Temu Bloggers with Tokopedia & Kumpulan Emak Blogger

Semenjak saya mulai rajin menulis di blog, Alhamdulillah banyak juga acara-acara bermanfaat yang bisa saya datangi sebagai sarana silahturahmi dan juga penambahan ilmu blogging saya. Malah kadang (kadang-kadang aja sih, saya belum se-hits teman-teman lain yang tentunya lebih keren juga tulisannya hihihi) ada acara yang suka bentrok antara satu dengan yang lain. Tapi sih bagi saya di syukuri saja, karena biasanya kalo weekend sepi undangan atau tidak ada acara yang bisa didatangi saya ngerasa sedih juga hihihihi 😛
Weekend kemarin saya mendaftarkan diri untuk mengikuti acara Temu Bloggers yang diselenggarakan oleh Tokopedia dan Kumpulan Emak Blogger. Alasannya sih selain karena waktu dan lokasinya yang cukup bersahabat, tentunya penasaran dengan topik yang akan di share oleh Tokopedia ini.
Yuk baca cerita selengkapnya!

Siang hari itu cukup panas sekali. Saya pergi dari rumah sampai lokasi acara menggunakan Bus Trans Jakarta yang memakan waktu sekitar 1.5 jam. Pas sampai lokasi mepet sekali dengan jadwal dimulai acara. Untungnya masih belum terlalu ramai jadi bisa ngaso dulu…… Ngasoooo kamu bilanggg? Hahahaha.
Saya disapa dengan ramah oleh tim dari Tokopedia. Tidak lupa diberikan makan siang dari Gokana Teppan. Wuih, seneng deh sama acara yang beneran niat kayak gini. Jadi kenyang seneng banget saya hehehehe. 
Setelah ruangan mulai terisi penuh, maka dimulai lah acara dengan disambut dengan MC dari Tokopedia. Ada games kecil untuk menghangatkan suasana sebelum acara dimulai. Ada sebanyak 3 peserta games yang maju ke depan. Dan saya tidak menyangkan ternyata banyak peserta yang datang jauh dari daerah luar Jakarta. Salut buat para mommy bloggers juga yang tetap bisa ikutan acara seperti ini tanpa meninggalkan anaknya 🙂
Acara dimulai dengan pengenalan tentang Tokopedia oleh Mas Doni Nathaniel Pranama, Internet Marketing Specialist Tokopedia. Ternyata masih banyak yang belum tahu pengertian e-commerce lho. Saya sendiri sebenarnya tahu jawabannya, maklum topik skripsi dulu tentang internet marketing. Tapi malu banget mau angkat tangan >.< Peer banget nih, besok-besok harus berani malu hihihihi.
E-commerce itu adalah kegiatan transaksi jual-beli secara online. Dan jenis-jenisnya pun dibagi menjadi empat macam, antara lain:
  1. Iklan Baris, contohnya Kaskus
  2. Online Retail, contohnya Blibli, Bhineka
  3. Daily Deals, contohnya Groupon
  4. Online Marketplace, contohnya Tokopedia
Lalu apa sih Online Marketplace (OM) itu? Seperti namanya, OM merupakan sebuah “pasar” tempat bertemunya penjual dan pembeli secara online. Bayangin kalau selama ini kita ke pasar dalam bentuk fisik, nah OM ini versi digitalnya.
Tokopedia sendiri menyediakan “pasar” dimana para penjual dapat menjual produknya, dan para pembeli dapat membeli produk yang diinginkan. 
“Lalu apa bedanya OM dengan Online Retail (OR)?”, ketika salah satu peserta bertanya.Yang membedakan adalah OR merupakan penjualan bersifat B2C. OR yang menyediakan produk untuk dijual kepada konsumen. 
Nah, sekarang sudah paham tentang konsep OM kan? Yuk kita lanjut lagi 🙂
Dengan visi sebagai salah satu online marketplace untuk membangun Indonesia lebih baik lagi melalui internet, maka Tokopedia menyadari bahwa pentingnya untuk menjalin kerja sama dengan bloggers. Kerja sama yang disebut sebagai Tokopedia Blogger Partnership ini bertujuan untuk membantu memperkenalkan produk-produk UMKM agar lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. 
Bayangkan jika UMKM yang ada di Indonesia bergabung dengan Tokopedia. Selain mendapatkan segala kemudahan penjualan produknya, para pemilik UMKM juga tidak perlu khawatir lagi untuk menjual produknya di seluruh Indonesia. Bahkan tidak perlu repot-repot membuat website sendiri, karena mudahnya bertransaksi dengan Tokopedia.
Lalu bagaimana syaratnya agar bloggers dapat bekerja sama dengan Tokopedia? Dan blog seperti apa yang baik dan dicari oleh Tokopedia? Nah pada sesi ini dijelaskan dengan detail oleh Mas Joko Soemitro, Tokopedia Blogger Partner
Berikut adalah materi insight yang diberikan oleh Mas Joko:
  • Mencari tahu keistimewaan blog kita. Apakah gambarnya yang bagus? Atau tulisannya yang menarik? Atau malah karena navigasi yang mudah sehingga memudahkan pencarian informasi? Yuk, mulai cari tau keistimewaan blog kita dari sekarang 🙂
  • Mengetahui pembaca blog kita. Apakah pembaca kita adalah anak-anak muda? Atau ibu-ibu bekerja?
  • Jangan terlalu banyak menggunakan gambar dengan ukuran besar. Sebagian pembaca akan malas untuk datang kembali jika perlu waktu lama untuk loading gambar.
  • Buatlah kata-kata yang menarik pada paragraf pertama. Hal ini dapat memancing pembaca untuk membaca tulisan selanjutnya.
  • Usahakan tampilan blog yang bersih, sehingga tulisan dapat terbaca dengan jelas dan juga memudahkan pembaca.
  • Masukan gambar menarik. Karena ternyata hasil pencarian gambar di mesin pencarian merupakan penyumbang kunjungan terbesar! Ayo mulai perbaiki gambarmu 🙂

Dan jika tertarik untuk mengikuti program Tokopedia Blogger Partnership, syaratnya adalah:
  1. Memiliki domain sendiri
  2. Memiliki pembaca aktif
  3. Domain Authority <= 15
  4. Artikel secara aktif dipublikasikan ke sosial media
  5. Backlink di dalam artikel
  6. Landing Page yang relevan
  7. Batas maksimal 10 artikel per bulan
Nah, jika tertarik dapat menghubungi Tokopedia ya 🙂
Souvenir dari Tokopedia. Suka banget sama Tumbler-nya 😀
Dan selesai lahhh acara kali ini. Terima kasih Tokopedia atas acaranya yang memberikan ilmu pengetahuan lagi tentang blogging. Terima kasih juga untuk Kumpulan Emak Blogger, ditunggu acara-acara keren selanjutnya!
Photo Source: Tokopedia

12 thoughts on “Temu Bloggers with Tokopedia & Kumpulan Emak Blogger

  1. Ini kayaknya yg waktu un bilang ya li… Btw harus domain sendiri #heemmmm….secara masih gratisan hehehe.. Udh niat mau ubah tp maju mundur cantik mulu nih hihihih

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)