Advertorial Lifestyle Money

Bisa Bayar Pakai GoPay Untuk Apa Aja? Banyaaaak!

Kalau jaman dulu ditanya barang apa yang gak boleh ketinggalan, pasti jawabnya adalah dompet dan handphone. Tapi kalau sekarang kayaknya bawa handphone aja udah cukup karena sudah ada aplikasi yang bisa menjadi alat pembayaran yang sah dimana aja.

Sampe aku pernah lihat ada challenge bagaimana bisa survive keluar rumah tanpa bawa dompet sama sekali. Yang dibawa hanya smartphone dan selama seharian hanya menggunakan aplikasi Gojek aja karena semua transaksi bisa bayar pakai GoPay untuk apa aja layaknya dompet digital.

APA SIH GOPAY?

Buat yang gak ngerti GoPay itu apa, nih kukasih tau. GoPay adalah salah satu metode pembayaran cashless yang berada di dalam aplikasi Gojek. Jadi kalau mau pakai GoPay ya harus buat akun di aplikasi Gojek dulu.

Walaupun aplikasi Gojek adalah aplikasi transportasi online, tapi kita bisa bayar banyak hal melalui GoPay. Nah abis ini aku mau coba ngitung-ngitung apa aja yang bisa bayar pakai GoPay berdasarkan pengalamanku.

BISA BAYAR PAKAI GOPAY UNTUK APA AJA?

Bayar Ongkos Naik Gojek

voucher gojek

Ya iya dong, namanya juga aplikasinya Gojek. Pastinya kita bisa bayar transportasi online ini secara lebih murah dengan GoPay. Kok bisa lebih murah? Soalnya biasanya ada potongan harga tarif lagi dibandingkan kalau kita bayar cash. Bahkan ada banyak promo voucher yang nominalnya lumayan kalau kita bayarnya pakai GoPay.

Bayar Makan di GoFood

voucher gofood

Sama kayak Gojek, kita juga bisa beli makanan dan minuman di GoFood. Lagi-lagi kalau pakai GoPay bisa ada potongan harga lagi, terutama merchant yang sudah bekerja sama dengan GoFood. Hal ini bikin aku jadi lebih praktis karena gak perlu siapin uang pesanan dan juga tips-nya. Semua bisa melalui aplikasi aja.

Bayar Nonton di GoTix

Nah ini aku sering banget beli tiket bioskop di GoTix. Apalagi waktu film-film Marvel kesukaanku pada tayang, daripada ngantri panjang di bioskop mending beli lewat aplikasi. Bisa milih jam, kursi, dan bioskop yang kita mau. Malah waktu itu suka ada promo diskon (lagi!) pas beli tiket. Udah deh, bisa jadi penonton pertama tanpa harus ngantri segala.

Bayar Makan di Restauran bahkan Warung

gopay merchant offline

Aku sama suami suka banget coba-coba makan di luar rumah untuk kebutuhan konten channel kuliner kita berdua. Cuma kalau makan di luar terus kan lumayan boncos ya dompet. Jadi kita selalu cek-cek dulu promo apa yang ada di resto tersebut, termasuk promo cashback yang suka dikasih sama GoPay.

cara top up pakai gopay

Jangan khawatir kalau promo GoPay ini cuma ada di resto yang besar atau yang ada di mall aja. Sekarang justru warung-warung atau gerobak yang jual makanan di pinggir jalan, sampai pasar dan warung sudah menerima pembayaran melalui GoPay. Lihat deh, ini gerobak yang jual buah di pinggir jalan aja menerima pembayaran melalui GoPay. Mantap si babang pepaya 😀

Bayar Belanjaan di Online Store

Satu lagi yang aku suka dari GoPay ini adalah sudah menjadi salah satu metode pembayaran di berbagai merchant online. Yang paling sering aku pakai adalah di Sociolla untuk belanja kebutuhan produk kecantikan dan Blibli.com untuk kebutuhan lainnya. Bahkan yang terbaru adalah aku sempat beli koin Webtoon dan juga CIAYO untuk baca komik menggunakan GoPay. Pas banget juga ada promo cashback sampai 100%!

beli games di google pay pakai gopay

Selain dua tadi masih banyak merchant online yang menjadikan GoPay sebagai alat pembayarannya. Bisa dilihat sendiri di tabel ini ya.

Bayar Pakai GoPay untuk Lainnya

Selain yang sudah kusebutkan di atas kita juga bisa belanja pulsa di GoPulsa, serta bayar tagihan seperti PLN, BPJS, dan lainnya di GoBills.

BAGAIMANA CARA PAKAI GOPAY?

Nah karena udah tau kalau kita bisa bayar apa aja dengan GoPay, pasti mau nanya dong selanjutnya bagaimana cara pakai GoPay? Sebenarnya cukup gampang, ikuti aja cara-cara berikut:

  1. Install aplikasi Gojek di smartphone kalian
  2. Registrasi akun dan verifikasi mengikuti perintah yang ada di dalam aplikasi. Pastikan kamu pakai alamat email dan nomor handphone yang memang benar dipakai ya. Jangan berubah-ubah lagi supaya tidak ribet.
  3. Lakukan upgrade akun mu supaya mendapat keuntungan seperti bisa transfer uang ke sesama pengguna GoPay, bisa tarik kembali saldo GoPay,  serta bisa mengisi saldo sampai Rp10juta. Tombol upgrade nanti ada di dalam aplikasi. Silahkan ikuti instruksinya.
  4. Sekarang kita sudah bisa mengisi saldo GoPay dengan berbagai cara, seperti: melalui driver Gojek dan juga Alfamart, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank Permata, CIMB Niaga, dan masih banyak bank lainnya. Kalau aku sendiri lebih suka top up GoPay melalui aplikasi Jenius yang sudah terhubung langsung dengan GoPay-ku. Selengkapnya tentang cara isi saldo GoPay bisa baca di link ini ya.
  5. Setelah saldo masuk kita sudah bisa melakukan transaksi melalui GoPay.

Lalu bagaimana cara bayar menggunakan GoPay? Biasanya ada dua cara:

cara bayar pakai gopay

  • Di merchant offline biasanya kita bisa melakukan scan QR Code pada sticker yang ditempel atau pada struk yang keluar dari mesin EDC merchant. Untuk mengeluarkan pilihan ini kamu pilih tombol “Bayar” atau “Pay” pada aplikasi GoPay.
  • Untuk merchant online biasanya aku mengikuti langkah-langkah yang diberikan dari merchant tersebut. Nanti web mereka akan direct menuju akun GoPay. Tapi tenang saja semua menggunakan password jadi pasti ada persetujuan saat melakukan pembayaran.

***

Gimana? Lihat sebanyak itu merchant-nya dan juga semudah itu cara top up GoPay nya bikin urusan bayar ini itu lebih gampang kan. Belum lagi promo-promo cashback yang bikin nambah saldo lumayan banyak, jadi bisa dipakai lagi saldonya buat bayar yang lain. Gak rugi kan?

Pesanku cuma untuk menjaga keamanan bertransaksi menggunakan GoPay, yaitu segeralah pasang PIN untuk pengaman, lalu jangan pernah memberikan kode verifikasi (yang dikirimkan melalui SMS) kepada siapapun termasuk ke orang-orang yang ngakunya dari Gojek. Dan yang terakhir juga lakukan pengecekan perangkat terhubung di tombol “Akun”. Pastikan tidak ada perangkat lain yang terhubung dengan akun Gojek-mu.

Kalau semua sudah dilakukan dan tetap waspada, Insya Allah proses transaksi menggunakan GoPay dapat berjalan lancar.

Jadi ternyata ada banyak yang kita bisa bayar pakai GoPay ya!

8 Comments

  1. Djangkaru Bumi 17/09/2019
    • Lia 19/09/2019
  2. leli 18/09/2019
    • Lia 19/09/2019
  3. Hastira 24/09/2019
    • Lia 24/09/2019
  4. Fanny Fristhika Nila 25/09/2019
    • Lia 25/09/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

%d bloggers like this: