnya. Influencer ini bisa siapa aja sih, selama orang tersebut bisa memberikan pengaruh kepada orang lain di sekitarnya. Dan itu pun bisa jadi siapa saja. Ibu rumah tangga, pekerja kantoran, atau ya full-time content creator kayak saya.

Baca juga: Pengalaman Menjadi Full Time Blogger

Nah karena sekarang influencer itu sudah banyak orangnya, terkadang brand agak kesulitan untuk menemukan influencer yang cocok dengan targetnya. Kesempatan kita untuk dilirik brand juga akan lebih susah kalau followers-nya belum terlalu banyak.

Maka itu senang banget sekarang ada yang namanya Hiip Asia.

HIIP ASIA, APLIKASI YANG MEMPERMUDAH MENDAPATKAN JOB DARI SOSIAL MEDIA!

hiip asia aplikasi influencer

Setelah sukses di Vietnam dan Thailand, sekarang Hiip Asia siap ekspansi dan meraih sukses di Indonesia. Bersama manajemennya, Eric Rosenkranz (Chairman Hiip Asia), Almazia Pratita (CFO Hiip Indonesia), Shintaries Nijerinda (CEO Hiip Indonesia), dan Phi Nguyen (CEO Hiip Asia) kemarin, 25 April 2019 di The Dutch, Jakarta memperkenalkan tentang Hiip Asia.

Hiip Asia adalah sebuah platform yang menjembatani antara brand dan juga influencer (or influencer wanna be). Sehingga memudahkan brand untuk menemukan influencer yang tepat untuk mempromosikan produknya. Untuk influencer juga menguntungkan karena bisa mendapatkan pekerjaan yang pas sesuai dengan interest sosial medianya.

cara mendapatkan uang dari sosial media

Bentuk dari Hiip Asia adalah aplikasi yang ada di Playstore dan juga AppStore, tapi juga bisa diakses melalui website. Dari aplikasi ini kita bisa mengintegrasikan sosial media kita seperti YouTube, Facebook, Facebook Fan Page, dan Instagram (blog juga akan segera ada). Dengan diintegrasikannya sosial media ini kita gak perlu lagi kirim proposal atau informasi status sosial media kita ke brand. Karena sistemnya dinamis, sehingga kalau ada pertumbuhan followers gak perlu lagi tuh revisi proposal atau status sosial media.

Dengan teknologi Artificial Intelligence yang dimiliki oleh Hiip juga bisa mengetahui profile sosial media kita, seperti interest-nya, informasi demografi followers, dan lainnya. Fungsi dari teknologi ini adalah memudahkan brand menemukan influencer yang tepat sasaran dengan produknya.

cara mendapatkan uang dari sosial media

Keunggulan lain dari aplikasi Hiip ini adalah semuanya sudah tersistem. Contohnya dari segi pembayaran sudah transparan. Berapa yang bisa kita dapat, berapa yang diambil oleh Hiip, dan berapa yang dikenakan pajak. Nantinya proses pembayaran pun akan ditransfer langsung ke bank yang telah kita daftarkan di aplikasi.

FYI, sekarang Hiip sudah bekerja sama dengan 500 brand di Indonesia. Wuiiih, jadi gak sabar nunggu dapat job dari Hiip 😀

BAGAIMANA CARA MENDAFTAR HIIP ASIA?

Nah sekarang penasaran kan gimana cara daftar Hiip Asia?

hiip asia aplikasi mencari job untuk influencer

  1. Install aplikasi Hiip Asia atau daftar ke link ini https://app.hiip.asia/id/influencer/login melalui browser. Bisa login melalui FB atau Instagram. Tapi saran saya daftar lewat FB lebih mudah.
  2. Pilih sosial media lalu tambahkan sosial media yang kamu punya. Nanti secara otomatis informasi status sosial media akan terlihat di bagian ini.
  3. Pilih setting dan isi setiap tab yang tersedia, seperti harga jasa kita, rekening bank, dan informasi lainnya.
  4. Selesai.

Yang bisa kita lakukan setelahnya adalah menunggu adanya notifikasi tawaran pekerjaan. Namun sambil menunggu ada baiknya untuk fokus mengembangkan sosial media yang sudah ada sehingga kontennya bisa semakin bagus dan engagement dengan followers-nya juga baik. Untuk hal ini saya pernah tulis juga tentang bagaimana cara mengembangkan Instagram di post ini. Silahkan dibaca ya!

hiip asia


Kira-kira itu dia cara mendapatkan uang dari sosial media dengan mudah dan bisa dilakukan siapapun selama punya sosial media. Cara ini menurut saya termasuk praktis karena saya bisa fokus kepada memperbaiki kualitas sosial media, dan membiarkan Hiip yang mencarikan pekerjaan buat saya.

Buat teman-teman yang punya sosial media dengan engagement bagus tapi gak pernah serius menjadikan side job atau penghasilan tambahan juga sebaiknya jangan melewatkan kesempatan mendapatkan uang dari sosial media. Lumayan kan buat nambah-nambah celengan 🙂

5 Comments

  1. Fanny Fristhika Nila 01/05/2019
    • Lia 02/05/2019
  2. Sintia Astarina 01/05/2019
    • Lia 02/05/2019
  3. Hastira 05/05/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: