Lifestyle Travel

Cara Perpanjang SIM Di Samsat Mall Artha Gading (2019)

5 tahun sudah berlalu sejak saya menulis blog post tentang cara perpanjang SIM di Samsat Mall Artha Gading. Dan sekarang di tahun 2019 saya harus kembali melakukan perpanjangan SIM sesuai dengan cara dan juga tentunya biaya yang berbeda.

Yang butuh informasi ini, silahkan disimak ya!

PERSIAPAN PERPANJANG SIM

Idealnya saat sudah mendekati waktu habisnya masa berlaku SIM, kita harus segera mempersiapkan segala hal terkait dengan perpanjangan ini. Jangan sampai terlambat melakukan perpanjangan SIM karena akibatnya bisa fatal, alias harus bikin ulang lagi dari awal (beserta segala keribetan tesnya).

Cara gampang agar tidak lupa adalah selalu cek SIM saat menjelang hari ulang tahun. Kenapa? Karena masa berlaku SIM adalah menyesuaikan dengan tanggal lahir kita.

Selain itu yang harus dipersiapkan adalah:

  • Mengecek Gerai SIM yang berada di sekitar domisili ataupun tempat kerja. Karena biasanya proses perpanjang SIM ini memakan waktu yang tidak bisa diperkirakan. Jadi pastikan lokasinya memudahkan akses ke tempat aktivitas lainnya.
  • Mengecek jadwal buka Gerai SIM khususnya untuk proses perpanjang SIM. Karena di Samsat yang sama pada saat saya datangi 5 tahun lalu ternyata mengalami perubahan jam buka di tahun ini. Jadi kalau tidak mau buang-buang waktu, harus cari tahu ya!

CARA PERPANJANG SIM DI GERAI SIM MALL ARTHA GADING

Untuk perpanjang SIM di tahun ini saya masih datang ke Gerai SIM Mall Artha Gading, Jakarta Utara. Enaknya kalau di mall seperti ini jadi gak panas dan tentunya bisa sambil jajan hehehe. Kebetulan di bawah gerai SIM ada Hokben dan Marugame Udon. Jadi gak pusing kelaperan saat menunggu proses perpanjangan SIM 🙂

LOKASI GERAI SIM MALL ARTHA GADING

JAM BUKA GERAI SIM MALL ARTHA GADING

  • Hari Senin-Kamis: Jam 12.00
  • Hari Jumat: Jam 13.30
  • Hari Sabtu: Jam 12.00

DOKUMEN YANG DISIAPKAN

  • SIM Lama
  • Foto copy SIM Lama (sebaiknya copy 2 pcs)
  • KTP
  • Foto copy KTP (sebaiknya copy 2 pcs)

BIAYA PERPANJANG SIM

  • Biaya Kesehatan Rp25.000,-
  • Asuransi Rp30.000,-
  • Biaya SIM A Rp80.000,-

Kalau ditotal menjadi Rp135.000,-. Lebih murah 10ribu dibandingkan 5 tahun yang lalu.

Baca juga: Cerita Tentang Belajar Menyetir Mobil

PROSES PERPANJANG SIM DI GERAI SIM MALL ARTHA GADING

Belajar dari pengalaman 5 tahun yang lalu dimana saya harus bolak-balik ke gerai SIM untuk melakukan perpanjangan SIM, kali ini saya sudah lebih siap. Saya baca beberapa blog review tentang gerai SIM di sini.

Karena jarak Mall Artha Gading dengan rumah sangat dekat, jadi saya nekat baru jalan dari rumah pada jam 11.30. Itu pun sempat balik lagi ke rumah karena baru inget dompet belum dimasukin. Untuk Bapak Gojek berbaik hati untuk antar kembali ke rumah.

cara perpanjang sim

Sesampainya di Mall Artha Gading sudah jam 11.45 dan di depan gerai SIM sudah banyak orang yang berkumpul. Saya pun mendekati pintu gerai dan melihat ada orang yang inisiatif membuat list daftar antrian di kertas. Cara ini sangat adil sih, mengingat pada jam segini belum ada tanda-tanda gerai dibuka dan petugasnya pun belum terlihat.

Saya pun menulis nama di list tersebut dan mendapat nomor antrian 94. Ini jatuhnya beruntung banget, karena biasanya dalam satu hari hanya dilayani 100 orang saja. Jadilah saya gak perlu pulang lagi.

Beberapa menit sebelum jam 12 siang, keluarlah petugas dari dalam ruangan ke depan pintu. List antrian tadi langsung dikasih ke petugas dan si petugas akan memanggil nama-nama di list tersebut untuk mendapatkan nomor antrian.

YAAAA! INI BARU DAPET NOMOR ANTRIAN AJA 🙂

Selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menunggu. Apalagi kalau nomor kamu jauh di bawah kayak punya saya, maka proses menunggu sendiri bisa 1 sampai 1.5 jam saja. Begitu dapat giliran, kita harus antri lagi di loket. Ternyata antrian ini adalah untuk memberikan dokumen yang tadi disiapkan. Lalu sambil ditanya berapa berat badan, tinggi badan, dan kalau yang berkaca mata kayak saya ditanya minusnya. Iya, ini ditanya doang. Persis kayak di puskesmas, cuma formalitas aja. Eh, tapi sempat dites mata deng. Tes buta warna gitu. Kayak kita kalau medical check up. Tapi ya seadanya.

Lalu berpindah ke antrian sebelahnya untuk dites kesehatan, yang sebenarnya hanya dicek tensinya. Nah di bagian ini juga kita baru bayar biaya kesehatan sebesar Rp25.000,-. Jadi biaya di atas yang saya sebutkan memang dibayarnya pada beda-beda loket ya. Jadi usahakan bawa uang pecahan dan pas biar gak ribet. Setelahnya balik ke antrian yang tadi lagi untuk bayar asuransi sebesar Rp30.000,-.

Setelah itu kembali menunggu lagi. Nah di posisi ini cukup lama nunggunya. Untuk saya yang berada di urutan bawah, baru dipanggil untuk foto sekitar jam 4.30 sore. Di dalam kita cuma diminta foto saja. Dan yang tadinya saya sudah dandan, jadinya percuma karena sudah lepek. Trus kualitas fotonya entah kenapa emang jelek sih. Pencahayaannya kurang, dan karena ruangan yang sempit jadi kita harus miring sambil melihat ke arah kamera yang berada di kiri agak atas. Jadinya yah… Gitulah 😛

Di sini kita juga baru bayar biaya kartu SIM-nya. Karena saya perpanjang SIM A, jadi biayanya adalah Rp80.000,- (daftar biaya SIM lainnya bisa dicek di sini ya). Nah di bagian ini juga harus cek dan ricek lagi nih informasi di kartu yang sudah jadi. Jangan sampai identitas kita salah. Saya sendiri ada kesalahan dimana pekerjaan ditulis sebagai Mahasiswi. Sempat minta petugasnya untuk ganti, cuma yang bersangkutan bilang kalau gak masalah, jadi gak perlu diganti. *errr

cara perpanjang sim a

Sebenarnya saya berhak untuk minta ganti sih, cuma malas debat. Dan berpikir juga kalau bagian yang salah ini tidak terlalu fatal. Kalau informasi penting seperti tanggal lahir, alamat, sampai expired date salah sih bakalan ngotot untuk minta dibenerin.

Oh iya, trus kualitas cetaknya juga buruk ya. Bisa dilihat sendiri huruf A pada tanda SIM A tidak tercetak sempurna. Sudah minta diganti juga, tapi yaaa begitulah jawabannya.


Itu saja cerita perpanjang SIM di tahun 2019 ini. Semoga informasinya dapat membantu teman-teman yang sedang merencanakan perpanjang SIM dalam waktu dekat 🙂

12 Comments

  1. Vicky Laurentina 25/04/2019
    • Lia 25/04/2019
  2. Djangkaru Bumi 25/04/2019
    • Lia 26/04/2019
      • Kiddo 20/05/2019
        • Lia 20/05/2019
  3. Panda 28/05/2019
  4. Ivan 30/06/2019
    • Lia 02/07/2019
  5. Andri 01/07/2019
    • Lia 02/07/2019
  6. ahmad naufal 03/07/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: