Acne Stories Beauty Lia Beauty Talks

Yuk Berteman Dengan Jerawat! Dan Apa Alasannya?

Jika di tahun sebelumnya saya banyak menyebutkan kata “Acne Fighters” sebagai bentuk perlawanan terhadap masalah kulit saya, yaitu jerawat. Maka di tahun ini saya memutuskan untuk berteman dengan jerawat.

Ya, saya serius. Saya ingin berteman dengan jerawat. Bukan memusuhinya seperti yang saya lakukan selama ini.

YAKIN MASIH INGIN MENGHILANGKAN JERAWAT?

Coba deh iseng googling tentang jerawat, maka kalian akan menemukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat. Dari mulai cara menghilangkan jerawat yang alami sampai yang memerlukan treatment dengan harga selangit.

Bahkan ketika saya mencari dengan kata kunci, “cara mengatasi jerawat” tidak ada satupun hasil pencarian di halaman pertama google yang sesuai dengan kata kunci saya. Semuanya malah berisikan tulisan dengan judul “cara menghilangkan jerawat”.

Memang hal ini sangat wajar. Mengingat saya juga pernah berada di masa-masa yang benci sekali melihat wajah saya. Bahkan selama beberapa tahun saya ogah melihat kaca lama-lama. Semuanya karena jerawat.

Berteman Dengan Jerawat

Masa-masa jerawat selalu muncul setiap hari.

Maka dari itu saya juga pernah berada di masa mencari tahu segala cara untuk menghilangkan jerawat.

Tapi sekarang saya memutuskan untuk berteman saja dengan jerawat. Setelah semua perjalanan panjang mengatasi jerawat yang saya alami selama ini.

Akhirnya saya mengambil suatu kesimpulan bahwa memang saya tidak bisa lepas dari jerawat 100%. Ya mau tidak mau harus rela berteman dengannya.

BERTEMAN DENGAN JERAWAT. BAGAIMANA CARANYA?

Kulit saya termasuk kulit yang sensitif. Mudah memerah dan tidak bisa sembarang ganti produk. Maka dari itu saya juga meminimalisir penerimaan pekerjaan yang berhubungan dengan produk skincare.

Selain sensitif, kulit saya juga termasuk ke dalam tipe kulit kering. Uniknya kulit kering ini bisa tiba-tiba menjadi banjir minyak di saat-saat tertentu.

Setelah banyak mencari tahu, misteri kondisi kulit yang bisa berubah-ubah ini ternyata disebabkan karena kulit saya yang dehidrasi. Kulit kering ini jika semakin tidak diberi kelembapan maka akan otomatis memproduksi minyak yang berlebih.

Berteman Dengan Jerawat

Dengan mencoba beberapa produk, saya akhirnya tahu mana produk yang dibutuhkan kulit saya.

Maka dari itu saya berusaha untuk selalu menjaga kelembapan kulit dengan minum air putih yang cukup dan menggunakan produk skincare yang dapat melembapkan kulit dengan baik. Dan dengan ketekunan dan konsistensi pada akhirnya perlahan-lahan tekstur kulit saya semakin membaik.

Sekarang kulit saya mudah sekali diaplikasikan produk makeup. Jarang sekali kulit kering sensitif yang berlebihan apalagi minyak berlebihan. Pokoknya kulit saya sekarang semakin enak deh dilihat dan dirasakannya.

Berteman Dengan Jerawat

Kulit saya pas jerawatan parah (kiri). Kulit kalau lagi tidak ada masalah (kanan).

Dari sini kita sudah mendapatkan satu poin tentang berteman dengan jerawat, yaitu wajib mengetahui kondisi kulit kita sendiri.

Dengan mengetahui kondisi kulit kita sendiri, lama kelamaan kita tidak fokus untuk mencari cara menghilangkan jerawat. Namun kita akan mencari cara untuk memperbaiki kondisi kulit agar menjadi baik sehingga jerawat susah muncul.

Alih-alih menggunakan segala cara yang belum tentu cocok sama kita, justru kita malah fokus dengan cara yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

CEGAH PANIK SAAT JERAWAT DATANG

Lalu apakah dengan begitu jerawat tidak akan muncul sama sekali?

Tentu tidak. Pada kulit saya (yang pada saat ini tentu kondisinya sudah jauh lebih baik) tetap saja masih bisa muncul jerawat.

Dan karena saya mulai menanamkan attitude “Hey, Acne! I’m your friend” jadilah saya tidak merasa pusing atau panik lagi saat jerawat datang.

Pada kasus saya, jerawat muncul karena beberapa situasi yang sudah saya pahami betul.

Pertama, jerawat pasti muncul menjelang haid. Ini yang kita sebut sebagai jerawat hormonal. Kalau jerawat tipe ini sih saya gak bisa apa-apain. Pasrah aja sampai dia kempes sendiri.

Kedua, jerawat yang muncul karena saya sudah kelamaan gak exfoliate. Jerawat ini biasanya muncul kalau saya lagi sering-seringnya pakai makeup, tapi gak di exfoliate.

Ya saya tahu, kalau kita sudah rajin mencuci muka dengan teknik double dan triple cleansing. Tapi exfoliating itu tetap penting karena membantu untuk meregenerasi kulit baru kita. Sekaligus mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk dan menutupi pori-pori kita.

Berteman Dengan Jerawat

Maskeran bisa jadi salah satu cara untuk merawat kulit.

Ketiga, jerawat yang muncul kalau saya dehidrasi lagi. Ini sih saya anggapnya sebagai warning dari tubuh kalau saya kekurangan minum air putih.

See, dengan pengalaman dan pengamatan saya semakin mudah mengenali masalah kulit. Tidak perlu panik lagi karena saya juga tahu bagaimana cara mengatasinya.

Ada dua cara mengatasi masalah jerawat yang sudah terlanjur muncul:

Yang pertama adalah Cover. Yaitu menutupi jerawat atau bekas jerawat yang muncul dengan menggunakan kosmetik. Jaman sekarang ada banyak cara dan juga produk kosmetik yang mampu menutupi kekurangan kulit.

Menurut saya sah-sah saja menggunakan kosmetik untuk menutupi jerawat. Asal tetap rajin dan bersih membersihkannya.

Selain menutupi dengan kosmetik, kalian juga bisa menggunakan Acne Patch untuk mencegah tangan usil memegang jerawat yang sedang meradang.

Berteman Dengan Jerawat

Cara kedua adalah dengan Heal atau mengobati. Ya kalau sudah terlanjur muncul tetap harus diobati dong. Mengobati jerawat bisa dengan berbagai macam Acne Treatment.

Saya sendiri lebih suka menggunakan gel acne andalan saya, Verile. Baca juga cara pengaplikasian Verile Acne Gel pada YouTube Channel saya ya.

SUDAH YAKIN BISA BERTEMAN DENGAN JERAWAT?

Bagaimana? Yakin bisa berteman dengan jerawat?

Kalau saya sih prinsipnya jerawat itu sebaiknya jangan dimusuhi. Justru didekati dan dikenali penyebabnya.

Bayangin deh kalau kalian musuhin jerawat dengan melakukan treatment ekstrem setiap kali jerawat datang. Belum lagi gak sabar ganti cara dalam waktu singkat. Yang ada kulit bingung dan makin marah aja. Marahnya gak tanggung-tanggung, pakai ngeluarin jerawat bahkan iritasi segala lagi. Nyesel kan?

Dengan tetap sabar dan cuek (karena udah tau cara mengakalinya), saya yakin jerawat bukan jadi masalah besar buat kita. Lihat deh si Kendall Jenner aja cuek foto di atas red carpet dengan banyak kamera yang mengambil gambarnya dengan wajah berjerawat. So what gitu?

Berteman Dengan Jerawat

Di foto ini sebenarnya jerawat saya masih terlihat. But who cares?

Coba deh tanya ke orang terdekat kalian, biasanya mereka gak terlalu peduli kok sama jerawat kita. Paling awalnya cuma komentar sedikit soal jerawat. Tapi selanjutnya biasa aja, karena ya jerawat itu hal yang biasa kok.

Jadi, mulai sekarang kita berteman dengan jerawat yaaa! 🙂

26 Comments

  1. Mydaypack 16/01/2018
    • Lia 17/01/2018
  2. Turis Cantik 17/01/2018
    • Lia 17/01/2018
  3. Grace Melia 17/01/2018
    • Lia 17/01/2018
  4. Zeilla Mutia Devi 17/01/2018
    • Lia 17/01/2018
  5. Oline 17/01/2018
  6. Ratna Dewi 17/01/2018
    • Lia 17/01/2018
  7. Hastira 18/01/2018
    • Lia 22/01/2018
  8. Edwina Hidayah 18/01/2018
    • Lia 22/01/2018
  9. maolana 22/01/2018
    • Lia 25/01/2018
  10. nafsularfinda 23/01/2018
    • Lia 23/01/2018
      • nafsularfinda 24/01/2018
    • Lia 12/02/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: