Tetap Cantik dan Aman Saat Berkendara? Siapa Takut!

Sebuah notifikasi masuk ke dalam social media pribadi saya. Ternyata saya terpilih menjadi salah satu dari beberapa member Kumpulan Emak Blogger yang terpilih untuk di make-over oleh Queenrides. Siapa sih yang gak seneng bisa di make-over supaya tambah cantik? Saya pun menunggu-nunggu hari itu datang.

queenrides-ngopi-cantik-kumpulan-emak-blogger
Photo Milik Apriejanti | Genk KEB

MAKE-OVER DENGAN QUEENRIDES

Sejak jam 8 pagi kami diminta untuk berkumpul di Hotel Grand Sahid Jaya di daerah Sudirman. Saya dan beberapa teman yang hadir langsung diminta untuk memilih pakaian. Wah! Ternyata selain di make-over, kita juga akan ada sesi pemotretan. Aihh jadi tambah semangat.

queenrides-make-over-desy
Mbak Desy sedang di make-up
queenrides-make-over-aprie
Aprie sedang menunggu antrian untuk di make-up

Saya sempat beberapa kali memilih pakaian dari Below Cepek. Dan akhirnya pilihan saya jatuh kepada celana pendek sedengkul bermotif batik warna ungu. Untuk atasan dan sepatu keds, saya menggunakan milik pribadi. Saya lihat beberapa teman juga sudah mulai fitting baju yang rata-rata memiliki tema batik.

ootd-siti-lia
Siti Mudrikah (kiri) dan Saya (kanan)

Giliran saya untuk di make-up. Karena tidak di brief dan juga tidak ada kaca di depan muka saya, bener-bener pasrah mau diapain sama mbak make-up artistnya. Proses make-up cukup singkat sekitar 15-20 menit. Dan akhirnya saya mulai berkacalah. Ternyata make-up yang dipakai adalah riasan simpel yang terfokus pada riasan mata.

queenrides-make-over-lia
Before and After

Dengan tambahan bulu mata palsu, mata saya semakin terlihat besar. Untuk di bibir, menggunakan warna pink yang lembut. Rambut saya di keriting di bagian bawah dan dikepang bagian samping. Gimana? Cantik gaaak?

NGOPI CANTIK BERSAMA QUEENRIDES

Sekitar jam sepuluh lewat acara yang sebenarnya dibuka oleh founder Queenrides, yaitu Mbak Iim. Sebelum memulai acara dengan tema Ngopi Cantik ini, Mbak Iim banyak bercerita tentang Queenrides.

queenrides-profile

Mbak Iim pun bertanya kepada peserta acara yang seluruhnya wanita, “siapa yang kalau pergi berkendara mengecek kondisi kendaraannya terlebih dahulu?”.

Semua tidak ada yang angkat tangan kecuali Mbak Caroline Adenan. Hihihi. Orang-orang kayak saya cuma taunya cara jalanin sama cara isi bensin aja. Giliran ban bocor (amit-amit) atau mesin mati (amit-amit lagi) senjata andalan saya adalah telepon orang tua 😛 (jangan ditiru)

Melihat ketidak tahuan wanita akan kendaraannya, Mbak Iim membuat website Queenrides sekitar 7 bulan yang lalu. Dengan harapan bahwa wanita bisa menjadi pioneer untuk keluarganya dalam memperhatikan keselamatan berkendara di jalan raya, sekaligus memberikan kepercayaan diri pada wanita untuk bisa berkendara lebih baik.

Jadi gak ada lagi tuh anggapan, “ooh pantesan gak bisa parkir, cewek sih yang bawa”. Uuugh saya kesel banget deh sama komentar itu. Bahkan gak cuma keluar dari mulut pria lho, wanita pun sering memandang rendah wanita lainnya. Helloooow!

queenrides-ngopi-cantik
Para Peserta asyik mendengarkan, makan, dan live twit. Memang wanita paling jago multitasking ya 😀

Di Queenrides kita bisa baca artikel-artikel seputar kendaraan. Selain itu ada banyak acara yang bisa kita ikuti, seperti salah satunya Ngopi Cantik yang diadakan rutin per bulan. Yang hobi touring, juga akan ada acara touring untuk para wanita-wanita kece. *Lirik Winda 😀

Makanya buruan daftar di website Queenrides untuk dapat informasi terlengkap dan terbaru!

TIPS PEREMPUAN MENGHINDARI KEJAHATAN DI JALAN RAYA

Selanjutnya pembicara pertama yaitu Mbak Citra Ayu Lestari yang ingin berbagi tips keamanan berkendara di jalan raya khususnya untuk wanita. Mbak Citra ini berprofesi sebagai Defensive Driving Infrastructure di Rifat Drive Labs. Pengalaman Mbak Citra cukup banyak dan sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan salah satunya adalah dengan Gojek.

Mbak Citra setuju dengan pentingnya safety driving untuk wanita. Karena di jalan itu ada dua hal yang kemungkinan terjadi: kita berhati-hati, orang lain bisa mencelakakan kita atau kita tidak berhati-hati, orang lain bisa celaka karena kita. Maka itu penting sekali untuk sama-sama meningkatkan keamanan dan berkendara.

Selain itu ada juga hal lain yang tidak mengenakan di jalan raya. Apalagi kalau bukan kejahatan di jalan raya. Menurut Mbak Citra, kejahatan ada beberapa macam, seperti kejahatan verbal maupun fisik. Untuk itu kita sebagai pengendara (khususnya yang sering berpergian sendirian dan juga pulang malam) perlu melakukan tindakan pencegahan agar hal-hal tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah beberapa tips menghindari kejahatan di jalan raya:

  • Pakai pakaian yang tidak menunjukkan fisik kita adalah wanita. Jangan sampai orang lain mengetahui bahwa kita adalah wanita yang berpergian sendiri. Ingat, jalan raya bukan fashion show, lebih baik sampai tujuan dengan selamat ya.
  • Berkendara seperti pria. Jangan memperlihatkan sikap seperti wanita. Hayooo, ibu-ibu yang suka mau ke kanan tapi pasang sen ke kiri, tolong dibenerin lagi ya sikapnya. Ketauan nanti kalo yang bawa motor itu wanita hahaha.
  • Simpan barang berharga di bagasi. Jangan memperlihatkan barang berharga saat dalam perjalanan.
  • Jangan memakai headset saat berkendara. Selain akan memecah konsentrasi juga dapat mengundang orang jahat untuk berbuat hal buruk.
  • Yang sering pakai tas selempang lebih baik diganti menjadi tas ransel. Tas selempang biasanya menunjukkan bahwa si pengemudi adalah wanita. Dan juga biasanya ditaruh ke belakang. Jangan sampai tas dijambret dan juga kita akan terluka.
  • Sebelum melakukan perjalanan cek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari resiko kita akan berhenti di jalan.
  • Atur waktu dan rute perjalanan. Hindari jalanan yang sepi dan rawan.
  • Usahakan jangan jalan sendirian di malam hari.
  • Pasang speed dial orang yang mudah dihubungi.
  • Punya peralatan membela diri seperti stun gun atau spray.
  • Last but not least, usahakan tenang.

tips-menghindari-kejahatan-di-jalan-raya

Ada tips tambahan dari pengalaman Mbak DJ juga, untuk pengendara gunakan ban yang tubeless atau sedia ban serep di belakang. Terkadang pengendara wanita sering dikerjai oleh orang-orang iseng. Seperti salah satunya dibohongi biaya tambal. Dengan mempersingkat waktu kita di luar kendaraan, akan lebih aman untuk kita.

Jadi perlu tahu juga ya modus-modus di jalan raya itu seperti apa. Sehingga kita sudah lebih siap.

Lalu bagaimana dengan yang sehari-harinya menggunakan kendaraan umum dalam beraktivitas? Ini adalah beberapa tips keamanan saat menaiki kendaraan umum:

  • Saat menaiki taksi perhatikan ID pengemudinya.
  • Saat menaiki bus umum perhatikan sekitar. Karena biasanya penjahat bekerja secara berkomplot.
  • Saat menaiki ojek, jangan mau diajak menggunakan jalan yang kita tidak ketahui.

Pesan terakhir dari Mbak Citra, waspada itu harus sepanjang perjalanan. Karena 70% kecelakaan atau kejadian buruk terjadi saat kita sudah akan sampai tujuan. Jangan lepas helm sebelum sampai ke tempat tujuan! Jangan buka-bukan handphone saat sudah masuk komplek rumah (ini sih pesan untuk saya hahaha)!

TIPS BERPAKAIAN DENGAN CANTIK DAN AMAN SAAT BERKENDARA

Masih mau lanjut kan baca ceritanya? Kali ini sesi selanjutnya akan berbicara tentang penampilan. Pasti banyak yang ngerasa kalau naik motor atau kendaraan umum selalu gak maksimal dalam berpakaian. Padahal kalau kita tahu trick-nya, kita bisa lho tetep cantik dan aman saat berkendara.

Ada Mbak Riana Bismarak atau yang biasa dipanggil Mbak Rhee, founder dari Belowcepek.com. Siapa sih yang gak tahu Belowcepek? Mungkin ada juga yang pernah berbelanja di sini ya.

Ternyata saat Belowcepek didirikan pertama kali pada tahun 2011, tren mode di Indonesia sedang berpusat pada busana dari Cina, Korea, dan Thailand. Padahal menurut Mbak Rhee, busana produksi Indonesia pun tidak kalah bersaing. Maka Belowcepek berkomitmen untuk menjual pakaian yang berasal dari Indonesia.

Perhatikan juga model-model di Belowcepek merupakan model dari Indonesia. Sehingga tinggi tubuhnya pun hampir sama dengan tinggi orang Indonesia pada umumnya.

Sedangkan nama Belowcepek sendiri adalah hasil riset Mbak Rhee tentang harga yang pantas untuk dibayar seseorang dalam membeli baju. Harga di bawah seratus ribu dianggap harga yang pas untuk seseorang membeli pakaian. Tentunya bukan berarti murah dengan kualitas jelek ya.

Sesuai dengan tagline Belowcepek, “I am a smart shopper”, Mbak Rhee mengajak wanita Indonesia untuk menjadi penikmat mode yang bukan hanya asal murah.

Masuk ke sesi tips berpakaian ala Mbak Rhee. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk wanita agar tetap cantik dan aman saat berkendara:

  • Cek informasi cuaca di aplikasi handphone-mu. Jadi jangan sampai pakai sweater padahal panasnya sampai 35 derajat ya!
  • Perhatikan juga traffic menuju tempat perjalanan. Kita bisa mencari alternatif lainnya jika memang macet.
  • Gunakan sepatu yang nyaman saat berkendara. Bawa sepatu cadangan yang akan dipakai ketika sampai tempat tujuan.
  • Menggunakan hands free saat menerima telepon masuk. Atau baiknya berhenti di pinggir jalan terlebih dahulu.
  • Bawa make-up seperlunya. Begitu sampai tempat tujuan, langsung cari toliet untuk touch up.
  • Saat bad hair day, pakai topi, bando, atau pakai dry shampoo.
  • Gunakan sunglasses yang anti UV. Pakai sarung tangan yang lucu.
  • Pakai pakaian yang tidak gampang lecek. Khususnya pengendara motor yang akan pergi ke pesta.

tips-berpakaian-dengan-cantik-dan-aman-saat-berkendara

Gimana? Siap jalan-jalan keliling kota dengan cantik dan aman saat berkendara kan!

HELLO SISTERNET

Sesi terakhir adalah perkenalan dari Mas Jeffry Anwar Sani tentang Sisternet. Sisternet adalah sebuah platform untuk perempuan berkarya. Di Sisternet, member-nya dapat berbagi cerita dan pengalaman kepada sesama wanita lainnya.

Ternyata Sisternet juga memiliki banyak kegiatan yang positif, seperti kelas online, traveling bareng, dan masih banyak lagi.

Saya sendiri sudah mendaftar ke dalam kelas financial bersama Mbak Ligwina Hananto minggu depan. Bagi yang ingin ikut bergabung silahkan mendaftar di sini ya! Semoga kita bisa bertemu 🙂


Selesai acara Ngopi Cantik, kami para wanita yang sejak pagi di make-over belum pulang. Kami diajak untuk melakukan pemotretan dengan dua buah motor Honda. Cihuyy kece banget deh, berlagak seperti foto model sungguhan. Kapan lagi, ya gak?

Ini beberapa foto yang saya pinjam dari kamera baru Aprie. Yeiiiy! Cantik yaaa……. *kemudian di huuu in pembaca 😀

queenrides-ngopi-cantik-apriejanti
Photo Milik Apriejanti
queenrides-ngopi-cantik-desy
Photo Milik Apriejanti

Itulah pengalaman saya kemarin di make-over oleh Queenrides. Sekaligus juga mendapatkan ilmu agar tetap cantik dan aman saat berkendara. Semoga bisa dipraktekan kalian juga.

Ada yang punya tips lainnya? Jangan ragu untuk berbagi juga ya 🙂

Photo edited by Lia Harahap. Designed by Freepik

43 thoughts on “Tetap Cantik dan Aman Saat Berkendara? Siapa Takut!

  1. Nah bener kata mbak Lim, jarang ada wanita yang mengecek kondisi kendaraannya sebelum berkendara. Padahal itu penting bagi keselamatan berkendara 😀
    Tips yang bermanfaat mbak, duh jadi cantik2 banget yaa 😀

    1. Iya Mas. Perlu banyak tahu nih khususnya soal kendaraan. Sekarang bisa baca-baca di Queenrides hehehe

  2. Lengkap banget sampe ga bisa berhenti baca 🙂 emang yaa kebiasaan perempuan kalo berkendara itu ga cek kondisi kendaraan. Aku juga cuma ngecek bensin aja cukup atau ngga, yang lainnya lewat deh. Kalau soal pakaian yg ngga boleh nunjukin kita perempuan rada sulit buat aku. Karena aku selalu pakai rok 🙁

    1. Iya, mbak. Tipsnya disesuaikan saja. Bisa ditambahkan alat pengaman seperti yang kujelaskan di atas.

      Atau paling penting jangan keluar malam sendirian ya 🙂

  3. wah betapa beruntungnya dirimu ya mba, dapat kesempatan emas bisa dimake over cantik sama brand produk ternama. Salam sukses slalu.
    Ohya folbek IG n Twitter saya ya (@cputriarty)

  4. cakepp cakeepp semuanyaa 😀
    aku ngga pernah ngecek, suamiku yang ngecek hahaha
    paling cuci mobil aja sama ke bengkel, tapiii aku bisa loh ganti ban mobil 😀

  5. Hahaha tertohok, saya juga jarang ngecek kendaraan 😛
    Btw sejak pindah ke ibu kota malah saya skrng nyaman naik angkutan umum ketimbang kendaraan sendiri, pdhl pas masih di Sby saya pembalap hihihi

  6. wuiddih, cantik make overnya ;).. matamu jd lbh cling gitu ;)..

    baru tau nih ttg belowcepek.com.. aku mw browsing dulu ah… bener tuh, beli baju hrsnya ga lbh dr 100rb ;p soalnya toh kdg2 makenya cuma bbrp kali doang.. sayang bgt kalo terlalu mahal :D. aku pelit kalo soal pakaian ;p

  7. lia, aq udah daftar yang training financial di sisternet, tapi itu blm ada jam n tempatnya ya?
    kalau ada info mau dong dikabari…. thx u lia 🙂

  8. Lia mah dah unyu di makover tambah unyu deh…
    iya bener banget, semua tips diatas, dan aku sebagai emak2 biker sejati bner2 jadi kebawa tomboy kalo dah dijalanan :V

    1. Wahh lady biker yaaa. Kereeeen. Aku gak bisa naik motor. Padahal pengen naik motor. Kayaknya simpel gitu kemana-mana.

  9. Waaa ada akuuu..makasih Lia sudah benar namaku ?
    Pangling deh Lia pakai Bulmat pelsong. Cantiiiik.. Sering2 kayak gitu yah hihihi..

  10. cantik cantik,..
    tapi jika perjalanan harus hati-hati untuk wanita. jangan sendiri, usahakan ada teman. apalagi malam, bahaya banget untuk wanita jika keluar malem.

  11. Waaaah. Jadi cantik banget itu before after-nya.

    Tips-nya bermanfaat sekali. Soalnya aku pengendara motor yang seringnya berasa ribet sama yang namanya pakaian untuk naik motor. Haha.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)