Tips Sehat Tapi Tetap Hemat

Siapa sih yang gak mau sehat? Kalau kita lagi sakit juga rela ngelakuin apa aja biar bisa sehat lagi. Eits, tapi jangan sampe nunggu sakit dulu ya baru mau sehat. Karena jaman sekarang sehat itu mahal harganya. Penyakitnya pun mulai beragam dan bahkan bisa menyerang siapa saja tanpa kenal umur dan gender.
Saya sih kepengennya bisa sehat terus. Makanya mulai dari sekarang sedang berusaha untuk bisa mengubah hidup jadi lebih baik. Cuma masalahnya banyak orang yang mengasumsikan hidup sehat itu sama dengan mahal. Mau olahraga, harus terdaftar sebagai member club gym ternama. Mau makan sehat kalori tetap terjaga, akhirnya ikut-ikutan “catering sehat” yang harganya juga ga murah.
Kalo saya sih……. Kepengen juga bisa kayak gitu. Hahahahaha. Siapa sih yang gak pengen ngerasain nge-gym dengan berbagai pilihan kelas olahraga? Siapa sih yang gak kepengen ngerasain makanan sehat tapi rasanya tetep yummy? *saya saya sambil unjuk tangan.
Tapi kalo ngomongin prioritas, saya memang memilih untuk membuat hidup sehat dengan cara saya sendiri, alias cara yang lebih hemat. Saya memilih untuk mengalokasikan biaya “hidup sehat yang menurut saya sedikit mewah” itu ke alokasi biaya yang lain seperti tabungan nikah misalnya 😛
Nah, terus gimana caranya nih biar bisa tetep hidup sehat tapi kantong gak bolong? Yuk kita simak tips ala saya 🙂
Lari pagi di Taman Jogging
Untung ya kemarin-kemarin olahraga lari sempet hype (atau masih?). Efeknya adalah banyaknya taman terbuka yang digunakan sebagai jogging track. Di daerah saya sendiri, Kelapa Gading, sudah ada 3 taman terbuka yang digunakan untuk berolahraga. Selain untuk lari, terkadang di jam-jam atau hari tertentu suka ada Senam Aerobic. Ikutan ajaaa, gratis kok 😀
Inget! Fokus yaaa! Jangan malah foto-foto kayak temen-temen saya 😀
Sehat tapi Hemat: Biasa pake alat di gym? Taman Jogging Kelapa Gading juga punya alat kok! Ada yang buat mengencangkan lengan, perut, kaki, dan lainnya. Tapi selalu ingat untuk gantian dengan yang lain ya.


Jalan Kaki
Jangan males jalan kaki. Misalnya lihat jalanan macet dan jarak tempuh tujuan masih bisa dijangkau dengan jalan kaki, gak ada salahnya untuk berjalan. Lumayan kan bisa lebih gak kesel nunggu macet. Bisa keluar keringet lagi.
Sehat tapi Hemat: Jarak kantor sama Mall deket? Daripada bawa mobil mending jalan kaki. Sehat, trus gak bayar parkir lagi! Nyesek kan lihat harga parkir jaman sekarang? Hehehehe.
Aerobic di Rumah
Saya suka banget sama kelas aerobic di gym. Soalnya olahraga kaya gini tuh lebih fun dan juga lebih keluar keringet. Makanya saya suka nongkrongin Youtube buat cari video aerobic yang bisa diikutin di rumah. Ini nih salah satu channel yang lagi saya ikutin.
 
Sehat tapi Hemat: Memang kalo yang ini mesti modal HP/Laptop/Tablet sama koneksi Internet. Tapi menurut saya masih lebih hemat daripada jadi member gym 😛 (tetep)
Bawa Bekal
Ini sih memang sedikit butuh effort. Kalo saya cara amannya adalah memasak dari malam untuk makanan yang kalau besok dipanaskan di microwave masih bisa. Kalo gak bisa, saya cuma siapin bahan-bahan jadi besok pagi tinggal tumis/goreng, misalnya motong-motong wortel, ngebalurin tepung buat ayam yang besok digoreng, dan lainnya.
Sehat tapi Hemat: Saya bisa cuma ngeluarin uang dalam sehari cuma buat ongkos aja lho. Soalnya makan udah bawa dari rumah. Untuk referensi makanan yang mudah dibawa ke kantor, bisa cek di SINI.
Kira-kira itu beberapa tips dari saya yang memang saya lakukan sendiri demi menjaga kesehatan dan keutuhan tabungan bersama. Hahahaha. Kira-kira ada tips lain gak ya? Jangan lupa share yaaaa 🙂

18 thoughts on “Tips Sehat Tapi Tetap Hemat

  1. Halo Mbak, Salam kenal 🙂
    Biasanya sih saya buat sup seperti Tom Yum di malam hari. Jadi pas pagi hari tinggal dihangatin. Hehehehe, maklum kalo pagi-pagi suka buru-buru jadi saya suka prepare di malam hari saja.

  2. Sama kayak saya dulu. Atau paling gak potongin dulu bahan2nya. Masak pagi2. Taruh di tmpt bekal jgn tutup, tinggal mandi. Selesai dah agak dingin kan. Tutup. Bawa deh.
    Ryanfilewordpresscom

  3. Yup, sama halnya pas ngambil nasi dari rice cooker. Sebelum mandi udah ditaro dulu di tempat bekal biar ga nutup pas panas-panas.

  4. Aku dulu suka joging dan erobik, tapi sekarang kayak ga da waktu *soksibuk hahaha.. sekarang jalan ajah lumayan dari halte busway BI sampe kantor sekitar 30 menit! 😛 lebih murah ketimbang ngojek ataw naek angkot.. Thanks for sharing Lia.. jadi keingetan jugga aku punya dvd2 erobik yang ga kesentuh, mungkin dah saatnya di setel lagih.. hihihihi.. 😛

  5. Sekarang kan banyak taman jogging Mbak Fajar. Memang sih kalo hari libur membludaknya minta ampun. Boleh tuh setel DVD Aerobiknya lagi. 😀

  6. Aku awalnya gak bisa masak Dit. Pelan-pelan akhirnya coba pake bumbu instan. Target sih, bisa masak sendiri tanpa pake bumbu instan lagi, soalnya kan gak bagus juga (katanya). Hehehehe.

    Kalo males, inget tips ku yang disiapin dari malem. Kalo pas pagi, pasti grabak grubuk. 😀

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)