Advertorial Health Lifestyle

Apakah Kita Sudah Terbebas Dari Infeksi Saluran Kemih?

Apakah kita terbebas dari infeksi saluran kemih?

JENG JENG!!!

Serem ya judul dan kalimat pembukanya. Tapi saya gak bermaksud bikin takut para pembaca di sini kok. Hanya saja saya ingin sharing informasi dan pengalaman dari teman yang pernah mengalami infeksi saluran kemih.

Pas banget di Hari Sabtu, 26 Mei 2018 lalu saya menghadiri acara talkshow yang diselenggarakan oleh Prive Uri-cran dengan tema “Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Kemih Pada Wanita”.

Infeksi Saluran Kemih dr. Boy Abidin, SpOG (K)

Gak tanggung-tanggung, narasumbernya adalah dr. Boy Abidin, SpOG (K) alias dokter yang terkenal sebagai pembawa acara tema kesehatan di televisi, yaitu Dr. Oz Indonesia.

Supaya informasinya gak terhenti di saya, maka saya akan kasih tau informasi apa saja yang diberikan oleh dr. Boy kemarin. Semoga bermanfaat ya!

INFEKSI SALURAN KEMIH

Infeksi Saluran Kemih adalah infeksi akibat koloni kuman di saluran kemih yang masuk secara hematogen (aliran darah) dan ascending (menjalar ke atas).

Kumannya ini biasanya adalah bakteri E.Coli. Dan penyakit ini terjadi sebagian besar pada wanita.

Kenapa? Karena saluran kemih wanita itu jaraknya lebih pendek dibandingkan dengan pria. Sehingga potensi kuman menjalar ke atas lebih banyak.

Infeksi Saluran Kemih Prive Uri Cran

Sebelumnya yuk jawab dulu pertanyaan saya di bawah ini dan disesuaikan dengan kondisi kalian.

  • Merasakan nyeri pada saat buang air kecil
  • Frekuensi buang air kecil banyak namun yang keluar hanya sedikit
  • Tidak mampu menahan buang air kecil
  • Anyang-anyangan atau buang air kecil yang tidak tuntas
  • Merasakan nyeri pada perut bagian bawah
  • Demam ringan atau tidak enak badan

Apakah sebagian besar kondisi di atas kalian alami? Jika tidak, syukurlah. Karena kondisi di atas adalah gejala infeksi saluran kemih yang posisinya masih di bawah.

Sedangkan jika posisinya sudah di atas maka gejalanya adalah seperti berikut:

  • Demam tinggi dan menggigil
  • Hilang nafsu makan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri pada pinggang (lokasi ginjal)

Tidak perlu takut dan panik jika kalian mengalami gejala yang disebutkan di atas. Menurut saya ada baiknya segera dicek saja ke dokter untuk pengecekan dan penanganan dini jika memang terjadi infeksi.

Semoga sih tidak yaaa! Amin 🙂

INFEKSI SALURAN KEMIH PADA IBU HAMIL

Tidak hanya saja wanita yang memiliki risiko infeksi saluran kemih, tapi wanita yang sedang hamil pun harus benar-benar menjaga kesehatan dan kebersihan organnya agar bisa terhindar dari infeksi saluran kemih.

Mirna Puji Rahayu, teman blogger saya yang juga hadir pada acara kemarin menceritakan pengalamannya menghadapi infeksi saluran kemih pada kehamilan pertamanya di tahun lalu.

Mirna menceritakan bahwa jauh sebelum hamil sudah pernah mengalami masalah infeksi saluran kemih berulang dengan penyebab yang berbeda-beda. Namun pada saat melakukan cek USG pertama kali ternyata masih terlihat ada infeksi pada saluran kemihnya.

Dokter pun melakukan tindakan segera karena dikhawatirkan akan membahayakan janin. Cerita selengkapnya tentang pengalaman Mirna menghadapi infeksi pada saluran kemihnya bisa dibaca di blognya ya!

Mendengar pengalaman Mirna, dr. Boy pun memaparkan komplikasi pada kehamilan yang dapat terjadi akibat infeksi saluran kemih:

  • Kelahiran prematur yang disebabkan oleh terpicunya kontraksi
  • Berat badan bayi rendah
  • Preeklamsia atau peningkatan tekanan darah yang bisa menyebabkan kejang dan kematian
  • Hipertensi
  • Gagal ginjal

Sekali lagi saya ingatkan, jika teman-teman yang sedang hamil mengalami gejala-gejala di atas ataupun tidak sama sekali sebaiknya tetap periksa ke dokter kandungan masing-masing ya!

PENCEGAHAN INFEKSI SALURAN KEMIH

Kalo lihat gejala dan akibatnya di atas pasti gak mau dong sampe infeksi saluran kemih.

Coba deh baca juga cerita teman saya Nia yang tahun lalu saat puasa juga terkena anyang-anyangan (salah satu gejala infeksi saluran kemih). Saya yang gak ngalamin aja kasihan, gimana yang ngerasain langsung. Huhuhu amit-amit jangan sampe ya.

Infeksi Saluran Kemih Prive Uri Cran

Maka dari itu yuk sama-sama lakukan pencegahan sejak dini dan juga ajari adik perempuan, sepupu perempuan, dan anak perempuan kita untuk menjaga kebersihan dan kesehatan infeksi saluran kemih. Caranya antara lain:

  • Minum air putih yang cukup yaitu 2-3 liter sehari. Menurut saya ini penting banget, karena berdasarkan pengalaman kalau saya gak minum cukup area kewanitaan (saluran buang air, organ intim, dan saluran buang air besar) itu gampang lembap dan memicu terjadinya keputihan.
  • Menjaga kebersihan organ intim yaitu dengan membasuh dari depan ke belakang, membilas dengan air bersih, dan keringkan dengan handuk bersih (bahan katun) atau tissue yang kualitasnya bagus.
  • Jangan menggunakan bedak untuk melembapkan area kewanitaan.
  • Diperbolehkan menggunakan produk pembersih area kewanitaan selama pH-nya balanced dan juga tidak menggunakan bahan alkohol.
  • Tidak menahan buang air kecil.
  • Mengkonsumsi buah atau ekstrak cranberry.

Infeksi Saluran Kemih Prive Uri Cran

Khusus di bagian akhir, buah cranberry bisa digantikan dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran yang tersedia dalam bentuk kapsul dan juga bubuk. Dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran sebenaranya sudah membuat kita jadi praktis dalam proses pencegahan dan juga penyembuhan saat terjadi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.

Di cerita saya sebelumnya, Nia sudah membuktikan dengan mengkonsumsi Prive Uri-cran anyang-anyangannya berangsur hilang.

Bahkan Mirna pun menceritakan bahwa dokter kandungannya sendiri menyarankan untuk mengkonsumsi Prive Uri-cran sambil diberikan obat antibiotik khusus dari dokter.

Kalo saya sendiri gimana? Alhamdulillah belum pernah ngerasain anyang-anyangan atau sampai kena infeksi saluran kemih. Semoga sih gak pernah ya.

Infeksi Saluran Kemih Prive Uri Cran

Infeksi Saluran Kemih Prive Uri Cran

Tapi saya juga sudah mencoba minum Prive Uri-cran yang dalam bentuk bubuk. Yang bentuk bubuk ini menurut saya lebih seru aja dikonsumsinya karena boleh dilarutkan dengan air dingin. Jadi gak berasa kayak minum obat atau vitamin, malah kayak lagi minum minuman segar gitu hehehe.

Pas saya tanya ke tim Prive Uri-cran ini juga memang bisa diminum sebagai pencegahan dan juga pengobatan (biasanya dokter akan ada penambahan antibiotik). Jadi siapapun bisa minum Prive Uri-cran ya!

Infeksi Saluran Kemih Prive Uri Cran

Kalau kalian sudah ada yang coba Prive Uri-cran belom? Produknya sendiri sudah tersedia di Century, Guardian, Watsons, Kimia Farma, dan apotek lainnya. Informasi tentang Prive Uri-cran bisa dicek di website-nya ya.

Infeksi Saluran Kemih Prive Uri Cran

Akhir kata saya berharap kita semua selalu diberikan kesehatan yaaa 🙂

8 Comments

  1. Mayuf 28/05/2018
    • Lia 29/05/2018
  2. Alfia Widati 29/05/2018
    • Lia 29/05/2018
  3. Evi Fadliah 30/05/2018
    • Lia 30/05/2018
  4. mysukmana 31/05/2018
    • Lia 03/06/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: