Cerita Tentang Lomba

Komentar yang sering saya dapatkan ketika memposting print screen informasi pemenang sebuah lomba di social media adalah,

“Hoki banget sih menang melulu?”

Entah karena sayanya yang sering pamer atau memang kebawa euphoria bahagia ketika berhasil memenangkan sesuatu. Sehingga saya sering memperlihatkan kemenangan saya di social media khususnya. Hingga akhirnya beberapa teman mencap saya sebagai si ratu hoki!

Wahai kawan-kawan sekalian, ada satu cerita untuk kalian semua. Dunia maya itu memang dunia pencitraan. Layaknya kamera, kita hanya bisa melihat sesuatu yang dibatasi oleh frame. Kita bisa lihat bagian yang ada di dalam frame, tapi tidak bisa melihat apa yang ada di luarnya.

Bukan berarti semua yang ada di dalam frame atau yang saya share itu adalah palsu ya. Tapi kembali ke topik soal sharing kemenangan lomba ini mungkin terlihatnya saya sering sekali memenangkan suatu kuis.

Tapi apakah kalian tahu sebenarnya seberapa sering saya ikut lomba dan seberapa banyak lomba yang diikuti dengan hasil tidak menang?

😀

Kayaknya jarang ya orang mau sharing tentang ketidakberhasilan mengikuti lomba dimana-mana. Bingung juga mau cerita apa. Yang ada lagi self-pukpuk mengingat kegagalan lomba hihihihi.

Berhubung temanya tentang lomba, saya mau sedikit sharing tentang partisipasi saya dalam mengikuti lomba. Ada beberapa hal yang membuat saya tertarik mengikuti lomba, dan ada juga yang membuat saya malas mengikutinya.

Berikut adalah sharing tentang ikut serta dalam lomba ala saya:

KUIS / UNDIAN / LOMBA

Selama ini ada beberapa tipe lomba yang saya ikuti. Kuis sifatnya lebih menjawab sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh si pemberi hadiah. Biasanya sih saya sering ikut di social media seperti Twitter atau Facebook. Karena sifatnya siapa cepat, maka harus stand by pantengin pertanyaannya.

Undian mirip-mirip dengan kuis. Hanya saja biasanya dipilih secara acak. Malah terkadang sebenarnya tipe undian dan kuis dikombinasikan.

Kalau lomba biasanya lebih banyak usahanya dibandingkan kuis dan undian. Syarat-syarat wajib dipenuhi karena menjadi penilaian yang akan menjadi kriteria kemenangan. Biasanya hadiahnya lebih besar dibandingkan kedua jenis lainnya tadi.

EFFORT vs PRIZE

Terdengar matre yah? Hihihihi. Tapi memang sih, rasanya malas sekali kalau syarat yang diberikan dalam suatu lomba sangat meribetkan. Dan ketika tahu apa yang didapat tidak sebanding, biasanya saya mundur. Hal ini juga mencegah supaya saya tidak kesal saat tidak berhasil memenangkan hadiah tersebut.

IT’S NOT ALL ABOUT MONEY

Tidak selamanya gagal memenangkan hadiah itu rugi banget kok. Mungkin kita tidak berhasil meraih hadiah utama atau menjadi pemenang kedua atau ketiga, tapi ada hal lain lho yang bisa kita dapat.

Menurut Mbak Haya Aliya Zaki ketika berbicara di acara Fun Blogging 8 beberapa waktu yang lalu, mengikuti lomba sangat diperlukan, khususnya untuk blogger. Dengan berpartisipasi dalam lomba kita akan melatih sportivitas dan juga melatih kita dalam menulis dengan baik.

Baca juga: Tambah Ilmu di Fun Blogging 8

SERIUS TAPI SANTAI

Jika sudah ingin mengikuti lomba, saya biasanya mencoba serius dalam mengikuti semua syarat. Dalam mengikuti lomba yang diharuskan menulis pun saya selalu memakai gaya saya sendiri.

Setelah itu saya berusaha sebisa mungkin untuk santai dan tidak banyak berharap. Karena saya tipe anak yang gampang sedih sebenarnya. Hehehehe. Tapi dari awal biasanya saya selalu mempersiapkan mental supaya siap kalah. Makanya kadang kalau dapat kabar kalau saya menang sesuatu biasanya tangan saya langsung gemetaran. Hihihi cupu ya!

Itu adalah beberapa hal yang bisa saya bagi. Pengakuan juga nih, sebenarnya saya juga belum terlalu sering menang lomba yang sifatnya menulis sebuah artikel. Masih banyak blogger lain yang lebih pintar, kreatif, dan bagus tulisannya. Jadi kalau cerita gimana supaya bisa menang lomba yang bentuknya seperti menulis saya masih belum ada apa-apa 🙂

Nah mumpung lagi ngomongin tentang lomba, ada satu lomba nih yang mau saya informasikan ke teman-teman pembaca. Saya mau kasih tau karena kriterianya gampang banget dan hadiahnya sangat menggiurkan. Ada total hadiah senilai Rp 20.000.000,- yang bisa dimenangkan!

Baca baik-baik informasi di bawah ini ya!

KUIS ASTON GIVEAWAY DARI ASTON SOLO

Raih kesempatan untuk memenangkan hadiah dengan menginap di salah satu ASTON Hotel di Indonesia!

Syarat:

  • Peserta berusia di atas 20 tahun
  • Setuju dan bertanggung jawab untuk mendapatkan persetujuan yang diperlukan dari individu di dalam gambar dan harus dapat memberikan persetujuan tertulis apabila diperlukan
  • Karyawan hotel dan group Archipelago International tidak diperkenakan mengikuti program ini
Caranya:
  1. Follow Account Facebook dan Instagram ASTON Internasional
  2. Berfoto di salah satu sudut jendela kamar Hotel ASTON cabang mana saja di Indonesia
  3. Unggah foto tersebut ke dalam Facebook atau Instagram kalian (pastikan jangan terkunci ya account-nya!)
  4. Ketik judul dengan format: #AstonHotelsInternational #AstonGiveaway #(nama hotel dan tempat diambilnya foto) #fashion
Contoh foto yang sesuai dengan tema. Bisa cek Instagram ASTON untuk mencari inspirasi berfoto lainnya 🙂

Penilaian:

Hasil foto para peserta akan dinilai oleh tim pemasaran Archipelago International, berdasarkan kreatifitas, kualitas, dan keaslian. Hal ini dapat mendorong antusias para tamu yang sudah berlangganan di ASTON untuk merasa bahwa mereka telah menjadi bagian dari keluarga Hotel ASTON.

Hadiah:

  • Hadiah pemenang pertama di Facebook senilai Rp 5.000.000,- ; pemenang kedua Rp 3.000.000,- ; pemenang ketiga Rp 2.000.000,-
  • Hadiah pemenang pertama di Instagram akan mendapatkan nominal uang senilai Rp 5.000.000,- ; pemenang kedua Rp 3.000.000,- ; pemenang ketiga Rp 2.000.000,-

Pengumuman Pemenang:

Momen Tahun Baru China. 8 Februari 2016. Untuk informasi selengkapnya dapat dicek di sini.

Mudah kan? Tinggal cari nih lokasi Hotel ASTON ada dimana saja untuk bisa foto-foto di jendela hotelnya! Cek disini.
Selamat ikut lomba ya! Semoga menang 🙂

47 thoughts on “Cerita Tentang Lomba

  1. Waaaah giring tulisannya halus banget. Terima kasih sudah berbagi ya mbak.

    Oh ya mau tanya dong, bisa dapat gambar bagus buat post blog ini desain sendiri kah

  2. Wahh.. I'll take that as a compliment ya, Mbak hehehe. Terima kasih juga.

    Gambarnya bisa dicek di pexels.com. Atau baca blognya Handriati, Mbak. Ada informasi situs yang menyediakan foto.

  3. sama Li…aku sampe dapet branding gitu'hoki'. Terutama yang berbau undian..doorprize..gitu hahahah.

    posting ini aku jumat ajah ah..pas tema traveling whehhee

  4. Pinter nih yang bikin postingan, teaser bikin pengen tau, tulisan menarik di awal, bikin greget di akhir.. haha..
    Sayangnya aku mah apa atuh belum pernah ke hotel Aston, kalau boleh foto di parkirannya sih ikutan..haha

  5. Ngga mahal kok, coba aja download Archipelago Membership biar dapet diskon kamar 15% sama diskon makan minum 10-20%. Saya sering pake dan lumayan hemat budget lah ya.

  6. Sebenernya ga ada yg namanya hoki ya, semua perlu effort…ikut kuis pun perlu effort. Salut sama kamu en prinses Dita yang rajin banget ikutan kuis. Aku masih sering maleees 😀

  7. Iya, Mbak. Memang sebenarnya kan cuma supaya diingat aja ya. Apalagi sekarang ada fitur kayak Time Hop gitu ya. Aku dalam beberapa bulan aja suka lupa udah pernah ikut lomba apa aja hihihi. Itulah fungsinya blog juga kan, ya? 🙂

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)