Advertorial Health Lifestyle

Pengalaman Medical Check Up di RS Royal Progress

Hampir di setiap awal tahun resolusi saya adalah supaya lebih sehat lagi. Namun nyatanya action-nya sering berbeda. Tapi paling tidak di akhir tahun ini sedikit berbeda, karena akhirnya saya melakukan medical check up untuk mengecek kondisi tubuh.

Alhamdulillah ya satu kemajuan 😀

FLASH BACK KESEHATAN DI TAHUN 2018

Kalau saya ingat-ingat sepertinya terakhir kali saya melakukan medical check up adalah pada tahun 2013. Total sudah 5 tahun yang lalu berarti. Pada waktu itu sih kondisi tubuh tidak ada masalah apa-apa.

Tapi siapa yang bisa menjamin di 5 tahun ke depan masih sebugar dulu. Duuuh, amit-amit juga sih kalau sampai kenapa-napa. Pengennya sih engga, tapi kalau ingat lifestyle saya selama setahun belakangan ini kan lumayan memburuk ya.

Sejak kerja di rumah dan jarang beraktivitas di luar otomatis lebih jarang bergerak. Waktu banyak dihabiskan di depan laptop atau smartphone. Boro-boro mau olahraga, bahkan kena sinar matahari pun paling cuma sebentar.

Maka dari itu tubuh saya mengeluarkan sinyal-sinyal berontak karena pemiliknya yang masa bodo. Salah satunya adalah serangan vertigo yang tiba-tiba muncul lagi di tahun ini.

Bahkan keinginan saya untuk ke dokter THT yang di tulis pada post tersebut masih belum kesampaian.

Beruntungnya di saat-saat mepet gini baru ingat kalau saya punya voucher paket medical check up di RS Royal Progress yang expired-nya tanggal 31 Desember 2018. Voucher ini didapat setelah mengikuti acara talkshow tentang obesitas beberapa waktu yang lalu.

Tanpa lama-lama langsung deh saya arrange waktu untuk melaksanakan medical check up di RS Royal Progress.

PENGALAMAN MEDICAL CHECK UP DI RS ROYAL PROGRESS

Sehari sebelum melakukan medical check up di RS Royal Progress saya diminta untuk melakukan puasa makan dan minum (tidak boleh minum selain air putih) selama 10 jam. Jadi pagi hari saya tidak sarapan sama sekali, langsung menuju RS Royal Progress yang lokasinya di Sunter.

Sesampainya di rumah sakit langsung urus administrasi dan menunggu di ruangan khusus untuk medial check up. Ruangan ini cukup besar, mungkin bisa menampung sampai sekitar 20 orang. Tapi waktu itu orangnya tidak terlalu banyak karena beberapa harus ke ruangan lain untuk mengikuti tes lainnya yang berada di luar ruangan.

Medical Check Up di RS Royal Progress

Medical Check Up di RS Royal Progress

Di ruangan ini terdiri dari bangku, sofa, dan meja. Jadi bisa digunakan untuk menunggu. Namun untuk pemeriksaan BMI, tinggi badan, dan cek mata dilakukan di sini juga dengan suster.

Setelah itu saya diminta menunggu sampai dipanggil untuk melakukan pemeriksaan lainnya.

PEMERIKSAAN YANG DILAKUKAN SELAMA MEDICAL CHECK UP

Pemeriksaan pertama adalah ambil darah di ruangan tersendiri. Proses pengambilan darah cuma sebentar sekali. Setelah itu balik ke ruangan medical check up tadi lagi.

Di setiap paket medical check up di RS Royal Progress sudah termasuk dapat makan besar (sarapan/makan siang). Menu makanan yang saya tahu sepertinya ada beberapa macam pilihan, tapi yang saya dapat adalah menu nasih putih dengan lauk. Awalnya saya bingung dengan lauk utamanya. Bentuknya seperti ayam, tapi rasanya tidak seperti ayam.

Medical Check Up di RS Royal Progress

Ternyata setelah saya tanya, menu yang diberikan adalah menu vegetarian. Jadi lauk yang saya kira ayam itu adalah jamur. Namun dibuat sedemikan rupa seperti ayam. Selain lauk tersebut juga ada capcay dan juga kentang.

Rasanya enak banget. Gak berasa kalau bukan lagi makan daging. Dan kalau kalian penasaran mau coba menunya bisa coba ke kantin yang ada di RS Royal Progress. Di kantin ini semua menu dibuat dengan sehat dan bisa untuk vegetarian.

RS Royal Progress

RS Royal Progress

Sehabis makan saya dipanggil lagi untuk melakukan tes Spirometri. Tes ini berfungsi untuk mengecek masalah paru-paru atau pernapasan. Tesnya dilakukan di ruangan terpisah juga. Saya diberikan sebuah alat seperti pipa dan dimasukkan ke mulut.

Prosesnya adalah menghembuskan napas ke pipa tersebut selama mungkin. Namun sayangnya di proses ini saya mengalami kesulitan karena tidak bisa menghembuskan napas lama. 🙁

Tes keduanya adalah menghembuskan napas sekencang mungkin ke dalam pipa tersebut.

Tes selanjutnya adalah EKG atau tes untuk pemeriksaan jantung. Selain tes Spirometri, tes EKG ini juga hal yang pertama kali saya lakukan. Jadi kita diminta melepas semua aksesoris metal (termasuk bra yang ada kawatnya) dan berbaring di tempat tidur.

Lalu suster akan menempelkan kabel-kabel di tangan, kaki, dan dada. Di tes ini kita cukup diam saja. Nanti setelah datanya terekam sudah boleh bangun lagi.

Setelah tes tersebut saya langsung berkonsultasi dengan dokter. Dokter di sini mengecek lagi semua data yang telah dicatat selama tes dan juga mendengar keluhan pasien. Pada kesempatan ini saya langsung menanyakan soal vertigo yang saya alami.

Dokter pun langsung mengecek detak jantung, melihat bola mata, dan juga mulut. Selain itu dokter melakukan juga hal yang sama dilakukan oleh dokter yang menangani saya saat serangan vertigo. Jadi saya diminta menahan atau melawan tangan dokter yang menekan ke arah saya. Setiap tangan dan kaki dites, apakah saya bisa menahannya.

Proses medical check up di RS Royal Progress sampai di sini sudah selesai. Karena hasil yang lebih akuratnya lagi akan diketahui setelah 2-3 hari ke depan.

HASIL PEMERIKSAAN SEMENTARA

Sejauh ini yang perlu diperhatikan adalah mata! Jadi pas tes mata itu saya kacau banget. Gak bisa melihat dengan jelas. Bahkan pas tes buta warna ada satu yang salah :’( Hiksss. Takut banget sampe kenapa-napa. Jadi kayaknya saya mau atur janji ketemu dokter mata aja deh.

Lalu kalau soal berat badan kata dokter sih masih ideal. Paling di atur makannya dalam jumlah kecil namun sering supaya stabil dan tidak kena asam lambung.

Soal vertigo katanya harus cek ke dokter saraf untuk hasil yang lebih akurat. Kalau pas di sini juga sempat dicek telinganya, katanya sih gapapa. Makanya cek saraf dulu, baru nanti lihat perlu apa engga ke THT.

Dan satu lagi pesan dokter adalah jangan lupa olahraga dan atur waktu main smartphone-nya.

Oke dehhh, doook 😊

BIAYA MEDICAL CHECK UP DI RS ROYAL PROGRESS

Untuk biaya sebenarnya tergantung dari jenis medical check up yang kita ambil. Namun saya share ya informasi biaya medical check up di RS Royal Progress dari brosur yang saya punya.

Medical Check Up di RS Royal Progress

Medical Check Up di RS Royal Progress

BERBAGAI MACAM KLINIK LAINNYA DI RS ROYAL PROGRESS

Sebelum pulang saya sempat diajak melihat klinik-klinik yang ada di RS Royal Progress. Kliniknya cukup banyak dan menurut saya unik karena klinik ini jarang saya temui di rumah sakit lain. Kliniknya antara lain adalah:

ROYAL SLEEP INSTITUTE

RS Royal Progress

Punya masalah saat tidur seperti ngorok, sulit tidur, dan masalah tidur lainnya, bisa nih coba kunjungi Royal Sleep Institute. Jadi pada klinik ini akan dibantu menemukan penyebab dan cara mengobatinya.

Pengobatannya bisa dua cara, yaitu tim medis akan mendatangi ke rumah pasien atau pasien akan dirawat di RS Royal Progress.

RS Royal Progress

Saya berkesempatan melihat ruang pasien yang akan melakukan sleeping test. Ya ampun! Gak kayak di rumah sakit. Jadi tempat tidurnya dikasih batal guling plus ada bed sheet-nya. Benar dibuat senyaman mungkin.

FYI, harga untuk tes ini adalah:

  • Home Sleep Test Rp2.500.000,-
  • Hospital Sleep Test Rp 3.968.000,-

ROYAL SPORT MEDICINE CENTER

Nah kalau RSMC ini adalah pelayanan yang ditujukan untuk atlet profesional ataupun atlet non profesional untuk melakukan konsultasi medis terkait kegiatan olahraga. Tapi gak cuma atlet doang sih, mama saya juga dulu pernah berobat dengan salah satu dokternya di sini terkait masalah saraf di tangannya.

RS Royal Progress

Selain ada ruang konsultasi dan terapi, di sini juga tersedia gym. Ada gym dengan alat-alat berat dan juga ruangan untuk yoga atau pilates. Menurut info ruangan ini juga dibuka untuk umum.

RS Royal Progress

RSMC sampai sekarang sudah melayani atlet-atlet profesional. Bahkan menjadi official partner untuk ajang olahraga seperti AFC, AFF, dan IBM. Sayangnya saat ke sini tidak ada atlet yang sedang check up. Kalau engga kan udah saya ajak foto 😀

KLINIK LAINNYA

Klinik lainnya yang tersedia di RS Royal Progress antara lain Klinik Wanita, Klinik Royal Dermatology & Aesthetic Centre, dan Royal Dermatology & Aesthetic Centre.

RS Royal Progress

RS Royal Progress

Kebetulan pas di hari yang sama saya juga mengajak mama untuk mencoba Oxy Facial di Klinik Dermatology & Aesthetic Centre. Mama melakukan facial basic-nya seharga Rp350.000,-. Proses facialnya kurang lebih mirip seperti facial pada umumnya. Namun masih ada banyak service lainnya yang bisa juga dicoba.

Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di website-nya ya.

BISA BPJS GAK?

Kalau soal BPJS, RS Royal Progress memang menjadi salah satu rumah sakit rujukan dari BPJS. Bahkan mama saya waktu operasi saraf di tangannya dua tahun yang lalu di sini pun menggunakan BPJS.

Namun di tahun ini ada perubahan peraturan dimana setelah ke puskesmas (faskes pertama) pasien harus ke rumah sakit Tipe C. Jika rumah sakit Tipe C tidak bisa melayani karena satu dan lain hal baru bisa di refer ke rumah sakit Tipe B.

RS Royal Progress saat ini sudah masuk ke dalam tipe B (dan sedang berproses ke tipe A). Informasi selengkapnya tentang BPJS harus dicek sendiri ya di website BPJS atau faskes yang kamu gunakan.

***

Itu dia pengalaman saya melakukan medical check up di RS Royal Progress. Semoga membantu untuk teman-teman yang lagi cari informasi tentang medical check up. Doakan juga semoga nanti hasil medical check up saya aman yaa!

RS ROYAL PROGRESS

Jl. Danau Sunter Utara, Sunter Paradise 1 – 5
Jakarta Utara 14350, Indonesia
Perjanjian Rawat Jalan (Senin-Sabtu, pukul 07.30 – 20.30)
Phone: (021) 650 5151 atau 6400 261 ext. 3171
WhatsApp 081289888137
BBM: 7451109B
Email: perjanjian@royalprogress.com

4 Comments

  1. Fanny F Nila 03/01/2019
    • Lia 03/01/2019
  2. inez 09/01/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: