Beauty Lia Beauty Talks

Tips Belanja Kosmetik Dan Skincare Anti Boros

Pernah gak impulsif beli produk kecantikan hanya karena abis lihat beauty influencer kesayangan nge-review produk baru? Besok-besok jangan yah, karena habis ini saya akan kasihย tips belanja kosmetik dan skincare agar tidak boros apalagi produknya nanti terbuang sia-sia ๐Ÿ™‚

TIPS BELANJA KOSMETIK DAN SKINCARE ANTI BOROS

Tips ini saya buat sendiri berdasarkan pengalaman yang gampang banget “terayu” iklan dan promo dari suatu produk. Apalagi kalau promonya itu intensif banget dan temen-temen blogger lainnya juga rame-rame mencoba dan review produknya.

Sebenarnya gak ada yang salah sih dengan membeli produk kecantikan akibat melihat review atau promosi seseorang. Cuma yang sering saya alami adalah produk yang berakhir di meja rias diam tanpa tersentuh selamanya.

tips belanja kosmetik dan skincare anti boros

Punya produk yang sesuai kebutuhan juga bisa buat meja rias lebih rapi lho. Ini contoh meja rias yang gak rapi. Hehehehe.

Setelah saya teliti dan cari tahu ternyata kesalahannya adalah kurangnya riset dan sikap “mudah lapar mata” yang berujungย  pada rasa penyesalan karena telah mengeluarkan uang untuk produk yang sebenarnya tidak saya butuhkan.

Dari situ saya belajar banyak hal dan akhirnya menemukan formula yang tepat untuk belanja kosmetik dan skincare. Seperti apa tipsnya? Silakan dibaca ya:

MENGIDENTIFIKASI KEBUTUHAN ATAU MASALAH KULIT

Hal paling mendasar dari segala rencana apapun di dunia ini adalah kalimat sakti dari financial planner terkenal Ligwina Hananto, yaitu:

Tujuan lo apa?”

Ibaratnya kalau mau beli produk kosmetik harus tau dulu lagi butuh kosmetik yang seperti apa? Mau cari produk buat nutupin bekas jerawat? Ya belinya high coverage foundation atau concealer.

Begitupula untuk kebutuhan skincare. Lihat dulu lagi butuhnya apa buat kulit? Diluar dari produk skincare dasar yang sebaiknya dimiliki, terkadang ada lagi kebutuhan-kebutuhan tambahan seperti serum, essence, eye cream, dll.

Jadi perlu diingat saat nanti ada iklan produk terbaru yang masif sekali beredar di dunia maya, kalian harus pikirkan kembali apakah butuh produk tersebut atau tidak.

Kalau tidak, sudah tutup info produk tersebut. Jangan sampai ngeliatinnya kelamaan, nanti malah jadi kepengen dan terbayang-bayang sampe kebawa mimpi.

Tapi kalau memang ternyata beneran butuh, maka harus ikutin tips selanjutnya.

CARI REVIEW PRODUK TERSEBUT

Kita sudah tau bahwa produk ini memang benar-benar kita butuhkan. Sekarang harus cari tau tuh review produknya dulu.

Baca juga: Produk Skincare Rekomendasi Beauty Blogger

Review produk bisa dilihat di blog, youtube, akun-akun yang menyediakan kolom review seperti Female Daily dan Sociolla, atau bisa juga bertanya pada teman yang sudah menggunakan produk tersebut.

Mungkin sebagian akan bertanya dimanakah mencari review yang jujur tentang suatu produk kecantikan? Apakah berarti harus cari review produk yang benar-benar dibeli sendiri oleh penulisnya?

Jawabannya adalah tidak selalu.

Menurut saya untuk mencari sebuah review produk kecantikan yang baik adalah kamu perlu mencari reviewer yang bisa menggambarkan produk dengan jelas sehingga tau bahwa siapa saja (atau tipe kulit seperti apa saja) yang bisa menggunakan produk tersebut.

Reviewer yang baik juga mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk.

Kelebihan dan kekurangan produk kecantikan itu sifatnya memang subjektif, tapi jika reviewer bisa kasih tau solusi dari kekurangan tersebut atau kepada siapakah produk tersebut tepat digunakan, maka itulah reviewer yang kamu butuhkan informasinya.

Bingung?

Saya contohkan aja ya. Misalnya reviewer A sedang mereview produk cleansing gel produk ABC. Ternyata produk ABC ini tidak cocok di reviewer A. Setelah dicek, ternyata memang reviewer A memiliki kulit yang kering. Sehingga produk cleansing gel produk ABC tidak cocok di kulitnya. Reviewer A menambahkan bahwa produk ABC ini tidak cocok untuk kulitnya, mungkin tipe kulit yang cocok untuk produk ABC adalah kulit yang berminyak.

Kalau masih belum jelas, bisa baca tulisan Iva Asih tentang cara menuliskan review produk kecantikan yang baik. Tulisannya bisa juga kita aplikasikan juga sebagai pembaca review yang sedang mencari review yang baik ya.

Balik lagi ke kebutuhan review produk yang sesuai dengan kebutuhan kita untuk membeli produk kecantikan. Maka carilah reviewer yang sesuai dengan informasi yang ingin kita cari.

Carilah review sebanyak-banyaknya sampai kamu puas akan informasi yang dibutuhkan.

CARI ALTERNATIF PRODUK DENGAN BRAND LAIN ATAU JENIS YANG LAIN

Jika review yang kamu dapatkan tidak memuaskan atau tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, cobalah cari alternatif produk lain yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sama seperti cara sebelumnya, carilah review dari produk tersebut untuk meyakinkan bahwa ini adalah produk yang kamu butuhkan.

LAKUKAN PEMBELIAN

Pada tahap pembelian ini saya akan membagi tips belanja kosmetik dan skincare anti boros dalam beberapa macam, yaitu:

  • Jika masih ragu dan harga produk yang dibeli cukup mahal maka bisa melakukan pembelian dalam jumlah sedikit atau size terkecil. Biasanya juga ada toko atau online shop yang menjual dalam ukuran sample size.
  • Jika masih ragu bisa langsung datang ke counter produk untuk berkonsultasi dengan beauty advisor-nya. Ingat, jangan mudah terayu ya. Tanyakan dengan jelas dan kritis. BA yang tidak menjawab dengan memuaskan perlu dicurigai. Untuk makeup, kamu juga bisa coba sample-nya terlebih dahulu untuk menemukan warna yang diinginkan.
  • Kalian bisa compare harga produk dari e-commerce atau online shop terpercaya dengan harga di counter. Biasanya harga melalui e-commerce bisa lebih murah (karena ada promo, dsb) dan juga mencegah kita dari pembelian produk lain akibat terayu sang BA hehehehe.
  • Kalau sudah repurchase produk berkali-kali, perhatikan kapan brand tersebut melakukan promosi seperti turun harga, buy 1 get 1, dan lainnya. Atau bisa juga menjadi member brand tersebut untuk mengetahui promo lebih up to date.

tips belanja kosmetik dan skincare anti boros

Itu dia tips belanja kosmetik dan skincare anti boros ala saya. Semoga membantu kalian untuk mengunci dompet baik-baik agar tidak mudah tergoda dengan produk yang sedang dipromosikan.

Sebenarnya kalau gak mau ikutin cara di atas juga gapapa sih. Apalagi kalau kalian punya budget yang unlimited. Hehehehe. Apakah kamu punya budget yang unlimited buat beli produk kosmetik dan skincare? ๐Ÿ™‚

Well, kalaupun punya budget yang gak terbatas pun saya sarankan untuk lebih bijak membeli produk kecantikan, karena takut nantinya akan jadi terbuang sia-sia.

Oke, kalian adaย tips belanja kosmetik dan skincare anti boros lainnya? Tulis di kolom komentar ya untuk berbagi tips!

20 Comments

  1. blogger kendal 08/04/2018
    • Lia 09/04/2018
  2. nianastiti 09/04/2018
    • Lia 09/04/2018
  3. Winda Carmelita 09/04/2018
    • Lia 09/04/2018
  4. Raisa 09/04/2018
    • Lia 10/04/2018
  5. Edwina Hidayah 10/04/2018
    • Lia 10/04/2018
  6. ayanapunya 10/04/2018
    • Lia 20/04/2018
    • Lia 16/04/2018
  7. Seaใƒž 11/04/2018
    • Lia 16/04/2018
    • Lia 16/04/2018
    • Lia 16/04/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: