Yogya Honeymoon Trip: Favehotel Kotabaru Review

Masih ingat cerita saya terseok-seok membawa koper dari Stasiun Yogya ke Favehotel Kotabaru?

Di tulisan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya menginap di hotel yang identik dengan warna pink ungunya ini.

Favehotel Kotabaru Yogya

SEARCHING & BOOKING

Dalam menentukan hotel saya agak picky. Terutama dalam urusan kebersihan. Kalau ukuran kamar kecil sih gak masalah buat saya, asal kamar mandinya bersih.

Beruntungnya hidup di jaman modern seperti sekarang, saya bisa lihat sendiri isi dalam hotel seperti apa. Cara lihatnya dimana? Pertama di Trip Advisor yang tidak hanya menampilkan ulasan dari para reviewer-nya, tapi juga foto-foto yang menunjukkan kondisi hotel berdasarkan pengalaman orang yang pernah menginap.

Kedua, bisa lihat di website hotel tersebut. Dan di website Favehotel Kotabaru ini ada fitur 360 tour. Puas deh kepoin isi hotel di fitur ini.

Setelah mengikuti cara Leija dalam memilih hotel, ini dia alasan saya memilih hotel ini:

  1. On Budget. Seperti yang saya bilang sebelumnya kalau perjalanan ini sebenarnya agak dipaksakan. Jadi sebagai istri yang pelit soleha, saya harus menemukan hotel dengan biaya yang sesuai budget. Semakin bahagia karena saya juga berhasil ketemu harga yang lebih murah lagi berkat Mister Aladin (baca di part 1).
  2. Jaraknya dekat dengan pusat Kota Yogya. Ngerti banget kalau pusat kota ya berarti di Malioboro dong. Tapi balik lagi ke alasan nomor 1 kalau di Malioboro itu rata-rata harga mihil! Sempet mikir pengen nginep di hotel kayak Adhistana Hotel yang tempatnya instagramable itu. Tapi lihat jaraknya yang agak terpencil bikin saya mundur teratur.
  3. Jujur saja saya milih hotel ini karena reputasi. Terkadang saya tidak mau ambil resiko mencoba hotel yang baru, karena takut tidak sesuai dengan keinginan saya. Tapi bukan berarti saya gak mau sama sekali lho! Makanya baca review itu penting sekali.

Setelah membooking kamar selama dua malam, saya pun langsung kontak hotel untuk konfirmasi dan rekues kamar non smoking dan double bed.

Sempat juga menanyakan apakah bisa ambil paket honeymoon, namun ternyata paketnya seharga sekitar Rp 300.000,-. Males lah ya, mending uangnya buat beli oleh-oleh #ehh 😛

Oh iya, respon e-mailnya juga lumayan cepat.

BERMALAM DI FAVEHOTEL KOTABARU YOGYA

Favehotel Kotabaru Yogya

Begitu masuk ke dalam kamar, kesan pertama yang saya dapat adalah bersih. Walaupun tempatnya tidak besar, namun pas jika hanya ditempati oleh saya dan suami.

Favehotel Kotabaru Yogya

Favehotel Kotabaru Yogya

Di dalam kamar ada kasur, tv (dengan channel lokal dan kabel), meja kecil untuk menulis plus kursinya, AC, brankas, dan lemari terbuka.

Favehotel Kotabaru Yogya

Favehotel Kotabaru Yogya

Sedangkan di dalam kamar mandi disediakan dua botol air minum, gelas, handuk, keset, peralatan sikat gigi dan odolnya, sabun cuci tangan, dan sabun mandi (bisa sekaligus jadi shampoo dan conditioner).

Favehotel Kotabaru Yogya

Favehotel Kotabaru Yogya

Kekurangan dari kamar ini dibandingkan dengan kamar hotel standar yang pernah saya coba adalah:

  • Tidak ada tissue di kamar. Jadi saya harus beli di luar atau bolak balik ambil tissue di kamar mandi.
  • Tidak ada teko panas beserta teh dan kopi. Rasanya agak aneh aja kalau pagi gak ngeteh di kamar hotel. Hehehehe.
  • Tidak ada hair dryer.
  • Botol minum pada hari kedua hanya diberikan 1 botol saja. Tidak tahu apakah sebenarnya ketentuannya seperti itu atau tidak.

Walaupun begitu saya tetap menikmati waktu beristirahat di Favehotel Kotabaru ini. AC-nya cukup dingin, dan WIFI tersambung ke dalam kamar secara gratis.

Saya juga suka dengan kamar mandinya yang bersih. Dan menurut saya walaupun kecil area kamar mandinya, tapi saya suka. Apalagi menurut saya di sini air hangat pada shower-nya cukup konsisten. Tidak terlalu panas, tapi tidak terlalu dingin. Selama ini saya sering mengalami masalah dengan air di kamar mandi hotel 🙁

Sayangnya kami tidak memilih kamar dengan sarapan, jadi tidak tahu rasa makanan di sini.

Tidak perlu khawatir jika membawa motor, karena disediakan parkir di basement untuk motor.

LOKASI FAVEHOTEL KOTABARU YOGYA

Hotel ini bisa ditempuh selama 10-15 menit perjalanan dari Stasiun Yogya kalau tidak macet. Akses kemana-mana pun mudah dan dekat. Naik Go Car ke Malioboro hanya sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- saja.

Kalau mau cari makan bisa ke The House of Raminten yang ada di belakang hotel. Atau kalau mau jalan agak jauh ada beberapa restauran di dekat Tugu Yogya.

Di sekitar hotel areanya cukup sepi, jadi tidak berisik. Hanya saja karena dekat masjid, jadi terkadang ada suara azan.

Jarak ke jalan raya tidak terlalu jauh. Di depan hotel ada beberapa warung tenda yang hanya buka dari pagi – sore.

KESIMPULAN

Kalau kalian pergi dengan pasangan atau teman, Favehotel Kotabaru Yogya adalah tempat yang saya rekomendasikan. Jika kalian membawa anak-anak yang masih kecil, mungkin bisa cari hotel lain yang agak besar.

Jika kalian ingin menitip barang sebelum check in atau setelah check out juga bisa.

Favehotel Kotabaru Yogya

Selamat bermalam!

18 thoughts on “Yogya Honeymoon Trip: Favehotel Kotabaru Review

  1. iya Li, kalau di fave begitu fasilitasnya…jd emang hotel budget banget. aku pernah nginap di hom hotel Cilacap dg harga 300an sudah ada heater segala rupa.

  2. Aaah baru aja nginep di fave hotel pekanbaru. Murah banget ya, 600rbu udah dpt connecting room. Anak2 seneng bgt dpr kmr sendiri. Biasa hrg segitu cuma dpt satu kmr doang, mpet2an dsitu. Hihihi. Happy honeymoon btw

  3. Kayaknya baru sekali nginep di fave karena urusan kantor. Tapi aku pernah kecele juga karena ngandelin review trip advisor. Dari trip advisor nilainya 4,5, bagus kan ya itu. Pas menginap di sana, seriusan deh ngga enak banget pengalamannya, huhuhu. Jadi makanya selalu kroscek lagi sama review dari OTA lain, hehehe.

    1. Maaf, Mbak baru balas. Aman-aman saja kok. Saya kebetulan sama suami. Jadi gak takut. Dan Alhamdulillah dapet orang yang baik-baik.

  4. Fave juga hotel faveeee saya hihi. Selalu jadi pilihan dimanapun karena harganya bersahabat, masih grupnya Aston jadi bukan hotel abal2 yang tentunya punya standarisasi hotel, dan fasilitas lumayan lengkap untuk hotel budget.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)