Beauty Beauty How-To

Tips Merawat Bibir Kering Selama Puasa

Di bulan puasa kali ini adalah tahun pertama saya menjadi full time ibu rumah tangga (walaupun belom jadi ibu sih hihihi) yang full mengurus suami. Dan gak disangka-sangka ternyata sama sibuknya seperti waktu masih kerja kantoran.

Satu hal yang paling berasa saat puasa kali ini adalah berada di rumah seharian ternyata sumpek banget ya. Plus cuaca di Jakarta lagi panas-panasnya. Berbeda waktu pas ngantor, saya gak pernah ngerasain kepanasan karena selalu berada di dalam ruangan ber-ac.

Tapi, mau di ruangan tanpa atau dengan ac saya sadar banget ada satu hal yang cukup mengganggu selama puasa ini. Masalah ini adalah bibir kering.

TIPS MERAWAT BIBIR KERING SELAMA PUASA

Bibir kering ini mudah sekali muncul ketika kondisi tubuh yang kekurangan air. Khususnya pada saat puasa bibir kering ini bisa terjadi karena seharian kita gak bisa minum.

Di sini saya akan share tips merawat bibir kering selama puasa. Semoga bisa bermanfaat buat yang membutuhkan. Selamat membaca ya!

MELAKUKAN EKSFOLIASI

Cara Merawat Bibir Kering dengan Eksfoliasi

Tidak hanya kulit saja yang harus di eksfoliasi, tapi bibir juga perlu. Coba bayangkan berapa banyak makanan dan minuman yang masuk ke mulut dan melewati bibir. Belum lagi kita yang hobi pakai lipstick matte, kebayangkan berapa banyak kotoran yang mungkin saja terlewat saat dibersihkan.

Eksfoliasi ini biasanya saya lakukan seminggu maksimal 2 kali saja. Bisa dengan menggunakan lip scrub atau versi naturalnya dengan gula. Bersihkan bibir dengan gerakan yang halus dan satu arah sesuai dengan arah bibir.

Kalau ternyata bibir sudah terlanjur kering, saya biasanya melakukan eksfoliasi dengan bantuan sikat gigi. Jadi setelah menggosok gigi saya menggosok perlahan bibir dengan menggunakan sikat gigi. Dengan kondisi basah seperti ini bibir jadi dalam keadaan yang mudah digosok.

Saya juga suka dengan efek setelahnya yang berwarna kemerahan akibat gerakan yang dapat memperlancar peredaran darah di bibir.

SELALU MENGGUNAKAN LIP BALM

Produk Kecantikan Yang Wajib Digunakan Saat Puasa

Sama seperti kulit, bibir juga perlu produk yang bisa mempertahankan kelembapannya. Lip balm ini biasa saya pakai beberapa saat sebelum menggunakan lipstick.

Dan pada saat malam hari biasanya saya pakai lip balm dengan jumlah yang lebih banyak daripada biasanya. Keesokan paginya pun bibir sudah menjadi lebih lembap.

Pilihlah lip balm yang tidak hanya asal memberikan tekstur yang basah saja, tapi harus cari yang benar-benar bisa melembapkan.

MENGHAPUS LIPSTICK DENGAN CARA YANG BENAR

Beberapa kali saya mengikuti beauty class, para instrukturnya selalu mengajarkan cara menghapus lipstick dengan cara yang benar.

Yang benar itu adalah tidak menggosok-gosok kasar dan juga menggunakan produk yang khusus menghapus riasan bibir.

Cara membersihkan lipstick yang saya ketahui adalah selalu menghapus ke arah dalam bibir. Caranya sudah pernah saya share di YouTube channel ini. Silahkan disimak ya!

PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Cara Merawat Bibir Kering dengan Minum Air Putih

Bisa dibilang air putih itu segalanya buat saya yang punya kulit kering. Pokoknya kalo kurang air putih aja pasti ada aja masalahnya.

Apalagi saat puasa gini harus pintar-pintar mengatur bagaimana caranya supaya kebutuhan air minum setiap harinya dapat terpenuhi.

Saya biasanya mengaturnya dengan minum 2 gelas pada saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, lalu sisanya dicicil sepanjang malam. Kalau kalian suka pergi tarawih jangan lupa bawa botol minum juga ya!

TIDAK BOLEH MENJILAT ATAU MENARIK KULIT KERING BIBIR

Bagi yang punya kebiasaan jelek seperti menjilat bibir atau menarik kulit kering bibir sebaiknya dihentikan karena kalian akan benar-benar rugi.

Semakin bibir dijilat justru akan semakin membuat bibir menjadi kering. Apalagi kalau kulit keringnya ditarik-tarik malah akan membuat luka di bibir.

Saran saya adalah gunakan lip balm agar tidak ada kesempatan sedikitpun buat bibir menjadi kering.


Semua tips saya di atas tentang cara merawat bibir kering selama puasa sudah saya ceritakan juga di YouTube. Silahkan mampir ya 🙂

Walaupun saya menuliskan tips ini bersamaan dengan waktu puasa, tapi semua tips ini sangat bisa diaplikasikan di hari-hari biasa.

Selamat mencoba ya!

17 Comments

  1. nianastiti 18/05/2018
    • Lia 20/05/2018
  2. Deddy Huang 18/05/2018
    • Lia 20/05/2018
  3. Tetty Hermawati 19/05/2018
    • Lia 20/05/2018
  4. Lelly 20/05/2018
    • Lia 22/05/2018
  5. Ratna Dewi 20/05/2018
    • Lia 22/05/2018
  6. Diah 21/05/2018
    • Lia 22/05/2018
  7. Hans 21/05/2018
    • Lia 22/05/2018
  8. jessmite 22/05/2018
    • Lia 22/05/2018
      • jessmite 23/05/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: