Beauty Skincare Essentials

Urutan Pemakaian Skincare Untuk Pemula [Part 2]

Setelah kita membahas tentang skincare untuk pemula di post sebelumnya, sekarang saya akan kasih tahu bagaimana urutan pemakaian skincare.

Di bagian ini sebenarnya kita akan meletakkan urutan-urutan jenis produk skincare yang kemarin sudah saya sebutkan.

Lalu kenapa sih dipakainya berurutan?

Setiap produk itu memiliki fungsi masing-masing. Teksturnya pun berbeda-beda. Agar penggunaannya maksimal, maka harus diaplikasikan ke wajah sesuai dengan urutannya yang benar.

Namun urutan yang saya sebutkan di bawah nanti bukanlah urutan yang mutlak. Karena kalian masih boleh melewati tahapan yang dirasa tidak perlu.

Supaya gak bingung langsung kita mulai saja ya urutannya.

URUTAN PEMAKAIAN SKINCARE

Membersihkan Wajah

Urutan Menggunakan Skincare

Pada tahapan ini fungsinya adalah membersihkan kotoran dan minyak yang menempel pada wajah. Jika kotoran tidak dibersihkan dengan baik maka akan bisa menutup pori-pori atau tidak memaksimalkan kinerja produk selanjutnya.

Produk membersihkan wajah ada banyak. Kalian bisa gunakan sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Dan kalau kalian ingin membersihkan wajah yang telah menggunakan makeup dan sunscreen, maka ada dua tahapan membersihkan wajah yang harus dilalui.

Berikut adalah beberapa jenis pembersih wajah tahapan pertama:

  • Cleansing Oil
  • Micellar Water
  • Cleansing Milk
  • Cleansing Balm
  • Cleansing Wipes

Jenis pembersih wajah ini tidak perlu dipakai semuanya. Masing-masing teksturnya berbeda, sehingga baik digunakan pada kondisi kulit yang berbeda. Biasanya pada produk sudah diinformasikan untuk tipe kulit seperti apa.

Catatan tambahan juga, bahwa jenis pembersih wajah di atas hanya digunakan pada kulit wajah saja ya. Untuk membersihkan riasan mata dan bibir saya sarankan menggunakan pembersih khusus untuk mata dan bibir.

 

Urutan Menggunakan Skincare

Lalu dilanjutkan dengan tahapan kedua, yaitu dengan facial wash.

Biasanya saat tidak menggunakan makeup seperti di pagi hari, saya hanya menggunakan facial wash saja.

Menggunakan Toner

Urutan Pemakaian Skincare

Saat membersihkan wajah dengan sabun, maka kadar air dan kelembapan di kulit berkurang. Maka dari itu harus segera dinetralkan dengan menggunakan toner. Toner yang dimaksudkan di sini adalah hydrating toner.

Lalu apa bedanya dengan exfoliator toner?

Exfoliator toner berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang biasanya menumpuk pada kulit. Penggunaanya adalah setelah menggunakan facial wash dan sebelum menggunakan hydrating toner. Tapi penggunaannya sebaiknya jangan setiap hari, kecuali ada klaim dari produk bahwa aman digunakan setiap hari.

Untuk hydrating toner saya biasanya menggunakan Hada Labo Moisturizing Lotion yang pemakaiannya hanya ditepuk-tepukkan ke wajah saja.

Memakai Pelembap

Urutan Pemakaian Skincare

Membeli travel kit bisa lebih aman saat ingin mencari produk skin care yang cocok buat kulit.

Dalam keadaan kulit yang sudah terhidrasi dengan baik kita harus segera buru-buru menguncinya dengan menggunakan pelembap. Hal ini dilakukan agar kulit selalu terjaga kelembapannya.

Ada yang menganggap bahwa kulit berminyak tidak perlu menggunakan pelembap. Padahal semua kulit wajib menggunakan pelembap. Karena dikhawatirkan jika kulit berminyak tidak diberikan pelembap, maka kulit akan berpikir kalau sedang kekurangan kelembapan, sehingga akan memproduksi minyak lebih banyak.

Lalu banyak juga yang bilang kalau pelembap bikin kulit jerawatan.

Kalau menurut saya sebenarnya faktornya ada berbagai macam. Bisa jadi ada ingredients yang gak cocok. Atau penggunaan tekstur moisturizer yang gak sesuai dengan jenis kulit.

Menurut pengalaman saya, kulit saya yang kering sekali ini perlu pelembap yang pekat. Sebaliknya jika kulit berminyak maka cari pelembap yang teksturnya ringan seperti gel.

Pemakaiannya pun sesuai area muka saja. Jangan berlebihan dan kekurangan.

Menggunakan Sunscreen

Urutan Pemakaian Skincare

Jika kita akan ada rencana keluar rumah dan terpapar matahari (naik ojek dan di dalam mobil juga terpapar matahari lho), maka menggunakan sunscreen adalah wajib hukumnya.

Tidak menggunakan sunscreen hanya akan mempercepat tumbuhnya dark spot pada kulit. Sebaiknya mencari sunscreen yang sesuai dengan perkiraan berapa lama wajah akan terpapar matahari.

Pastikan menggunakan ke seluruh area yang terbuka ya. Biasanya area leher adalah area yang mudah terlupakan.

Rangkuman twit saya tentang Sunscreen bisa dibaca di link ini ya.


Sudah kebayang gimana urutan pemakaian skincare-nya kan? Mending diterapkan dulu yang ini, nanti baru pelan-pelan tambah skincare lainnya yang lebih banyak seperti serum, ampole, dan kawan-kawannya.

Oh iya, urutan pemakaian skincare di atas adalah urutan di pagi hari. Sedangkan saat malam hari sama urutannya, hanya yang membedakan adalah:

  • Pagi hari tidak usah pakai pembersih wajah tahapan pertama.
  • Malam hari tidak usah pakai sunscreen. Gantinya kalau engga pelembap atau night cream. Biasanya night cream kadar kelembapannya lebih banyak dan ada kandungan yang gak boleh terpapar oleh sinar matahari. Jadi jangan dibolak-balik ya pemakaiannya.

Oh iya simak juga video cara menggunakan skincare yang saya dapat dari beauty class Puspita Martha beberapa waktu yang lalu. Ini caranya sama, tapi kurang pakai pelembap dan sunscreen aja.

Semoga bermanfaat ya 🙂

6 Comments

  1. Pink Traveler 27/11/2017
    • Lia 30/11/2017
  2. dwi sari 28/11/2017
    • Lia 30/11/2017
  3. nia nastiti 28/11/2017
    • Lia 30/11/2017

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: