Advertorial Health

Teman Bumil: Aplikasi Ibu Hamil Indonesia

Kehamilan adalah suatu anugerah yang didambakan oleh setiap keluarga. Tidak terkecuali untuk keluarga kecil saya. Memang sampai saat ini Tuhan belum memberikan bayi kecil untuk saya dan suami. Tapi saya selalu berusaha mempersiapkan diri dengan baik sehingga sampai nanti waktunya semua akan berjalan dengan lancar dan baik-baik saja.

Salah satu cara yang saya lakukan adalah mencari informasi tentang kehamilan sebanyak-banyaknya. Karena sebagai calon ibu untuk pertama kali pasti akan banyak kekhawatiran akan benar atau tidaknya sebuah informasi.

Baca juga: Ibu Hamil, Perhatikan Ingredients Ini Pada Skincare Anda

Masih inget gak mitos-mitos kehamilan yang sering diucapkan oleh orang tua tentang kehamilan? Terkadang mitos yang ada malah membuat kita parno dan belum bisa dipastikan kebenarannya.

Untungnya jaman sekarang lebih canggih ya. Semua-semua gampang dicari hanya dengan bantuan internet. Kebetulan juga mama saya gak banyak kasih masukan apa-apa juga sih.

Kemungkinannya karena dulu pas mama hamil dan melahirkan, mamanya mama (baca: nenek saya) sudah meninggal. Jadi mama dulu gak ada yang ngasih tau. Makanya gaya kehamilan dan pengasuhan anaknya agak cenderung koboi alias suka-suka dia hihihihi.

Saya sendiri tipenya susah percaya. Makanya dari dulu lebih senang mencari tahu informasi sendiri. Sejak setelah menikah saya jadi rajin membaca informasi tentang (persiapan) kehamilan.

Tidak terkecuali, saya pun mulai men-download aplikasi ibu hamil di smartphone.

APAKAH PERLU MEN-DOWNLOAD APLIKASI KEHAMILAN UNTUK PERSIAPAN KEHAMILAN?

Oke, mungkin ada yang akan bilang lebay banget udah download aplikasi ibu hamil di smartphone padahal belom hamil.

Iyeeees, saya sebenernya sadar banget kalau saya aja yang keganjenan pengen download aplikasi kehamilan. Hahahaha. Abis aplikasi ibu hamil itu cute-cute banget yaaah. Yhaaaa…

Malah saya sudah join milis sebuah situs dan komunitas ibu hamil sejak lama agar selalu dapat informasi tentang kehamilan.

Lebay-kah? Terlalu dini-kah?

Menurut saya sih engga ya. Kebetulan saya sudah download aplikasi ibu hamil ini cukup lama. Dan informasinya benar-benar membantu saya mengetahu informasi tentang kehamilan (walaupun sebenernya belom hamil hihihi).

Kalau sudah ada yang pernah download aplikasi kehamilan pasti tau deh kalau aplikasinya akan memberitahu usia kehamilan saat ini. Trus akan dikasih tau kondisi bayi sebesar apa, trus ciri-ciri ibunya seperti apa, dan informasi-informasi lainnya.

Nah informasi ini penting banget buat saya yang suka grasak-grusuk. Jadi ceritanya saya sudah beberapa kali telat menstruasi. Memang jarak antara geer sama ngarep hampir sama yaaa. Wajar dong kalau saya berpikir, “siapa tau gue hamil nih!”.

Biasanya kalau udah begitu, tingkat grasak-grusuk saya pasti akan diturunkan. Makan juga diinget-inget apa yang boleh dan tidak (bye-bye mie instan). Dan biasanya kalau udah telat gitu saya cocokkan juga tanda-tandanya sama aplikasi.

Kadang kalo masih bandel saya buka aplikasinya trus lihat perkiraan gambar janinnya. Jadi gak bakalan tega makan mie instan atau pecicilan lagi. Hihihi padahal belom tentu juga hamil sih. Tapi namanya juga pencegahan ya buibuuuuuu.

Walaupun akhirnya sampai saat ini belum hamil, saya cuek aja. Toh aplikasinya masih bisa di reset lagi dan kita mulai lagi penantian menunggu buah hati πŸ™‚

Baca juga: Cek Kesehatan Wanita di Prodia Women’s Health Centre

TEMAN BUMIL, APLIKASI IBU HAMIL INDONESIA

Sampai beberapa minggu kemarin saya baru punya dua aplikasi ibu hamil dari luar negeri. Isinya sih informatif, cuma kadang saya suka kesel karena ada beberapa informasi yang gak cocok sama kondisi di Indonesia.

Pilihan makanannya aja banyak yang kebarat-baratan. Hellowww, akyu biazzanya makan nasyi tauuuuhh πŸ˜›

Teman Bumil Aplikasi Ibu Hamil Indonesia

Kebetulan pas lagi buka aplikasi tersebut ada iklan gitu (maklum saya pakai aplikasi yang hratisan, jadi suka keluar iklan hehe). Ternyata iklannya adalah iklan aplikasi ibu hamil Indonesia yang bernama Teman Bumil.

Langsung deh saya install dan coba.

Kesan pertama saat saya pakai itu gak ribet. Jadi dulu saya sebenarnya sudah pernah download aplikasi ibu hamil Indonesia yang lain. Cuma pas mau masuk dan login aja ribet. Pakai nanya, “sudah dicek ke dokter belum?”. Padahal belom login lho! Ahhh langsung uninstall lah.

Aplikasi Teman Bumil ini beda. Pas masuk cuma ditanya kapan haid pertama? Ya udah saya masukin aja, langsung deh ketahuan sedang hamil berapa minggu.

Yang bikin tambah betah buka-buka aplikasinya adalah fiturnya yang super duper lengkap banget. Saya tulis ya fitur-fiturnya di sini:

PERKIRAAN BENTUK JANIN DALAM BENTUK 360 DERAJAT

Oke, saya harus bandingkan dengan aplikasi ibu hamil yang pernah saya pakai ya. Jadi kalau aplikasi lain itu memang ada informasi tentang perkiraan bentuk janin di setiap minggunya. Tapi bentuknya cuma 2D.

Kalau Teman Bumil ini pakai bentuk 3D atau 360 derajat. Jadi kita bisa puter-puter, zoom in-zoom out, trus pencet juga area-area yang ada informasinya.

Unik ya!

INFORMASI PERKEMBANGAN JANIN

Buat ibu hamil mungkin sering bertanya-tanya ya, sebesar apa sih janin saya pada saat ini. Di Teman Bumil ada informasi perkiraan ukuran janin di setiap minggunya.

Perkiraan ukuran janin tidak hanya dalam satuan cm atau gr saja, tapi juga perbandingan dengan buah-buahan atau makanan, seperti biji pisang, kacang polong, strawberry, sampai ke buah semangka.

CHECKLIST

Saya ancungkan jempol kepada Teman Bumil yang membuat fitur ceklist. Ini belum ada lho di aplikasi lain, baik aplikasi ibu hamil Indonesia maupun luar negeri!

Fitur ceklist ini fungsinya memberikan list apa saja yang sebaiknya kita lakukan pada saat kehamilan. Namun fitur ini dipermudah dengan berubahnya ceklist setiap minggunya menyesuaikan dengan kehamilan.

Yang dicek pun juga lengkap, dari ceklist pemeriksaan ke laboratorium, cek nutrisi, cek kesehatan, dan masih banyak lagi.

FITUR LAINNYA

Selain fitur-fitur andalan di atas, masih ada banyak fitur lain seperti artikel dan tips, agenda (yang bisa di sinkronisasi dengan google calendar), merekam perkembangan janin dan berat badan ibu hamil, dan album foto.

LAUNCHING APLIKASI TEMAN BUMIL

Pas saya lagi suka-sukanya pakai aplikasi Teman Bumil, pas juga saya dapat undangan untuk menghadiri acara launching aplikasi Teman Bumil di Hotel Grand Hyatt Jakarta pada tanggal 29 November 2017 kemarin.

Acaranya bener-bener surga deh buat ibu hamil (dan yang mau hamil kayak saya hahaha).

Jadi pas masuk sudah disambut sama para kru-nya. Sigap banget mereka buat bantu kita foto-foto di area venue. Hihihi tau aja ibu-ibu jaman now maunya foto-foto dulu.

Trus kita juga diajak ke display informasi kehamilan yang besar sekali. Di sini kita juga dikasih tau product knowledge tentang aplikasi Teman Bumil.

Tapi karena saya sudah pakai Teman Bumil sekitar semingguan dan udah otak-atik aplikasinya, saya malah akhirnya buka sesi saran buat kru Teman Bumil. Hihihi.

Harapannya sih semoga nanti Teman Bumil ada komunitasnya. Trus juga ada banyak videonya. Pokoknya melengkapi aplikasi dan juga community based-nya agar bisa seperti komunitas ibu hamil di luar negeri.

Eh tapi nomong-ngomong soal komunitas, sebenarnya Teman Bumil ini powered by Gue Sehat. Beberapa artikel di Teman Bumil sendiri diambil dari Gue Sehat. Kalian bisa juga lho mampir ke website-nya.

Dan denger-denger juga Teman Bumil sedang menggodok aplikasi baru juga lho untuk ibu dan anak. Jadi ibu-ibu yang sudah melahirkan gak berhenti pakai aplikasinya. Malah terus dapat manfaat dari aplikasi ini.

Selain ketemu temen-temen blogger, acara kemarin juga dihadiri oleh publik figur yang sedang berbadan dua, seperti Nabila Syakieb, Franda, Tanya Larasati, dan pastinya sang ambassador Teman Bumil yaitu si cantik yang bentar lagi mau brojol, Sandra Dewi.

Tidak hanya itu, acara juga dilengkapi dengan talkshow hangat membahas seputar kehamilan bersama Ajeng Raviando, Psi (psikolog), dr. Ardiansjah Dara Syahruddin, Sp. OG (dokter kehamilan), dan juga Robyn Soetikno (co-founder Teman Bumil).

Harapannya pulang dari acara ini saya juga ketularan hamil juga yaaa seperti mereka dan bisa pakaiΒ aplikasi ibu hamil Indonesia yang keren ini πŸ™‚ Amien!

Kamu sudah download aplikasi kehamilan, Teman Bumil belom?

34 Comments

  1. indah nuria Savitri 16/12/2017
    • Lia 19/12/2017
  2. Edwina Hidayah 18/12/2017
    • Lia 19/12/2017
  3. ayanapunya 18/12/2017
    • Lia 19/12/2017
    • Lia 26/12/2017
  4. Adriana Dian 28/12/2017
    • Lia 29/12/2017
  5. Nurul Sufitri 30/12/2017
    • Lia 04/01/2018
  6. ayahblogger 31/12/2017
    • Lia 04/01/2018
  7. fika 03/01/2018
    • Lia 04/01/2018
  8. Nathalia DP 06/01/2018
    • Lia 08/01/2018
  9. Jalan-Jalan KeNai 09/01/2018
    • Lia 11/01/2018
  10. Chacha Dwi 11/01/2018
    • Lia 11/01/2018
      • Chacha Dwi 16/01/2018
    • Lia 12/01/2018
  11. Liswanti 15/01/2018
    • Lia 16/01/2018
  12. gheasafferina 20/01/2018
    • Lia 22/01/2018
  13. Siti Mudrikah 24/01/2018
    • Lia 25/01/2018
  14. Ratna Silvi 04/07/2018
    • Lia 10/07/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: