Work Work Work

Halo! Selamat Pagi dan Selamat Hari Senin!

Setiap Hari Senin saya selalu bertanya kenapa saya harus ada di sini lagi ya? Duduk di depan komputer dan bingung harus mulai dari mana untuk memulai pekerjaan. Yang pada intinya sih lebih ke arah gak semangat. 
Pekerjaan saya memang hanya 20%-nya melakukan rutinitas, sisanya membutuhkan banyak ide. Tidak jarang, kalo lagi buntu saya suka kesel dan marah sendiri. Ujung-ujungnya pengen buka Jobstreet… Eh, maksudnya pengen liburan. Hahahaha.
Di akhir minggu kemarin, saya scroll timeline Feedly. Ada dua blog post dari Alodita dan RocknRoll Mommy. Dan dua-duanya memiliki kesamaan. Yaitu soal kerjaan.
Yuk, luangkan sejenak waktu untuk membaca blog post mereka. Untuk tulisan Mbak Lita di SINI, dan dilanjutkan dengan tulisan Mbak Andra di SINI.
Pada tulisan Mbak Lita, saya diingatkan dengan kenyataan bahwa memang kerja buat cari uang. Uang ya buat kita hidup. Kalo gak kerja ya gak punya uang dan bisa hidup. 
Tapi ternyata ada hal lain tentang bekerja yang lebih penting dari uang. Dan tentunya kerja kalo kita cuma mikirin uangnya doang, pasti gak bakalan enjoy deh. Ada 3 hal yang disebutin Mbak Lita soal hal-hal penting dalam pekerjaan, yaitu:
Kesesuaian Minat
Jujur untuk yang satu ini saya masih bimbang dan ragu. Sering banget nanya sama diri sendiri, ini minat saya gak sih? Padahal rasanya kayaknya bakalan jadi enak banget kalo kerja sesuai sama minta. Gak berasa kerja, malah kayak lagi main aja.
Dulu di kantor saya yang pertama banyak ilustrator-ilustrator yang digaji untuk gambar. Yaaa.. Gak pure gambar juga sih, mereka juga gak diijinkan sembarang gambar untuk kerjaan. Mereka tetep harus mikir gimana caranya pesan dari produk bisa tersampaikan pada gambar itu. Tapi kalo saya tanya mereka seneng gak kerjanya? Jawabannya seneng-seneng aja tuh, apalagi kalo bisa dibawa ke luar negeri. Hahahaha!
Tantangan
Ini juga yang belakangan ini saya rasain. Kok berasa kerja flat aja ya. Cuma rutinitas saja. Sampai akhirnya kakak sepupu saya yang dicurhatin masalah kerjaan bilang kalo saya mungkin cuma ngerasa gak ada tantangan. Jadinya berasa cepat bosan. Saran dari dia adalah untuk ambil kesempatan-kesempatan yang gak pernah kebayang sebelumnya. Siapa tau bisa menaikkan kualitas kita dan juga tentunya kerja juga lebih gak terasa boring.
Ilmu
Dari kedua hal penting di atas, menurut saya ini sih yang paling penting setelah minat. Kenapa? Ya kalo gak dapet ilmu apa-apa saya ngerasa otak saya akan segitu-segitu saja. Mau coba ngelamar di tempat lain juga mungkin udah kalah set sama orang lain. 
Nahh setelah dari baca blog Mbak Lita tersebut, eh pas banget saya baca blognya Mbak Andra tentang kerja yang produktif. Di antara semuanya langkah-langkah produktif yang disebutkan, hampir semuanya sudah saya lakukan. 
Ya, setelah merasakan Work Hard, Play Hard pada masa-masa baru pertama kerja, sekarang saya lebih suka pola kerja Work Smart, Play Hard! Hehehehe. Iyalah, bukan lagi saatnya saya kerjain apa saja yang bahkan bukan kerjaan saya. Bukan berarti menolak pekerjaan ya. Mungkin lebih ke arah, tahu kapasitas diri. Kerjaan yang akan menjauhkan saya dengan keluarga, orang terdekat, bahkan untuk pribadi sendiri is a big no no.
Saya juga senang di kantor saya sekarang hari Sabtu dan Minggu benar-benar libur. Jadi saya masih punya waktu untuk blogging, ketemu teman, dan juga kumpul dengan keluarga.
Balik lagi ke masalah kejenuhan dan ketidak semangatan saya di Senin pagi ini, saya sendiri juga tidak tau kenapa. Mungkinkah pekerjaan saya sekarang (terlepas dari semua hal-hal positif dan mengenakkan dibandingkan pekerjaan saya sebelumnya) belum minat saya? 
Saya bilang belum, karena saya percaya masih ada kemungkinan walaupun 0,1% kalau nantinya akan jadi minat saya. Jika akhirnya pun bukan, semoga saya dipertemukan dengan pekerjaan yang benar-benar saya minati dan sukai. Amiennn!
Yak, mari kita mulai pekerjaan hari ini dengan semangat teman-teman! Selamat bekerja. Happy Monday!
Ps: dari hati kecil, kepengen juga kerja cuma 4 jam sehari kayak Mbak Andra… Hihihihi 😀

4 thoughts on “Work Work Work

  1. Iyaaa Mbak Mia, aku juga mau kalo cuma 4 jam sehari sisanya urus rumah tapi tetep punya penghasilan sendiri hihihi.

    Betul Mbak. Aku lagi bosen banget nih soalnya 😀

  2. Sejujurnyaaaaa… Saya sudah dua hari gak masuk kerja karena banjir, Mbak Yeye hihihi. Tapi memang perasaannya gitu terus kalo setiap Senin huhuhu.

    Terima kasih yaaa 🙂

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)