Informasi Karir dan Dunia Kerja di Bidang Perbankan Yang Perlu Kamu Tahu

Apakah kalian pernah terpikirkan untuk bekerja di Bank sebelumnya?
Kalau saya sih tidak…..
Eitsss, jangan mikir macem-macem dulu, mari dibaca tulisan ini sampai habis. Terutama untuk dedek-dedek yang lagi kuliah, mau lulus kuliah, atau yang sedang cari pekerjaan. Yuk dibaca dulu tulisan di blog tante ini #lhooo. 😛
Walaupun saya kuliah di fakultas ekonomi, sama sekali tidak pernah terbayangkan di pikiran saya bekerja di Bank. Padahal di keluarga saya mayoritas bekerja di bank. Namun karena prasangka saya terhadap bank yang tidak cocok dengan kepribadian saya, membuat saya selalu menolak jika ada tawaran pekerjaan di bank.


TAK KENAL MAKA TAK SAYANG
Dulu saya berpikir kalau bekerja di bank itu akan membosankan. Hanya menghitung uang. Cuma itu yang saya tahu. Mana saya gak pinter matematikanya lagi. Duuuh, enggak banget deh harus kerja berhubungan dengan uang. Maka itu saya biasanya menolak ajakan untuk bekerja di bank.

Padahal, bekerja di bank tidak hanya seperti yang saya tahu saja lho. Bukan berarti juga hanya anak-anak ekonomi saja yang boleh bekerja di bank. Nah, itu semua saya baru tahu kemarin saat datang dalam acara BCA Career Land di The Hall, Senayan City.

BCA CAREER LAND
Siapa sih yang gak tahu Bank BCA. Kayaknya kita semua punya tabungan dan kartu debitnya ya di dompet. Nah, kali ini BCA mengadakan acara yang bertemakan tentang dunia kerja.
Acara yang diadakan pada tanggal 21 November 2015 ini kemarin, bertujuan untuk memberikan gambaran dan keseruan bekerja di bank. Khususnya kepada adik-adik mahasiswa yang sebentar lagi akan lulus dan memasuki dunia kerja.
Untuk menghindari penuh dan tidak maksimalnya para peserta berinteraksi saat datang ke acara, peserta diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu melalui www.bcacareerland.com dengan kuota dan peserta terbatas.  Limited!

Amien buat kata-kata di atas saya 🙂

Agar suasana lebih santai dan kekinian (cieee), acara dibuat dengan tema pop art. Bahkan saat masuk kita sudah langsung di sapa dengan poster-poster mengenai karir di BCA. Begitu masuk hall, ada tiga backdrop tinggi dan besar untuk ajang berfoto. Saya gak mau kalah dong, langsung berfoto layaknya dedek-dedek mahasiswa lainnya (hihihihi, gak inget umur!).

AREA EKSPLORASI
Di dalam hall ada 7 area eksplorasi yang dapat kita kunjungi. Masing-masing area memiliki tema, games dan atraksi yang berbeda dan menarik. Oh iya, di setiap area, pengunjung dapat meminta kepada petugas yang ada di tempat untuk menjelaskan area tersebut. Lalu pengunjung bisa mencatat informasi tersebut di memo yang telah diberikan. Jangan lupa meminta cap yang nantinya minimal 5 cap yang telah didapat akan bisa ditukarkan dengan sertifikat.

1) LIFE AT BCA
Area pertama yang saya masuki adalah “Life At BCA”. Di sini saya langsung disambut oleh petugas yang ramah dan bersemangat. Petugas ini menceritakan bagaimana atmosfir kerja di BCA. Dimana ternyata isinya gak hanya kerja saja lho. Justru tiap karyawan akan disalurkan minatnya ke dalam sebuah komunitas dan melakukan aktivitas tersebut. Misalnya yang suka nyanyi (kayak saya!), bisa bergabung dengan paduan suaranya. 
Di area ini saya juga mengintip beberapa lubang yang tiap lubangnya memiliki video tentang kegiatan di BCA. Seru banget deh pokoknya!

Bagi yang mau tahu bidang apa sih yang cocok bekerja di BCA, dapat mengikuti tes kepribadian dengan cara yang unik. Yaitu mengisi pertanyaan di sebuah tab, lalu memasukkan angka yang keluar. Nanti di papan akan keluar lampu yang menunjukkan bidang pekerjaan apa yang cocok dengan pribadi kita. 
2) BRANCH BANKING LAND
Area selanjutnya dimana di area ini merupakan tempat dimana sebuah inovasi pada Bank BCA dibuat. Tahu kan produk-produk BCA seperti kartu Flazz, BCA Klik Pay, BCA Mobile, dan masih banyak lagi? Semua produk tersebut muncul karena melihat sebuah masalah yang muncul pada nasabah dan diolah sehingga menjadi sebuah produk yang sangat bermanfaat. 

Seperti contohnya produk Video Banking Kiosk. Awal mula tercetusnya membuat produk ini adalah karena melihat tren semakin terbatasnya waktu masyarakat untuk meluangkan waktu ke bank. Melalui brainstorming konsep dan kemampuan teknologi yang memadai, maka jadilah produk yang dapat digunakan nasabah untuk pergi ke bank tanpa perlu pergi ke bank. Oh iya, Video Banking Kiosk BCA sudah ada di Gandaria City, Emporium Pluit, Kota Kasablanka, Central Park Mall, Bintaro Xchange, Ciputra World Surabaya, dan Grand City Surabaya.
3) OPERATION AND IT LAND
Nah, ini adalah tempat yang cocok buat kalian yang kuliah di jurusan IT, pemograman, dan jurusan sejenisnya. Di area ini kita bisa melihat berbagai macam teknologi yang ada di BCA. Seperti kartu debit/kredit, mesin atm/setor tunai, mesin EDC, dan kawan-kawannya.

Di divisi inilah dimana sebuah ide dan rencana yang dibuat oleh tim Business Development dibuat melalui sebuah mesin atau program seiring dengan perkembangan jaman. Kalau engga, kebayang gak sih kita sekarang masih ambil duit di bank atau harus bayar tunai saat berbelanja di supermaket. Malessss yaaaa…
4) CORPORATE BANKING LAND
Pada area ini sedikit lebih komplek dan beragam. Saya akan menjelaskan dalam bentuk cerita seperti yang dijelaskan petugas BCA kemarin ya 🙂
Misalnya PT Kereta Api akan berencana untuk meminjam uang untuk pengadaan gerbong kereta. Maka Group Corporate Banking and Corporate Finance akan menangani project tersebut. Lalu Group Analisa Risiko Kredit (GARK) akan melakukan pengecekan bisnis dari PT Kereta Api untuk melihat segala resiko dan kelayakan perusahaan tersebut untuk diberikan pinjaman. Karena gerbong kereta tersebut dibeli di Jepang, maka untuk kerja sama dengan bank asing mengenai pembelian memerlukan jasa dari Divisi International Banking

Selain itu ada beberapa divisi lain yang ada pada area ini. Seperti Divisi Treasury yang memegang peranan penting dalam mengelola likuiditas bank, sehingga setiap bagian dari bank dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dan juga ada Divisi International Operation yang ditujukan untuk membangun sentra layanan dalam transaksi perdagangan dan pembayaran internasional.

5) GROUP LAND BCA
Di area ini terdapat beberapa anak perusahaan BCA seperti BCA Life, CS Finance, BCA Sekuritas, dan masih banyak lagi. Di area ini saya sempat dijelaskan tentang BCA Insurance. Dan karena bisa menjawab pertanyaan, saya dan salah satu peserta memenangkan hadiah. Hehehehe.

Oh iya, di depan area ini juga ada permainan yang bisa dimainkan ramai-ramai lho. Seru deh 😀

6) RETAIL AND COMMERCIAL BANKING LAND
Yang menarik dari area ini adalah kita bisa mencoba salah satu teknik marketing dari BCA yaitu berpose di dalam Mercedes Benz yang menjadi hadiah dalam acara Gebyar Tahapan BCA.

Biar belum punya, foto dulu dong ah sama mobilnya. *brb cek tahapan BCA dulu

Divisi ini menunjukkan proses kreatif dari Bank BCA dalam pengembangan produk. Tentunya produk tersebut merupakan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
7) INDIVIDUAL BANKING LAND
Area terakhir ini adalah dimana kita bisa dijelaskan bagaimana proses di balik layar Bank BCA dalam merancang solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nasabah individu
Oh iya, di area ini juga ada games interaktif seperti tendang bola ke gawang. Dimana ada hadiah menarik yang bisa dimenangkan oleh peserta.
Serunya lagi, saat acara berlangsung tiba-tiba ada flash mob dari panitia yang mengajak peserta untuk menari bersama. Seru deh pokoknya!

Lalu apakah cuma bisa bertanya dan mengumpulkan informasi saja tentang dunia kerja di BCA pada area-area tersebut? Tentu saja tidak. Di sini juga disediakan Career Lounge dimana para mahasiswa dapat berkonsultasi kepada HRD mengenai minat dan bakat. 

Seru ya! Teman-teman mahasiswa yang datang ke acara ini tentunya saat pulang ke rumah sudah mendapatkan gambaran tentang dunia kerja di bank. Syukur-syukur lagi sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga bisa bergabung dengan BCA setelah lulus kuliah nanti. 
Saya juga semakin terbuka wawasannya kalau bekerja di bank itu tidak selalu hanya menghitung uang. Tapi ada juga bagian kreatif, bagian development, bagian yang urus-urus program, dan masih banyak lagi. Jadi bekerja di bank bukan hanya untuk anak-anak ekonomi saja lho!
Hmmmm… Coba saya tahu dari dulu yaaaa… Hehehehe 😀 Semoga acara seperti ini bisa diadakan rutin yaaa!

Salah satu testimoni dari pengunjung

Thank you BCA 🙂

4 thoughts on “Informasi Karir dan Dunia Kerja di Bidang Perbankan Yang Perlu Kamu Tahu

  1. Itu ceritanya lagi di arak massa… Hahahaha bukan deng. Maksudnya kayak di angkat gitu.

    Iyaaaa. Mungkin ketat supaya menghasilkan SDM yang bagus kali yaaa. Biar makin keren performance service banknya 🙂

  2. Dulu…jaman masih SD kepikiran kerja di bank karena tiap bulan ketemu sama mbak2 CS di bank yang keren2. Kesana-sananya malah milih kuliah di Teknik. Walaupun bank masih terima lulusan Teknik Elektro, saya sudah melupakan keinginan kerja di bank. Kerja di telco lebih asik.. hihhi.. Tapi yaahh buat adek2 mahasiswa, disimak baik2 tulisan tante miss granger ini. Penting banget!

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)