Beauty Lia Beauty Talks Personal

#10YearsChallenge Berubah Karena Makeup Kah?

Heboh #10yearschallenge yang melanda sosial media beberapa waktu yang lalu bisa dibilang sukses. Di semua timeline saya penuh dengan foto-foto wajah yang sekarang dibandingkan dengan foto wajah 10 tahun yang lalu. Tidak ketinggalan saya pun ikutan #10yearschallenge juga walaupun cuma di instastory saja.

#10YEARSCHALLENGE: BENERAN SAMA KAYAK 10 TAHUN LALU SETELAH HAPUS MAKEUP?

Selama challenge ini ada satu meme yang isinya cukup menarik perhatian saya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Overheardbeauty (@overheardbeauty) on

Tertulis kalau tinggal apus makeup juga bakalan balik ke tahun 2009 juga. Benarkah?

Untuk menjawabnya, saya jadi pengen cek ke diri sendiri. Dan perlu diingatkan kalau saya buat tulisan ini sekedar lucu-lucuan saja, sama seperti meme di atas. Just have fun! πŸ™‚

SAYA DI TAHUN 2009

Sebelum kita buka foto-foto tahun 10 tahun yang lalu saya mau refresh memory dulu.

#10yearschallenge

10 tahun yang lalu itu berarti tahun 2009. Waktu itu umur saya masih 20 mau ke 21 tahun. Kuliah tingkat 3 yang kegiatannya selain kuliah adalah magang. Sisanya mah cuma antara pulang ke rumah atau malah main ke mal.

Waktu itu saya milih kuliah yang jadwalnya kelas sore-malam. Alasannya males berebutan isi KRS sama temen-temen yang obsesi kuliah pagi. Akhirnya pilih kelas sore-malam yang sukses bikin saya pede ngelancarin bawa mobil karena berangkat dalam keadaan lebih sepi tanpa diocehin satpam. Soalnya pernah dateng kuliah siang dan terpaksa bawa mobil. Pas parkir susah banget, maju-mundur gara-gara parkiran penuh.

Kata si pak satpam, “Besok-besok bawa truk aja neng!” katanya sambil kesel markirin saya yang gak bisa-bisa.

OKE PAK BESOK SAYA BAWA TRUK TANK SEKALIAN TRUS SAYA SAMPERIN SITU KE POS! #ESMOSI

via GIPHY

Baca juga: Cerita Belajar Nyetir Mobil

Gara-gara kuliah malam ini jugalah jam aktif saya berubah. Saya hampir setiap kali bangun siang karena mau kuliah. Lalu pulang malam dilanjutkan dengan nonton Drama Korea atau nontonin acara-acara variety dan Idol Korea. Pas banget memang tahun 2008 itu saya baru mulai kenal K-Wave dan juga di rumah mulai dipasangin internet yang tanpa harus dicolok ke kabel telepon dan suka ada bunyi *tutitutitutit….. krrrrrr……*.

Hahahaha! Anak jaman sekarang pasti gak ngerti πŸ˜›

#10yearschallenge

Berkat rutinitas beginilah kondisi kulit saya termasuk tidak baik. Kusam dan kelihatan banget dekilnya. Jerawat juga suka muncul dan saya gak tau gimana cara ngatasinnya. Padahal waktu itu belum mulai pakai makeup lho. Orang pas mau sidang magang aja malah disuruh bedakan dulu sama teman saya, Cipi. Hihihi.

Ini adalah beberapa penampakan wajah saya sewaktu di tahun 2009.

#10yearschallenge

Entah kenapa di beberapa foto kulit wajah saya terlihat kadang cerah kadang juga kusam. Mungkin juga pengaruh dari cahaya. Dan karena resolusi foto yang waktu itu masih kecil banget jadi jerawat dan bekasnya gak terlalu kelihatan.

SAYA DI TAHUN 2019

Fast forward ke tahun 2019 yang artinya pada saat ini kondisi saya sudah jauh berubah. Sekarang sudah umur 30 menuju 31 tahun. Sudah berhenti bekerja kantoran dan memilih kerja sendiri di rumah. Sudah menikah juga dan karena inilah hidup saya masih bergerak normal. Karena dengan menikah saya tetap harus bangun pagi dan tidur malam sebelum jam 11, walaupun sudah tidak bekerja kantoran.

Untuk tampilan wajah sendiri sudah banyak berubah karena saya sudah suka memakai makeup di waktu-waktu tertentu. Terutama saat membuat konten di blog dan juga YouTube. Sudah pasti kalau dijejer antara foto tahun 2009 dengan foto 2019 pasti terlihat beda.

#10yearschallenge

Lalu bagaimana kalau dihapus makeup-nya seperti kata meme tadi? Beneran sama kayak muka di tahun 2009 gak?

Lihat sendiri jawabannya.

Jawabannya adalah engga sama sekali πŸ™‚

Dari segi complexionΒ memang wajah saya lebih cerah dibandingkan dulu. Terus sekarang juga lebih berisi. Teksturnya pun lebih mendingan walaupun jerawat dan bekasnya tetap muncul. Saya pernah buat timeline perubahan wajah di tulisan ini.

Dan satu lagi yang paling kelihatan banget bedanya, yaitu dari segi kekencangan kulit terutama di bagian mata kelihatan banget perubahannya. Kalau sekarang tuh kelihatan kayak capeeeek banget plus juga sudah mulai kelihatan garis-garis kerutan :'(. Ya namanya jadi tua emang gak boong ya. Untungnya masih ada makeup πŸ˜›

Makanya kalau disuruh hapus makeupnya, baru kelihatan deh tuanya hahahaha!


Jadi kalau menyambung ke meme #10yearschallenge di atas, saya sendiri sih ngeliat banget perubahannya dari 10 tahun yang lalu. Bersyukurlah kalau sejak 10 tahun yang lalu sampai sekarang mukanya gak berubah, masih sehat dan kelihatan muda.

Lah kalau saya mah pakai sama gak pakai makeup aja bisa beda. Weekend sama weekday aja juga bisa tampilannya! Makanya makeup itu bisa menunjang banget untuk mengakali penampilan yang sudah semakin berumur. Tentu diiringi dengan perawatan kulit seperti menggunakan skincare.

Jadi dengan adanya #10yearschallenge ini sedikit banyak bikin kita kayak evaluasi diri sih. Selama 10 tahun udah ngapain aja? Udah mencapai apa aja? Dan sekarang apa yang harus diperbaiki.

Oke siap, abis ini hunting eye cream yang murah berkualitas dulu yak! Kasih tau dooong rekomendasinya πŸ™‚

16 Comments

  1. nyonyasepatu 19/01/2019
    • Lia 22/01/2019
  2. agi pranoto 19/01/2019
    • Lia 22/01/2019
  3. Amiria 19/01/2019
    • Lia 21/01/2019
  4. Monda Siregar 20/01/2019
    • Lia 21/01/2019
  5. sabda awal 22/01/2019
    • Lia 24/01/2019
  6. Larasati Neisia 28/01/2019
    • Lia 29/01/2019
  7. De 29/01/2019
    • Lia 29/01/2019
  8. Noni Rosliyani 30/01/2019
    • Lia 06/02/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: