Lembutnya The Body Shop Vit C Microdermabrasion

Disclaimer: Saya bukan ahli dalam kulit maupun kecantikan. Saya juga tidak akan menjawab pertanyaan bersifat subjektif sebagai patokan. Karena yang saya pakai belum tentu akan memiliki efek yang sama pada kulit orang lain. Lakukan riset pada produk yang akan kalian coba.


Masih dalam rangka berjuang untuk mengembalikan warna kulit akibat hyperpigmentation dari bekas jerawat. Saya pun banyak melakukan riset serta trial & error produk dengan harapan supaya muka kembali bersih.

Beberapa waktu yang lalu kulit saya sempat sedikit rewel kalau di siang hari, ada bruntusan atau mungkin lebih tepatnya whiteheads (komedo putih) yang menonjol dan tidak mau keluar. Sehingga membuat benjolan kecil di atas permukaan kulit.

Baca juga: 5 tanda kamu minder karena jerawat

Sejujurnya pada saat itu saya sudah mulai dalam masa galau, antara nyerah untuk kembali ke dokter dan pakai krimnya. Namun satu sisi saya yang pelit menganggap kalau saya kembali lagi ke dokter, maka akan datang lagi masa-masa merogoh kocek yang banyak, dan siap jatah jajan dikurangin setiap bulannya :'(

Ada yang bilang kalau whiteheads ini disebabkan oleh kotoran yang menempel dan pada akhirnya membentuk lapisan yang menutup pori-pori. Dalam kasus ini, whiteheads berada di dalam permukaan kulit dan sulit keluar sehingga membentuk benjolan.

Setau saya caranya ada banyak untuk mencegah datangnya whiteheads ini, dan salah satunya adalah melakukan proses exfoliasi. Saya sudah pernah cerita sedikit tentang exfoliasi dan apa tujuannya pada tulisan tentang produk Naturecia.

Kali ini saya mau share juga pengalaman mencoba suatu produk yang sejenis yaitu The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion.

THE BODY SHOP VITAMIN C MICRODERMABRASION

Saya memilihi produk ini disebabkan dua hal. Yang pertama adalah TBS adalah merek pertama yang saya gunakan setelah lepas dari krim perawatan dokter. Dan hasilnya kulit tidak mengalami masalah yang berarti. Gak ada tuh drama ketergantungan obat dokter.

Alasan kedua adalah saya melihat bahwa produk yang masuk ke dalam rangkaian perawatan kulit yang menggunakan vitamin C ini, mendapatkan predikat Bazaar Beauty Awards 2013 Winner dan juga Female Daily Beauty Awards 2015 Winner. Maka semakin penasaran juga untuk bisa segera mencoba produk ini.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Seperti biasa, setelah browsing dan cek harga maka saya langsung ke store TBS dan langsung membeli produk yang diproduksi di Inggris ini, dengan harga sebesar IDR 309.000,-. Ternyata harga produknya sudah naik yang cukup merogoh kocek juga. Hikksss…

Karena sudah niat dari awal untuk mencoba produknya serta melihat hasilnya, akhirnya saya tetap membelinya.

Yuk, sekarang kita coba ulas satu-satu tentang produk ini:

KEMASAN

Produk ini dikemas dalam bentuk tube berukuran 75ml. Warna packaging-nya adalah orange seperti warna kulit jeruk. Seperti biasa, kemasan produk TBS selalu simpel namun tetap menarik perhatian saya.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Sayangnya saya mendapatkan kemasan yang sulit ditutup. Sudah ditekan keras dan berkali-kali, namun botol tetap tidak mau menutup dengan sempurna. Kabar buruknya adalah saat mau pakai produknya selalu ada krim scrub yang sudah mengering (mungkin karena ada udara yang masuk akibat tutup yang tidak sempurna). Saya sih selalu taruh dalam keadaan berdiri, dan berharap isinya tidak akan cepat kering juga.

[UPDATE 14 Juni 2016]

Atas informasi dari Putri Ilmi Novelis (akun twitter @FairishIlmira), ternyata cara menutup tube-nya adalah dengan menekan bagian tengah dari penutupnya. Yeiiiy! Sekarang gak ngerasa takut ada udara masuk dan membuat scrub jadi kering lagi 🙂 Terima kasih Putri!

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Kemasannya mudah dipegang dan tidak terlalu berat. Masih memungkinkan untuk dibawa traveling.

KANDUNGAN

Sesuai namanya, produk ini mengandung vitamin C Amazonian camu-camu dan Community Fair Trade shea butter yang dapat membantu membuat kulit terasa halus, lembut, dan tampak cerah.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Berikut adalah kandungan bahannya:

Aqua (Solvent / diluent), Solum Diatomeae (Abrasive), Glycerin (humectant), Aluminum Silicate (Exfoliant), Prunus Amygdalus Dulcis Oil (Skin-Conditioning Agent), Dimethicone (Skin Conditioning Agent), Butyrospermum Parkii (Skin-Conditioning Agent / emollient), cetearyl Alcohol (Emulsifier), Glyceryl Stearate (Emulsifier), Phenoxyethanol (Preservative), PEG-100 Stearate (Surfactant), Alkyl Acrylate Crosspolymer Acrylates/C10-30 (Stabiliser / Viscosity Modifier), Polysorbate 60 (Surfactant), Sodium benzoate (Preservative), Magnesium Ascorbyl Phosphate (antioxidant), Xanthan Gum (Viscosity Modifier), Parfum (Fragrance), Sodium Hydroxide (pH Adjuster), Disodium EDTA (Chelating Agent), linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Myrciaria Dubia Fruit Extract (Skin-Conditioning Agent), citral (Fragrance Ingredient).

TEKSTUR

Tekstur dari The Body Shop Vit. C Microdermabrasion adalah krim dengan scrub yang lembut. Saat diaplikasikan ke muka kita akan sadar bahwa ada scrub yang membersihkan kulit kita dari kotoran. Namun scrub itu sangat kecil dan halus sekali.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

Krimnya berwarna putih dengan scrub kecil perpaduan warna putih dan cokelat.

The Body Shop Vitamin C Microdermabrasion

WANGI

Salah satu hal yang saya suka dari produk ini adalah wangi eksotisnya yang membuat pengalaman eksfoliasi menjadi lebih nyaman dan relaks. Ada wangi segar seperti buah yang dapat kita cium dari produk ini.

KESIMPULAN

Yang saya suka dari produk ini adalah scrub yang lembut dan membuat saya bisa pakai 2x sampai 3x dalam seminggu (tergantung kotornya kulit). Pemakaiannya cukup gampang, yaitu bersihkan kulit muka dengan sabun. Lalu aplikasikan scrub pada kulit yang basah. Putar scrub secara perlahan-lahan dengan arah memutar. Terakhir tinggal dibilas dan dikeringkan.

Saya tidak menyarankan pemakaian lebih dari 3x dan juga saat siang hari. Karena kulit yang setelah melakukan proses eksfoliasi tidak diperkenankan kena paparan matahari secara langsung. Dan eksfoliasi terlalu sering juga akan membuat lapisan kulit kita semakin tipis.

Untuk pemakaian scrub sendiri yang mudah untuk di rumah, produk ini saya sangat rekomendasikan. Rasanya setelah pakai juga kulit terasa bersih.

Namun sayang sekali dalam beberapa minggu efek mencerahkan belum terlalu terlihat pada kulit saya. Bekas jerawat berwarna cokelat masih betah ada di permukaan kulit.

Hal ini juga disayangkan karena harga produk yang cukup mahal, sehingga membuat saya memikirkan lagi apakah akan membelinya kembali. Atau tetap membeli, tapi pakainya sedikit-sedikit aja. Hehehehe.

Oh iya, saya pakai produk ini kalau kulit sedang tidak bermasalah seperti iritasi atau jerawat ya!


Produk ini dapat dibeli di seluruh gerai The Body Shop di Indonesia. Tapi kalian juga bisa membeli secara online di website The Body Shop. Harga keduanya relatif sama. Makanya kadang saya suka cek dulu harganya di website, biar gak syok saat di counter 😛

Kira-kira dalam pemakaian yang lebih lama kulit saya bisa kembali cerah lagi ga ya? Atau kalian ada tips lain untuk mengembalikan warna kulit asli dari bekas jerawat? Share di kolom komentar ya!

24 thoughts on “Lembutnya The Body Shop Vit C Microdermabrasion

  1. Produknya The Body Shop pricey emang, apa karna bahan2nya yang alami itu yak. Go green kan campaign mereka.

    Untuk mengembalikan warna kulit muka bekas jerawat aku pake skincare dari Erha sih, so far ngefek banget. Tapi tiap orang beda2 kan yak.
    Duh maaf 2x submit, terpotong yg awal tadi 🙂

    1. Iya, Mbak. Cocok-cocokan. Selama gak bikin kulit bermasalah saya bersyukur aja. Cuma memang PR nih mesti cari tahu lagi gimana bisa ngembaliin warna semula lagi 😀

  2. wah udah mahal gak keliahatan efeknya yah, TBS harganya makin meroket, jadi malas mampir kesana.
    Exfoliator emg wajib punya kalau mau ngurangin bekas jerawat, ditambah dengan masker pencerah juga.
    Ada lho exfoliator yang bisa dipakai tiap hari karena gak ada scrubnya tpi paten rontokin daki :))

  3. Ish Lia nih ya. Gw jadi mupeng loh buat nyobain, ngerasain perasaan bersih sama wanginya itu. Tapi kok baca yang kurang mencerahkannya jadinya batal deh. Kalo item kek gw gini gak bisa putih jadi kek benedict cumberbatch gitu ya. *beda ras kali itu Daan! *trus digampar Apalagi ngelihat harganya. Wkwkwkwk.
    Sekarang tiap maen ke sini sebelum baca tulisan, gw cari harga dulu. Wkwkwkwkwkwk.

    1. Hahahaha memang financial blogger yang dilihat harga dulu ya 😀
      Tapi aku juga sih. Lebih seneng baca yang informasinya lengkap sampai ke harga, jadi bisa disiapin uangnya. *kekepin dompet 😛

    1. Udah berubah banyakkah, Mbak? Saya baru saja coba semenjak lepas dari obat dokter. Dan Alhamdulillah cocok. Cuma ya itu, harganya ada yang bikin jebol hehehehehe.

  4. mbak, ada juga produk TBS yang namanya Vitamin C Glow Boosting Mosturizer dan Vitamin C Instant Glow Enhancer, mungkin ini harus ditambahkan dalam rangkaian si Vit C dari TBS ini, karena terus terang aq pake si glow boosting ini dan emang mencerahkan, emang aq ga pake si scrub, tapi ya emang priceyya.. aq pakenya diirit2 banget hehehe

    1. Pemakaian yang lengkap dari seriesnya baru kelihatan hasilnya ya, Mbak? Wah boleh juga tuh dicoba. Semoga gak bikin kantong jebol hihihihi 😀

  5. Lia, sebelum nikah saya pernah microdemabarasi sama roller, tapi yang roller itu lebih efek menurutku. Itu ada paketan sih di klinik kecantikan. Scar (bekas jerawat) agak dikit memudar, nggak dalam gitu. Tapi, setelah nikah nggak lanjut. Etapi, kalo nggak salah nih ada laser khusus untuk hilangin bekas jerawat di Nat*** pengiin coba tapi rada mihil sih >.<
    Dari kemarin nunggu review ini, barangkali kalo rutin bisa lebih memudar ya bekasnya..
    Thanks sharingnya Lia..

    1. Menurut pengalamanku sih bekas jerawat di muka itu bisa dihilangkan. Cuma berapa lamanya itu yang gak tahu. Aku sih yakin produk ini bakalan pudarin warna cokelat di muka. Tapi mungkin butuh proses kali yaa. Hehehehehe.

  6. aku dulu pake ya spritz vitamin C nya. Yang apa sih tuh, booster nya ya? Uhmm…mayan sih, jadi agak glowing mukanya. Mau beli yang ini agak mihiiiiilllllll….padahal pengen..

  7. problem kita agak miripan nih mbak.. aku jg lg usaha ngilangin flek di muka.. bnyk yg nyaranin pake serum vitamin C.. pertanyaannya, serum mana yg paling bgs dan ampuh :D.. jd sampe skr msh tahap milah milih serum vitamin C nih.. ada baca di beberap review, serum vitamin C yg bgs kalo bisa ada kandungan AHA.. lah, aku alergi ama AHA -_-. kalo utk skr ya, aku masih minum vitamin wajah yg katanya bisa ngilangin flek.. cuma krn blm lama utk yg produk ini, masih blm bisa dibilang sukses….

    1. Tau gak cocok sama AHA gimana, Mbak? Iya nih. Mungkin saya juga harus dibantu sama serum. Biar bisa lebih cepet pengembalian warnanya.

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)