Tahukah Kamu Pentingnya Menggunakan Masker Untuk Pengendara Motor?

Halo semua, kali ini aku mau cerita tentang bagaimana keseharian aku berpergian menggunakan motor. Bukan mengendarai sendiri sih, suami yang bawa motor. Tapi perlengkapan saya lebih lengkap daripada suami. Jadi sehari-hari gak boleh kelupaan bawa helm, jaket, jas hujan, dan juga masker.

Kali ini saya mau share lebih spesifik tentang masker. Kenapa ya masker ini menjadi salah satu perlengkapan wajib saat berkendara motor? Lalu apakah penting menggunakan masker untuk pengendara motor (baik pengendara dan penumpang)?

Simak ya tulisan ini.

DEBU DAN POLUSI DI KOTA BESAR

Mau tanya dulu ahhh. Ada yang udah pernah coba membersihkan muka dengan toner dan kapas setelah berkendara motor?

Saya pernah melakukan tes dengan tidak menggunakan produk apa-apa saat berangkat ke kantor. Sesampainya di kantor, langsung saya bersihkan wajah dengan micellar water dan kapas.

Ternyata ada sedikit kotoran yang menempel pada kapas yang sudah diusapkan ke kulit. Walaupun jarak dari rumah ke kantor hanya sekitar 15 menit, ternyata kotoran dan debu yang menempel itu juga kemungkinan besarnya sangatlah ada. Baik sedikit maupun banyak.

Masker Untuk Pengendara Motor

Lalu bagaimana ceritanya ya orang yang jarak kantornya cukup jauh? Bisa dipastikan resiko untuk terkena polusi dan debu dengan mudahnya menempel pada kulit lebih mudah.

Apalagi sekarang di beberapa area pun sudah mulai banyak pembangunan Mass Rapid Transportation (MRT), Light Rapid Transportation (LRT) dan juga bahkan sekarang mulai ada pembangunan jalan tol! Walaupun tujuannya baik, namun gak bisa dipungkiri bahwa pembangunan ini membuat jalanan semakin bertambah penuh debu.

Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar mencari cara agar dapat mencegah debu dan polusi masuk ke dalam tubuh.

PENTINGNYA MENGGUNAKAN MASKER UNTUK PENGENDARA MOTOR

Dulu saya pernah ikut talkshow tentang cara berkendara motor yang baik. Sang pembicara yang kebetulan adalah pengguna motor besar, menceritakan bahwa sehari-harinya ia berkendara dengan motor. Ia pun telah menggunakan masker yang berkualitas bagus, di dalamnya ada semacam filter untuk bisa menyaring kotoran.

Si pembicara ini mengatakan bahwa ia cukup kaget karena saat filter tersebut dikeluarkan, pada bagian kapasnya terlihat warna yang cukup gelap. Hal ini menandakan bahwa kualitas udara di kota ini sangat tidak baik.

Masker Untuk Pengendara Motor
Koleksi Masker Yang Unyu πŸ˜€

Makanya saya selalu wanti-wanti ke suami agar selalu menggunakan masker saat berkendara motor. Apalagi jarak perjalanan suami lumayan jauh.

Saya bahkan tetap menggunakan masker walaupun sudah bermake-up lho. Alasannya sih, supaya makeup saya tidak terpapar debu dan polusi selama perjalanan (jangan lupa penutup helmnya ditarik sampe bawah ya hehehe). Dan juga terhindar dari panas matahari.

Biasanya setelah sampai di kantor atau di tempat tujuan, cukup kasih facial mist aja biar seger lagi.

MASK FOR BIKERS: AKSI BAGI-BAGI MASKER GRATIS

Walaupun saya dan beberapa teman pengguna motor sudah tahu pentingnya menggunakan masker untuk pengendara motor, namun pada kenyataannya saya masih melihat banyak orang yang belum menggunakan masker saat berkendara motor.

Padahal paparan polusi udara dalam jangka panjang itu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, dari mulai sesak napas hingga depresi.

Pada tahun 2015 WHO mencatat lebih dari 300 juta orang atau 4.4 persen dari populasi dunia menderita depresi. Dimana sebagian besar penderitanya adalah orang yang hidup di wilayah Asia Tenggara dan Kawasan Pasifik Barat.

Setiap tahun diperkirakan ada 3 juta kematian akibat terpapar polusi udara, dimana 90 persennya dialami di negara berkembang. Di Indonesia sendiri ada sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi.

Masker Untuk Pengendara Motor

Melihat masalah itu, maka pada tanggal 12 April 2017 lalu, Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com dan media online lifestyle Otospirit.com mengadakan kegiatan sosial yang bertajuk “Mask for Bikers”.

Ada sebanyak 1.000 masker dibagikan untuk para pengendara motor yang melintas di Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur. Acara ini juga dimeriahkan oleh 15 bikers dari lima komunitas sepedamotor (Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, Vario Owner Medias).

Masker Untuk Pengendara Motor

Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Kesehatan Dunia yang jatuh pada tanggal 7 April. Di tahun ini, tema global yang diusung adalah β€œDepression: Let’s Talk”.

Menurut Regia Glamouria selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com, kegiatan bagi masker gratis ini dilakukan untuk mencegah pengendara motor terpapar polusi yang dapat membahayakan kesehatan. Dengan menggunakan masker, maka masalah polusi ini dapat dihindari.


Jadi sudah tau kan pentingnya masker untuk pengendara motor? Mulai sekarang selalu sediakan masker di tas untuk bisa digunakan saat berkendara dengan motor ya!

15 thoughts on “Tahukah Kamu Pentingnya Menggunakan Masker Untuk Pengendara Motor?

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)