Food

Mengejar Kepiting Sampai Ke Ujung Jakarta di Dapur Seafood

“Tau gak seberapa besar cintaku pada mu, Ting?”

“Sebesar apa?”

“Setinggi Gunung Himalaya, seluas Samudera Hindia, sebesar luar angkasa”

“Preeet…!”

“Ih gak percaya, buktinya kukejar kau sampai ke ujung Utara. Hanya untuk menikmatimu, wahai kepiting” 😀


Dapur Seafood Restauran

Sebentar lagi ku mamam kau!

Okeh, itulah percakapan ngayal saya dengan menu favorit saya di antara masakan seafood. Yaitu kepiting! *crab *crab.

Namun menu inilah justru yang paling jarang saya nikmati kalau sedang makan di restauran seafood. Biasaya harganya cukup mahal, belum lagi kadang ada beberapa restauran yang kurang pintar mengolahnya menjadi masakan yang enak.

Makanya saya makan kepiting pun pilih-pilih. Pilih yang restaurannya udah terkenal enak mengolah masakan kepiting. Atau juga pilih tempat yang harganya masih terjangkau.

Seperti dapet rejeki nomplok ketika Mbak Catur mengajak saya dan beberapa blogger lainnya untuk bisa berkunjung ke sebuah restauran yang ada di Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Dan apa iming-imingnya? Tentu saja Giant Crab dari Dapur Seafood.

*Brangcuuusss….!

Dapur Seafood Restauran

DAPUR SEAFOOD

Dapur Seafood merupakan restauran yang mengklaim sebagai The First Asian Seafood Bistro ini adalah restauran yang sebenarnya sudah pernah buka di daerah Pantai Indah Kapuk (PIK). Namun karena suasana PIK yang mayoritas lingkungannya adalah rumah toko (ruko), maka akhirnya Pantai Mutiara lah dipilih sebagai lokasi yang lebih cocok sebagai lokasi restauran yang menyajikan hidangan laut ini.

Dapur Seafood Restauran

Sambutan dari Pihak Dapur Seafood

Dari segi lokasi yang sekarang saya juga lebih suka, karena tidak terlalu terpelosok seperti di PIK. Patokannya adalah daerah Pluit dan kita terus berjalan mengarah ke utara.

Dapur Seafood Restauran

Dapur Seafood Restauran

Dapur Seafood Restauran

Yang saya suka adalah lokasinya yang benar-benar di tepi pantai. Well, lebih tepatnya adalah di kelilingi pantai. Karena kalau kita melihat ke arah depan restauran, maka akan terlihat hamparan laut lepas. Sedangkan di bagian belakang alias tempat kita makan, maka kita bisa melihat muara laut yang digunakan sebagai tempat parkir perahu milik pemilik setempat.

Rugi pokoknya kalo gak foto-foto di sini. Hihihihi.

Saat ini Dapur Seafood sudah buka dan bisa dikunjungi. Bocoran dari saya, di Bulan April 2017 Dapur Seafood akan mengadakan launching restaurannya. Kita berharap saja ya di bulan tersebut akan banyak promo-promo menarik.

Dapur Seafood Restauran

MENU DAPUR SEAFOOD

Sudah dari beberapa hari sebelum hari H, Mbak Catur sudah memberi bocoran makanan-makanan yang akan bisa kita cicipi. Kami pun (baca: saya) sudah tidak sabar untuk mencobanya.

Dapur Seafood Restauran

Sebagai pembuka ada Shrimp Fried Tofu (IDR 42.900,-) dengan isi 4 potong tahu berisikan sayuran.

Dapur Seafood Restauran

Lalu ada juga Spring Roll (IDR 60.900,-) alias lumpia yang berisikan udang. Mungkin saja ini pendapat subjektif saya, tapi menurut saya rasanya enak dan saus bangkoknya gak terlalu pedes. Jadinya enak banget buat jadiin cemilan.

Sampai di sini hati masih resah gelisah. Celingak celinguk ternyata belum ada penampakan si kepiting. Ehhh, malah ada makanan lain yang menggoda mulut.

Dapur Seafood Restauran

Ada suatu menu yang bisa dimakan ramai-ramai sampai 6 orang yaitu Seafood Platter (IDR 800.000,-). Jadi menu ini mengingatkan saya kepada tumpeng. Karena masakan ditaruh pada sebuah tampah berbentuk bulat. Dimana di bagian tengah ada kangkung, lalu di sekitarnya ada 6 lauk lainnya yang ditaruh di atas daun pisang.

6 lauk tersebut antara lain keong macan, kepiting jantan, gurame pasir emas, cumi goreng tepung, kerang kepah dan udang telur asin. Buat penyuka masakan asin seperti saya, gurame dan cumi gorengnya enak banget. Dimakan pakai nasi panas sama kangkung udah berasa sedap 🙂

Dapur Seafood Restauran

Dapur Seafood Restauran

Dapur Seafood Restauran

Dapur Seafood Restauran

Selain menu seafood, ada juga menu seperti pizza, pasta, ayam, dan burger lho. Ada menu Marinara Pizza (IDR 98.900,-) alias pizza dengan topping seafood. Atau menu American Pizza (IDR 92.900,-) yang rasanya sama seperti pizza yang biasa kita santap, namun pizza di sini lapisannya lebih tipis, sehingga lebih crispy.

Dapur Seafood Restauran

Dapur Seafood Restauran

Sebenarnya masih banyak menu lainnya yang dihidangkan. Seperti berbagai macam ikan, spaghetti, dan masih banyak lagi. Tapi saya tidak sempat mencobanya karena lagi deg-degan nunggu makanan tercinta, si kepiting. Hihihihi.

GIANT CRAB DARI DAPUR SEAFOOD

Begitu lagi asyik upload foto ke Instagram, tiba-tiba seluruh teman-teman blogger berkerubung. Curiga ada menu baru, saya pun ikut-ikutan melihat apa sih yang sedang mereka kerubuti.

DAN TERNYATA KEPITINGNYA DATENG JUGAAAAA!!!

Dapur Seafood Restauran

Kepiting Saos Singapore

Bukan cuma satu, tapi sampe 3 macam menu kepiting. Kepiting tersebut adalah Black Pepper Sauce, Singapore Chilli Sauce, dan Salted Egg Yolk Softshell Crab (IDR 98.900,-) alias kepiting soka telur asin.

Untuk harga kepitingnya dihitung harganya per ons. Kepiting rajungan seharga IDR 36.900,- per ons. Sedangkan kepiting jantan mulai dari IDR 48.900,- per ons dan kepiting betina mulai dari IDR 52.900,-.

Dapur Seafood Restauran

Giant Crab harus diketok dulu pake palu

Uniknya dari kepiting di Dapur Seafood, kepiting besarnya tidak bisa dibuka hanya dengan pembuka biasa saja. Tapi harus pakai palu agar bisa kebuka cangkangnya. Dan sang chef pun mencontohkan bagaimana cara membukanya.

Dapur Seafood Restauran

Salted Egg Yolk Softshell Crab

Uuuum, langsung deh semangat banget buat menyantap kepiting yang sudah saya idam-idamkan. Karena tidak mau pedas, saya pilih mencoba yang Singapore Chilli Sauce. Secara penampakan sih memang merah banget, tapi ternyata rasanya mirip seperti saus padang versi gak pedes.

Dapur Seafood Restauran

Liza lahap makan kepiting

Duuuh pokoknya enak banget deh, sampe yang lain udah pada selesai saya masih asyik buka cangkang kepiting buat cari daging yang masih bisa dimakan. Sampai-sampai pas acara foto rame-rame pun saya bawa itu cangkang kepiting biar bisa lanjut makan lagi.

Tapiiiiiii, begitu sampe meja makan ternyata kepiting sisa yang masih ada dagingnya sudah diangkut sama pelayannya.

Doooooooh aku boleh krayyyy gak siiiiiih?

Emang nasib kayaknya mesti balik lagi nih ke Dapur Seafood biar bisa cobain kepiting dengan nikmat dan penuh penghayatan. Hehehehehe.


Dapur Seafood Restauran

Itu dia perjalanan saya mengejar kepiting sampai ke utara Jakarta.

Dari segi lokasi cukup terjangkau. Jika naik kendaraan umum, naik Trans Jakarta turun di halte Pluit (Pluit Village). Lalu lanjut aja naik taksi atau ojek online.

Kalau kesana enaknya sore atau malam, supaya tidak panas. Karena di Dapur Seafood tempatnya terbuka.

Di sini bisa juga buat dijadikan tempat ngumpul-ngumpul bareng keluarga. Bahkan setelah acara kita kemarin, mereka menyediakan tempat untuk kebaktian pernikahan lho. Bisa buat apa aja nih kayaknya.

Selamat mencoba ya!

Dapur Seafood

Jl. Pantai Mutiara Blok TG No. 7
Penjaringan, Pluit, Jakarta Utara
DKI Jakarta 14450
WhatsApp: 081326677000
Phone: +62216677000
Instagram: @dapurseafood
Website: www.dapurseafood.com

14 Comments

  1. dwinayusuf 03/03/2017
  2. Oline 03/03/2017
  3. Ika 03/03/2017
  4. Inayah 03/03/2017
  5. Arni 03/03/2017
  6. Arman 03/03/2017
  7. Jade Ayu 03/03/2017
  8. zata ligouw 06/03/2017
    • Lia 09/03/2017
  9. fika anaira 06/03/2017
    • Lia 09/03/2017
  10. TurisHappy 06/03/2017
    • Lia 09/03/2017

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: