Tambah Ilmu Blogging Di Fun Blogging 8

Tidak pernah terpikirkan sebelumnya dalam diri saya bahwa ternyata kegiatan blogging itu lebih luas dari sekedar menulis. Bahkan menulis pun bukan hanya sekedar menulis saja, tapi ada ilmu di balik itu semua. 
fun-blogging-8-dari-hobi-jadi-profesi
Tentunya saya ingin menjadi blogger yang selalu naik tingkat dari segi ilmu. Makanya ketika ada colekan dari Mas Ryan tentang info pendaftaran Fun Blogging Batch 8, langsung saya mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu peserta.

APA ITU FUN BLOGGING?

Fun Blogging adalah sebuah workshop yang dibuat untuk berbagi ilmu tentang blogging. Ilmu yang diberikan terdiri dari tiga materi yaitu tentang teknik penulisan, cara mengoptimalisasikan tulisan dalam blog, dan cara menghasilkan uang melalui blog. 
Fun Blogging memiliki group yang tertutup hanya kepada peserta yang sudah pernah mengikuti workshop saja. Banyak manfaat yang bisa didapat jika sudah tergabung dalam group ini. Maka itu, jangan ragu bergabung dengan workshop Fun Blogging!

FUN BLOGGING 8

Saya pernah baca di status salah satu pengajar di Fun Blogging bahwa ternyata Fun Blogging kali ini adalah acara dengan peserta terbanyak sepanjang penyelenggaraan Fun Blogging. Hal tersebut saya akui ketika baru datang (karena sedikit telat) dan hampir seluruh kursi di salah satu ruangan di Gedung Gratia Center, Ciputat itu sudah penuh memenuhi ruangan. Sekitar 48 peserta telah memadati ruangan dan siap untuk belajar bersama. Cool!
peserta-fun-blogging-8
Pemandangan dari tempat duduk saya. Mbak Haya sedang berbicara di depan.
Ada beberapa blogger yang saya kenal, ada juga yang saya familiar wajahnya karena sering blog walking ke blognya. Tapi ada banyak juga wajah yang baru saya lihat, tentunya karena kekurang update-an saya aja sih sampai banyak gak kenal orang 😛
Acara dimulai dengan kata sambutan dari Mbak Haya Aliya Zaki. Mbak Haya sekaligus menjelaskan tema workshop pada Hari Sabtu, 19 Desember 2015 itu adalah “Dari Hobi Menjadi Profesi”
Tidak lupa juga memperkenalkan sponsor acara ini yaitu Ibu Martha Simanjuntak dari IWITA (Indonesian Women IT Awareness) yang mensponsori tempat dan acara kemarin. Dan juga ada Sarihusada yang memiliki program CSR dengan nama Nutrisi Untuk Bangsa dimana program ini mengajak masyarakat untuk peduli terhadap masalah-masalah gizi di Indonesia. Teman-teman blogger juga bisa berpartisipasi dengan Sarihusada lho. Ada banyak kegiatan seru dan juga lomba-lomba dengan hadiah menarik. Buruan cek websitenya!

WRITING GREAT CONTENT

Pada workshop sesi pertama dipandu oleh Mbak Haya. Sebagai orang yang sudah lama berkecimpung di bidang tulis-menulis, tentunya Mbak Haya sudah sangat ahli di bidang ini. Bahkan Mbak Haya sering mampir ke blog teman-teman dan suka menemukan typo lho! Namanya juga editor. Jadi malu deh kalo saya sampai kena cek ada yang salah sama Mbak Haya >.<
Sebelum memulai workshop, Mbak Haya mengajak peserta untuk bermain games. Kami diharuskan menuliskan apa yang ingin dicapai melalui blog dalam sebuah kertas, tapi harus menulis dengan tangan kiri.
Inilah hasil tulisan saya menggunakan tangan kiri. 
games-fun-blogging-8
Amien!
Mbak Haya meminta kami untuk menaruh kertas ini di dekat tempat kita biasa menulis. Supaya saat kita menulis, selalu ingat tujuan yang ingin dicapai. Ayoo semangat!

Ini adalah beberapa rangkuman yang saya dapat dari penjelasan Mbak Haya terkait dengan Menulis Konten yang Baik:

  • Tulis draft pertama dengan perasaan. Lalu tulis ulang dengan pemikiranmu.
  • Gunakan konsep 5W + 1H
  • Temukan ide atau gagasan yang unik
  • Menulis dengan jujur
  • Cermati EYD
  • Hindari kalimat panjang
  • Self Editing
Asah terus kemampuan menulis dengan menulis secara konsisten dan juga jangan takut ikut lomba. Karena sebenarnya lomba itu selain mengasah skill, juga dapat melatih sikap sportivitas kita. 

ADVANCING YOUR BLOG PLATFORM

Sesi selanjutnya dijelaskan oleh Mbak Shinta Ries. Mbak Shinta Ries ini selain menjadi blogger juga web designer. Di sesi ini para peserta dijelaskan bagaimana caranya mengoptimalisasi blog supaya dapat dibaca oleh pembaca dengan nyaman.

Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh Mbak Shinta terkait dengan tampilan blog:

  • Gunakan background warna putih
  • Jangan pasang pop-up
  • Gunakan tampilan yang bersih dan minimalis
  • Tampilkan kontak di dalam blog, seperti e-mail dan social media
  • Side bar tidak perlu besar, karena pembaca harus fokus ke konten
  • Jangan terlalu banyak menaruh banner iklan

Mbak Shinta juga menganjurkan blogger untuk lebih banyak berkenalan dengan teman-temannya Mbah Google yaitu, Google +, Google Analytics, dan Google Webmaster.

HOW TO MONETIZE YOUR BLOG

Nah ini dia sesi yang ditunggu-tunggu. Sekaligus obat penawar ngantuk sehabis makan siang Nasi Bali yang disediakan panitia. Eh iya, Nasi Balinya enak banget lho! 
Sesi paling akhir ini dipandu oleh Teh Ani Berta. Teh Ani ini merupakan mantan akuntan yang sekarang telah menjadi Full Time Blogger. 
Teh Ani juga yang memberikan saya harapan kalau tidak semua brand hanya mencari blog yang sudah memiliki domain sendiri. Toh Teh Ani yang masih menggunakan blog gratisan pun banyak orderannya 🙂

Beberapa hal yang saya dapat share di sini dari ilmu Teh Ani terkait dengan Kiat Memperoleh Job antara lain:

  • Hunting di Website seperti idblognetwork, Blogmint, Blogger Perempuan, dll
  • Ikut Komunitas
  • Ikut Blogger Gathering
  • Update Artikel secara rutin
  • Sehabis menghadiri acara, lakukan reportase

Selain blog, Teh Ani juga menganjurkan kita memiliki etika yang baik. Baik secara online maupun offline. Yakin deh, suatu saat pasti akan ada brand yang mengundang kita 🙂

Banyak sekali hal-hal baru yang saya dapat dari Fun Blogging 8 ini. PR selanjutnya adalah mengaplikasikannya ke dalam blog saya, supaya hasilnya optimal. 
Bagi teman-teman yang tertarik ikut acara Fun Blogging, ayo pasang telinga dan mata. Perluas juga jaringan pertemanan kalian. Karena biasanya informasi acara Fun Blogging ini di share oleh beberapa teman blogger. Jangan sampai ketinggalan batch selanjutnya ya!
peserta-fun-blogging-8
Photo Source: IWITA Jakarta’s Facebook | Para Peserta Fun Blogging 8
Kalau dari saya sendiri sih harapannya semoga ada kelas yang lebih kecil lagi jumlah pesertanya, supaya kami para blogger lebih bisa bebas bertanya sampai ke hal yang detail dan juga bisa langsung diaplikasikan ke blogger pribadi masing-masing. Semoga akan ada yaaa 🙂
Terima kasih Fun Blogging!

28 thoughts on “Tambah Ilmu Blogging Di Fun Blogging 8

  1. Belum pernah "bener-bener" menggunakan konsep 5W + 1H nih di blog sendiri. Ah, poin yang bagus banget. Thanks for sharing, Lia.

  2. Mukanya aku nyempil, mukanya aku. :((
    Hahaha! Ternyata dunia tulis menulis tidak sesempit kamar dan layar laptop aja ya. Seneng kenal banyak Blogger yang humble-humble. :')

Selesai baca? Yuk silahkan berkomentar dengan sopan di kolom ini. Mohon maaf link hidup akan saya moderasi. Terima kasih :)