Advertorial Lifestyle Money

IPOTGO: Pengalaman Mencoba Investasi Saham Online

Minggu lalu saya menghadiri acara yang diadakan oleh Indopremier dan Komunitas Blogger Ruphiah untuk membicarakan tentang investasi pasar modal. Investasi yang dibahas antara lain seperti reksadana, saham, dan juga saham syariah.

Kali ini saya juga mau sharing informasi yang didapat pada acara tersebut sekaligus berbagi pengalaman dimana akhirnya saya mencoba melakukan investasi secara online melalui aplikasi yang masih dari Indopremier juga yaitu IPOTGO. Jadi buat teman-teman yang sedang berpikir untuk ingin mulai berinvestasi dan belum tau harus mulai dari mana, bisa baca tulisan ini karena akan saya tulis dari sudut pandang pemula.

Selamat membaca ya!

PENGALAMAN INVESTASI YANG MEREPOTKAN

Terakhir kali saya bahas tentang investasi di blog itu pada akhir tahun 2017. Waktu itu kebetulan memang ada acara yang berkaitan dengan keuangan dan topik pembahasannya adalah investasi.

Baca juga: Kenalan Dengan Investasi

Seperti biasa kalau habis dikasih materi bermanfaat kayak gitu langsung semangat untuk pengen segera mulai berinvestasi. Tapi malah di tahun yang sama saya akhirnya mencairkan reksadana saya di bank karena menurut bank reksadana yang saya ambil akan dihapuskan. Saya lupa persis alasannya seperti apa, tapi yang pasti reksadana saya akan berhenti.

Saya masih ingat betul saat proses pencairan harus kembali ke bank dan prosesnya memakan waktu setengah hari sendiri. Jadi teringat lagi waktu buka tabungan dan juga ketika mendaftar reksadana melalui bank prosesnya juga cukup menyita waktu. Sehingga setelah saya mencairkan reksadana di tahun 2017 tersebut saya belum mencoba lagi untuk melakukan investasi apapun.

GIMANA CARANYA MAU MULAI INVESTASI MUDAH?

Waktu berjalan tanpa terasa sekarang sudah 2019, 2 tahun terlewati tanpa saya melakukan apa-apa dengan keuangan saya. Sudah pasti uang yang saya tabung sejak beberapa tahun sebelumnya tergerus dengan inflasi. Padahal saya ingin di masa depan nanti tetap bisa mempertahankan gaya hidup yang seperti sekarang. Apalagi masih punya banyak impian yang belum tercapai karena dananya belum terkumpul-kumpul.

Tapi kalau disuruh ke bank lagi saya males banget. Makanya pas ikut acara kemarin saya baru tau ada yang namanya aplikasi IPOTGO.

TENTANG IPOTGO

sekuritas online ipotgo

IPOT (Indopremier Online Technology) adalah sebuah ekosistem keuangan yang berbasiskan teknologi yang diluncurkan oleh Indopremier. Indopremier sendiri adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di bidang pasar modal. Dimana Indopremier tersebut punya beberapa layanan keuangan seperti IPOTGO, IPOTFUND, IPOTSTOCK, IPOTPAY, dan masih ada beberapa lagi.

Secara detailnya di Indopremier kita bisa melakukan kegiatan investasi seperti jual beli reksadana (IPOTFUND), saham (online trading IPOTSTOCK), dan juga saham syariah. Semuanya terintegrasi dengan aplikasi IPOTGO yang mudah dan praktis karena bisa dilakukan secara online.

Untuk lebih jelasnya bisa banget tonton video ini:

Bisa lihat sendiri kan kalau proses registrasinya cukup mudah dan cepat. Saya sendiri baru minggu lalu buat akun melalui aplikasi IPOTGO. Prosesnya benar-benar sesuai yang dijelaskan di video ini. Cuma butuh KTP online saja dan bisa dilakukan di rumah. Gak ada lagi tuh nunggu antrian di bank.

Setelah semua proses registrasi di aplikasi selesai (iya, proses registrasi hanya bisa di aplikasi, sedangkan jual beli nanti bisa juga melalui website), nanti akan ada email konfirmasi yang perlu kita approve. Jika sudah, proses setelah ini biasanya menunggu informasi SID (Single Investor Identification). SID ini semacam nomor induk identifikasi kita. Lalu setelah itu menunggu informasi RDN (Rekening Dana Nasabah). RDN ini yang nantinya akan jadi rekening kita untuk melakukan jual beli via IPOTGO. Semua ini dikirim melalui e-mail ya.

Setelah semuanya selesai kita bisa log in ke aplikasi IPOTGO. Saya sendiri juga men-download aplikasi IPOTPAY karena di sini saya bisa melihat dana yang nantinya dikirimkan ke RDN sebagai saldo untuk melakukan transaksi jual beli. Selain itu dana yang ada di sini bisa kita pakai untuk urusan keuangan via elektronik seperti isi e-wallet, bayar BPJS, dan lain-lain. Fitur yang ini saya belum coba sih, nanti kalau sudah bertambah dananya baru coba hehehe.

PILIH INVESTASI APA DI IPOTGO?

Setelah semuanya selesai langkah selanjutnya adalah memilih jenis investasi. Di Indopremier (melalui IPOTGO) kita bisa melakukan pembelian reksadana (IPOTFUND) dan saham (IPOTSTOCK). Nah dibagian ini saya sarankan teman-teman memikirkan jenis investasi apa yang akan diambil berdasarkan tujuan yang diinginkan. Istilahnya kayak kata-kata yang sering diucapkan oleh para financial planner itu adalah,

“tujuan lo apa?”

Baca juga: Review Buku Financial Planning, Make It Happen

Saya sendiri sedang punya perencanaan keuangan untuk jangka panjang. Dan entah kenapa dibandingkan sebelumnya yang lebih banyak bermain aman, kali ini saya ingin sedikit menjadi risk taker. Maka dari itu saya tertarik untuk mengenal dan mencoba berinvestasi saham.

indopremier

Beruntung saat acara kemarin Bapak Indra Pratama, Relationship Manager – Wealth Management Unit Indopremier berbaik hati untuk menjelaskan tentang saham dari a sampai z. Berikut informasi yang saya dengarkan kemarin.

TENTANG SAHAM

Contoh konsep dasar dari saham adalah ketika suatu perusahaan menerbitkan saham pada investor, dimana investor tersebut akan mendapatkan deviden (laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham sesuai dengan kepemilikannya) atau bisa juga tidak mendapatkan deviden kalau perusahaan tersebut merugi.

Saham ini adalah surat berharga (berbentuk selembar kertas) yang menunjukkan bahwa pemilik surat atau kertas tersebut adalah pemilik sebuah perusahaan.

Nah karena surat berharga, maka saham ini bisa diperjual belikan kepada orang lain. Jika dijual dengan harga di atas harga sewaktu beli makan akan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya jika dijual dengan harga di bawah harga sewaktu beli maka akan mendapatkan kerugian.

Kita bisa membeli saham di Bursa Efek Indonesia dengan minimal 1 lot. 1 lot setara dengan 100 lembar saham.

Di IPOTGO sendiri saya mencoba melakukan pembelian saham online. Ternyata caranya mudah sekali, tinggal melakukan langkah-langkah seperti di tutorial ini.

Mungkin pada bingung mau pilih saham yang mana kan? Sama! Saya juga pusing ngeliat saham yang banyak dan gak ngerti gimana cara pilihnya. Akhirnya saya sempat baca-baca artikel tentang cara membeli saham online untuk pemula di blog-nya Mas Dani Rachmat.

Nah kalau tipsnya Pak Indra lebih simpel nih. Katanya kita bisa memilih saham dari perusahaan yang kita kenal dan pakai produknya sehari-hari. Karena perusahaan tersebut akan tetap berjalan selama orang-orang masih beli dan memakai produknya.

Tapi ini gak mutlak juga sih. Ada juga perusahaan yang namanya tidak terkenal tapi sahamnya cukup tinggi. Di artikel Mas Dani soal prospek perusahaan ke depan juga dibahas di sana.

MENCOBA MEMBELI SAHAM ONLINE DENGAN IPOTGO

Nah sekarang saatnya saya mencoba sendiri melakukan pembelian saham online via IPOTGO. Saya sempat cek-cek tuh saham-saham top picks-nya IPOTGO tapi kok harganya rata-rata di atas Rp400ribuan semua ya? Ternyata berbeda dengan reksadana yang bisa mulai dari Rp100ribuan saja, saham butuh dana yang lebih besar. Semua itu karena tadi, tergantung harga sahamnya.

Agak ragu buat saya untuk mengeluarkan uang besar seperti itu karena saya masih pemula dan belum terlalu berpengalaman di dunia saham. Untungnya Indopremier punya solusi untuk orang-orang yang seperti saya.

ipot etf

Indopremier mengeluarkan paket dalam bentuk reksadana saham (ETF) dimana isinya adalah perusahaan-perusahaan yang dipilih sesuai paket dengan harga saham per lot-nya mulai dari Rp57.200,- per lot. Sangat terjangkau kan? Saat ini ada 4 macam pilihan paket, sudah termasuk juga pilihan paket syar’i.

ipotgo reksadana saham

Cara pembeliannya juga cukup gampang. Tinggal search kode paket di atas ini lalu tinggal melakukan pembelian.

KESIMPULAN

Saya masih pengen otak-atik aplikasi IPOTGO dan belajar banyak tentang investasi baik itu reksadana maupun saham. Semoga dengan kemudahan yang sudah ada jadi gak malas lagi untuk berinvestasi. Jadi semakin fokus sama tujuan-tujuan keuangan yang harus dicapai.

Jangan khawatir dengan keamanan IPOTGO karena aplikasinya sendiri dalam beberapa menit kalau idle akan langsung ke log off sendiri. Lalu sistem pengamanannya gak cuma password aja, tapi juga ada PIN-nya. Double protection yang memang bikin sedikit repot, tapi jadi tenang karena aman.

Indopremier juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan saya perhatikan sudah banyak teman-teman yang berinvestasi dan sharing pengalamannya tentang penggunaan IPOTGO. Apakah itu karena Indopremier saat ini dianggap sebagai perusahaan sekuritas terbaik? Saya belum tahu jawabannya. Tapi berkat pengalaman orang-orang tersebut saya jadi merasa tambah percaya dan yakin untuk melakukan investasi di sini.

indopremier

Yang mau download aplikasinya bisa cek di sini ya: Android / iPhone

  1. IPOTSTOCK dan IPOTFUND
    Playstore
    Appstore
  2. IPOTPAY
    Playstore
    Appstore

Selamat mencoba menjual beli saham online di IPOTGO ya!

2 Comments

  1. Josen 31/10/2019
    • Lia 04/11/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

%d bloggers like this: