Advertorial Health Lifestyle

Yuk Share Edukasi Kesehatan Area Wanita Untuk Sekitar!

Masih ingat siapa yang pertama kali mengajarkan kamu (baca: wanita) tentang informasi kesehatan area wanita? Mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab dari teman ataupun dari hasil googling di internet. Sedikit banget yang jawab tahu dari ibunya sendiri. Bener gak?

Saya sendiri dulu gak dikasih tau secara jelas oleh mama. Yang diingatkan hanya harus membersihkan area kewanitaan dengan benar setelah menstruasi dan juga harus lebih jaga diri. Di sekolah pun seingat saya tidak banyak edukasi kesehatan area wanita. Jadi satu-satunya informasi yang saya dapat adalah dari majalah remaja, karena dulu internet masih belum semudah sekarang aksesnya.

Setelah masuk ke usia dewasa pengetahuan saya masih sekedar ilmu ala remaja. Hanya sekedar tahu tentang menstruasi saja. Bahkan saya gak tau jelas gimana bentuk organ wanita saya sampai setelah menikah! Ada yang punya pengalaman sama? Mikirnya tempat buang air dan keluarnya darah menstruasi itu sama? Hahahaha kita senasib!

Entah karena topiknya tabu dan juga tidak ada instansi khusus yang memfasilitasi soal ilmu organ kewanitaan ini sehingga setelah nikah saya baru mulai cari tahu sendiri hal-hal tentang area wanita beserta informasi terkait lainnya.

PROGRAM EDUKASI KESEHATAN AREA WANITA OLEH MUNDIPHARMA DAN KEMENTERIAN KESEHATAN

Saya rasa masih banyak wanita yang kurang pengetahuannya soal kesehatan area wanita. Baik yang seumuran saya apalagi yang masih di bawah lagi umurnya. Karena itulah Mundipharma dan Kementerian Kesehatan semenjak beberapa tahun yang lalu aktif membuat program edukasi kesehatan area wanita untuk remaja.

Masih ingat jelas dua tahun yang lalu saya diundang oleh Mundipharma untuk menghadiri acara Edukasi Kesehatan Area Wanita dalam rangka Hari Kebersihan Menstruasi Dunia 2017. Pada saat itu sudah ada program dari pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI untuk memfasilitasi kebutuhan kesehatan wanita.

Di tahun 2018 ini dalam acara tahunan yang sama ternyata sudah ada bentuk konkret dari program ini yaitu Edukasi Kesehatan Area Wanita School to School. Program ini adalah menyelenggarakan acara talkshow dengan tujuan menyebarkan informasi tentang kesehatan area wanita untuk para siswi-nya sehingga mendapatkan informasi yang tepat dan valid. Selain itu sudah ada 100.000 buku informasi tentang menstruasi yang didistribusikan kepada remaja wanita dari SD sampai SMA.

kesehatan area wanita

Menurut dr. Erna Mulati, M.Sc, CMFM selaku Direktur Kesehatan Keluarga, Kementerian Kesehatan RI mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan RI masih melakukan Manajemen Kebersihan Menstruasi melalui pendidikan ke sekolah-sekolah. Antara lain edukasi yang diberikan adalah tentang organ reproduksi, manajemen kebersihan organ reproduksi, serta pendidikan mencegah kehamilan dini.

Dan tidak hanya itu saja. Sudah ada buku rapor kesehatan yang bisa menjadi catatan perkembangan kesehatan dari masing-masing siswa.

buku rapor kesehatan anak

Tambahan untuk yang sudah berumur 30-49 tahun, menurut dr. Erna sekarang BPJS sudah memfasilitasi Deteksi Dini Kanker Serviks melalui Tes IVA. Fasilitas ini bisa dimanfaatkan juga ya buat kita semua.

KAMPANYE #KARENAKITAPEREMPUAN #SALINGMENJAGA

Tahun ini adalah tahun ketiga saya diundang oleh Mundipharma untuk menghadiri acara Edukasi Kesehatan Area Wanita dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi. Di tahun ini Mundipharma membuat kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga.

Tujuan dari kampanye ini adalah agar:

  • TAHU tentang area kewanitaan
  • PAHAM bahwa area kewanitaan harus dijaga sejak dini
  • JAGA sejak menstruasi pertama dan setelah menikah
  • RAWAT untuk diri sendiri bukan untuk orang lain

mudipharma betadine

Menurut Mas Adi Prabowo selaku Head of Brand Strategy & Category Development Mundipharma Indonesia tujuan dari kampanye ini adalah mengembalikan peran ibu dan juga sesama wanita untuk mengedukasi kesehatan wanita di sekitarnya. Dalam hal ini adalah ibu yang bisa menjadikan sumber informasi kesehatan area wanita bagi putrinya. Jadi tidak lagi tanya teman atau googling.

Nah trus gimana nih caranya supaya kita juga teredukasi dengan baik sehingga bisa menyampaikan informasi yang benar kepada orang lain? Saat ini Mundipharma melakukan penyebarluasan informasi melalui sosial media dan juga meluncurkan Buku Saku “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi”.

mundipharma kementerian kesehatan

Untuk sosial media bisa dicek di https://www.instagram.com/tanyawanitaid/. Dan kalau ingin dapat buku sakunya dalam bentuk e-book, bisa download pada link yang ada di instagram tersebut.

Saya sendiri sudah punya buku fisiknya. Dan setelah dilihat isinya adalah informasi tentang area wanita khususnya saat sedang menstruasi. Pada buku ini mengajarkan bahwa pentingnya mengetahui bagaimana merawat area wanita pada saat sedang menstruasi dan juga tidak.

Jadi segera download bukunya sekarang ya!

CARA MERAWAT KESEHATAN AREA WANITA

Rasanya saya sudah beberapa kali menuliskan cara merawat kesehatan area wanita di blog ini. Tapi tidak akan bosan untuk mengingatkan teman-teman yang membaca agar tidak merasa rugi di kemudian harinya.

kesehatan area wanita

Menurut dr. Mery Sulastri, Educator & Trainer Mundipharma Indonesia yang harus diperhatikan adalah:

  • Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan area kewanitaan
  • Mencuci area vulva dengan air bersih dan gunakan pembersih area kewanitaan yang sesuai dengan kebutuhan
  • Membersihkan area kewanitaan dari arah depan ke belakang supaya kotoran dari belakang tidak terbawa ke depan
  • Keringkan dengan handuk bersih atau tissue sekali pakai dengan arah depan ke belakang dan jangan diulang
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat dan ganti jika sudah mulai lembap
  • Ganti pembalut/pantyliners/pakaian dalam secara berkala maksimal 6 jam sekali
  • Hindari penggunaan panty parfume
  • Memeriksakan diri ke ginekologi minimal 1 tahun sekali (atau saat memiliki masalah seperti sakit perut berlebihan, mens yang tidak teratur, dll)
  • Pertahankan pH vagina yang sehat: 3,5 – 4

Nah untuk tips yang terakhir ini saya biasanya menggunakan produk Betadine Feminine Wash selama setahun ini. Saya juga sempat menceritakan pengalaman keputihan yang berangsur membaik karena sudah tau bagaimana cara merawatnya.

betadine feminine hygiene

Dan kali ini saya akan mencoba menggunakan produk Betadine Feminine Hygiene yang cocok untuk digunakan selama menstruasi. Karena pada saat menstruasi pH vagina pun berbeda dari pH pada biasanya, jadi diperlukan produk yang khusus.

Cara menggunakan produk ini adalah dengan meneteskan cairannya sebanyak 1 tutup botol ke dalam 1 gayung atau liter air, dan basuh ke area wanita selama 1 menit. Setelahnya baru dibilas lagi dengan air bersih. Produk ini juga bisa dijadikan rendaman untuk menstrual cup bagi teman-teman yang sudah mulai memakainya.


buku kesehatan area wanita

Itu dia yang bisa saya bagikan kepada teman-teman tentang kesehatan area wanita. Jangan sampai informasi ini berhenti di kamu dan jangan lupa di download ya buku sakunya 🙂

9 Comments

  1. niksukacita 02/05/2019
    • Lia 09/05/2019
  2. Turis Cantik 08/05/2019
    • Lia 09/05/2019
  3. Fanny Fristhika Nila 13/05/2019
    • Lia 20/05/2019
    • Lia 20/05/2019
  4. Rita dewi 15/05/2019
    • Lia 20/05/2019

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: