Beauty Lia Beauty Talks

Makeup Natural Untuk Pernikahan, Yes or No?

Netizen baru-baru ini lagi heboh karena dua hal.

Pertama, tiba-tiba aja gak ada angin gak ada ujan (eh ujan mulu sih di Jakarta) Chicco Jerikho dinyatakan menikah!

Menurut sumber akun gosip yang saya follow di instagram sih emang Chicco ini baru aja pacaran lagi setelah sebelumnya sempet deket sama salah satu artis juga. Eh gak nyangka nikahnya cepet juga sama yang baru ini.

Kalau berita kedua ada yang lumayan heboh juga. Tapi bukan soal siapa mempelai wanitanya sih, karena netizen pasti udah taulah siapa pacar barunya. Yang bikin heboh justru riasan wajah yang digunakan oleh Putri Marino, wanita yang berhasil menaklukan si babang ganteng.

MAKEUP NATURAL UNTUK PERNIKAHAN

Buat yang udah lihat akun instagram sang mempelai pasti udah lihat ya bagaimana bahagia keduanya saat melangsungkan pernikahan di Bali itu. Tapi yang bikin saya kaget adalah pas Female Daily pasang foto ini.

Gimana? Gimana? Ada yang berbeda gaaa dari riasan pengantin wanita di Indonesia pada umumnya?

Sedikit flash back dulu ya waktu jamannya Raisa dan Hamish menikah. Waktu itu Marlene Hariman, MUA sekaligus sahabat dari Raisa mendapatkan kehormatan untuk merias mempelai wanita untuk tampilan makeup saat akad nikah.

Raisa yang terlihat sweet as usual malah disebut aneh karena keputusannya menggunakan riasan pengantin yang bikin mukanya “tidak manglingi” layaknya pengantin wanita Indonesia pada umumnya. Bahkan Marlene yang segitu dewanya di dunia kecantikan malah dikata-katain sama netizen. Duh!

Saya sendiri gak ngerti ya manglingi dalam arti jaman sekarang seperti apa? Yang saya tau jaman dulu tuh memang mama saya aja gak sering pakai makeup walaupun ke kantor. Jadi pas nikah wajar mukanya kelihatan “beda” karena tiba-tiba pakai foundation dan bedak (biar cakep gak berminyak kalo difoto), pake lipstick merah, dan tentunya alisnya dirapikan.

Coba bayangin jaman sekarang, makeup udah jadi kebutuhan sendiri buat wanita. Anak SMP aja udah mulai dandan! Semua wanita berlomba-lomba tampil cantik di setiap harinya. Jadi pas nikah mau manglingi kayak gimana sih? Pusying aku.

Segitu aja Raisa menurut saya udah cantik dengan sentuhan riasan yang gak mengubah wajahnya sama sekali (malah gak dikasih pake softlens sama Hamish segala). Tentu kita masih bisa lihat lah tanda-tanda makeup di wajahnya.

Rona pink di pipinya sudah pasti dari blush on, bukan karena abis work out. Warna bibirnya walaupun bisa dibilang hampir nude, tapi bisa dipastikan ada pengaruh dari lipstick-nya yang merah muda.

Jadi bisa dibilang makeup pernikahan Raisa itu kayak makeup natural yang effortless lah yaa.

Nah sekarang ini Putri Marino malah tampil dengan riasan makeup yang hampir kayak gak pake makeup. Atau bisa disebut sebagai makeup no-makeup kali yesss?

Coba deh lihat sekilas dari foto di atas. Kulitnya kayak warna kulit asli, karena sudah pasti antara warna leher dan wajah tidak beda (emang eloo, Lia??). Kulitnya udah gitu aja, bahkan rona pink di pipi aja gak kelihatan ada.

Alis pun kayak cuma disikat doang bukan alis yang tebel kayak abis ditato. Mata pun gak pakai softlens sama sekali, boro-boro pakai eye shadow warna-warni. Dan coba itu lihat bibirnya! Cuma kayak pake lip tint doang, sissst!

AKANKAH MAKEUP NATURAL MENJADI TREND?

Dilihat sekilas memang Putri Marino bener-bener terlihat polos jika dibandingkan dalam ukuran riasan pengantin Indonesia pada umumnya. Bahkan dibandingkan sama Raisa aja kayaknya Raisa masih full makeup, walaupun dengan makeup natural.

Cuma entah kenapa ya, saya seneng banget ngeliatnya. Rasanya kayak jadi diri sendiri aja di hari bahagia. Gak beban harus mewah dengan makeup yang macem-macem.

Bahkan banyak selebriti luar negeri banyak yang tidak menggunakan makeup berlebihan saat pernikahannya. Inget gak jamannya Kate Middleton nikah? Konon katanya yang merias wajahnya itu dia sendiri lho.

Trus yang masih tergolong baru sekaligus heboh itu pas Song Hye Kyo nikah. Itu mana ada warna macem-macem di wajahnya kecuali warna natural kulitnya.

Walaupun begitu saya yakin seyakin-yakinnya bahwa mereka juga gak mungkin sih tampil polos tanpa makeup. Hanya saja yang menjadi highlight di sini adalah mereka tidak mengubah warna asli mereka, hanya saja menonjolkan beberapa hal. Mungkin itulah yang dinamakan makeup natural.

Kalau lihat di instagram Ifan Rivaldi, MUA-nya Putri Marino juga kelihatan kok proses makeup-nya. Cuma saya suka banget karena hasilnya gak medok. Bahkan (ini menurut saya ya) di sisi kiri pipi Putri Marino (kalau dari sisi kita di sebelah kanan) sepertinya ada acne bump yang tidak ditutupi secara heboh. Malah kesannya jadi natural aja.

Wajar lah keluar jerawat pas mau nikah. Mungkin stres kali, bu kayak saya. Hahahahaha.

Kalau ditanya pilih riasan yang bold, natural, atau yang natural banget kayak Putri Marino ini mungkin saya ingin pilih pilihan ketiga.

Cuma masalahnya pas saya nikah dulu tuh jerawat pada ngamuk keluar semua. Maklum, persiapan nikah itu ternyata bikin stres juga ya. Jadi kayaknya gak memungkinkan untuk tampil natural.

Entahlah riasan makeup seperti ini akankah menjadi tren untuk riasan pernikahan di dalam negeri apa engga?

Tapi kalo saya sih lihat dari sisi positifnya adalah para wanita Indonesia akan berlomba-lomba untuk merawat kulitnya. Sehingga dalam kesempatan yang spesial, tidak perlu menggunakan makeup berlebihan namun hanya untuk menonjolkan kelebihan dan keunikannya.

Nah kalau menurut kamu sendiri gimana? Mau gak pakai riasan seperti Putri Marino saat menikah?

PS: Gak ada yang salah dan benar soal pakai makeup seperti apa ya saat menikah. Semua orang punya preferensi masing-masing. Kita diskusi santai aja 🙂

29 Comments

  1. dinimuktiani 05/03/2018
    • Lia 09/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  2. cerita4musim 05/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  3. miramiut 05/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  4. Nia Nastiti 06/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  5. Edwina Hidayah 06/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  6. Haya Aliya Zaki 06/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  7. maschunsofwan 06/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  8. Ria 07/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  9. Dita Indrihapsari 07/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  10. Una 08/03/2018
    • Lia 09/03/2018
  11. niksukacita 13/03/2018
    • Lia 13/03/2018
  12. Fanny f nila 15/03/2018
    • Lia 15/03/2018
  13. Roosvansia 18/03/2018
    • Lia 19/03/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: