Sudahkah Kamu Membalas Jasa-Jasa Mama?

Mama.

Mama adalah orang yang patut diberikan penghargaan atas kesabarannya di dalam keluarga. Walaupun ia adalah seorang wanita, tapi hampir semua pekerjaan rumah tangga dapat dilakukannya. Dari mulai urusan dapur, sampai mengurus kolam ikan di rumah kami pun bisa ia lakukan.

Maka pantaslah kalau disebut supermama. Setara dengan label hebat yang disandang superman. Kehebatannya pun akan semakin bertambah di saat-saat bulan puasa tiba, karena pekerjaan yang harus dilakukan juga semakin bertambah.

Ngomong-ngomong soal bulan puasa, tahun ini adalah tahun pertama saya berpuasa dengan menyandang titel sebagai istri. Sejujurnya sampai sejauh ini saya belum merasakan hal yang berbeda dengan status ini, karena kami masih tinggal bersama orang tua.

Bisa dibilang selama ini mama masih sibuk mengurusi kami (anak-anaknya) dan hampir ada di setiap kesibukan kami. Dimulai dari urusan yang besar sampai hal-hal kecil yang sering saya lupa lakukan.

Lupa lakukan karena apa? Karena ada mama.

Sungguh saya sangat-sangat terlena dengan keadaan ini. Terlena yang pada akhirnya membuat saya lupa kalau mama selalu ada untuk anak-anaknya, biarpun anaknya sudah beranjak dewasa.

Sebuah video yang saya tonton baru-baru ini membuka mata dan hati saya. Video yang menceritakan tentang kolaborasi dua diva Indonesia yang sekaligus juga merupakan brand ambassador produk Pantene dan Downy, yaitu Anggun dan Andien untuk mempersembahkan sesuatu untuk ibu mereka.

Silahkan teman-teman tonton dulu videonya di sini ya:

Sewaktu menonton video ini, tanpa sadar saya menyanyikan lagu yang saya suka nyanyikan waktu kecil, yaitu “Kasih Ibu”.

“Kasih ibu

Kepada beta

Tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi, tak harap kembali

Bagai sang surya, menyinari dunia”

Jika membaca lirik aslinya, diceritakan bahwa tugas ibu adalah untuk mengasihi dan menyayangi anak-anaknya sepanjang masa. Bahkan pekerjaan menjadi ibu itu adalah pekerjaan yang tanpa pamrih, karena dilakukan dengan ikhlas tanpa meminta balasan.

Ehhh lah kok ini lagunya berubah menjadi #MaafIbu beserta lirik yang cukup menohok saya. Kok kayaknya yang dinyanyikan itu hampir sama seperti apa yang saya alami ya.

Brb, mewek dulu ya :’(

Maaf Ibu

Tiba-tiba ingatan saya berjalan mundur. Mengingat bagaimana mama tertidur di sofa dengan televisi yang menyala. Ketika anak-anaknya baru pulang bekerja larut malam, ia dengan mata ngantuknya tetap membukakan pintu dan bertanya hari ini bagaimana? Tapi saya sering langsung buru-buru masuk kamar karena capek dengan pertanyaannya.

Mama yang selalu mengecek anak-anaknya berada dimana jika sudah pukul 9 malam. Dan saya sering merasa marah karena masih diperlakukan seperti bukan orang dewasa.

Mama yang selalu ribut mengajak anak-anaknya kumpul untuk mengobrol, namun pada kenyataannya kami malah sibuk dengan gadget masing-masing.

Dan masih banyak kejadian yang membuat saya berpikir kembali, apa yang sudah saya lakukan untuk mama?

Coba bayangkan, berapa banyak waktu luang yang sudah kita berikan kepada mama?

Brb mewek lagi :’(

***

Memang sih seberapa banyak harta dan tenaga yang kita balas ke mama belum tentu bisa membalas semua jasa-jasanya. Tapi paling tidak dengan memberikan perhatian dan rasa cinta kepada mama akan membuatnya merasa menjadi ibu yang paling bahagia di dunia 🙂

Mumpung waktunya pas dengan bulan puasa, kita bisa memanfaatkan momen ini untuk meminta maaf sekaligus membahagiakan mama.

Pas juga dengan program #MaafIbu yang sedang digerakkan oleh Pantene dan Downy yang mengajak semua orang untuk bisa mengekspresikan rasa cintanya kepada mama.

Bentuk ekspresinya bisa dalam berbagai macam hal. Contohnya dengan menyanyikan lagu seperti Anggun dan Andien, mengajak mama berlibur sejenak melepas lelah, memberikan kado barang kesukaannya, dan masih banyak lagi kegiatan yang pasti mama suka.

Apapun kegiatannya jangan lupa untuk menambahkan memori kebersamaan bersama mama di bulan suci ini dengan mengabadikan momen tersebut. Saya sendiri setiap tahunnya selalu berfoto bersama mama saat bulan puasa ataupun lebaran, sehingga momen kebersamaan kami tidak akan terlupa begitu saja.

Seperti kebersamaan kami saat membuat kue lebaran bersama, saat berbuka puasa di luar rumah, dan yang pasti tidak boleh lupa, yaitu foto wajib saat lebaran (eeer, kadang si mama maksa foto pas abis sholat Eid juga sih).

Kegiatan berfoto bareng dengan mama seperti saya ini juga bisa teman-teman ikuti, karena bisa juga sekaligus berpartisipasi dalam kontes foto yang memiliki tema #MaafIbu. Kontes ini diselenggarakan oleh Pantene dan Downy.

Kenapa kedua produk ini? Karena keduanya memiliki pesan yang penting tentang ibu. Pantene percaya bahwa wanita yang kuat dilahirkan dan dibesarkan oleh wanita yang kuat juga. Sedangkan Downy percaya bahwa keharuman dapat memberikan kenangan yang tidak dapat terlupakan, apalagi kenangan bersama ibu.

Baca cara mengikuti lombanya ya:

Maaf Ibu

  1. Peserta wajib follow Instagram @emak2blogger , Twitter @Emak2Blogger dan Fan Page Kumpulan Emak Blogger .
  2. Warga Negara Indonesia, memiliki alamat pengiriman di Indonesia.
  3. Peserta mengupload foto sesuai tema di Instagram masing-masing dengan menggunakan #MaafIbu #PanteneDownyXKEB , mention dan tag akun @emak2blogger .
  4. Foto yang diupload adalah foto teman-teman KEB bersama Ibu dan ceritakan dalam caption lirik mana dalam video tiny.cc/maafibu (video yang di atas) yang memberikan inspirasi untuk membalas kasih sayang Ibu.
  5. Setiap peserta bisa ikut maksimal 5 foto dengan cerita berbeda dan semua post foto wajib mencantumkan hastag menggunakan #MaafIbu #PanteneDownyXKEB dan link tiny.cc/maafibu di semua post foto yang diikutsertakan lomba.
  6. Tag dan ajak 3 teman untuk ikut lomba.
  7. Submit link post Instagram yang diikutkan lomba ke form http://bit.ly/KEB_maafibu

Periode lomba adalah 29 Mei – 5 Juni 2017, dan pengumuman lomba pada tanggal 12 Juni 2017. Baca informasi selengkapnya di bit.ly/KEBMaafIbu

Maaf Ibu

 

Akan ada banyak hadiah menarik yang bisa kalian dapatkan. Jadi jangan ragu-ragu untuk menciptakan momen lebaran bersama mama sebagai rasa terima kasih kita atas jasa-jasa mama selama ini 🙂

9 thoughts on “Sudahkah Kamu Membalas Jasa-Jasa Mama?

  1. Dengar lirik awalnya udah bikin aq mewek huhuhhu
    Jasa Mama nggak akan pernah bisa dibalas ya 🙁 begitu besaaar…
    Semoga sehat selalu ya Mama..

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)