Lifestyle Money

4 Aplikasi Promo dan Diskon Yang Bikin Untung

Sebagai #sobatmisqueen tentunya saya harus muter otak sedemikian rupa sehingga bisa menjalankan prinsip ekonomi, “pengorbanan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya”. Salah satu cara juga yang dapat menyelaraskan konsep itu adalah dengan meng-install aplikasi promo dan diskon.

Aplikasi promo dan diskon ini belakangan lagi booming dan nilainya cukup lumayan. Ya emang sih gak tau sampai kapan para aplikasi tersebut jor-joran ngasih promo yang fantastis. Tapi sih sejauh ini bonus-bonus tersebut lumayan membantu saya untuk bisa dibelanjakan lagi tanpa perlu keluar uang.

Gak usah lama-lama langsung saya kasih tau aja ya aplikasi promo dan diskon favorit saya.

APLIKASI PROMO DAN DISKON FAVORIT

OVO

Aplikasi Promo dan Diskon OVO

Aplikasi OVO tiba-tiba naik pesat namanya sejak mengeluarkan promo bayar Grab hanya Rp1 dan juga belakangan promo cashback gede-gedean untuk merchants seperti Miniso, Shihlin, dan sebagainya. Belum lagi kalau kita jalan-jalan ke mall, hampir semua toko pasang spanduk OVO yang menandakan bahwa tokonya menerima pembayaran OVO.

Saya sudah punya aplikasi OVO sejak setahunan yang lalu. Waktu itu ditawari oleh Hypermart untuk membuat kartu OVO plus aplikasinya. Waktu itu yang saya tau OVO juga ter-connect ke kartu Matahari yang sudah saya punya. Jadilah kalau belanja di Matahari otomatis poinnya masuk ke akun OVO.

Sekarang OVO juga sudah menjadi partner Tokopedia menggantikan fitur Tokocash-nya yang tidak jalan. Semakin untung aja deh belanja pakai OVO karena Tokopedia juga suka memberikan promo cashback di waktu-waktu tertentu yang nantinya akan diubah menjadi poin.

Terus kalau mau isi saldo OVO juga sudah bisa melalui Jenius.

Cara mendaftar OVO setahu saya bisa meng-install aplikasinya di smartphone atau bisa minta bantuan ke stand-stand yang biasa ada di mall.

GOPAY

Aplikasi Promo dan Diskon Gopay

Jaman sekarang kayaknya semua orang sudah bergantung sama ojek online. Ya, tinggal di kota besar tidak lagi membuat saya menggantungkan diri pada kendaraan pribadi. Saat ini saya hanya meng-install aplikasi Gojek karena cukup puas dengan fiturnya sebagai alat transportasi.

Ditambah lagi mereka membuat fitur Gopay sebagai alat pembayaran cashless yang tidak hanya untuk digunakan pembayaran transportasi online-nya saja, tapi juga untuk alat pembayaran di toko-toko. Bahkan belakangan sempat juga saya lihat Gopay sudah masuk ke warung makan segala. Benar-benar kita bakalan dibuat gak usah bawa duit kemana-mana deh!

Belakangan Gopay memberikan promo discount 50% dengan nama Pay Day yang bertepatan dengan hari-hari terakhir di akhir bulan. Cuma sayangnya informasi discount di aplikasi terkadang membingungkan. Tertulis cashback 50%, minimal belanja Rp100k, dan cashback maksimal Rp20k. Aneh kan? Makanya mesti tanya langsung ke merchant-nya. Itupun kalau gak rame (kayaknya jarang sih sepinya hahaha).

Oh iya, sekarang Gopay juga sudah bisa jadi alat pembayaran di Alfamart, Alfamidi, dan Dan-Dan. Gokil! Ditunggu merchant lainnya ya.

CASHBAC

Aplikasi Promo dan Diskon

Untuk aplikasi Cashbac ini adalah aplikasi yang baru saja saya coba. Jadi bedanya kalau aplikasi ini untuk pembayarannya nanti ter-connect langsung dengan kartu kredit, debit, dan electronic money. Untuk saat ini debit card-nya bisa dengan Jenius by BTPN dan digibank by DBS. Dan electronic money-nya menggunakan Mandiri e-cash.

Aplikasi Promo dan Diskon Cashbac

Saya sudah beberapa kali pakai aplikasi ini untuk makan di McD. Kebetulan ada cashback 8% + 33% untuk setiap kali transaksi. Untuk merchant lainnya memang Cashbac lebih ke arah restaurant dan cafe. Namun juga ada merchant health & beauty-nya juga.

Nah buat yang belum pernah buat akun di Cashbac bisa daftar dan dapatkan saldo Rp50.000,- dengan meng-connect-kan kartu kredit kamu sebagai alat pembayaran Cashbac, lalu masukkan kode referal saya yaitu:

rat01sn

Cobain deh! Lumayan buat makan-makan 😀

KUPON PERGIKULINER

Aplikasi Promo dan Diskon Pergikuliner

Selanjutnya aplikasi yang baru saya pakai juga adalah Kupon dari aplikasi Pergikuliner. Jadi semenjak saya jarang nulis tentang kuliner di blog, saya juga jarang kasih review di Pergikuliner. Untungnya ada teman yang kasih tau sekarang Pergikuliner punya kupon yang dibagi-bagi gratis di aplikasinya.

Kuponnya juga menurut saya menarik, seperti potongan Rp50k, buy 1 get 1, dan lainnya. Lumayan banget kan. Trus jangan lupa juga setelah makan kasih review juga di Pergikuliner-nya. Siapa tau makin banyak dapat kuponnya.

APLIKASI PROMO DAN DISKON BAKAL DICOBA

Selain aplikasi promo dan diskon di atas, sebenarnya masih banyak aplikasi yang mau saya coba. Antara lain:

  • Fave -> ini udah sering saya beli sih waktu belum ada aplikasinya. Jadi masih print di kertas kalau jaman dulu. Kalau sekarang cukup tunjukin aja dari aplikasi. Lalu di aplikasinya sudah ada fitur pembayaran cashless juga namanya FavePay. Promonya juga menarik banget. Yang suka saya beli biasanya dari Haagen Dasz 😀 Oh iya saya punya kode referral nih buat Fave. Bisa masukin kode:

    FAVELIA816

    untuk pembelian pertama kali.

  • Shopback -> ini juga udah pernah saya coba. Tapi dulu tuh masih agak ribet karena gak ke-direct ke aplikasi belanjanya. Nah katanya kalau sekarang udah semakin gampang pakai aplikasinya. Lumayan lho dapat cashback-nya kalau yang sering belanja.

    Daftar-nya bisa ke link ini ya untuk mendapatkan saldo Rp25.000,-.

  • Zomato Gold -> ini saya tau dari adik yang udah beli membership-nya selama setahun. Jadi nanti di setahun itu katanya ada voucher-voucher dari restauran-restauran. Cuma katanya adik sih restaurannya masih terpusat di daerah tertentu. Mungkin bisa cek dulu ya restaurannya sebelum beli membership-nya.

Untuk membuka mata kita juga, sebenarnya memang dengan adanya promo ini tidak menutup kemungkinan untuk membuat kita menjadi manusia yang konsumtif. Ya siapa sih yang gak tergiur dengan harga murah atau keuntungan-keuntungan lainnya? Tapi saya sendiri punya tips supaya aplikasi promo dan diskon ini bukannya menjadi merugikan kita.

  1. Pakai hanya saat dibutuhkan. Artinya kalau memang ada promo muncul, tanya ke diri sendiri dulu memang mau benar beli karena butuh atau karena gara-gara ada promo jadi sampe rela belanja? Contohnya, saya hanya pakai promo makan ketika mau pergi ke mall untuk makan. Sebelum menentukan mau kemana, saya cek dulu aplikasi di atas. Cari mana yang ada diskon. Baru pergi ke sana. Sebaliknya, saya gak bakalan rela panas-panasan ke luar rumah karena lihat ada diskon 50% di suatu resto. Ingat ya, keluar juga butuh ongkos! Duh!
  2. Atur budget untuk belanja atau makan. Kalau saya karena sudah punya rekening di Jenius, jadi cukup taruh nominal tertentu di rekening tersebut. Nanti proses pembayaran kan banyak yang sudah bisa terhubung dengan Jenius, jadi gak lagi deh ambil budget yang lain.
  3. Hati-hati juga dengan minimal pembelian, terkadang pembelian yang banyak hanya untuk mendapatkan diskon belum tentu akan menguntungkan kita. Balik lagi harus melihat kebutuhan.
  4. Cek koneksi internet! Jangan sampai ketika mau bayar malah tidak bisa, akhirnya harus membayar dengan harga normal.
  5. Pasang kode atau password yang sulit sehingga meminimalisir data dicuri oleh orang lain. Kalau bisa pakai password sidik jari juga lebih baik. Atau amannya jangan menaruh nominal uang yang terlalu besar di aplikasi tersebut (jika sifatnya sebagai alat pembayaran).

Last but not least, gunakan kemudahan dan keuntungan dari teknologi ini dengan baik. Saya sendiri senang sekali karena pernah jalan-jalan ke mall hanya pakai uang dari kumpulan hasil cashback sebelumnya. Jadi tidak mengeluarkan uang sedikitpun.

Semoga informasi ini juga bermanfaat yang buat yang membacanya. Kalau mau berbagi juga aplikasi promo dan diskon lainnya yang patut dilirik, bisa tulis di kolom komentar ya 🙂 Terima kasih.

10 Comments

  1. Mirna Kei Rahardjo 09/01/2019
    • Lia 10/01/2019
  2. Hastira 10/01/2019
  3. intanekapratiwi 10/01/2019
    • Lia 10/01/2019
  4. nianastiti 10/01/2019
    • Lia 10/01/2019
  5. Edwina Hidayah 10/01/2019
    • Lia 10/01/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: