Lifestyle Travel

Review Hotel Dekat Stasiun Bandung: Grand Sovia Hotel

Mengingat liburan terakhir kali berdua saja sama suami itu pas di Semarang (walaupun gak bisa dibilang liburan juga sih), di tahun 2019 ini kami berdua punya niat untuk banyak jalan-jalan biar gak stres. Karena kondisi keuangan juga lagi gak bagus akhirnya kami memutuskan untuk pergi liburan yang gak jauh, yaitu Bandung.

Bandung memang bukan kota baru buat kami. Udah gak kehitung berapa kali kami ke sini. Tapi kalau pergi berdua saja belum pernah. Jadi sebagai pembuka dari liburan-liburan berdua lainnya di tahun ini kami menjadikan Bandung sebagai kota kehormatan pertama! Yeiiiy!

MEMILIH HOTEL DEKAT STASIUN BANDUNG

Langkah pertama yang kami lakukan setelah merencanakan perjalanan ini adalah langsung cari hotel yang sesuai budget. Sesuai dengan kebiasaan saya yang menyusun itinerary terlebih dahulu, maka dengan mempertimbangkan beberapa hal kami memutuskan untuk mencari hotel yang dekat dengan stasiun Bandung.

Pertimbangannya adalah:

  • Harga hotel di daerah Lembang cukup mahal, walaupun tentu suasana beda ya sama di kota.
  • Kami menggunakan transportasi kereta api untuk perjalanan pulang dan pergi. Jadi lebih mudah untuk titip koper walaupun belum waktu check in atau sudah waktu check out.
  • Lebih mudah kemana-mana kalau menginap di kota. Mau cari makan gak terlalu susah karena banyak pilihan. Banyak juga wisata di sekitar yang lebih mudah dikunjungi.

Memang akhirnya kalau menginap bukan di daerah Utara seperti Lembang jatuhnya sama aja kayak di Jakarta. Sama-sama panas hehehe. Tapi buat kami gak masalah sama sekali.

Dari situ saya sempat menyortir beberapa pilihan hotel yang berada di sekitar Stasiun Bandung, antara lain Yello Hotel, Fave Hotel Pasir Kaliki, El Cavana Hotel, Geary Hotel, dan Grand Sovia.

Awalnya mupeng banget pengen nginep di Yello Hotel. Tapi harga total dua malamnya mencapai Rp1.2 juta. Kemahalan buat saya. Tapi karena naksir sama kamar-kamarnya saya tetap tunggu tuh sampai harga turun pakai fitur yang bisa kasih tahu ada perubahan harga atau tidak dari aplikasi Traveloka. Dan akhirnya tetap gak ambil Yello karena harganya gak terlalu banyak berubah.

Demi supaya gak over budget saya udah pasrah gak tercapai cita-cita untuk nginep di Yello. Jadi terus cari hotel lain yang masih masuk budget. Sampai akhirnya saya cek penawaran Grand Sovia Hotel melalui aplikasi Agoda yang ditotal menjadi sekitar Rp724.000 untuk dua malam dan sudah dapat breakfast. Langsung deh saya pesan untuk menginap di Grand Sovia Hotel.

PENGALAMAN MENGINAP DI GRAND SOVIA HOTEL BANDUNG

Kelebihan dari menginap di Grand Sovia Hotel Bandung adalah lokasinya yang berada di depan persis Stasiun Bandung. Kami berdua pun setelah sampai langsung geret koper ke hotel tanpa perlu naik kendaraan apapun.

Sesampainya di hotel kami pun menitipkan tas karena belum bisa check in. Maklum, kami sampai di Bandung jam 8 pagi. Kami baru bisa masuk jam 2 siang dan diminta deposit sebesar Rp100.000,- yang nantinya akan dikembalikan pada saat check out.

Entah kenapa kartu kamar yang diberikan cuma satu saja. Saya pun tidak tanya karena memang kemana-mana berdua sama suami. Biar mesraa gituuuu. Uhuuuy!

Hotel Bandung Super Deluxe

Kami memesan tipe kamar Superior Double yang luasnya 16 m2 dengan pemandangan perumahan dan jalanan Kota Bandung. Untuk luasnya sendiri sudah cukup untuk kami berdua. Oh iya di sini agak strict untuk urusan tambahan orang di kamar. Jadi gak bisa tuh menggeser kasur ke bawah supaya bisa tidur lebih dari 2 orang dalam satu kamar. Karena kalau ketahuan akan kena denda yang lumayan besar. Kalau gak salah sih sekitar Rp300.000,-an. Jadi mending pesan extra bed aja ya.

Pas masuk entah kenapa ada bau yang kurang enak. Saya sih ngerasa kayak bau rokok. Tapi kata suami itu bau lembap dari kamar mandi. Memang kalau dilihat kondisi kamarnya gak bisa dibilang baru. Terlihat dari handuk yang warnanya tidak terlalu putih lagi. Terus juga gak terlalu wangi. Jadi kalau yang agak risih sama hal seperti ini bisa bawa handuk sendiri ya.

Grand Sovia Hotel Bandung

Untuk kamar mandi menurut saya cukup bersih. Ada air hangat, sabun dan shampoo, toiletries, dan yang paling penting buat saya adalah ada hairdryer. Horeeee! Ukuran kamar mandi memang gak terlalu besar tapi masih nyaman kok.

Grand Sovia Hotel Bandung

Grand Sovia Hotel Bandung

Lalu untuk kasurnya sendiri cukup empuk dan nyaman. Di kanan kiri ada lampu baca yang bisa kita matikan di setiap sisinya. Di sudut kamar ada kursi kerja dan juga ada sofa kecil. Yang menyebalkan adalah remote tv yang batere-nya hampir lepas jadi hanya diselotip saja. Trus gak bisa pencet next atau previous channel, jadi agak repot untuk pindah channel.

Hotel Bandung

Di kamar ini tidak ada safety box. Tapi sudah dapat minuman 2 botol kecil (yang setiap hari ditambah lagi), teh-kopi, teko penghangat, dan ada lemari plus gantungan bajunya.

Secara keseluruhan untuk kamarnya sendiri pas banget buat kami berdua.

Untuk soal breakfast menurut saya rasanya biasa saja. Pilihan menu berganti setiap hari. Lalu egg station-nya baru buka jam 7.30. Sedangkan kalau jam 7 restonya udah mulai ramai. Bahkan saya sempat lihat di hari kedua ada tamu yang terpaksa menunggu sampai dapat meja.

Tapi enaknya di restonya ini posisinya menghadap jalan utama. Jadi kita dapat sinar matahari dan bisa melihat lalu lalang kota di pagi hari. Walaupun begitu kaca tetap diberi sticker buram agar tidak terlalu kelihatan dari luar.

Grand Sovia Hotel Bandung

Oh iya soal fasilitas di sini ada spa dan kolam berenang. Kolam berenangnya di lantai 7. Gak terlalu besar dan dalamnya cuma 1.25m. Tapi kalau mau santai-santai di atas juga gapapa. Karena ada banyak kursi dan meja. Dari sini juga bisa lihat pesawat lalu lalang dari dan menuju bandara.

Hotel Bandung

Baca juga: Review The BnB Bandung Metro Indah


Sebagai kesimpulan Grand Sovia Hotel cocok sekali untuk traveler yang mencari hotel di sekitar Stasiun Bandung. Lokasinya juga dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan dan kuliner seperti 23 Paskal, Paskal Hyper Square, China Town, dan Kartika Sari.

Untuk parkir tersedia di depan hotel dan juga basement. Di seberang juga ada beberapa warung makan sederhana jadi kalau malas ke resto dan ingin cari yang murah juga ada. Di sekitar ada Alfamart dan Indomaret. KFC dan McD juga ada. Serta ATM BCA 24 jam ada di sepanjang jalan.

Satu hal lagi yang saya suka ketika menginap di sini adalah keramahan para petugasnya. Good job, Grand Sovia!

Next pengen coba juga Geary Hotel yang kebetulan lokasinya bersebelahan dengan Grand Sovia Hotel.

GRAND SOVIA HOTEL

Jl. Kebon Kawung No.16, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171
Telepon: (022) 4268731

10 Comments

  1. Oline 13/02/2019
    • Lia 13/02/2019
  2. Hastira 14/02/2019
  3. Melina Sekarsari 14/02/2019
    • Lia 14/02/2019
  4. Gugumm 17/02/2019
    • Lia 18/02/2019
  5. Edwina Hidayah 18/02/2019
    • Lia 18/02/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: