Beauty Beauty How-To

Cara Memakai Bulu Mata Palsu Anti Ribet dan Mudah

Ada yang mengalami kesulitan saat memakai bulu mata palsu? Kalau saya sih dulu, tapi sekarang udah bisa doooong 😀

Hehehe maaf bukannya sombong, cuma senang aja karena akhirnya bisa ngelakuin sendiri setelah sebelumnya cuma dipakaiin sama makeup artist di acara-acara tertentu. Makanya pas bisa sendiri jadinya ingin sekali berbagi tips buat teman-teman yang ngalamin hal yang sama seperti saya.

KENAPA PAKAI BULU MATA PALSU?

hasil pemakaian bulu mata palsu di mata

Buat saya bulu mata palsu itu menambah tingkat menariknya sebuah mata. Maklum, bulu mata asli saya tipis dan sedikit. Jadi walaupun udah dipakaiin sama maskara tetap aja gak nolong.

Tapi bukan berarti saya pakai bulu mata palsu kemana pun aja sih. Tetap lihat-lihat sikonnya. Biasanya saya pakai saat ke pesta atau saat foto untuk keperluan sosial media, blog atau bikin vlog. Kalau sehari-hari sih saya lebih nyaman pakai maskara atau tidak pakai sama sekali.

Jadi buat yang punya masalah sama kayak saya, bisa nih dicoba pakai bulu mata palsu.

APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN UNTUK MEMAKAI BULU MATA PALSU?

Ini gak susah kok, yang dibutuhkan cuma:

  1. Kaca
  2. Bulu Mata Palsu
  3. Lem Bulu Mata

Simpel kan?

Kaca gunanya untuk melihat diri kita sendiri agar bisa tahu posisi dimana menempelkan bulu mata palsu. Dan saya rasa kaca ini pasti sudah dimiliki oleh siapapun. Jadi gak susah toh.

bulu mata palsu murah

Nah kalau bulu mata palsu sebenarnya ada banyak sekali pilihan dimana belinya. Bisa beli online ataupun ke toko-toko yang menjual bulu mata palsu. Harga dan jenis bulu mata palsu pun bervariasi, tinggal pilih sesuai kebutuhan. Kalau masih pemula, beli yang modelnya standar. Jadi tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu banyak bulunya. Terakhir saya pakai bulu mata gratisan saat beli softlens Spex Symbol GG.

Untuk lem bulu mata saya baru pernah mencoba dua produk lem bulu mata. Yang satu saya dapat sebagai gratisan karena beli bulu mata palsu di salah satu online shop. Lemnya berwarna putih yang mengingatkan saya sama lem fox. Tapi bedanya lem bulu mata palsu ini lebih encer. Nantinya warna putih ini akan hilang sendiri ketika sudah kering.

lem bulu mata palsu mizzu cosmetics

Lem bulu mata satunya lagi saya punya yang Eyelash Fix dari Mizzu Cosmetics yang didapat waktu event Mizzu Lab. Ini lem bulu mata yang sebenarnya tidak terlalu saya suka sama kualitasnya. Jadi kalau dari kemasan sebenarnya lebih bagus dari yang gratisan itu. Jadi dia aplikatornya pun berbentuk bulu tipis. Lemnya juga transparan. Hanya saja pakai bulu mata dari Mizzu ini gak bisa merekat dengan baik. Jadi mesti pakai agak banyak, terutama di area kedua ujung bulu mata supaya bisa sedikit lebih tahan lama.

Jadi saran saya untuk membeli lem bulu mata bisa coba cari review dari teman-teman blogger/vlogger yang sudah pernah buat. Atau bisa trial and error mencoba sendiri mana yang kamu suka. Kalau saya sih sejauh ini masih pakai punya Mizzu karena sayang aja kalau gak diabisin hehehehe.

CARA MEMAKAI BULU MATA PALSU

Untuk praktek memakai bulu mata palsu sebenarnya bisa dilihat langsung di video cara memakai bulu mata palsu yang sudah saya buat di YouTube. Selamat menonton ya:

Tapi di sini saya akan juga menuliskan step-by-step-nya:

  1. Siapkan bulu mata palsu yang sudah dalam keadaan bersih. Gunanya supaya bulu mata palsu bisa merekat lebih baik. Bisa membersihkan sisa lem sebelumnya (kalau dipakai beberapa kali) dengan makeup remover.
  2. Oleskan lem bulu mata ke bulu mata palsu di sepanjang garisnya. Kalau lem bulu matamu berkualitas baik, oleskan secukupnya saja. Namun karena lem bulu mata Mizzu saya agak kurang bagus, jadi saya oles lebih tebal terutama di area ujung kedua bulu mata.
  3. Tempelkan bulu mata dalam keadaan setengah kering (jangan langsung tempel kalau gak mau susah pakainya) dengan mata dalam keadaan tertutup. Kalau saya biasanya suka ditiup perlahan sambil membengkokkan bulu mata palsu agar sesuai bentuknya dengan mata (bisa dilihat di video).
  4. Setelah setengah kering, pegang bulu mata palsu bagian tengah (saya pakai jari saja). Lalu letakkan di atas garis mata bagian tengah. Setelah pas, baru sesuaikan posisi di ujung dalam dan luar mata. Karena masih setengah kering, masih bisa digeser-geser sesuai kemauan. Jadi jangan khawatir kalau tidak sempurna awalnya.
  5. Sesekali bisa buka mata untuk memastikan posisi sudah benar. Baru setelahnya tutup selama beberapa waktu agar tidak bergeser saat dalam proses lemnya mengering.
  6. Selesai!

Oh iya, pastikan saat memakai bulu mata palsu kalian sudah pakai makeup ya. Jangan sebaliknya, nanti ribet banget! Untuk melepaskannya saya biasanya pakai makeup remover khusus mata sambil membersihkan riasan mata. Saya jarang melepasnya langsung dengan cara menariknya.

Kira-kira itu saja tips dari saya. Semoga yang belum bisa, bisa segera dipraktekkan karena ini intinya adalah terbiasa. Kalau sudah sering, saya yakin pasti mudah sekali memakai bulu mata palsu sendiri 🙂

6 Comments

  1. khoirurosida 10/03/2019
    • Lia 11/03/2019
  2. Edwina Hidayah 11/03/2019
    • Lia 11/03/2019
  3. Ranny 12/03/2019
    • Lia 13/03/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: