Cardigan: Fashion Item Favorit Sepanjang Masa

Punya fashion item yang paling andalan? Rasanya setiap orang pasti punya ya yang menjadi pilihan untuk membuat penampilan tidak hanya kece tapi juga meningkatkan kepercayaan diri. Saya sendiri memilih cardigan sebagai fashion item yang paling saya sukai bahkan sepanjang masa.

Kenapa sepanjang masa? Karena saya memakainya sudah sejak lama, sekitar 10 tahun lalu ketika kuliah. Pada waktu itu cardigan sedang naik daun dipakai para remaja di Jakarta. Padu padannya adalah cardigan + kaos motif print + jeans + sepatu flats/converse. Rasanya saat pakai setelan seperti itu udah ngerasa paling modis sepanjang jaman (itu).

Dan sampai sekarang saya merasa bahwa pakaian ini pun masih cocok dipadu padankan dengan baju atasan wanita apapun. Terbukti selama saya bekerja maupun ketika pergi ke acara, beberapa kali saya mengenakan cardigan sebagai pelengkap fashion.

Cardigan

ALASAN MENYUKAI CARDIGAN

Ada banyak alasan mengapa saya menyukai pakaian ini. Awalnya saya membeli karena mengikuti mode jaman itu. Kalau tidak salah juga banyak artis-artis Korea yang pakai sebagai luaran baju mereka. Kelihatannya jadi kece dan pastinya fashionable.

Baca juga: Inspirasi Busana Aktris Drama Korea di Tahun 2016

Semakin suka lagi karena harganya cukup terjangkau.

Dulu saya selalu beli di Pasar Mangga Dua yang ada di lantai 5. Sudah harganya murah, bahannya bagus, bahkan awet dipakai sampai 5 tahunan. Tentunya soal warna pasti sudah belel, tapi bahannya sendiri masih enak dipakai.

Selain itu untuk si penyuka hangat seperti saya, cardiganlah penolong di kala cuaca sedang dingin. Terutama saat di dalam ruangan yang ber-AC saya selalu menyiapkan cardigan untuk berjaga-jaga. Pokoknya saya lumayan sering pakai saat ke kantor. Bahkan sudah menjadi ciri khas.

Cardigan

Baca juga: Simple Neutral Color For Office Look

Dan yang pasti mudah dipadu padankan dengan gaya berpakaian yang lain. Malah kita bisa terlihat effortlessly fashionable.

JENIS CARDIGAN

Mungkin teman-teman ada yang bingung dengan cardigan. Saya sendiri mengkategorikannya sebagai outer atau pakaian yang dipakai di luar baju atasan.

Jenisnya juga ada banyak. Mulai dari bahannya yang super tebal dengan bahan wool atau dengan bahan katun, lace, linen, dan masih banyak lagi.

Modelnya pun beragam, dari yang open type, dengan zipper, panjang sampai selutut, dan masih banyak lagi.

Cardigan
Saya membawa cardigan juga saat pergi Umroh.

Kalau saya paling suka yang bentuknya kancing dan panjangnya sampai melewati pinggul dan menutupi pantat. Alasannya adalah dengan gaya seperti ini saya lebih terlihat lebih berisi.

TIPS MEMBELI DAN MERAWAT CARDIGAN

Jadi tertarik membeli cardigan? Ini dia beberapa tip membeli dan merawat yang bisa saya bagikan:

  1. Pilih warna-warna netral ketika pertama kali membeli. Seperti warna hitam, abu-abu, atau biru navy. Warna netral ini mudah dipadu padankan dengan koleksi fashion wanita lainnya.
  2. Gunakan bahan sesuai dengan cuaca. Ketika sedang panas baiknya menggunakan bahan yang tipis. Sebaliknya jika sedang dingin, bisa mengeluarkan koleksi cardigan bahan wool yang ada di lemari.
  3. Agar awet cuci dengan tangan, khususnya untuk yang berbahan wool.

Cardigan

Kira-kira itu tips dan cerita saya tentang fashion item yang selalu menjadi andalan. Bagaimana dengan kalian? Mungkin punya fashion items favorit yang sudah dipakai sejak lama? Share juga yuk 😉

31 thoughts on “Cardigan: Fashion Item Favorit Sepanjang Masa

  1. Kalau saya suka pakai jaket atau sweater. Makanya seneng banget pas sekolah di Bandung jadi bisa punya banyak jaket atau sweater. Tapi karena Jabodetabek panas udah jarang banget dipake. Kayaknya mulai beralih ke cardigan juga, deh 🙂

    1. T-Shirt malah saya sudah mulai mengurangi. Terutama yang ketat. Tapi kalo buat di dalam rumah saya suka pakai T-Shirt gombrong 😀

  2. cardigan emang cocok dipake dengan banyak tema.. kalau saya lebih suka yang gak terlalu panjang sih mba, kalau cewe pake yang ini terlihat lebih cantik

  3. Aku dulu sukaaa bgt pake kardigan ini.. Koleksi banyak berbagai macam warna. T pi sjk nikah ga prnh beli lg krn memang kardigan sbnrnya bikin kita lbh hangat yaa :D. Sementara aku sbnrnya ga kuat kepanasan mbak :p. Makanya skr kardign2 ku baru dipake lg kalo memang sdg traveling k tempat2 dingin.

  4. BEberapa tahun terakhir aku jarang pakai cardigan. Tapi jaman kuliah yang awal dulu emang lg musim banget tuh. Cardigan biasanya jadi solusi praktis cewe2 yang baru berjilbab yang koleksi baju lengan panjangnya masih dikit 😀

  5. Fashion item yg selalu tergoda untuk dibawa pulang hihihi, dan emg warna netral itu aman ke mana2 😀

    Jaket denim jg biasanya jd andalan, langsung oake cusss deh haha

  6. saya juga suka kardigan mba.. 🙂 bisa dipadu padankan dengan baju kaos lengan pendek soalnya, jdi kalau pakai jilbab tuh gak melulu harus pake baju gamis.. pake baju kaos + cardigan juga oke 🙂

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)