Beauty Lia Beauty Talks

Di Balik Layar Makeup Challenge for 5 Days!

Begitu ingat kalau tepat setahun ini memutuskan bekerja di rumah, saya kepikiran kok hidup gini-gini aja ya.

Pas sudah setahun saya tidak harus bangun pagi untuk mandi dan dandan ke kantor. Pas setahun juga saya bisa bekerja sesuka hati saya tanpa harus diawasi oleh bos. Ehhh, pas juga setelah setahun ini saya ngerasa kok jadi makin gak beraturan ya kerjanya?

Ya begitulah kalau orang udah kerja sendiri, justru hambatan paling besar adalah bisa disiplin untuk bekerja. Pantas saja saya begini-begini aja.

Sampai di suatu hari, satu minggu setelah libur lebaran yang panjang itu, saya memberi tekad pada diri sendiri untuk berubah. Ya, dimulai dari hal kecil yaitu bangun pagi lalu mandi. 😛

Yesssss, saya itu orangnya paling males mandi kalau lagi ga ngapa-ngapain. Efeknya adalah bisa seharian gak mandi dan betah leyeh-leyeh di kasur. Itulah yang bikin pekerjaan saya serasa terhambat setiap harinya. Begitu udah Hari Jumat baru ngeh, ngapain aja ya selama seminggu kemarin? Kok cuma bisa ngerjain segini doang?

Dari situlah saya menantang diri sendiri untuk membuat makeup challenge selama 5 hari ini.

MAKEUP CHALLENGE FOR 5 DAYS

Makeup challenge ini artinya saya selama 5 hari membuat makeup dengan style yang berbeda-beda lalu foto dan videonya di upload di sosial media.

Alasan bikin challenge ini ya pastinya mau gak mau membuat saya jadi terpaksa mandi pagi setiap harinya. Gak mungkin dong foto atau ambil video dengan muka yang masih kusut.

Alasan kedua, saya jadi punya materi untuk di-upload ke social media. Ya, saya lagi punya target untuk social media nih. Soalnya kalau dicek bisa dibilang social media saya termasuk yang lambat progresnya jika dibandingkan dengan blog ataupun YouTube.

Alasan terakhir adalah saya kepengen banget upgrade skill makeup saya. Bisa dibilang kan hasil makeup saya selama ini begitu-begitu doang. Gimana mau canggih kayak orang lain kalau saya gak mulai belajar dari sekarang. Ya biarlah sekarang kelihatan jelek dulu hehehe.

Oh iya, gak cuma soal skill makeup lho. Saya juga mau banyak belajar untuk skill fotografi, videografi, editing, dan yang pastinya skill berpose! Aduh pose saya kan selama ini gitu-gitu aja ya, makanya kalau bisa bergaya setiap hari kan siapa tau nanti jadi tau mana pose yang bagus dan gak grogi lagi kalo difotoin fotografer kondang 😀

MEKANISME MAKEUP CHALLENGE

Awalnya sempat bingung mau berapa lama challenge ini berlangsung. Sempat mau bikin 30 hari coba! Cuma saya yakin sih belum sanggup. Dan juga pertimbangan nanti feeds-nya jadi malah berantakan, jadi saya pilih 5 hari aja dulu lah. Anggap kayak lagi kerja kantoran juga.

Trus juga bingung mekanisme-nya gimana. Apa mau foto aja? Atau sekalian video masukin YouTube? Pokoknya idenya banyak banget. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk fokus ke IG aja dulu. Kan kebetulan IG lagi punya fitur baru tuh yang namanya IG TV.

Jadi saya akan masukin video ke IG TV, trus hasil fotonya akan bisa dilihat di feeds.

Makeup Challenge

Lalu saya juga pengen materinya gak cuma berhenti di IG aja, makanya saya juga integrasikan dengan blog dan juga YouTube. Sehingga jadilah tulisan ini dan juga video yang kamu bisa lihat di bawah.

Itu dia semua plan-nya. Rapi dan terstruktur. Bahkan saya sudah pegang list tema makeup untuk setiap harinya berkat contekan dari Pinterest.

Baca juga: Peralatan Beauty Blogger & Vlogger

Lalu gimana hasilnya? Nih saya ceritain…

PENGALAMAN MAKEUP CHALLENGE

Di hari pertama saya langsung semangat mandi setelah urus suami berangkat ke kantor. Begitu selesai mandi saya sudah siap-siapin alat shooting di kamar.

Baca juga: Cara Membuat Video di Dalam Kamar

Kalau makeup-nya semua sudah disiapin dari malam sebelumnya. Jadi persiapannya gak lama sama sekali.

Proses makeup challenge hari pertama berjalan lancar. Saya bisa share foto dan video pas jam makan siang. Alhamdulillah responnya cukup memuaskan buat saya walaupun hasil makeupnya sendiri saya masih gak sreg.

Lanjut ke hari kedua prosesnya juga sama cepat. Mungkin karena udah ketemu ritmenya kali ya. Jadi masih bisa sambil ngerjain yang lain.

Eh cuma di sini nih dramanya. Jadi pas mau upload video ke IG TV dan foto ke feeds ternyata uploading-nya lama banget. Bingung banget karena apa, karena sinyal gak masalah. Nunggu sejam dua jam, sampe akhirnya report ke Instagram-nya.

Sampai sore masih gak ada progres. Dua-duanya nyangkut dan gak bisa di delete sama sekali. Padahal udah clear cache, udah force exit, udah restart, semuanya tetep gak bisa. Akhirnya males banget buka IG lagi.

Pas malam saya iseng buka IG lagi ternyata bisa di delete post yang IG TV-nya. Saya delete, trus upload lagi fotonya. Waktu itu bodo amet sih mau ke-upload apa engga. Dan ternyata akhirnya bisa ke-upload. Nyoba upload videonya tetep gak bisa sampe besok pagi harinya.

Di hari ketiga saya males banget bikin konten. Selain karena IG yang tiba-tiba ngajak ribut, plus juga dari semalam saya pusing karena gejala pilek. Sama suami disuruh istirahat aja. Jadilah seharian gak ngapa-ngapain hehehe.

Hari keempat saya masih males bikin video dari kamera. Pas banget BLP Beauty lagi bikin giveaway bikin makeup tutorial untuk di upload di Insta Story. Jadilah saya rekamnya pakai kamera hp. Nanti videonya mau dimasukin ke IG TV apa engga, auk ah! Masih bete sama IG Story 😛

This is my daily look. Here are products that I wear: – @makeover Corrective Base Makeup – @cathydollindonesia AA Matte Powder Cushion 23 Natural Beige – @sariayu_mt Bedak Tabur Kuning Pengantin – @blpbeauty Eye Shadow Pen Copper Brown – @blpbeauty Dual Eye Definer – @maybelline Volume Express Turbo Boost Mascara – @fanbocosmetics Eye Brow Pencil – @blpbeauty Lip Coat Peach Soda – @blpbeauty Lip Coat Burnt Cinnamon . My makeup is complete when I put my glasses on. I prefer to wear it on daily basis. I know it's hard to see my eye makeup through these glasses, so please check the other slide of photo to see it clearly. . I will put the video on my highlights. Now it's your turn to show your makeup with @blpbeauty products. #BLPBeauty #LiaDandan

A post shared by Lia Harahap (@liaharahap_lh) on

Dan sampailah di hari kelima! Inilah hasil makeup saya yang juga saya ceritakan di channel YouTube ini ya. Selamat menonton!


Finally, akhirnya selesai juga makeup challenge ini. Walaupun gagal 1 hari, tapi lumayanlah ya. Biasanya seminggu bisa lho kerjanya cuma sehari, mainnya empat hari hehehe.

Semoga besok-besok bisa dilanjutin bikin makeup-nya. Gak perlu di challenge lagi lah ya. Yang penting belajar makeup lanjut, naikin socmed-nya juga terus, dan pastinya terus tingkatin skill sebagai content creator.

Harus semangat nih, mumpung masih belum punya baby dan udah gak sesibuk pas masih kerja kantoran 😉

3 Comments

  1. Mayuf 07/07/2018
  2. Fanny Fristhika Nila 08/07/2018
    • Lia 10/07/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: