Menutupi Jerawat Dengan Make Up Ala Harumi Sudrajat

Saya paham betul dengan memiliki kulit berjerawat maka akan menyebabkan krisis kepercayaan diri. Bersyukurlah kalian jika memang bisa cuek menghadapi kulit berjerawat tanpa perlu takut keluar rumah atau malu bertemu dengan orang lain.

Bahkan YouTuber asal Indonesia, Harumi Sudrajat pun mengalami hal tersebut saat baru-baru ini mengalami break out saat pulang dari Amerika.

Baru-baru ini penulis dari blog My Tips Cantik ini meng-upload sebuah video yang menunjukkan kulit wajahnya yang sedang bermasalah. Harumi sempat mengalami perasaan minder bahkan tidak mau membuat video selama 2 bulan.

Tidak mau berlarut, Harumi pun mulai mencari cara agar bisa bangkit kembali, salah satunya dengan keahliannya yaitu make up.

Di tulisan kali ini saya akan menuliskan 5 tips cara menutupi jerawat dengan make up dari hasil saya menonton video YouTube-nya Harumi. Silahkan baca terus ya sampai habis.

BOLEHKAH MENUTUPI JERAWAT DENGAN MAKE UP?

Mungkin sehabis ini banyak yang akan bertanya, “Lho kok kulitnya lagi bermasalah malah di make up?”.

Memang pada dasarnya kulit yang sedang bermasalah itu sebaiknya tidak ditutupi dengan make up. Gunanya supaya kulit bisa bernafas dengan lega melalui pori-pori yang tidak terututup apapun. Lagipula terjadinya jerawat kan memang karena kulit yang tersumbat.

Lalu kenapa pakai make up?

Kalau saya pribadi sih tidak masalah selama pemakaiannya benar dan juga tidak dalam frekuensi yang sering.

Dulu saat saya pergi ke dokter kulit pun tidak dilarang menggunakan make up saat sedang perawatan kulit. Pesan dokter hanya satu, jangan lupa cuci mukanya sampai bersih.

Dan yang terpenting lagi, harus tau bagaimana memperlakukan kulit wajah saat menggunakan make up. Di bawah ini adalah video Harumi Sudrajat yang memperlihatkan bagaiman ia menutupi jerawat dengan make up sehingga hasilnya benar-benar tampak flawless.

CARA MENUTUPI JERAWAT DENGAN MAKE UP ALA HARUMI SUDRAJAT

Begitu menonton video ini saya benar-benar takjub bagaimana kulit wajah Harumi yang sedang bermasalah dapat tertutupi dengan baik.

Diakui Harumi sendiri memang make up hanya akan membantu menutupi kemerahan atau hyperpigmentation pada jerawat, tapi tidak bisa menutupi kulit yang menonjol. Make up juga hanya sebagai solusi sementara dalam menghadapi masalah jerawat.

Menurut saya sih gak masalah. Paling tidak dengan ber make up, kita sudah bisa pede dan tampil lebih presentable di depan orang lain.

Buat yang gak sempat menonton videonya, saya sudah list 5 tips cara menutupi jerawat dengan makeup ala Harumi Sudrajat:

Gunakan skin care sebelum mengaplikasikan makeup. Ini penting sekali menurut saya karena kulit harus dipersiapkan dengan baik sebelum didandani. Cari skin care yang memang cocok dengan kulit kalian. Kalau saya, moisturizer itu wajib sekali hukumnya digunakan di wajah saya yang berjerawat kalau mau semua make up bisa nempel dengan baik.

Gunakan corrector untuk menutupi atau menyamarkan kemerahan pada jerawat. Pada video ini Harumi menggunakan cushion powder merek Korea yaitu April Skin. Di video Veronica Ong dan juga Female Daily disarankan menggunakan foundation atau concealer yang warnanya lebih tua dari warna kulit kita. Dan dengan ajaib warna kemerahan pada wajah bisa sedikit tersamarkan.

Gunakan High Coverage Foundation. Setelah kemerahan ditutupi saatnya mengaplikasikan foundation yang mampu menutupi jerawat dengan baik. Pakainya per layer aja ya, sambil lihat kira-kira jerawatnya sudah mulai tidak terlihat atau belum. Di video ini Harumi menggunakan 2.5 layer foundation.

Supaya wajah tidak flat, gunakan concealer di bawah mata, hidung, dan dagu. Pastikan untuk selalu blend transisi warna antara concealer dan juga foundation. Gunakan juga teknik baking pada seluruh muka dengan menggunakan loose powder dan powder puff. Tekan pelan-pelan, jangan di swipe karena takut “dempulannya” kegeser.

Jangan menggunakan teknik contouring pada saat kulit berjerawat. Di video ini Harumi lebih banyak main di teknik highlight dan juga baking. Menurutnya wajah akan kelihatan aneh kalau menggunakan contouring, karena terlalu banyak warna gelap di wajahnya.


Sebenarnya awalnya saya malas menonton video Harumi. Pertama karena durasinya yang agak panjang, dan kedua saya tahu pasti produk yang digunakan adalah produk yang out of my range.

Tapi ternyata di dalam videonya Harumi banyak kasih tips dan alasan kenapa harus begini dan begitu. Tips inilah yang bisa menjadi acuan saya dalam mencari produk dengan harga yang lebih terjangkau, namun tetap mampu menutupi jerawat dengan make up.

Lalu, apakah kalian juga terbantu dengan tulisan ini? Share di kolom komentar ya 🙂

17 thoughts on “Menutupi Jerawat Dengan Make Up Ala Harumi Sudrajat

    1. Tergantung masing-masing sih. Mungkin kalau lagi bengkak bisa perih, gak diapa-apain aja udah perih.

      Tujuannya kan membuat kita nyaman dengan diri sendiri. Tapi kalau dengan bermakeup malah jadi menyiksa diri, ya jangan dipakai dong 😊

    1. Setujuuuu! Kalau pede dengan wajah tanpa makeup, good for you. Tapi jangan pakai sebagai senjata buat nyalahin keputusan orang lain untuk bermakeup. Ya gak? 😉

  1. Astagaaa.. aku TAKJUB! Harumi pernah breakout juga toh? Aku kira punya kulit semulus dia gak pernah jerawatan.

    Tapi emang iya sih, kali lg jerawatan ketemu org sungguh malu. Mau gak mau ya ditutupi dengan make up utk sementara waktu 🙁

    1. Gapapa, Nay. Fungsinya juga menyamarkan kan. Cuma kalo lagi parah concealer doang ga ampuh di aku. Masih kurang pede. Hehehehe.

  2. waktu awal hamil aku jerawatan paraaah banget, sekarang udah lumayan tinggal sisa2nya dah videonya berguna kalau mau kondangan atau ngga pede sama bercak2 jerawat 🙂

  3. Hiks, aku msh proses ngilangin jerawat nih mba. Jd memang ga pake make up apapun dulu.. Udh lumayan bgt sih dr yg awal2 breakout. Tinggal tunggu ilang sedikit lg, dan ngilangin bekas2nya.. Kapok utk coba2 skincare lagi

  4. wah keren banget ini bisa di coba buat yang memiliki jerawat hehe
    , bisa gk kelihatan hehe

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)