Haruskah Blogger Berpenampilan Keren?

Semenjak jadi blogger yang aktif mengikuti kegiatan di luar rumah, otomatis saya harus sering berpergian (walaupun sekarang lagi libur dulu sih hehehehe). Dan satu hal yang selalu saya perhatikan sebelum pergi adalah memastikan penampilan saya apakah sudah cukup nyaman dan sopan?

Baca juga: Inspirasi Gaya Busana Aktris Drama Korea 2016

Kenapa nyaman? Karena saya tidak mau hanya karena pakaian yang tidak nyaman malah membuat saya tidak konsentrasi sepanjang acara.

Kenapa sopan? Karena menurut ibu saya dengan datang ke sebuah acara dengan berpenampilan yang sopan (sesuai norma dan tata krama) maka kita dianggap menghormati pihak yang mengundang.

Lalu bagaimana dengan kosa kata “keren” seperti yang saya sebutkan di judul post kali ini? Perlu gak sih blogger berpenampilan keren?

Mari kita telaah dulu arti dari keren itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Keren artinya adalah:

keren/keΒ·ren/ /kerΓ©n/ a1 tampak gagah dan tangkas; 2 galak; garang; lekas marah; 3 lekas berlari cepat (tentang kuda); 4 perlente (berpakaian bagus, berdandan rapi, dan sebagainya)

Jika dilihat maknanya, maka makna nomor 4 lah yang paling mendekati dengan konteks kita kali ini, yaitu perlente (berpakaian bagus, berdandan rapi, dan sebagainya).

Baca juga: Get Dressed: All Black for 20’s Touch

Saya sendiri punya makna sendiri mengenai pakaian bagus. Menurut saya bagus itu merupakan hal yang subjektif. Bagus menurut saya dan menurut orang lain tentu berbeda. Maka, biasanya saya memilih menggunakan pakaian yang memang cocok dengan kepribadian saya.

Lalu apakah artinya pakaian bagus itu adalah pakaian yang dengan harga mahal? Belajar fashion dulu gih sama Mbak NuniekΒ  πŸ˜‰

*sungkem, Mbak Nuniek πŸ™‚

Menurut saya berpakaian bagus tidak selalu dengan harga mahal. Bahkan ada kepuasan sendiri jika bisa menemukan pakaian dengan harga yang murah, tapi malah terlihat “mahal” setelah dipakai.

Sekarang saya malah mulai ingin menerapkan konsep berpakaian minimalis seperti yang sedang dipopulerkan oleh Andra Alodita. Namun jauh sebelum itu, saya sudah pernah membacanya di blog milik Leija.

Dengan berpakaian minimalis, waktu yang dikeluarkan untuk memikirkan, “pakai baju apa ya hari ini?” bisa diminimalisir.

Kemarin saya sempat membaca postingan tulisan Mbak Riana Ree sang pemilik online bisnis Below Cepek. Mbak Ree ini lumayan sering saya perhatikan gaya penampilannya di Instagram. Dan di postingan #DandanTiapHari minggu ini sangat mencerminkan gaya penampilan saya. Ehmm, minus high heels-nya yaaa. Soalnya masih kemana-mana ngangkots nih πŸ˜€

Jika dilihat dalam postingan tersebut, gaya penampilan Mbak Ree benar-benar minimalis. Bahkan aksesorispun hampir tidak terlihat dikenakan. Buat saya yang senang hidup praktis, gaya penampilan seperti inilah yang mencerminkan diri saya.

Baca juga: Gaya Berpakaian Hong Seol yang bisa ditiru

Mau lihat gaya saya saat hadir ke acara-acara blog? Ini dia:

Berpenampilan Keren
Kiri: Saat ingin tampilan casual dan sporty | Kanan: Saat ingin tampilan girly

Bagaimana? Bisa disebut sudah berpenampilan keren belom? πŸ™‚


Tulisan dibuat untuk mengikuti Collaborative Blogging KEB dengan tema Blogger Masa Kini Dituntut Keren.

Tulisan dengan tema yang sama sudah ditulis oleh Mak Diah Kusumastuti, lho!

45 thoughts on “Haruskah Blogger Berpenampilan Keren?

  1. Buatku kalo ke acara-acara blogger yang penting rapi, nyaman, dan sesuai dresscode kalo memang ada dresscode. Kalo nggak nyaman malah bikin mood jadi down.

  2. Kalo menurut gw yg penting berpakaian yg bikin kita berasa pede dan comfortable. Kalo pede dan comfortable pasti jatoh nya keliatan keren. πŸ™‚

  3. Keren itu kalo kita bisa jadi bunglon, mo pake model apapun masuk masuk aja di kita hihihi, kek 2 foto di atas. Casual oke, mo girly juga oke ^^

  4. Penting bgt buatku u dtg ke suatu acara dgn pakaian rapi. Krn biar bgmn pun org pasti akan melihat penampilan kita kan? Oh ya 1 lg no sandal jepit. Semahal apapun si sandal jepit ttp aja namanya sandal jepit. Ya kecuali sdg bermasalah dgn kaki dan hny bs pakai sendal jepit.

    1. Hihihihi tapi sendal jepit itu nyaman banget, mbak.

      Sayangnya kalo dibawa ke acara kesannya malah gak menghormati ya. πŸ™‚

  5. Aku sejak nikah bisa dibilang g trlalu mikirin baju2 lagi. Cendrung lbh cuek dan minimalis :D. Sehari2 juga pake celana panjang dan kemeja. Kdg sporty kyk fotomu di atas mba, biar disangka masih kuliahan hahahaha :p.

    Buatku yg penting rapi πŸ˜‰

    1. Eh setuju, mbak! Hahahaha. Kalo pakaian sporty kayak gitu jalan di mal pasti gak disamperin mas-mas yang nawarin kartu kredit hahahahaha πŸ˜€

  6. Berpenpilan keren itu ngajeni diri kita sendiri kalo kata orang Jawa bilang. Gimana bisa orang lain menghargai kita kalo kitanya sendiri ogah-ogahan menghargai diri sendiri. Yegak? πŸ˜€

    1. Iya, aku juga suka gayanya Andra Alodita. Hmmm… Kalo Hijaber mungkin kamu bisa coba cek Fitri Aulia. Aku suka gaya dia. Syari tapi stylish.

  7. penampilan simple itu saya banget. gak suka yg banyak pernak perniknya, walau pernak pernik itu bikin mupeng krna lucu siih, tp klo saya yg make jadi ribet, hihihih

  8. Sama nih mbak aku juga lagi mulai nerapin koleksi pakaian minimalis dan lebih nguji diri dengan mix & match biar nggak bosen. Paling agak gimana kalau ada dress code dan kebetulan bukan warna yang kusuka. Tapi tetep nggak maksa pakai sesuai dress code sih kalau nggak punya haha.

    Salam kenal yah ernykurnia.com

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)