Sukses Dapat Uang Tambahan Dari Tokopedia

Beberapa waktu yang lalu saya sempat sharing kegiatan saya saat internet mati. Salah satunya adalah membereskan koleksi novel saya waktu jaman abege. Dengan pertimbangan udah gak pernah dibaca lagi dan cuma numpuk berdebu, akhirnya saya putuskan untuk dijual saja.

Lalu dijual dimana? Tentu saja di Tokopedia. Kebetulan saya sudah punya account untuk membeli barang-barang yang dijual di Tokopedia. Sebenarnya saya juga sudah punya toko online di sini. Tapi entah kenapa barang yang saya jual gak laku. Memang bukan barang jualan sih, lebih tepatnya barang yang kebanyakan dibeli trus gak kepake, jadilah dijual aja.
Berbekal komentar temen di Twitter saat saya tanya kira-kira ada yang mau gak ya beli novel bekas? Karena dijawab, “pasti ada kok!”, jadilah saya langsung mengumpulkan dan menyortit novel tersebut.

Apa langkah-langkah saat ingin berjualan di Tokopedia? Yuk simak penjelasan saya lebih lanjut.

1. Register / Log In

Jika kamu belum memiliki account di Tokopedia, maka segeralah mendaftar. Jika sudah, cukup Log In.
2. Tambah Produk
Sebelum menjual produk, ada baiknya memfoto terlebih dahulu barang yang dijual. Lalu masukan seluruh informasi produk dengan jelas.


3. Promosikan
Ada berbagai cara mempromosikan produk kita. Seperti share di Facebook dan Twitter. Tapi Tokopedia juga menyediakan Menu Promosi supaya produk kita bisa berada di list produk promosi. Namun untuk member gratis hanya bisa menggunakan fitur ini 1 jam sekali untuk 1 produk.
Selesai! Gampang kan? Biasanya sih saya tinggal nunggu aja notifikasi bila ada yang melakukan pembelian. Untungnya juga dengan Tokopedia ini, kita bisa mendownload aplikasinya di IOS ataupun Android. Saya sering mengecek toko hanya cukup dari handphone saja.
Tidak disangka, ternyata banyak peminat yang ingin membeli novel bekas saya. Sampai akhirnya ada pemesanan untuk novel-novel saya. Ini kira-kira prosesnya.
1. Notifikasi Pembelian
Ada notifikasi di handphone mengenai pembelian produk saya. Saya langsung mengecek barang yang dipesan, jika saya menyanggupinya langsung klik pilihan order diproses. Pada saat ini si pembeli sudah melakukan pembayaran ke rekening Tokopedia.
2. Menyiapkan Barang
Saatnya menyiapkan dan membungkus barang. Harap mencantumkan nama pembeli dan alamat yang lengkap untuk menghindari kesalahan pengiriman. 

3. Mengirim Barang
Kirim barang sesuai dengan jasa pengiriman yang dipilih pembeli. Pastikan bahwa harga kirim sesuai dengan yang dibayar. Namun jika ada kesalahan saat pengiriman tidak perlu khawatir, cukup menghubungi Tokopedia saja untuk bantuan. Setelah mendapatkan resi, langsung masukkan nomor resi ke aplikasi atau web. Saya sendiri selama ini menggunakan JNE, dan di aplikasi ada fitur scanning barcode resi. Jadi tidak perlu ketik nomor resi.

4. Tunggu Konfirmasi dari Pembeli
Selesai! Tinggal tunggu sambil tracking barang sudah sampai dimana. 

5. Pembayaran Diterima
Jika tidak ada masalah, maka pembeli akan menekan pilihan selesai. Sehingga uang yang tadinya di rekening Tokopedia akan otomatis masuk ke rekening kita di Tokopedia. Jika ingin langsung dicairkan di Bank kita, juga bisa langsung.
Mudahkan? Selain mudah dan gampang, Alhamdulillah juga ternyata “dagangan saya” laku. Hihihi. Sukses deh dapet THR tambahan buat Lebaran kemarin! Jadi kepengen cari barang buat dijual lagi hehehehe 😀
Ada yang pernah jualan pakai Tokopedia? Share yuk!


Ps: Ini bukan review berbayar, tapi kalo dibayarin juga gak nolak 😛

26 thoughts on “Sukses Dapat Uang Tambahan Dari Tokopedia

  1. Langsung masuk ke rekening Tokopedia kalo pembeli langsung pencet tombol selesai (ada jangka waktunya, kalo gak salah 5 hari setelah barang diterima, tanpa ada konfirmasi dari pembeli langsung cair). Kita bisa langsung cairin juga ke rekening Bank sendiri. Cepet pokoknya Mas.

  2. Ada pertanyaan seperti itu, jadi saya menjawab nih. Saya udah punya dua akun untuk jualan di tokopedia, tapi akun yang pertama kurang laku karena kurang saya seriusi. Akun yang kedua nama tokonya HAPPY PET NEEDS baru saya buka 27 Juli lalu eh udah banyak pembelinya. Bintangnya juga udah lengkap: bintang lima untuk kecepatan, akurasi dan pelayanan. Pokoknya untung banget jualan di tokopedia. Saya masih ikut yang gratisan (reguler merchant belum gold merchant. Seiring berjalannya waktu dan toko semakin rame, ntar saya upgrade kok krn kewalahan. Makasih mbak Lia Harahap udah boleh nulis di sini.

  3. saya juga jualan di tokopedia mba, aman buat penjual dan pembeli. tips dari saya, fast response aja sih klo ada inbox, pertanyaan atau order dr custm. toko saya Rumah busana aliyah…yuk mampir 🙂

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)