Beauty Beauty Review

The Body Shop Camomile Cleansing Butter Review

Setelah membuat tulisan tentang jenis pembersih wajah kemarin, saya tertarik untuk membuat review The Body Shop Camomile Cleansing Butter.

Alasannya karena ternyata jenis pembersih wajah tipe ini masih jarang dicoba. Maka dari itu saya ingin mengulasnya dan akan saya ceritakan juga apakah produk ini perlu kalian beli atau tidak.

Selamat membaca!

THE BODY SHOP CAMOMILE CLEANSING BUTTER

Tahu tentang The Body Shop Camomile Cleansing Butter sebenarnya sudah beberapa tahun yang lalu. Tapi belum pernah beli sama sekali karena ragu dengan harganya yang cukup di atas budget saya, yaitu Rp199.000,- untuk 90ml.

Beruntungnya produk ini masuk dalam salah satu produk yang diberikan saat Beauty Camp bersama TBSBeautyBae beberapa waktu yang lalu.

Sekarang saya sudah pakai produknya lebih dari 5 kali pemakaian (maklum pakainya diirit-irit hehehe). Sudah saatnya saya berikan penilaian akan produk ini berdasarkan pengalaman pribadi.

KEMASAN

The Body Shop Camomile Cleansing Butter

Kemasan produk The Body Shop Camomile Cleansing Butter adalah berbentuk bulat dengan diameter 9.5cm dan tinggi 2.5cm. Bahan kemasannya adalah seperti bahan kaleng yang dilapisi dengan stiker untuk menaruh informasi produk.

Cara membuka produk hanya dengan memutar bagian penutupnya. Namun harus hati-hati agar menutupnya tidak terlalu kencang ataupun terlalu longgar. Saya pernah susah sekali membuka tutupnya karena terlalu kencang menutup sebelumnya.

TEKSTUR

The Body Shop Camomile Cleansing Butter

Produk memiliki tekstur yang unik. Saat pertama kali produk diambil dengan jari akan sedikit terasa keras. Namun saya putar jari dengan gerakan memutar lalu cocol produk seruas garis jari saja untuk seluruh muka.

Sebelum diaplikasikan ke muka, saya biasanya gosok perlahan dulu di kedua jari lalu baru tempel pada area wajah yang ingin dibersihkan dengan gerakan memutar. Uniknya tekstur produk ini akan berubah menjadi minyak.

KANDUNGAN

Kandungan yang tertera dalam kemasan adalah Camomile Extract yang berasal dari Norfolk, Inggris. Camomile ini memang bahan yang terkenal dengan soothing effect-nya. Mungkin itu juga kenapa The Body Shop mengklaim produk ini sebagai pembersih wajah yang cocok untuk digunakan pada pemilik kulit sensitif.

Dan memang terbukti saat saya gunakan produk ini tidak menimbulkan efek yang tidak baik. Justru setelah mencuci muka, kulit jadi terasa halus dan mulus.

The Body Shop Camomile Cleansing Butter

Ingredients list:

Ethylhexyl Palmitate (Skin Conditioning Agent), Synthetic Wax (Binder/Emollient), PEG-20 Glyceryl Triisostearate (Skin Conditioning Agent), Olea Europaea Fruit Oil/Olea Europaea (Olive) Fruit Oil (Emollient), Butyrospermum Parkii Butter/Butyrospermum Parkii (Shea) Butter (Skin Conditioning Agent – Emollient), Caprylyl Glycol (Skin Conditioning Agent), Tocopherol (Antioxidant), Parfum/Fragrance (Fragrance), Aqua/Water (Solvent/Diluent), Linalool (Fragrance Ingredient), Limonene (Fragrance Ingredient), Helianthus Annuus Seed Oil/Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil (Emollient), Anthemis Nobilis Flower Extract (Natural Additive), Citric Acid (pH Adjuster).

KEMAMPUAN MENGHAPUS KOTORAN

The Body Shop Camomile Cleansing Butter saya gunakan sebagai tahapan pertama untuk membersihkan wajah yang kotor ataupun menggunakan makeup dan sunscreen.

Jadi urutannya biasanya adalah membersihkan riasan mata dan bibir dengan pembersih khusus, lalu dilanjutkan dengan pemakaian The Body Shop Camomile Cleansing Butter untuk seluruh kulit wajah, lalu ambil kapas yang sudah dibasahi atau handuk/sponge untuk membersihkan butter yang ada di wajah. Baru setelah itu lakukan pembersihan wajah tahap kedua dengan cleansing foam/gel.

Dari segi kemampuan menghapus kotoran produk ini bekerja cukup baik. Terutama di bagian kulit wajah yang gak cuma mengangkat kotoran, tapi after-effect produk yang bikin kulit terasa halus, lembut, dan lembap.

Saya sendiri sudah pernah coba untuk membersihkan area mata dan bibir dengan produk ini. Kemampuan membersihkannya juga oke untuk beberapa jenis makeup (tapi tidak bisa membersihkan eyeliner spidol saya yang waterproof). Cuma saya kurang suka efek greasy dan messy di bagian mata, jadi tetap memilih menggunakan produk khusus untuk bagian mata dan bibir.

AROMA & WARNA

The Body Shop Camomile Cleansing Butter

Saat mengaplikasikan produk pasti akan tercium wangi lembut dari produknya. Entahlah wangi apa, saya kurang bisa menjelaskannya. Tapi yang pasti wanginya tidak mencolok dan masih nyaman jika tercium saat produk dipakai.

Warna produknya sendiri adalah warna putih.

KESIMPULAN 

Jika membaca review di atas, pasti sudah tahu kalau saya benar-benar suka dengan kualitas dan performa produk The Body Shop Camomile Cleansing Butter ini. Dari segi kemampuan membersihkan kotoran sampai after-effect produk yang membuat kulit menjadi lembih lembut.

Hanya saja kekurangan dari produk ini adalah harganya yang tidak cocok dengan budget saya. Tapi bukan berarti saya tidak kehilangan akal dalam membeli dan menggunakan produk ini lagi.

Tips nya adalah gunakan produk di saat-saat menggunakan makeup cukup tebal. Atau atur frekuensi pemakaian sekitar 2 kali dalam seminggu saja. Bisa juga atur jumlah pemakaian produk. Jangan kelebihan dan juga jangan kekurangan pakainya (nanti jadi gak maksimal kinerja produknya).

Dijamin dengan pemakaian yang irit seperti itu pasti produk juga bisa dipakai lebih lama (asal dalam setahun setelah dibuka harus dihabiskan ya!).

Jadi kalau ditanya, wajib beli The Body Shop Camomile Cleansing Butter apa engga nih? Jawabannya adalah WAJIB BELI kalau kamu punya budget untuk pembersih wajah di atas 200ribu 🙂

12 Comments

  1. vina sagita 28/06/2018
    • Lia 28/06/2018
  2. Mirna Kei Rahardjo 28/06/2018
    • Lia 04/07/2018
      • Mirna Kei Rahardjo 09/07/2018
        • Lia 10/07/2018
    • Lia 04/07/2018
  3. Debby 02/07/2018
    • Lia 04/07/2018
  4. Edwina Hidayah 09/07/2018
    • Lia 10/07/2018

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)

Instagram

%d bloggers like this: