Beauty

Lembutnya The Body Shop Vit C Microdermabrasion

Disclaimer: Saya bukan ahli dalam kulit maupun kecantikan. Saya juga tidak akan menjawab pertanyaan bersifat subjektif sebagai patokan. Karena yang saya pakai belum tentu akan memiliki efek yang sama pada kulit orang lain. Lakukan riset pada produk yang akan kalian coba.


Masih dalam rangka berjuang untuk mengembalikan warna kulit akibat hyperpigmentation dari bekas jerawat. Saya pun banyak melakukan riset serta trial & error produk dengan harapan supaya muka kembali bersih.

Beberapa waktu yang lalu kulit saya sempat sedikit rewel kalau di siang hari, ada bruntusan atau mungkin lebih tepatnya whiteheads (komedo putih) yang menonjol dan tidak mau keluar. Sehingga membuat benjolan kecil di atas permukaan kulit.

Baca juga: 5 tanda kamu minder karena jerawat

Sejujurnya pada saat itu saya sudah mulai dalam masa galau, antara nyerah untuk kembali ke dokter dan pakai krimnya. Namun satu sisi saya yang pelit menganggap kalau saya kembali lagi ke dokter, maka akan datang lagi masa-masa merogoh kocek yang banyak, dan siap jatah jajan dikurangin setiap bulannya :'(

Ada yang bilang kalau whiteheads ini disebabkan oleh kotoran yang menempel dan pada akhirnya membentuk lapisan yang menutup pori-pori. Dalam kasus ini, whiteheads berada di dalam permukaan kulit dan sulit keluar sehingga membentuk benjolan.

Setau saya caranya ada banyak untuk mencegah datangnya whiteheads ini, dan salah satunya adalah melakukan proses exfoliasi. Saya sudah pernah cerita sedikit tentang exfoliasi dan apa tujuannya pada tulisan tentang produk Naturecia.

Kali ini saya mau share juga pengalaman mencoba suatu produk yang sejenis yaitu The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion.

THE BODY SHOP VITAMIN C MICRODERMABRASION

Saya memilihi produk ini disebabkan dua hal. Yang pertama adalah TBS adalah merek pertama yang saya gunakan setelah lepas dari krim perawatan dokter. Dan hasilnya kulit tidak mengalami masalah yang berarti. Gak ada tuh drama ketergantungan obat dokter.

Alasan kedua adalah saya melihat bahwa produk yang masuk ke dalam rangkaian perawatan kulit yang menggunakan vitamin C ini, mendapatkan predikat Bazaar Beauty Awards 2013 Winner dan juga Female Daily Beauty Awards 2015 Winner. Maka semakin penasaran juga untuk bisa segera mencoba produk ini.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Seperti biasa, setelah browsing dan cek harga maka saya langsung ke store TBS dan langsung membeli produk yang diproduksi di Inggris ini, dengan harga sebesar IDR 309.000,-. Ternyata harga produknya sudah naik yang cukup merogoh kocek juga. Hikksss…

Karena sudah niat dari awal untuk mencoba produknya serta melihat hasilnya, akhirnya saya tetap membelinya.

Baca juga: Review The Body Shop Himalayan Charcoal Mask

Yuk, sekarang kita coba ulas satu-satu tentang produk ini:

KEMASAN

Produk ini dikemas dalam bentuk tube berukuran 75ml. Warna packaging-nya adalah orange seperti warna kulit jeruk. Seperti biasa, kemasan produk TBS selalu simpel namun tetap menarik perhatian saya.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Sayangnya saya mendapatkan kemasan yang sulit ditutup. Sudah ditekan keras dan berkali-kali, namun botol tetap tidak mau menutup dengan sempurna. Kabar buruknya adalah saat mau pakai produknya selalu ada krim scrub yang sudah mengering (mungkin karena ada udara yang masuk akibat tutup yang tidak sempurna). Saya sih selalu taruh dalam keadaan berdiri, dan berharap isinya tidak akan cepat kering juga.

[UPDATE 14 Juni 2016]

Atas informasi dari Putri Ilmi Novelis (akun twitter @FairishIlmira), ternyata cara menutup tube-nya adalah dengan menekan bagian tengah dari penutupnya. Yeiiiy! Sekarang gak ngerasa takut ada udara masuk dan membuat scrub jadi kering lagi 🙂 Terima kasih Putri!

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Kemasannya mudah dipegang dan tidak terlalu berat. Masih memungkinkan untuk dibawa traveling.

KANDUNGAN

Sesuai namanya, produk ini mengandung vitamin C Amazonian camu-camu dan Community Fair Trade shea butter yang dapat membantu membuat kulit terasa halus, lembut, dan tampak cerah.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Berikut adalah kandungan bahannya:

Aqua (Solvent / diluent), Solum Diatomeae (Abrasive), Glycerin (humectant), Aluminum Silicate (Exfoliant), Prunus Amygdalus Dulcis Oil (Skin-Conditioning Agent), Dimethicone (Skin Conditioning Agent), Butyrospermum Parkii (Skin-Conditioning Agent / emollient), cetearyl Alcohol (Emulsifier), Glyceryl Stearate (Emulsifier), Phenoxyethanol (Preservative), PEG-100 Stearate (Surfactant), Alkyl Acrylate Crosspolymer Acrylates/C10-30 (Stabiliser / Viscosity Modifier), Polysorbate 60 (Surfactant), Sodium benzoate (Preservative), Magnesium Ascorbyl Phosphate (antioxidant), Xanthan Gum (Viscosity Modifier), Parfum (Fragrance), Sodium Hydroxide (pH Adjuster), Disodium EDTA (Chelating Agent), linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Myrciaria Dubia Fruit Extract (Skin-Conditioning Agent), citral (Fragrance Ingredient).

TEKSTUR

Tekstur dari The Body Shop Vit. C Microdermabrasion adalah krim dengan scrub yang lembut. Saat diaplikasikan ke muka kita akan sadar bahwa ada scrub yang membersihkan kulit kita dari kotoran. Namun scrub itu sangat kecil dan halus sekali.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Krimnya berwarna putih dengan scrub kecil perpaduan warna putih dan cokelat.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

WANGI

Salah satu hal yang saya suka dari produk ini adalah wangi eksotisnya yang membuat pengalaman eksfoliasi menjadi lebih nyaman dan relaks. Ada wangi segar seperti buah yang dapat kita cium dari produk ini.

KESIMPULAN

Yang saya suka dari produk ini adalah scrub yang lembut dan membuat saya bisa pakai 2x sampai 3x dalam seminggu (tergantung kotornya kulit). Pemakaiannya cukup gampang, yaitu bersihkan kulit muka dengan sabun. Lalu aplikasikan scrub pada kulit yang basah. Putar scrub secara perlahan-lahan dengan arah memutar. Terakhir tinggal dibilas dan dikeringkan.

Saya tidak menyarankan pemakaian lebih dari 3x dan juga saat siang hari. Karena kulit yang setelah melakukan proses eksfoliasi tidak diperkenankan kena paparan matahari secara langsung. Dan eksfoliasi terlalu sering juga akan membuat lapisan kulit kita semakin tipis.

Untuk pemakaian scrub sendiri yang mudah untuk di rumah, produk ini saya sangat rekomendasikan. Rasanya setelah pakai juga kulit terasa bersih.

Namun sayang sekali dalam beberapa minggu efek mencerahkan belum terlalu terlihat pada kulit saya. Bekas jerawat berwarna cokelat masih betah ada di permukaan kulit.

Hal ini juga disayangkan karena harga produk yang cukup mahal, sehingga membuat saya memikirkan lagi apakah akan membelinya kembali. Atau tetap membeli, tapi pakainya sedikit-sedikit aja. Hehehehe.

Oh iya, saya pakai produk ini kalau kulit sedang tidak bermasalah seperti iritasi atau jerawat ya!


Produk ini dapat dibeli di seluruh gerai The Body Shop di Indonesia. Tapi kalian juga bisa membeli secara online di website The Body Shop. Harga keduanya relatif sama. Makanya kadang saya suka cek dulu harganya di website, biar gak syok saat di counter 😛

Kira-kira dalam pemakaian yang lebih lama kulit saya bisa kembali cerah lagi ga ya? Atau kalian ada tips lain untuk mengembalikan warna kulit asli dari bekas jerawat? Share di kolom komentar ya!

30 Comments

  1. niksukacita 14/06/2016
    • Lia 15/06/2016
  2. dWi 14/06/2016
    • Lia 15/06/2016
  3. Rifka Giovani 14/06/2016
    • Lia 15/06/2016
  4. dani 15/06/2016
    • Lia 15/06/2016
  5. winda puspita 15/06/2016
    • Lia 15/06/2016
  6. winda 15/06/2016
    • Lia 15/06/2016
    • Lia 15/06/2016
  7. nyonyasepatu 16/06/2016
    • Lia 16/06/2016
  8. Inayah 17/06/2016
    • Lia 21/06/2016
  9. Ranny 18/06/2016
    • Lia 21/06/2016
  10. nunoorange 20/06/2016
    • Lia 21/06/2016
    • Lia 26/06/2016
  11. gerin orviyanti 12/02/2017
    • Lia 12/02/2017
    • Lia 27/03/2017
  12. Diana O 14/10/2017
    • Lia 16/10/2017

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: