Makeup Untuk Pemula Rekomendasi Beauty Bloggers

Saat memutuskan untuk mulai memfokuskan diri menulis tentang kecantikan sebenarnya dalam hati ini berdebat.

Emang situ cantik? Emang situ banyak koleksi makeup-nya? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Banyak juga beberapa teman yang pada akhirnya enggan menyebut dirinya Beauty Blogger karena predikat itu terlalu berat.

Kalau menurut saya, tidak apa mulai menyebut diri sendiri sebagai beauty blogger selama kita memang menulis konten tentang kecantikan.

Toh ke depannya memang saya ingin banyak menulis tentang kecantikan. Walaupun tidak memungkiri akan tetap menulis konten yang lain, tapi sebisa mungkin porsinya akan disesuaikan.

TENTANG BEAUTY BLOGGER

Lalu apakah menjadi beauty blogger itu harus cantik atau punya koleksi makeup yang banyak, seperti pertanyaan saya di atas?

Kalau melihat banyaknya blogger sekarang yang fokus pada konten kecantikan memang isinya antara lain review kosmetik, swatch, atau makeup tutorial.

But I want to be more than that. Saya ingin mulai menulis banyak hal tentang kecantikan dari cara yang berbeda.

Seperti bagaimana Female Daily bisa mengulas kualitas lipstick dengan mengadakan Samyang Challenge.

Seperti Hanitis yang sesekali memberikan informasi kecantikan yang saya belum pernah tahu sebelumnya di tulisan tentang perlu toner atau tidak ini.

Dan masih banyak lagi.

Baca juga: Having a brighter skin is not impossible

Apakah saya bisa?

Tentu perlu banyak belajar supaya bisa membuat konten yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca. Apalagi mengingat saya masih bisa dikategorikan anak baru di dunia kecantikan.

Jalan yang harus saya lakukan adalah memperbanyak mencari informasi tentang dunia ini dan terus menulis sebagai sarana belajar. Pada akhirnya semua konten yang akan saya tulis merupakan perjalanan saya dalam mengenal dunia kecantikan lebih dekat.

Apakah tulisan saya bisa dipercaya?

Tentu saja saya menulisnya dengan jujur berdasarkan pengalaman. Namun semua reaksi atas pemakaian produk atau proses trial aktivitas yang berkaitan dengan kecantikan adalah berbeda-beda, sebagaimana yang saya sampaikan pada page disclaimer ini.

Lalu apa gunanya sharing informasi tentang kecantikan?

Menurut saya, berbagi pengalaman merupakan sebuah informasi yang bisa saja bermanfaat kepada orang lain. Terutama kepada orang-orang yang mulai tertarik dengan konten kecantikan seperti saya.

Untuk itu saya mulai banyak membaca artikel kecantikan, membaca blog teman-teman untuk tahu apa yang sedang tren, bahkan mencoba eksperimen terhadap diri saya sendiri (tentunya yang tidak berbahaya ya), serta tidak lupa juga mengikuti beauty workshop yang tentunya akan menambah ilmu buat kita semua.

Baca juga: Beauty Experiment dengan Avocado Oil dari Bare Skin

Saya juga kemarin meminta bantuan teman-teman blogger yang sudah beberapa kali menulis konten kecantikan pada blog pribadinya untuk menulis konten kali ini.

MAKEUP UNTUK PEMULA REKOMENDASI BEAUTY BLOGGERS

Berawal dari keterbatasan saya dalam mencoba produk kecantikan, maka saya mengajak teman-teman blogger untuk sharing informasi produk makeup rekomendasi mereka untuk saya yang masih pemula alias newbie.

Dari beberapa bloggers yang saya kontak, ada 9 bloggers baik hati mau meluangkan waktu dan menjawab pertanyaan saya.

Setelah ini saya akan sebutkan bloggers-nya satu-satu dan produk makeup untuk pemula apa yang mereka rekomendasikan ya πŸ™‚

DINE AISAH

sister-dyne

Blogger yang terdiri dari kakak dan adik ini termasuk blogger yang menjawab e-mail saya dengan cepat. Saya pernah bertemu dengan Mbak Dine di sebuah acara dan kagum dengan gaya makeup-nya yang cetar tapi gak norak. Makanya seneng banget e-mail saya bisa dijawab dengan cepat.

viva-pensil-alis-dine-aisah

Menurut Mbak Dine, makeup untuk pemula yang direkomendasikan adalah Viva Pencil Eye Brow. Karena produk ini harganya murah dan kualitasnya bagus bahkan bisa disandingkan dengan produk high end.

Secara kualitas produk ini juga bagus karena ujung pensilnya yang lembut sehingga memudahkan kita dalam membingkai alis kita. Serta warnanya juga sangat cocok untuk kulit wajah Asia.

Ayo, siapa sih yang gak kenal pensil alis ini?

IVA ASIH

iva-beauty-journey

Saat pertama kali melihat blog ivabeautyjourney.com, saya langsung naksir sama blognya yang rapi. Nambah naksir lagi setelah lihat kualitas foto-foto yang bagus di dalamnya.

Iva membagi rahasia 5 produk makeup untuk pemula antara lain:

iva-asih-makeup-untuk-pemula

Bedak: Two Way Cake Make Over

Alasan: Ringkas, praktis, dan cukup cover untuk penggunaan sehari-hari. Harganya sekitar 100ribuan dan mudah ditemukan karena ini produk lokal.

Eye Shadow: Make Over Trivia Eyeshadow Enchanting Nude Spell

Alasan: Warna di dalam trio eyeshadow ini lengkap banget, ada warna peach untuk eyelid, warna putih matte untuk brow bone dan inner corner, serta warna coklat matte yang bisa diaplikasikan untuk alis juga. Udah include kaca dan aplikator. Harganya juga bikin happy πŸ™‚

Lipstick: Emina Sugar Rush Cookie Dough

Alasan: Lipstick ini warnanya kalem, nude dengan hint peachy brown. Formula lipstick ini cocok untuk beginner, ga patchy, ga kering dan pigmentasinya bagus banget.

Blush on: Emina Cheeklit Violet BerryΒ 

Alasan: Warna blush on ini tidak terlalu ngejreng di pipi dan bener-bener cantik. Harganya pun di bawah 50ribuan. Warnanya buildable dan beginner friendly. Iva pun pernah review Emina Cheeklit in Violet Berry di blognya.

Mascara: Hypercurl Maybelline Cat Eyes

Alasan: Waterproof dan punya daya tahan untuk nahan curl. Walaupun sempat coba merek lain, ini jadi mascara favorit Iva.

PUTRI KPM

putri-kpm

Siapa sih yang gak kenal sama wanita yang berprofesi sebagai Social Media Specialist ini? Saya mengkontak Putri karena saya tertarik untuk mengetahui pilihan makeup untuk pemula ala perempuan yang punya tema Senin Feminin di blognya ini. Kira-kira apa saja ya?

putri-kpm-makeup-untuk-pemula

Base Makeup: Garnier Light Complete Super Essence

Alasan: Selain membantu menutup pori – pori, Garnier ini juga membantu makeup untuk tetap stay. So far Garnier ini cocok untuk kulit berminyak Putri.

Bedak: Maybelline White Superfresh Liquid Powder

Alasan: Cocok untuk yang baru belajar dandan karena liquid powder ini mudah meresap dan menyatu dengan warna kulit.

Eyeshadow: Etude House Bling – Bling Eye Stick

Alasan: Pas sekali untuk yang baru belajar dandan dan takut eye makeup berantakan. Dengan bentuk eyeshadow stick ini, cuma dipoles sedikit juga sudah ada warnanya. Bahkan bisa jadi base kalau ingin ditimpa dengan eyeshadow powder.

Mascara: Maybelline Hyper Curl Volume Express

Alasan: “ini maskara terfavorit karena berhasil bikin bulu mata aku makin lentik dan terkesan tebal tapi tidak menggumpal. Laff!” – Putri KPM

Lipstick: Etude House Dear Darling Tint

Alasan: Stay di bibir lebih dari 10 jam bahkan dipakai saat makan dan minum berkali – kali. Cocok banget buat yang baru mau belajar dandan tapi takut pakai lipstick.

MY LOVELY SISTER

Makeup Untuk Pemula

Saya sudah cukup lama membaca blog yang dikelola oleh kakak beradik Aini dan Eve ini sejak mencari informasi tentang cara menghilangkan jerawat. Keduanya tidak hanya menulis artikel kecantikan tapi juga menjadikannya bisnis.

Tidak hanya kecantikan, My Lovely Sister juga beberapa kali membagi tips seperti fotografi dan juga fashion. Pokoknya kalau ke blognya serasa dimanjakan deh mata ini.

Ini dia makeup untuk pemula pilihan My Lovely Sister:

Makeup Untuk Pemula

Eyeliner: BCL Make Mania Data Pencil Gel Eyeliner, Deep Brown

Alasan: Mudah dipakai dan tahan lama. Warnanya yang cokelat juga bikin make up mata terlihat natural.

Lip Tint: The Face Shop Lovely Me ex Tint Aqua Tint

Alasan: Setelah coba banyak lip tint, merk ini paling OK karena tidak membuat bibir kering. ‘Tinta’ dari lip tint ini juga gampang dibaurkan ke bibir, sehingga hasilnya lebih natural seperti warna bibir asli saat dipakai tanpa takut terlihat seperti minum ‘darah’ LOL.

Eyebrow: The Face Shop Designing Eyebrow

Alasan: “Pensil alis yang ujungnya punya sudut agak miring cocok banget dipakai buat orang yang baru belajar make up. Alis bukan gampang digambar, apalagi kalau kamu baru pemula. Dulu kita nggak pernah tahu ada pensil alis yang bentuknya miring seperti The Face Shop Designing Eyebrow yang sekarang udah jadi lebih ngetrend. Dulu pensil alis kebanyakan seperti pensil buat menulis, susah banget dipakainya buat alis.” – My Lovely Sister

Lip Balm: Evete Natural Lip Balm

Alasan: Cocok banget dipakai sebelum memakai lipstick atau sebelum memakai lip tint, biar bibir terlihat sehat dan nggak gampang kering. Teksturnya pas dan lembut di bibir.

BB Cream: Dewytree Moist BB Foundation SPF 42 PA++Β 

Alasan: BB Cream ini ringan, nggak berat. Selain itu fungsinya juga bagus buat cover wajah karena selain BB Cream tapi punya fungsi seperti memakai foundation. Efeknya wajah jadi terlihat lebih halus dan rata.


Itu dia 4 beauty bloggers yang membagi rekomendasi pilihan makeup untuk pemula kepada saya, dan sekarang saya share juga di sini supaya teman-teman lain juga memiliki informasi saat ingin membeli makeup untuk pertama kalinya.

Dari hasil sharing di atas ada beberapa produk yang pernah saya coba, tapi ada banyak juga produk yang belum saya coba. Jadi semakin senang karena ada banyak pilihan merek yang mungkin suatu saat akan saya coba dan ulas di sini.

Jangan lupa mampir ke blog teman-teman di atas untuk kenal lebih dekat dengan mereka.

Di lain kesempatan saya akan sambung post tentang produk makeup untuk pemula part 2, dimana akan ada 5 beauty bloggers lagi yang akan share produk makeup untuk pemula versi mereka. Ditunggu ya πŸ™‚

PS: Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada beauty bloggers yang sudah bersedia berkolaborasi dengan saya untuk tulisan kali ini πŸ™‚

41 thoughts on “Makeup Untuk Pemula Rekomendasi Beauty Bloggers

  1. Wow, lengkap banget nih. Ditunggu part keduanya.
    Dan, si neng Viva teteeep ya, scara doi emang cetar sih ya. Di majalah Cosmo pun duduk anteng diurutan #1 dari selua pensil alis.

  2. Pensil alis viva memang ga ada matinya ..akupun sukaaaa bgt ama itu.. ama facial cleanser dan tonernya jg mbak.. mukaku ga prnh ada masalah apa2 lg sjk pake pembersih dan tonernya..

  3. Aku pemula banget. Dan pas beli pensil alis Mbak2nya rekomen Viva ini. Dan syukak. Dan ternyata memang banyak yang rekomen ya. Yeaay…
    Produk2 lain masih di Wardah semua. Haghaghag.

  4. Wah, jadi pengen belajar dandan yg lebih mahir lagi nih.
    Tapi memang aku dulu juga dpt rekomendasi dari temen utk pake pensil alis Viva pas belajar gambar alis. Emang ga ada matinya ya. Banyak yg pake.

  5. Kalau pensil alis Viva kayaknya buat yang udah proffesional atau baru newbie tetap jadi sahabat setia deh. Soalnya emang enak banget. Nah, aku malah jadi tertarik nyobaik Maybelline White Superfresh Liquid Powder rekomendasinya PutriKPM soalnya beberapa kali nyobain bedak masih belum ada yang sreg nempel di wajah.

  6. hai Lia, aku langsung buka notes di hape begitu baca artikel kamu ini hehe. makasih sudah menyebarkan racun-racun baru yaaa ehehe. mampir ke blog aku juga yuuk.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)