Beauty Skincare Essentials

Skincare Untuk Pemula: Apa Itu Skincare? [Part 1]

Halo semua! Tiba-tiba saya kepikiran untuk bikin blog series dengan tema skincare untuk pemula. Gimana? Gimana? Mau pada baca gaaaa?

Jadi awalnya saya kepikiran untuk buat tulisan ini karena kemarin ada pengalaman saat ikutan beauty class di Aston Marina. Salah satu peserta di sebelah saya banyak bertanya soal skincare kepada saya. Katanya sih dia jarang pakai skincare dan makeup selama ini. Makanya kemarin juga ikutan beauty class biar tahu.

Di lingkungan saya juga ternyata masih banyak yang belum paham betul tentang skincare. Katanya asal cuci muka pake sabun (pakenya sabun mandi lagi! Hadeuuh) itu udah cukup. Padahal kan gak gitu ya.

Saya sendiri sebenarnya bukan seseorang yang sudah ahli di bidang skincare. Justru karena saya masih belum banyak tahu, jadi saya mencari berbagai informasi dari mengaplikasikannya kepada saya sendiri. Syukur-syukur kalau saya bagikan informasi yang didapat bisa bermanfaat buat orang lain 🙂

Karena banyak yang harus dibahas, maka saya akan membagi pembahasan tentang skincare untuk pemula ke dalam tiga judul post, antara lain:

  1. Apa itu Skincare?
  2. Urutan Menggunakan Skincare
  3. Produk Skincare Yang di Rekomendasikan oleh Beauty Blogger

Nah sekarang kita bahas yang pertama dulu ya!

KENAPA MENGGUNAKAN SKINCARE?

Skincare Untuk Pemula

Saya mulai kenal dengan skincare itu saat kelas 6 SD. Saya lihat teman dekat saya mulai menggunakan sabun cuci muka untuk remaja. Karena tertarik saya pun mulai mencobanya. Namun entah karena tidak cocok atau salah pemakaian, akhirnya kulit saya malah jerawatan.

Sejak saat itu saya hampir jarang pakai skincare apapun, yang malah berakibat semakin parahnya jerawatan saya. Padahal waktu sekolah saya selalu pakai bedak agar muka tidak berminyak. Besar kemungkinan kulit saya tinggi kadar minyaknya karena hormon, atau juga karena saya malas mencuci muka dengan benar.

Beruntunglah buat kalian yang sampai sekarang masih aman-aman saja mencuci muka dengan sabun badan saja. Saya pakai sabun cuci muka aja masih jerawatan. Kemungkinannya ada banyak kalau kulit kalian aman-aman saja ada banyak dengan sabun badan.

Pertama, kemungkinan kulit kalian memang kuat (atau yang sering disebut kulit badak). Karena sabun badan itu biasanya lebih membuat kering kulit dibandingkan dengan sabun khusus wajah. Karena keduanya ditujukan kepada kulit yang berbeda.

Kedua, bisa jadi kulit kalian memang tidak berminyak dan tidak menggunakan makeup. Jadi pori-pori kulit bisa bernapas dengan baik.

Ketiga, kulit kalian memang sehat. Karena kulit kering biasanya juga menimbulkan masalah seperti jerawat juga.

Tapi saya rasa yang memiliki anugerah punya kulit badak seperti itu jarang sekali ya. Kalo engga produk skincare dan dokter kulit gak bakalan laku dong 😛

Maka dari itu penting sekali merawat kulit. Dan cara yang paling dasar adalah dengan menggunakan produk-produk skincare. Dengan menggunakan skincare, maka kebersihan dan kelembapan kulit akan terjaga. Sehingga kita bisa terbebas dari berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kering, dan lainnya.

MENGENAL JENIS-JENIS PRODUK SKINCARE UNTUK PEMULA

Daritadi ngomongin skincare. Mungkin pada bingung, apa sih itu skincare?

Skincare adalah perawatan kulit dengan menggunakan produk-produk tertentu khususnya untuk wajah.

Mungkin ada yang sudah males duluan untuk merawat kulit karena pernah dengan tentang banyaknya produk yang harus digunakan pada Korean Skincare Routine?

Tenang, skincare gak harus selengkap itu kok. Tapi kalau mau selengkap itu juga tidak ada masalah. Ada banyak cara dari mulai yang simpel sampe ribet. Tinggal menyesuaikan diri masing-masing sesuai kemampuan dan kenyamanan.

Karena menurut saya merawat kulit itu wajib hukumnya.

Skincare Untuk Pemula

Lagi traveling tetap harus bawa skincare product

Buat yang ingin tahu tentang skincare untuk pemula, mungkin akan bingung harus pilih metode yang seperti apa atau perlu gak sih beli semua produknya?

Menurut pengalaman saya harus dimulai dari pengenalan kebutuhan kita sendiri dulu. Coba pertimbangkan hal-hal ini:

  • Berapa banyak produk yang harus dimiliki? Karena beli skincare sekaligus itu berbahaya lho. Berbahaya bagi kulit dan juga dompet. Kalau semua produk langsung pakai, ketika ada produk yang tidak cocok maka kita tidak tahu mana produk yang sebaiknya tidak digunakan lagi. Saran saya untuk pemula, beli produk-produk basic dulu saja. Tidak banyak kok, nanti akan saya jelaskan produknya di bawah ya.
  • Efektivitas dalam pemakaian seluruh produk. Mungkin masih ada yang belum terbiasa menggunakan produk berlapis-lapis. Lagipula mengenakan produk yang semakin banyak juga semakin memperbanyak waktu. For me, less is more. Beli aja dulu satu-satu, biar gak bokek! 😀
  • Kebutuhan kulit. Ini masih berkaitan dengan poin pertama dan kedua. Jangan kalap langsung beli semuanya. Terkadang beli banyak malah gak dipakai. Mending ditelatenin dulu ritual skincare dasarnya. Baru setelah itu sambil cari-cari produk yang cocok dengan kebutuhan kulit.

Baca juga: Skincare Untuk Pria? Perlu Gak?

PRODUK SKINCARE APA YANG HARUS DIBELI UNTUK PEMULA?

Skincare Untuk Pemula

Sekarang tersedia juga paket skincare lengkap dari banyak brand di pasaran. Sangat memudahkan kita untuk mencari produk skincare untuk pemula.

Oke, kalian sudah mantap untuk mau mulai menggunakan skincare sehari-hari. Sekarang pasti bingung harus beli produk yang mana?

Namun seperti yang saya bilang tadi, tidak perlu dibeli semuanya. Karena pada dasarnya produk-produk skincare yang harus digunakan untuk pemula hanyalah produk-produk ini:

CLEANSER

Cleanser adalah sabun pencuci muka. Biasanya nama lainnya bisa facial foam, facial wash, atau menyesuaikan dengan teksturnya seperti facial gel, facial cream, dan lainnya.

Ini adalah produk yang paling penting karena fungsinya untuk mengangkat kotoran dan minyak yang ada di muka. Dalam hal ini penggunaan cleanser di atas hanya pada wajah yang tanpa makeup.

Jika kamu menggunakan makeup seperti foundation, bb cream, dan bedak padat maka sebelumnya harus menggunakan cleanser dengan tipe yang lain seperti cleansing oil, cleansing milk, atau cleansing oil.

Kenapa? Karena menggunakan facial foam saja belum bisa mengangkat makeup tersebut. Kalau tidak dibersihkan terlebih dahulu maka akan besar kemungkinan pori-pori tertutup.

Baca juga: Review Nivea Visage Refreshing Cleansing Foam

TONER

Konsep toner jaman sekarang itu memang ada banyak versinya. Coba aja main ke Female Daily, maka kamu akan lihat bagaimana banyaknya pembahasan toner di sana.

Kalau saya sendiri karena ini konteksnya adalah skincare untuk pemula, maka toner yang dibutuhkan adalah exfoliating toner untuk membersihkan wajah dari kotoran karena khawatir masih ada kotoran pada wajah walaupun sudah dibersihkan beberapa kali.

Namun jika kulit membutuhkan produk untuk melembapkan kulit yang lebih seperti kulit saya, maka bisa juga menggunakan hydrating toner. Hal ini dilakukan supaya dapat mengembalikan kulit yang kering akibat menggunakan facial wash dan juga toner (yang biasanya mengandung alkohol).

Baca juga: Cara Membersihkan Wajah

MOISTURIZER

Selanjutnya adalah tahap menggunakan pelembap. Dimana pelembap ini adalah produk yang sangat penting di dalam tahapan menggunakan skincare.

Dalam kasus saya yang memiliki kulit kering, wajib menggunakan pelembap. Karena kalau tidak pasti produk makeup akan sulit menempel dengan baik. Kulit berminyak pun sama saja tetap harus menggunakan pelembap juga, hanya saja harus lebih teliti dalam memilih tekstur produk yang sesuai dengan jenis kulitnya.

Untuk kulit kering pilih moisturizer yang creamy atau oil based. Sedangkan kulit berminyak bisa pilih yang gel based agar tidak dehidrasi.

SUN SCREEN

Langkah terakhir ini juga tidak kalah penting untuk dilakukan, yaitu menggunakan sun screen. Penggunaan skincare ini penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya.

Pintar-pintarlah mencari sunscreen yang tidak lengket pada kulit. Dan gunakan sunscreen berdasarkan SPF-nya yang sesuai.

Kalian bisa tahu lebih jelas tentang sunscreen dari YouTube Channel Asian Beauty Secrets ini:


Fiuhhhh, panjang juga ya pembahasannya. Semoga benar-benar bermanfaat ya.

Jangan bingung harus pilih yang mana. Jaman sekarang produk skincare sudah banyak dan cenderung targeted. Ada yang khusus untuk moisturizing, brightening, anti aging, anti acne, dan lain-lain. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saja.

Dan perlu diingatkan bahwa ini adalah informasi umum yang bisa kalian temukan pada tulisan lainnya. Saya sendiri sudah menerapkan dan menggunakan produk skincare beberapa tahun belakangan dan merasakan sendiri manfaatnya.

Jika kalian punya masalah kulit yang besar, mengganggu, dan tidak dapat ditangani sendiri, sebaiknya langsung menghubungi dokter kulit untuk segera diperiksa dan diberikan arahan yang tepat.

Sampai jumpa dipembahasan kedua ya!

18 Comments

  1. BaRTZap 25/11/2017
    • Lia 27/11/2017
      • BaRTZap 28/11/2017
  2. Nuvaderma 25/11/2017
    • Lia 27/11/2017
  3. Raisa 27/11/2017
    • Lia 27/11/2017
  4. Ifa 27/11/2017
    • Lia 27/11/2017
  5. Dita Indrihapsari 27/11/2017
    • Lia 27/11/2017
  6. Armita Fibriyanti 27/11/2017
    • Lia 30/11/2017
  7. PutriKPM 27/11/2017
    • Lia 30/11/2017
  8. Ayaa 05/12/2017
    • Lia 09/12/2017

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: