Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Menjadi Blogpreneur

Salah satu hal yang mengasyikkan saat berpuasa adalah melakukan aktivitas yang positif. Seperti beberapa minggu yang lalu saya menghadiri acara Blogger Bukber bersama CNI dengan tema “How To Be A Blogpreneur”.

Jujur saja, kata “Blogpreneur” lah yang memikat hati saya dan mengajukan diri untuk dapat hadir ke dalam acara tersebut.

Siapa sih yang gak mau? Ada buka puasa gratis, ada kompetisinya, dan yang paling penting adalah bisa kenalan sama teman-teman blogger yang selama ini hanya bersua di dunia maya saja.

BLOGGER BUKBER WITH CNI

Acara dimulai dengan sambutan MC dari CNI. Ini merupakan kali pertama saya datang ke acara CNI.

Sebenarnya apa sih CNI itu?

CNI adalah PT. Citra Nusa Insan Cemerlang yang sudah menjalankan bisnis produk makanan dan minuman kesehatan di Indonesia selama 30 tahun.

Tidak hanya itu, CNI juga menjual produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan peralatan pertanian.

Dengan memiliki standar Hazard’s Analysis Critical Control Point (HACCP) & Cara Pembuatan Obat yang Baik ((P013), maka konsumen tidak perlu ragu lagi menggunakan produk-produk dari CNI. Bahkan produknya sudah di ekspor ke luar negeri lho.

Gerai CNI

Sekarang produk CNI bisa dibeli melalui toko online mereka yaitu Gerai CNI. Barang dapat dibeli dengan mudah dan cara pembayarannya pun bisa melalui transfer ataupun kredit. Baca dahulu tata cara berbelanja untuk memudahkan transaksi.

CARA MENJADI BLOGPRENEUR

Sesi yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Ani Berta atau yang sering dipanggil Teh Ani akan mengisi materi cara menjadi Blogpreneur.

Memang sebenarnya materi yang disampaikan mungkin sebagian orang sudah tahu. Namun belum semua orang melaksanakan. Sehingga perlunya diingatkan kembali hal-hal yang perlu diperhatikan menjadi Blogpreneur.

Eits sebentar, dari tadi saya sebut blogpreneur melulu. Sudah pada paham kan blogpreneur itu apa?

Kalau menurut pemahaman saya adalah penggabungan dua kata Blog dan Entrepreneur yang memiliki arti berwirausaha melalui blog. Atau juga yang sedang dijalankan oleh Teh Ani sampai sekarang.

Mungkin ada beberapa yang tidak tahu kalau Teh Ani ini dulunya pekerja kantoran dan bergerak di bidang keuangan? Kaget gak sih sekarang banting setir menjadi blogger?

Menurut Teh Ani sebenarnya siapapun bisa menjadi blogger. Mau orang kantoran, anak sekolah, ibu rumah tangga, atau siapapun. Tapi yang harus dimiliki semua orang yang ingin menjadi blogger adalah modal atau pondasi yang kuat. Yuk kita bahas satu-satu.

Cara Menjadi Blogpreneur

MODAL DASAR MENJADI BLOGGER

SKILL

Saya setuju bahwa skill (kemampuan) itu merupakan modal yang paling besar yang harus dimiliki seseorang saat menjadi blogger. Skill di sini maksudnya adalah kemampuan menulis dan juga mengoperasikan internet dan juga platform blog.

Namun menurut saya dibalik skill itu tentunya juga harus punya will (kemauan).

Sedikit cerita tentang beberapa teman bahkan saudara saya yang “silau” akan beberapa privilege yang saya dapat dari blogger. Tidak jarang mereka berbondong-bondong menanyakan bagaimana caranya menjadi blogger?

Hal yang pertama saya tanyakan adalah, “kamu suka nulis ga?”

Dan jawabannya sih sudah bisa saya tebak. Rata-rata hanya karena melihat bagian menyenangkannya saja tentang blogger. Padahal banyak yang gak punya kemampuan bahkan juga kemauan untuk menulis.

Jadi pikirkan baik-baik ya!

HAK CIPTA AKUN

Mulailah membuat blog di platform yang kalian mengerti. Sekarang sudah ada wordpress, blogspot, dan masih banyak platform lainnya. Pelajari dan cari tahu mana yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Ini penting! Mana ada blogger yang gak punya blog. Hehehehe.

Selanjutnya adalah membuat akun media sosial. Sekarang media sosial cukup bersinergi dengan blog karena menjadi sarana promosi blog. Tidak jarang juga brand menawarkan kerja sama tulisan di blog dan juga promosi di media sosial.

Media sosial yang harus sudah dimiliki antara lain, Facebook Fan Page, Twitter, Instagram, dan yang sekarang lagi ngetren YouTube.

INVENTARIS

Jika kalian sudah mulai serius terjun di dunia blogging, maka inventaris merupakan hal yang wajib dipenuhi agar kinerja kita sebagai blogger tetap baik.

Inventaris di sini adalah seperti laptop, jaringan internet, kamera, smartphone, tripod, tongsis, power bank, voice recorder, dan aplikasi edit foto dan video.

Bener juga ya, kalau mau jadi blogger profesional harus lengkap dong perlengkapannya. Biar kualitas blognya semakin tambah bagus ya 🙂

RAIH PELUANG MENULIS KONTEN KESEHATAN

Nah, sudah tahu dasarnya sekarang ayo mulai menulis. Di sesi selanjutnya ada Mbak Haya Aliya Zaki yang dikenal akan kemampuannya menulis konten kesehatan. Hal ini wajar karena memang Mbak Haya memiliki latar belakang apoteker dan farmasi.

Cara Menjadi Blogpreneur

Tapi gak selamanya yang mempunyai latar belakang “agak berat” seperti itu lho yang bisa menulis konten kesehatan. Bahkan nama saya sempat disebut oleh Mbak Haya sebagai contoh ketika saya menulis tulisan tentang skin care. Aih, senangnya Mbak Haya notice tulisan saya 🙂

Di acara kemarin juga Mbak Haya bilang bahwa permintaan penulisan akan tema kesehatan akan semakin banyak. Maka bisa menjadi peluang buat para blogger.

Maka dari itu perlu perhatikan beberapa hal ini ya jika ingin menjadi blogger yang menulis konten kesehatan.

  1. Harus punya passion dalam menulis konten kesehatan. Kalau tips dari saya sih bisa mulai menulis dari hal yang berkaitan dengan diri sendiri. Seperti saya menulis tulisan tentang jerawat, karena saya mengalaminya sendiri.
  2. Buat personal branding. Misalnya memposting aktivitas olahraga seperti Mbak Zata atau Kak Adel. Dengan sendirinya lingkungan akan mengasosiasikan kesehatan dengan kita. Tapi ingat, jangan maksain posting tentang yoga ya kalau gak bisa yoga. Hihihihi.
  3. Berpartisipasi sebagai content writer di website kesehatan. Atau mengikuti acara kesehatan dan komunitas. Terakhir saya mengikuti acara fun walk dari Sari Husada yang sudah lama sekali. Semoga lain kali bisa ikutan acara serupa.
  4. Pentingnya networking. Seperti gabung dalam komunitas, kenalan dengan sesama blogger, klien, agensi, atau siapapun. Buat kartu nama dan jangan ragu membagikan kepada orang yang tepat.
  5. Optimalkan media sosial untuk mempromosikan tulisanmu.

KEJUTAN MANIS DARI WINDY GHEMARY

Acara sempat terhenti karena saatnya berbuka puasa. Kami boleh memilih salah satu dari tiga menu yang dihidangkan oleh Casadina Kitchen & Bakery. Dan menu yang saya pilih adalah Lasagna yang enakkkk banget 😀

Casadina Kitchen & Bakery

Dan tiba-tiba di belakang saya sudah ada perempuan cantik rambut panjang pakai baju putih. Bukannn, bukan si miss yang nyeremin itu. Tapi ini si cantik Windy Ghemary.

Windy Ghemary

Ternyata Windy menyempatkan diri untuk silahturahmi bersama teman-teman blogger dan sempat menyumbangkan lagu walaupun suaranya lagi serek katanya. Hehehehe. Tapi kami tetap #masihmencintamu kok, Neng 😀


Itu dia rangkuman ilmu yang saya dapat tentang blogpreneur di acara bersama CNI kemarin. Semoga ilmunya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari ya.

Dan semoga juga jalan menjadi blogpreneur dimudahkan dan sesuai dengan harapan yaaa 🙂 Amien.

33 thoughts on “Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Menjadi Blogpreneur

  1. Aih, makasih banyak ya Lia buat ilmunya… 🙂 Ternyata jadi boggerpeneur gak sesederhana kelihatannya ya. Butuh kerja keras memang.

  2. Aku termasuk salah satu dari orang yg tertarik dr kesuksesan blogger2 senior.. hhee
    Makanya meniatkan untuk terus belajar biar bisa konsisten juga didunia perblog-an.

    1. Ah,, iya ya. Aku tulis blogpreneur habisnya keinget entrepreneur. Hmmm.. Aku pun tak tahu jawabannya huhuhu.

      Awww jangan WIL dooonks 😀

  3. Yes yes yes, BRANDING! Betapa pentingnya branding ya, jado brand juga tau identitas kita dan gampang “hire” kita hihihi. Senengnya bisa denger pengajaran mba Haya dan eda Ani ahhhh senanggg.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)